Bersama Dayamaya Membantu Startup dan Komunitas Kembangkan Potensi Ekonomi

Bersama Dayamaya Membantu Startup dan Komunitas Kembangkan Potensi Ekonomi

Bersama Dayamaya Membantu Startup dan Komunitas Kembangkan Potensi Ekonomi – Untuk memulai sebuah perusahaan pastinya akan dihadapkan dengan berbagai persoalan. Namun di tengah kesulitan itu, melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika pemerintah membuat program Dayamaya yang bertujuan untuk melatih masyarakat mengembangkan potensi ekonomi digital di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal atau yang disebut dengan 3T.

Kita tau bahwa Indonesia merupakan Negara yang menyimpan surga-surga yang tersembunyi. Meskipun tempat-tempat tersebut sangat menarik untuk dikunjungi, namun karena lokasinya berada di daerah 3T maka fasilitas dan SDM di sana yang sangat kurang sehingga tidak dapat memanfaatkan potensi perekonomiannya. Nah BAKTI sendiri adalah sebuah organisasi non-eselon milik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Melihat pandemi yang telah terjadi selama dua tahun ini sangatlah berdampak bagi sendi-sendi bangsa khususnya bagi para pelaku usaha. Tapi karena Negara kita adalah bangsa yang tidak mudah menyerah, maka pemerintah terus berikhtiar untuk melakukan berbagai cara agar dapat menstabilkan perekonomian negara kita ini.

Di tahun ini BAKTI sedang membuka program Dayamaya untuk mengajak para pelaku Startup e-Commerce, kelompok masyarakat, UMKM, dan komunitas dengan menciptakan inovasi yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat di daerah 3T.

Apa Itu Dayamaya?

Bagi Anda yang mungkin pernah menonton drama korea Startup atau Sandbox yang dibintangi sama aktor ganteng Kim Seon-Ho dan Suzy pasti paham bagaimana Dayamaya ini. Jadi Dayamaya ini adalah program yang secara khusus membidik para Startup, komunitas dan UMK untuk bersama membesarkan potensi yang dimiliki serta memberikan solusi terhadap berbagai persoalan yang mungkin menjadi kendala mereka untuk mengembangkan potensi mereka di daerah 3T(terdepan, terluar dan tertinggal).

Melalui Startup, Komunitas dan UMKM yang terlibat, diharapkan dapat mempercepat kemajuan ekonomi di daerah 3T tersebut. Sejauh ini sudah ada lima inisiatif dari  18 yang terpilih pada tahun 2019 yang telah beroperasi di masyarakat.

Program Dayamaya Untuk Indonesia Lebih Maju

Dayamaya memiliki 3 program yang kini sudah berjalan yaitu Atourin, Cakap, dan Jahitin.

1. Atourin

dayamaya - Atourin

Atourin adalah perusahaan dalam bidang teknologi yang berkecimpung pada sektor pariwisata dengan menyediakan jasa dan layanan secara online maupun secara langsung untuk industri pariwisata di Indonesia khususnya di daerah 3T. Pada tahun 2019 kemarin program ini berkesempatan memberikan pelatihan kepada pemandu wisata di Natuna.

Berkat program ini sudah ada 10 pemandu wisata di Natuna yang memiliki lisensi, lebih berani melakukan self branding dan bahkan sudah mulai memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi.

2. Jahitin

dayamaya - Jahitin

Untuk program kedua, Jahitin Academy adalah sebuah platform yang dibentuk untuk membantu para penjahit di daerah 3T agar bisa meningkatkan skill di Provinsi NTT khususnya di daerah Sumba Barat Daya dan Sumba Barat.

Melalui workshop pengolahan limbah kain tenun, program ini akan memberikan pelatihan kepada penjahit tentang bagaimana cara mengolah limbah tenun agar bisa menjadi produk yang memiliki nilai jual seperti untuk membuat cushion pillow.

selain peningkatan skill, Program ini juga membantu para penjahit agar mudah mengakses pasar. Tidak hanya secara langsung tapi program ini juga telah menyediakan sebuah website jahitin.com untuk membantu para penjahit untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Karena keadaan yang membuat semua orang harus menggunakan masker, melalui program ini juga para penjahit diajarkan bagaimana cara membuat masker yang sesuai dengan standar kesehatan. Alhasil mereka berhasil mendapatkan orderan masker sebanyak 5000.

