Soal dan Pembahasan Fisika SMP : Materi Listrik Statis

FISIKA LISTRIK STATIS – Idul adha kemarin barusan pulang kampung dana ambilcuti sehari di hari senin biar libur agak panjangan di rumah sama bapaki ibu

Seperti biasa kalau liburan terus cuti tuh paling deg deg an kalau tiba-tiba ada orang kantor yang nge chat.  Takutnyan masalah kerjaan gitu kan males banget. 
 
Eh bener aja pas seninnya ada 2 orang kantor yang
nge chat pas aku masih berselimut tebal diatas kasur empuk (maklum cuaca di  Kebumenlagi ekstrim dinginnya). Eh untungnya yang 1 orang nge chat nanya hari  aburmau order mie pedas enggak buat makan siang. Wkwkw.  Satunya lagi ngechat ngasih soal fisika punya anaknya tentang muatan listrik statis. Haha. 
 
Oke aku gak bakal bahas perkasa mie pedas. Wkwkw.
Takut kalian ngiler. Nah karena chat pagi tersebut ini aku jadi epikirank mau share soal dan jawaban fisika yang alhamdulillah masih aku inget caranya.  
 
Kok masih inget?  Kan materi anak SMP (yang  uludjamanku ikut materi anak SMA gaes) 
Yap,  soalnya kan daku kemarin sempet kasih les private anak SMP untuk materi matemati dan fisika bekal buat ujian nasional. Jadi masih inget lah..  


Pixabay
Oke mari bahas soalnya.  

SOAL

  1. Dua benda bermuatan listrik masing-masing sebesar 3C dan -5C, kedua benda tersebut
    L dipisahkan jarak 5 m. jika nilai k = 9 x 109 Nm2/C2, maka gaya tarik menarik antara kedua benda sama dengan =
  2. Dua benda bermuatan listrik 6 x 10-9 C dan 8 x 10-9 C. kedua bendad pada jarak 4 cm. berapakah gaya tolak menolaknya =
  3. Benda pertama mempunyai muatan sebesar 6 x 10-5 C .Pada jarak 30 cm diletakkan benda kedua yang bermuatan juga. Jika gaya tolak menolak antara dua benda tersebut 120 N, maka besar muatan benda yang kedua adalah=
  4. Apabila dua buah  bendabermuatan listrik sejenis didekatkan satu sama lain pada jarak tertentu, maka akan menimbulkan gaya tolak menolak sebesar F. jika jarak kedua benda bermuatan itu diubah jadi dua kali lebih besar, maka gaya tolaknya akan menjadi=
  5. Terdapat benda “identik” yang berada pada jarak 4 cm dan memiliki gaya tolak sebesar 90 N. jika nilai k = 9 x 109
    Nm2/C2, maka nilai masing-masing muatan adalah sebesar

PEMBAHASAN LISTRIK STATIS

Untuk menjawab soal FISIKA LISTRIK STATIS diatas sebenarnya hanya menggunakan satu konsep atau rumus, hanya saja cara pengerjaannya dan hal yang ditanyakan masing-masing berbeda. Jangan panic, tinggal modifikasi dan ngandelin kreativitas aja.

Listrik statis adalah berkumpulnya muatan-muatan listrik pada suatu benda tertentu. Contoh dari listrik statis yaitu terjadinya terjadinya petir atau sengatan kecil saat kita menyentuh layar tv/ monitor yang menyala.
 

RUMUS GAYA DAN MUATAN LISTRIK STATIS ( HUKUM COULOMB)

Dimana:
F
=
gaya
tarik menarik atau tolak menolak (N atau Newton)
k
=
konstanta
Coulomb (9.109 Nm2/C2)
Q1
=
besar
muatan 1 (C atau Coulomb)
Q2
=
besar
muatan 2 (C atau Coulomb)
r
=
jarak
antar dua muatan (m atau meter)

JAWABAN

1. Diketahui:
Q1 = 3C
Q2 =-5C
R = 5 m
k = 9 x 109 Nm2/C2
F = …?
 
 
2. Diketahui:
Q1 = 6 x 10-9 C
Q2 = 8 x 10-9 C
R = 4 cm = 4 x 10-2m
F =…?


Artikel Terkait:  Pengalaman dan Biaya Kursus Brevet Pajak di IAI (Ikatan Akuntan Indonesia)
 
3. Diketahui:
Q1 = 6 x 10-5 C
R = 30 cm = 30 x 10-2 m
F = 120 N
Q2 =…?


 
4. Diketahui:
R2 = 2R1
F2 = …F1 ?


 
 
5.Diketahui:
2 benda “identik”
R = 4 cm = 4 x 10-2 m
F = 90 N
k = 9 x 109 Nm2/C2,
Q1 dan Q2 = …?



SELAMAT BELAJAR SEMUA!!!






RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

 

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.