4 Keuntungan Belanja Online Sistem COD yang Jadi Favorit Pembeli

Belanja Online Sistem COD

Keuntungan Belanja Online Sistem COD yang Jadi Favorit Pembeli – Saat belanja online, salah satu metode pembayaran yang paling banyak dipilih adalah COD. Bagi kamu yang belum tahu istilah ini, COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery. Metode ini bisa diartikan sebagai belanja online terpercaya yang bisa membayar di tempat. Jadi, pembayaran dilakukan setelah paket barang sampai ke tangan pembeli.

Belanja online sistem COD memungkinkan pembeli dan penjual bertemu langsung. Atau bisa juga melalui jasa kurir atau jasa kirim barang dari ekspedisi yang sudah dipilih. Pembayaran tidak dilakukan dengan transfer, melainkan dengan uang tunai.

Kelebihan Belanja Online COD

Belanja online aman adalah keinginan semua orang. Maka dari itu, banyak yang memilih COD. Sebab, kamu bisa melihat kualitas barang terlebih dahulu. Kamu juga tidak perlu repot melakukan transfer di bank apabila tidak memiliki i-banking.

Selain itu, ada juga kelebihan sistem belanja online terbaik dengan COD, diantaranya :

1. Menguntungkan Pembeli

Saat melakukan belanja online termurah dengan sistem COD, pembeli sangat diuntungkan. Pasalnya, kamu bisa memeriksa barang terlebih dahulu sebelum membayar. Lain halnya dengan sistem lain dimana kamu hanya bisa menganalisa spesifikasi barang hanya dari deskripsi dan foto saja.

Artikel Terkait:  Yummy App, Permudah Anak Kos Masak Apa Aja dan Semaunya

2. Menguntungkan Penjual

Meskipun menjadi keuntungan tersendiri bagi pembeli, bukan berarti penjual akan merugi. Sebab, sistem COD memungkinkan penjual bisa menawarkan lebih banyak barang pada calon pembeli.

3. Tidak Perlu Transfer

Dengan sistem belanja online Indonesia yang satu ini, memungkinkan pembeli yang tidak punya rekening bisa berbelanja. Jadi, kamu yang tidak memiliki rekening pun bisa tetap membeli barang. Jikapun punya, kamu tidak perlu repot ke ATM, ke lokasi pembayaran lain seperti Indomaret dan Alfamart untuk transfer. Kamu lebih hemat tenaga.

4. Reputasi yang Baik untuk Penjual

COD juga membuat reputasi penjual jadi lebih baik. Sebab, penjual yang berani melakukan sistem COD tentu yang memiliki barang dengan kualitas baik sehingga bisa diperiksa terlebih dahulu oleh pembeli.

Itulah keuntungan sistem belanja online sistem COD. Tak heran jika di berbagai marketplace menyediakan fitur sistem COD. Sebab, keuntungannya sangat banyak dan diminati oleh banyak pembeli.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online Sistem COD

Belanja Online Sistem COD

Marketplace bisa menjadi tempat belanja online murah. Pasalnya, di seller tersebut bisa saja merupakan pemasok atau supplier tangan pertama. Mulai dari produk fashion, makanan, elektronik, hingga belanja sembako online. Dengan adanya belanja online sistem COD, semakin memudahkan banyak orang untuk membeli produk tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai sistem COD ini. Diantaranya tidak semua wilayah terjangkau oleh sistem ini. Ya, jangkauan wilayahnya cukup terbatas. Pun, tidak semua olshop menyediakan fitur ini.

Artikel Terkait:  Bangkit dari Pandemi Bersama We Love With Love

Selain itu sistem COD juga memungkinkan adanya biaya tambahan. Sehingga, harga barang akan menjadi lebih tinggi. Biasanya, biaya yang dikenakan mulai dari Rp 2500,-.

Terlepas dari keuntungan dan kekurangannya, sistem COD bisa jadi variasi metode pembayaran yang dipilih oleh pembeli. Begitu juga di marketplace Ladara dimana ada berbagai macam metode pembayaran yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih metode yang paling mudah dan menguntungkan.

 

0 Shares:
23 comments
  1. Aku kalau ada pilihan COD, lebih milih COD. Untuk jaga-jaga in case barang yang diterima nggak sesuai dengan ekspektasi. Cuma ya itu, kadang agak lebih mahal daripada menggunakan jasa pengiriman barang.