3. Cakap

dayamaya - Cakap

Cakap adalah salah satu dari tiga program Dayamaya yang telah memberikan kontribusi kepada masyarakat di daerah 3T. Cakap merupakan sebuah platform berbasis internet dalam bidang pembelajaran bahasa asing yang dibuat untuk mendukung pengembangan daerah wisata. Di program ini masyarakat akan mendapatkan pelatihan bagaimana cara meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa khususnya bahasa Inggris.

Kontribusinya bisa terlihat pada tahun 2019 kemarin, Cakap telah berhasil menyelenggarakan digital assessment di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur, NTT. Program ini melibatkan peserta setingkat SMA sebanyak 250 orang. Kegiatan ini diadakan secara daring melalui ruang belajar digital kelas online yang dipimpin oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher).

Awal dari terbentuknya program ini karena melihat bahwa Indonesia adalah Negara yang memiliki keberagaman yang membuat pemerintah tidak dapat bekerja sendiri membangun daerah yang berada di lokasi 3T. Untuk itulah dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak seperti startup, komunitas dan lain-lain diperlukan agar mampu bersinergi mempercepat pembangunan di daerah 3T.

Berbekal stakeholder strategis semua orang yang bergabung di program ini berkeyakinan akan memiliki daya untuk bersama-sama membawa perubahan yang lebih besar di daerah 3T, terutama dalam hal perbaikan dari sisi perekonomian berbasis ekonomi digital.

Semoga semua orang yang bergabung dapat menyalurkan banyak kontribusi untuk mengubah negeri kita ini agar jauh lebih baik lagi. Kami berharap makin banyak lagi masyarakat yang dapat tumbuh bersama program Dayamaya ini.

 

12 Shares:
45 comments
  1. Keren banget program dayamaya ini mbak. Pemerinta dan startup bergerak di segala aspek untuk memajukan daerah 3T. Semoga makin banyak startup yang digandeng dan semakin banyak juga daerah 3T maju perekonomiannya.

  2. Semoga niat mulia start up dan pemerintah dalam mengembang pembangunan daerah 3t bisa terwujud ya kak rin. Aamiin

    1. Saya juga berharap demikian kak, kalau bisa lbh banyak lagi menjangkau daerah2 terpinggirkan

  3. Aku nonton juga startup hehe
    Dayamaya emang program yang cocok banget dengan kondisi seperti sekarang ini ya. Kita saling membantu guna pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi kedepannya.

    1. Btw, aku uda agak lama ngga streamingan drakor.. Khawatir ngga bisa brenti soale. Ajahahhaa. Eh tapi kapan itu ak kejar tayang 18 again, sih. *lah

  4. Bagus ya kak programnya, setidaknya bisa membantu masyarakat juga untuk mengembangkan potensi yang sebetulnya memang ada dalam dirinya.. semoga makin banyak yang memberikan mereka program yang bisa memajukan ekonomi mereka yang menetap di daerah 3T

  5. program terdebest nih. sangat membantu geliat perekonomian masyarakat. alhamdulillah sektor pariwisata mulai kembali bergeliat sejak covid menyerang. sukses selalu untuk programnya..semoga dengan program ini, masyarakat Indonesia makin berdaya..

  6. Dayamaya memang ngebantu UMKM banget ya mbak. Jadi ada kesempatan buat para pelaku usaha untuk lebih mengembangkan usahanya. Terkhusus lewat dunia digital yang semakin pesat perkembangannya di masa sekarang.

    Dari ketiga program yang udah dibuat, semoga mampu membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat di wilayah 3T, ya mbak, aamiin..

