Loading

Belajar SEO untuk Pemula, Mengenal Pengertian hingga Cara Kerjanya

Belajar SEO untuk Pemula, Mengenal Pengertian hingga Cara Kerjanya – Bagi pebisnis kini istilah SEO sudah tak asing lagi, apalagi jika bisnis yang dijalani membutuhkan digital marketing. Apa sih yang bisnis yang sekarang sudah tidak dipromosikan melalui dunia digital? Blog dan website adalah salah satu media promosi online yang paling efektif untuk meningkatkan bisnis.

Buat pemula yang saat ini sedang mempelajari Search Engine Optimization atau yang dikenal dengan SEO ini harus tahu apa pengertian hingga bagaimana cara kerjanya. Supaya nanti tidak salah strategi khususnya dalam pengembangan bisnis.

Apalagi untuk para pebisnis yang membutuhkan SEO untuk meningkatkan traffic websitenya. Tak mudahnya mempraktikan SEO bahkan sampai membuat jasa SEO bertebaran di luar sana. Alasannya, ya karena begitu banyak yang membutuhkan orang-orang yang punya keahlian di bidang SEO ini.

Apa Itu SEO?

Sesuai dengan istilahnya, SEO merupakan upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi website. Tujuannya agar web memiliki peringkat teratas di mesin pencarian.

Dengan adanya SEO akan membuat mesin pencarian memberikan penilaian apakah web yang dibuat sesuai dengan kebutuhan para pencari. Sehingga layak untuk mendapatkan posisi teratas.

Mengapa harus mendapat rangking paling atas? Karena dengan masuk ke peringkat teratas trafik organik pun meningkat. Meningkatkan trafik adalah tujuan semua web, semakin tinggi tentu lebih baik.

Perlu diingat bahwa SEO bukanlah sebuah pekerjaan yang bisa diselesaikan sekali saja. Ada proses panjang yang menyertainya, oleh karena itu belajar SEO adalah proses belajar tiada akhir karena harus terus menerus dilakukan yaitu mengoptimasi web.

5 Alasan SEO Penting untuk Sebuah Website

Bukan hanya tahu pengertiannya saja, sebelum masuk ke indikator yang digunakan untuk menilai SEO, kamu harus tahu terlebih dahulu seberapa pentingnya SEO pada sebuah web. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa dalam digital marketing, SEO sangat penting.

Masih ragu untuk belajar SEO? Berikut ada beberapa alasan sebuah web harus menerapkan SEO yaitu:

1. Sumber Informasi Diperoleh dari Mesin Pencari

Informasi kini tak hanya didapatkan dari TV atau koran saja, tapi mesin pencari menyediakan begitu banyak informasi yang dibutuhkan manusia. Semua informasi berasal dari web yang bisa ditelusuri melalui mesin pencari.

Sekitar 75% masyarakat Indonesia menggunakan mesin pencari untuk memperoleh informasi. Halaman pertama dari mesin pencari adalah yang paling banyak dikunjungi. Oleh karena itulah sebuah web tidak bisa melewatkan SEO dalam prosesnya.

2. Trafik Tinggi Berasal dari Halaman Pertama

Berada di posisi teratas selalu menjadi highlight, inilah yang akan didapatkan oleh website ketika berada di halaman pertama mesin pencari. Dengan begitu trafik akan meningkat pesat, jadi sasaran berada di rangking pertama adalah tujuan yang wajib diperhatikan.

3. Web yang Mudah Ditemukan Pada Berbagai Keyword

Mau punya web yang selalu muncul di mesin pencari? Kuncinya hanya satu yaitu menerapkan SEO. Salah satu yang bisa dilakukan agar konten kita muncul di peringkat atas google adalah dengan melakukan riset keyword. Pengguna akan menggunakan kata kunci atau keyword ketika mencari sebuah informasi harga, produk, kualitas barang dan lain sebagainya.

Dengan praktik SEO, maka web akan dengan mudah dijangkau oleh pengguna. Cukup tentukan topik dan cari kata kuncinya.

4. Kredibilitas Website Meningkat

Di era digital untuk meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis adalah memiliki web yang berada di peringkat atas mesin pencari. Mudahnya web untuk diakses, membuat bisnis jadi banyak dikenal dan kredibilitas pun meningkat.

Menilik Cara Kerja SEO

Mau belajar SEO? Kamu harus tahu dulu bagaimana cara kerjanya. Optimasi pada website dilakukan untuk mengikuti algoritma mesin pencari. Dalam hal bisa berupa Google, Bing, Yahoo! dan masih banyak lagi. Hanya saja karena Google menguasai pasar di dunia, maka banyak praktik SEO yang mengikuti algoritma Google.

