Car Ownership Program: Kenapa Perusahaan Besar Menjalankan COP

Car Ownership Program

Dalam sebuah perusahaan, karyawan menjadi ujung tombak yang berperan penting dalam operasional. Oleh sebab itu diperlukan tunjangan seperti car ownership program salah satunya.

Tujuannya tentu untuk memastikan kesejahteraan dari karyawan tersebut. Namun, dibalik alasan itu juga ada banyak manfaat dari COP bagi sebuah perusahaan.

Apa saja manfaatnya? Berikut ini, kami telah rangkumkan beberapa diantaranya.

Manfaat Car Ownership Program bagi Perusahaan yang Menjalankan

Sebagai pemilik usaha, orientasinya tentu keuntungan maksimal dari operasional usaha yang dijalankan. Namun, hal ini tentu tidak dapat terwujud tanpa adanya strategi usaha yang tepat.

Selain strategi bisnis, tenaga ahli, kualitas kerja karyawan dan juga loyalitas pekerja pada perusahaan juga turut berperan dalam mencapai tujuan.

Baca juga: 10 Media Promosi Online Paling Efektif untuk Bisnis UKM

Oleh karenanya, pihak perusahaan perlu memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Salah satu yang cukup familiar yakni dengan menjalankan car ownership program. Adapun alasan memilih program ini sebagai tunjangan karyawan, antara lain seperti:

1. Memotivasi

Umumnya, COP adalah tunjangan yang bisa diperoleh karyawan level manajerial. Namun tidak jarang juga diberikan pada karyawan berprestasi, meski posisinya belum setara manajer.

Dalam hal ini, COP difungsikan untuk memotivasi karyawan agar bisa mempertahankan kinerjanya yang sudah baik. Dengan kata lain, menjadi reward atas kinerja mereka yang maksimal dan sesuai ekspektasi perusahaan.

2. Mempertahankan Tenaga Ahli

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, COP menjadi reward bagi karyawan berprestasi. Artinya, mereka memiliki keahlian di bidangnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Perusahaan besar, menjalankan COP juga sebagai strategi untuk mempertahankan atau mengikat tenaga ahli yang sudah dimiliki.

Bagaimanapun juga, dalam dunia bisnis tentu persaingan tidak dapat terelakkan. Pihak kompetitor, tentu akan berupaya menjaring tenaga ahli Anda untuk mencapai kesuksesan serupa.

Nah, sebagai langkah antisipasi agar tidak kehilangan tenaga ahli, maka Anda sebagai pemilik usaha wajib memberikan tunjangan kesejahteraan yang membuat karyawan berkompeten itu betah di perusahaan Anda.

3. Menumbuhkan Loyalitas Karyawan

Tidak hanya karyawan berprestasi, car ownership program juga diberikan kepada karyawan dengan masa kerja diatas 3-5 tahun. Tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Dengan perusahaan memberlakukan car allowance,  maka karyawan tidak akan keluar masuk. Mereka bisa lebih loyal pada perusahaan, maju dan berkembang sekaligus memberi kontribusi maksimal bagi usaha Anda.

Baca Juga: Seva Mobil Bekas, Tempat Jual Beli Mobil Baru dan Second Terbaik 2020

Car allowance adalah program kesejahteraan karyawan yang dibuat oleh perusahaan, di mana program ini hanya bisa diikuti oleh mereka yang sudah melewati masa kerja tertentu.

Inventaris motor atau mobil, dengan sistem hak guna adalah salah satu contoh COP perusahaan yang kerap diberlakukan perusahaan bagi karyawan dengan masa kerja tertentu.

Namun ada juga yang sistemnya, setelah berapa periode maka kendaraan tersebut menjadi hak milik karyawan sepenuhnya. Ini biasanya diberlakukan pada karyawan dari mulai level supervisor ke atas.

Bagi perusahaan yang berencana memberlakukan COP sebagai tunjangan kesejahteraan karyawan, harus memperhatikan beberapa hal penting.

Berikut ini kami berikan ulasan singkat, mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dalam menjalankan COP dalam perusahaan.

Hal Penting untuk Diperhatikan dalam Car Ownership Program

Program ini dibuat untuk bisa saling menguntungkan baik bagi perusahaan maupun karyawan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan sebelum menjalankan car ownership program.

  • Terdapat persyaratan yang jelas bagi karyawan untuk bisa mengikuti COP. Seperti masa kerja, prestasi kerja, atau jabatan terakhir yang dimiliki
  • Status kepemilikan. Apakah sewa atau hak guna atau mobil dinas yang dalam kurun waktu tertentu dapat menjadi milik karyawan sepenuhnya. Bisa juga status kepemilikan langsung bagi karyawan, pihak perusahaan hanya memberikan plafon tunjangan tertentu untuk membayar cicilan car ownership program pada leasing yang bekerjasama
  • Penetapan jangka waktu kepemilikan kendaraan. Baik yang sewa atau hak guna maupun proses cicilannya. Bisa berdasarkan masa kerja, atau tenor cicilan kendaraan.
  • Nama kepemilikan selama program masih berjalan. Misalnya, atas nama perusahaan dan akan balik nama setelah semua persyaratan dipenuhi oleh karyawan untuk kepemilikan secara utuh. Bisa juga langsung atas nama karyawan yang bersangkutan, akan tetapi BPKB disimpan pihak perusahaan, sampai program berakhir dan bisa diserahkan pada karyawan bersangkutan
  • Persiapan kemungkinan kondisi-kondisi tertentu di luar kesepakatan. Pihak perusahaan harus mempersiapkan kesepakatan yang bersifat fleksibel untuk mengatasi kondisi tidak terduga seperti PHK atau karyawan meninggal dunia

Dengan memperhatikan hal-hal penting di atas, COP tidak hanya bisa dijalankan oleh perusahaan besar saja. Usaha sekelas koperasi pun bisa menjalankannya.

Tentu saja karena terdapat kesepakatan, serta persyaratan yang jelas dalam pelaksanaannya. Dengan begitu, tidak ada yang dirugikan baik dari pihak perusahaan maupun karyawan.

Justru dengan adanya car ownership program ini, akan lebih efektif mencapai target usaha karena karyawan telah disejahterakan. Performa kerja mereka akan senantiasa terjaga dan tidak tergiur berpindah pada kompetitor Anda.

Selain hal-hal penting di atas, ada satu hal lagi yang tidak boleh terlewat dalam menjalankan COP. Hal tersebut yakni memilih leasing atau pembiayaan yang tepat.

Kami merekomendasikan Maybank Finance sebagai solusinya. Di sini, Anda bisa mendapatkan simulasi kredit kepemilikan mobil yang membantu untuk memproyeksikan DP juga cicilan untuk COP.

Di Maybank, Anda bisa mendapatkan instant approval dan juga cashback sebesar satu juta rupiah. Prosesnya mudah dan cepat. Bunga yang ditawarkan juga rendah. Soal pelayanan, dijamin Anda akan puas dan senantiasa dimudahkan.

Mulai dari pembayaran angsuran melalui e-wallet, cashback untuk tiga angsuran pertama, serta berbagai program serta kemudahan lainnya.

Jadi, jika ingin menjalankan car ownership program pada usaha Anda, maka Maybank Finance solusinya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like