  7. Aksi nyata untuk pelaku usaha di pandemi ini sungguh keren banget ya nbak rini. Asli! Jadi untuk pelaku usaha didaerah 3T tidak perlu khawatir lagi bagaimana mengembangkan usahanya di era sekarang ini. Karena semua terbantu dengan program dayamaya

  8. Seneng banget ada tangan2 kebaikan lewat Kominfo kek gini. Ketika baca Dana covid dikorup terus baca ini, jadi ada sedikit harapan.

  9. Gimana sih ka cara ikut program autorin, cakap, dan jahitin dari kominfo ini. Pengen daftar kalo boleh mah 😁 biar nambah skill gitu

  10. Kerjasama pemerintah dengan kelompok start-up dan kelompok masyarakat ini bagus sekali. Apalagi targetnya adalah daerah 3T tang memang sangat membutuhkan program-program seperti di atas

  11. MasyaAllah aku pengen join yang jahitin itu, aku ada usaha sendiri yang bikin fashion dan craft
    semoga makin di dukung begini makin berkembang ukmnya aamiin

    1. Keren Mbak ada usaha craftnya. Smeoga semakin berkembang ya. Siapa tahu bisa ikutan jahitin itu hehe

  12. Programnya bagus bagmnget nih, biar daerah daerah 3T tersentuh digitalisasi. Keren.. semoga berjalan dengan baik programnya

  13. Mantap sekali program dari Keminfo ini ya mbak Rin 🙂
    Program pemberdayaan ekonomi yang muantap dan harus terus dilestarikan, karena tentunya program ini akan menolong masyarakat kecil di daerah 3T melalui kegiatan ekonomi kreatif (UKM/UMKM). Keren sekali dan luar biasa programnya. Saya dukung semoga terus dilanjutkan….

  14. Oohh jadi dayamaya ini membantu pelaku usaha kecil untuk bisa jualan secara online melalui start up ya kak? Bahasa saya awam banget ya, hehe. Ini bagus sekali sih menurut saya, pandemi berdampak sangat besar terhadap pelaku usaha UMKM. Mungkin melalui program dayamaya ini roda ekonomi UMKM bisa bangkit lagi

  15. Wahh di wilayah 3 T pasti terbantu sekali dengan program seperti ini yaaa. Semoga terus memberikan dampak positif bagi mereka.

  16. keren banget nih program-program dari dayamaya ini. yang paling menarik sih cakap, semoga saudara di wilayah 3T bisa terbantu dan memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya

  17. Program Dayamaya ini begitu positif bagi masyarakat ya. Potensi yg ada digali dan dimanfaatkan yang nantinya akan mengangkat kesejahteraan masyarakat tersebut. Semoga program positif seperti ini makin banyak diselenggarakan

  18. sekarang ini ekonomi digital emang lagi naik daun ya mbak
    sayangnya memang daerah 3T blm optimal dalam memanfaatkannya
    makanya program dayamaya ini sangat membantu bagi masyarakat 3T

  19. 3 Program dari Dayamaya memberikan kesempatan bagi yang ingin pelaku usaha atau usaha ingin memulai bisnis jadi punya bekal skill untuk berdaya. Semoga terus berkesinambungan

  20. Tjakep bangetini program nya sampai menjangkau daerah2 yang nyaris tak terjangkau..semoga makin banyak UMKM yang dipelosok bisa maju usahanya dan bisa kelihatan oleh banyak orang

  21. Bangga banget sama Kominfo yang udah buat program Dayamaya. Makin berkembang ekonomi di daerah 3T.

  22. Saya sangat apresiasi sekali langkah pemerintah, melalui Kemkominfo, menghadirkan program Dayamaya ini. Semoga bisa membantu daerah 3T untuk bangkit dalam ekonomi, tidak hanya NTT saja, tapi juga provinsi lainnya di Indonesia

  23. Program seperti ini sangat membantu UMKM ya, dengan adanya gaungan ekonomi digital pastinya mereka akan siap juga

  24. Yuni belum nonton drakor itu. Jadi cuma bisa meraba-raba. Hehehe

    Anyway, pemandu wisata bersertifikat memang aset untuk daerah tersebut ya mbak.