Langkah optimasi sendiri akan selalu berubah karena algoritma dari Google sering mengalami perubahan. Hingga saat ini saja sudah terdapat delapan kali perubahan dalam algoritmanya. Bahkan ke depannya algoritma Google akan terus berubah demi mendapatkan hasil yang paling relevan.

Mungkin kamu pernah mendengarkan soal keyword surfing, hal inilah yang dimanfaatkan untuk SEO. Keyword ditanamkan sebanyak-banyaknya pada konten. Sayangnya cara ini sudah tidak berfungsi lagi, karena Google akan menganggap konten sebagai spam. Orang yang nggak belajar SEO lebih lanjut dan update mungkin masih sering melakukan keywprd stuffing ini

5 Faktor Penting dalam Menerapkan SEO

belajar seo

Lalu apakah SEO yang tepat untuk algoritma Google saat ini? Mempermudah untuk menerapkan SEO terhadap web, ada lima faktor yang bisa diterapkan sebagai berikut ini:

1. Membuat struktur URL yang sederhana

URL sangat penting bagi mesin pencari untuk mengenali sebuah website. Semakin kompleks struktur URL maka proses crawling juga semakin sulit. Oleh karena itu struktur URL seharusnya dibuat sederhana.

2. Menggunakan SSL/TLS

Google mengutamakan web yang menggunakan SSL/TLS sejak tahun 2014. Maka supaya mudah dicari, sebaiknya web dibuat menggunakan SSL/TLS. Cirinya adalah awal nama domain menggunakan HTTP.

3. Memilih topik konten

Jangan sembarangan menciptakan konten karena harus sesuai dengan tujuan dibuatnya web, sesuai niche web, dan konten selalu saling berkaitan satu sama lain.

4. Mengikuti search intent pengguna

Tidak semua kata kunci hanya memiliki satu makna saja, tetapi bisa dua bahkan lebih. Google akan membaca search intent dari pengguna. Oleh karena itu penerapan SEO harus sesuai dengan search intent yang dibutuhkan.

5. Struktur dari konten

Bukan hanya pemilihan konten sesuai web, tetapi strukturnya harus diperhatikan. Mulai dari enak dibaca, memiliki heading serta subheading dan banyak poin. Jangan lupa sertakan juga gambar atau infografik jika diperlukan.

Memahami konsep dasar itu penting bagi digital marketer yang ingin menjalankan SEO. Apalagi website terus menerus mengalami perkembangan. Jadi, masih semangat belajar SEO kan gaes?

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

21 Comments:

  • sarahjalan_

    December 7, 2020 / at 10:23 amsvgReply

    kalo Rini dekat denganku mau aku culik dan duduk disampingku buat ngajarin aku tentang SEO, sebab masih gak faham seperti apa konten yang menggunakan heading subheading, reset keyword dsb, saat ini cuma belajar dari google liat2 tutornya aja..namuuun,..tetap masih banyak tak fahamnya πŸ™ taunya nulis aja…

  • Ainur

    December 7, 2020 / at 1:50 pmsvgReply

    Mungkin lebih detail lagi lebih bagus kak
    Soalnya bagi newbie, memahaminya juga agak sulit. mungkin dikasih contoh.
    misalnya tentang struktur URl itu bagusnya seperti apa, contoh yang gak bagus itu bagaimana.

  • fitrian.net

    December 7, 2020 / at 7:40 pmsvgReply

    Belajar SEO berguna juga untuk pebisnis supaya lebih dikenal ya webnya. Dulu aku gak ngerti eh skr juga sih belum begitu ngerti hehehe. Pernah ada yg japri aku karena baca postingan, itu ternyata dapat dari mesin pencarian

  • Hendra Suhendra

    December 7, 2020 / at 8:45 pmsvgReply

    Kompleks juga pelajaran yang perlu dipelajari sama blogger. Gak cuma nulis aja, tapi perlu mempelajari SEO juga. BTW, ajarin dong, Mba Rini kan master SEO nya…

  • Muna Fitria Hidayat

    December 8, 2020 / at 1:04 amsvgReply

    Belajar SEO ini berat kalau langsung menyeluruh. Makanya aku belajarnya sedikit2. Tips demi tips, pelan2 aku cicil penerapannya di blog. Kalo enggak, bisa mumet gak nulis2 hahahaha..

  • Yuni BS

    December 8, 2020 / at 4:58 amsvgReply

    Yuni lagi belajar SEO. Emang bener nggak hanya sekali jalan sih belajar ini. Karena prosesnya panjang.

    Seringnya belum kelar belajar satu aspek eh katanya google ada update algoritma. Kalau sudah begini rasanya butuh panic button akutu, Kak Rin. Hehehe

  • Triani Retno

    December 8, 2020 / at 6:41 amsvgReply

    Duluuu pernah belajar seo dasar dari mas teknisine Rini, waktu ada job. Tapi masih banyak nggak pahamnya. Kurang lama belajarnya, keknya. Atau akunya kurang fokus.