  25. Keren-keren nih programnya kominfo. Ada jahitin academy, atourin dan cakap. Ketiga nya mengasah sklill sekali. Apalagi masyarakat yang tinggal di daerah 3T, pasti sangat terbantu dengan program ini. Daebak 👌

  26. Bagus programnya dalam kerangka Dayamaya, Kak. Kalau cakap berbahasa asing, terutama Inggris, maka pasar yang dijangkau bisa semakin luas. Warga setempat bisa menjajakan produk jahitan kain lokal yang kualitasnya tak kalah dengan mutu garmen internasional berkat bantuan promosi online. Apalagi kalau wisatawan datang ke daerah 3T, bisa dipajang dan dijelaskan oleh para pemandu tur yang sudah terlatih. Semoga Dayamaya bikin seluruh Indonesia maju!

  27. Bakti kominfo lewat program dayamaya ini keren ya kak, semoga daerah 3T cepat bisa maju dan berkembang seperti daerah lainnya

  28. Akhirnya daerah 3T mendapat perhatian, ditempatku banyak banget kak daerah seperti ini. Mudah mudahan kalau sudah dibantu Startup dan Komunitas, akhirnya bisa Kembangkan Potensi Ekonomi. Keren sih ini

  29. Program KEMKOMINFO DAYAMAYA ini emang mantep n sesuai kebutuhan masyarakat dan kebutuhan zaman. Saya juga salut dan terharu atas perhatiannya pada masyarakat yang membutuhkan yakni masyarakat 3T. Semoga program ini bisa berdampak positif pada lebih banyak orang lagi. Semoga juga ga dikorupsiin. Terimakasih artikelnya sangat mencerahkan dan bermanfaat:)

  30. Sinergi yang bagus ya mb. Sehingga di tengah pandemi masyarakat tetap dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang ditekuni. Harapannya masysrakat 3 T semakin maju dan mampu mengejar ketertinggalannya.

  31. Program Dayamaya ini sangat bagus untuk dikembangkan lagi ke depan. Setidaknya akan banyak startup startup baru yang bisa dikreasikan anak muda/ukm utk membangkitkan perekonomian daerah.

  32. Kece banget ii kalau bisa bersama-sama membawa perubahan yang lebih besar di daerah 3T. Program Dayamaya emang jadi incaran para start up, umkm dn komunitas yang ingin membangun bangsa untuk lebih baik ya.

  33. Program Dayamaya ini bagus banget menantu start up untuk berkembang apalagi mendukung pertumbuhan ekonomi daerah 3T semoga kedepannya semakin banyak menjangkau daerah lainnya

  34. Aku suka banget ini dengan startup Atourin. Rasanya pas banget dengan kebutuhan di Indonesia untuk mengembangkan pariwisata kita yang ada di berbagai daerah.

  35. Banyak yang keangkat melalui program ini, start upnya dan juga msyarakat di kawasan 3T. Semoga terus berkembang dan swmakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya

  36. Mudah-mudahan Program Dayamaya dari Bakti Kemkominfo ini tepat sasaran dan efektif dalam memberdayakan perekonomian masyarakat yang berada di daerah-daerah 3T ya.

  37. Atourin menurut ku yang paling membantu saat ini karena mengenalkan teknologi di daerah 3T. Karena seperti kita tahu, kemajuan bangsa menjadi begitu cepat berkat tekhnologi. Terutama tekhnologi informasi.

  38. Cakap ini programnya menarik banget yaa mb Rin, karena melihat potensi wisata yang sangat besar maka perlu banget bersinergi dalam hal wisata Indonesia, ahh saya dukung banget BAKTI melalui program Dayamaya ini karena industri kecil ekonomi Indonesia itu hanya kurang modal dan bantuan agar lebih maju.

  39. mba rin maafkan aku telat baca ini hikss. Keren banget sih ini programnya, seneng karena masih ada kebaikan di tengah gempuran keburukan di negeri ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.