  • Dwi Puspita

    December 8, 2020 / at 6:49 amsvgReply

    SEO ini menarik banget sebenarnya, mudah dipelajari jika praktek langsung. Terus kalau Artikel yg dibuat masuk page one bahagianya gak ketulungan…

  • Husnul Khotimah

    December 8, 2020 / at 8:23 amsvgReply

    Sampe sekarang, saya masih belajar konsep dasarnya belajar seo, itupun gak ngerti ngerti hahaha.. intinya praktek praktek praktek, teori doang gak praktek ya cuma pinter teori (nasehatin diri sendiri haha)

  • Ari Santosa Pamungkas

    December 8, 2020 / at 11:18 amsvgReply

    Aku dulu cuek2an tetep pake HTTP aja daripada ke HTTPS, hingga akhirnya nemu fakta bahwa Google memang lebih suka dengan website yg aman alias secure. Toh juga caranya gampang banget.

  • Artha Nugraha Jonar

    December 8, 2020 / at 4:03 pmsvgReply

    Harus belajar banyak nih tentang SEO. Kalau di digital marketing, SEO masih sangat ok untuk dipakai. Memperdalam SEO itu perlu buat pengelola web seperti blogger ataupun admin web di kantor.

  • Heizyi

    December 8, 2020 / at 8:14 pmsvgReply

    Belajar SEO ini sebenernya susah-susah gampang ya mbak. Karena kadang pengalaman dan tindakan juga beda-beda. Jadi harus dicoba semua

  • Rhoshandhayani K. T. πŸ’•

    December 8, 2020 / at 8:35 pmsvgReply

    iya, nggak cuma asal bikin aja
    kalau pengen dicari orang banyak di mesin pencari, ya harus serajin itu menerapkan seo untuk bisnisnya

  • Fachrur Rozi

    December 8, 2020 / at 8:37 pmsvgReply

    Terimakasih infonya kak, berkat postingan ini aku mulai paham lagi untuk belajar seo lebih giat lagi dalam mencari job placement hehe

  • Karyati Niken

    December 8, 2020 / at 8:42 pmsvgReply

    Next step, SEO untuk bisnis. Insyaallah sedikit demi sedikit di aplikasikan dan harus bisa berkembang untuk bisnis heheheh

  • Adriana Dian

    December 8, 2020 / at 9:54 pmsvgReply

    SEO nih emang njelimet ya mba riniiii, kupusing-pusing ketagihan rasanya tiap belajar seo buat blog. yang pasti sih hape banget kalo tau tulisan kita nangkring di halaman muda google karena teknik seo kita yaaaa

  • Andy Hardiyanti

    December 8, 2020 / at 10:27 pmsvgReply

    Kalau udah lancar nulis, dan paham yang namanya SEO. Blog bakal jadi powerful banget tuh yaa mbak. Mesti belajar banyak lagi nih saya dari kakak-kakak yang sudah ahli.

  • Rani Yulianty

    December 9, 2020 / at 5:39 amsvgReply

    Makasih ilmunya, kak, sampai saat ini saya masih mumet kalau mau nerapin SEO tapi sambil belajar bismillah sedikit-sedikit mulai nerapin SEO di artikel

  • Euisry Noor (isrinur.com)

    December 9, 2020 / at 7:04 pmsvgReply

    Aku termasuk yang udah ngeblog lama tapi nerapin SEO-nya belum aja, huhu… Perlu banyak banget belajar. Gregetan juga sih trafik segitu2 aja. Memang kudu dioptimasi kalau mau bagus ya…

  • Iman Ridhwan Syah

    December 12, 2020 / at 3:02 amsvgReply

    Meski pembahasan panduan belajar SEO nya nggak terlalu banyak, pemahaman tentang cara belajar SEO untuk pemula sudah dijabarkan cukup lengkap.

    Selain itu, UX dari kata demi kata dan penataan keyword nya sudah pas, enggak memaksakan dan membuat semua audience pada komen di atas dapat memahami dengan mudah.

    Good job, Celotendinihari.com, well done ~

    See you next time, dear πŸ™‚

  • nbsusanto (dolanotomotif.com)

    July 8, 2021 / at 11:17 amsvgReply

    butuh ketelatenan dan waktu sih untuk mempelajari SEO..
    bahkan blog yang tadinya SEOnya udah bagus kalau terlena dikit njeblok..
    saya pengalaman down traffic dulu sehari 3000 gampang, sekarang tinggal 10% nya per hari πŸ˜‚

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Belajar SEO untuk Pemula, Mengenal Pengertian hingga Cara Kerjanya