  2. Eh, baru tau ada marketplace Ladara. Memang baru ya, Rin?
    Btw, selama ini aku nggak penah belanja pakai COD dengan berbagai pertimbangan, termasuk curhatan babang kurir langganan 🙂

  3. bener banget kak, belanja dgn sistem cod itu lebih praktis
    apalagi buat yg g punya mbanking ya, biar g perlu repot-repot ke atm

  4. Rasanya kalau berbelanja dengan menggunakan sistem COD begini, paling pas dilakukan kalau so konsumen sering berada di rumah kali ya.

    Asik memang, jadi nggak perlu ribet ribet melakukan transfer.

  5. Emang sih. Belanja dengan sistem COD tu lebih nyaman. Kadang-kadang kalau pingin belanja online, yuni suka pilih yang COD kalau kebetulan sellernya menyediakan pilihan itu.

    Apalagi kalau sellernya nggak menerapkan ongkir. Double-double keuntungan pembelinya. HEhehehe

  6. Setuju banget. Pilihan COD ini menguntungkan. Karena kita yang beli bisa cek barangnya, sesuai atau enggak. Kalau udah oke semua baru bayar. Jadi, pembeli puas dengan barangnya. Dan penjual juga untung karena langsung dapat uangnya.

  7. Tapi kekurangan COD ini adalah kalo yang pesen lagi ga di rumah, trus dia ga nitip duit sama kita, eh ujung-ujungnya kita harus bayarin dulu. Meskipun abis itu diganti, tapi deg deg an sih kalo kita ga megang uang gimana ya kannnn… Tapi seru udah ada COD, memudahkan pembeli yg ga punya akses ke ATm atau mobile banking 🙂

  8. Kayaknya saya belum pernah bayar pake cod deh. Bayar pakai sistem cod juga menguntungkan pembeli, karena gak perlu pake jasa kurir lagi, jadi pembeli gak dibebanin biaya pengiriman.

    Cod juga perlu diperhatikan, jangan cod malam sendirian di tempat sepi. Karena udah banyak juga kasus yang merugikan pembeli. Misalnya penipuan

  9. Aku gak pernah pake sistem COD khawatir paketnya datang eh kita sedang gak ada uang atau lagi gak di rumah, yah bisa lewat deh paketnya

  10. Kalau bisa COD sih milih sistem ini aja klo barang yang dibeli dekat dengan lokasi kita hehe, lebih hemat kan ya gak perlu pakai ongkir dan bisa lihat produk nya langsung

  11. Daku junga kalau belanja di e-commerce sukanya yang COD, karena bisa kapan aja belinya nggak perlu direpotkan sama transfer. Soalnya kalau transfer juga kan ada limit kapan mesti dibayar

  12. Aku juga sebagai pembeli seneng kalo ada pilihan COD. Soalnya belum pake m-banking jadi agak ribet utk pembayarannya.

  13. Kalau dari segi pembeli jadi lebih yakin ya, karena udah ada barang baru bayar.

    Tapi suka kesian sama kurir kalo pas anter barang cod kebetulan orangnya ga ada. Dititipin tetangga belum tentu bisa nalangin.

  14. Untuk belanja gadget emang paling enak COD ya mbaaa, biar kita bisa liat langsung barangnya yaaa.. Jadi lebih aman dan tenang ya kalo belanja gadget sistem COD..

  15. Untuk belanja dengan cara COD aku pernah lakukan tapi untuk beberapa produk aja yang memang butuh COD. Btw aku baru tahu ada Ledara nih kak.

  16. Saya tuh belum pernah COD
    Soalnya khawatir pas saya ga di rumah
    Tapi pandemi gini kayaknya mending COD kan ya

  17. Sistem COD ini belum pernah saya lakukan. Masalahnya uang selalu ada di rekening, nggak pernah ambil banyak paling buat belanja sehari-hari ke warung jadi kalau beli barang yang udah ratusan ribu udah berat karena nggak pegang cash. Hehe.

  18. Aku anaknya nggak tegaan Mbak Rin, jadi selama kalau beli online ya pasti udah cash aja gitu karena kasian sama kurir dan juga males retur2 wkkwkwk lagian aku sering ga ada di rumah. Tapi kan aku personal aja yah bukan sebagai penjual, ternyata sistem COD menguntungkan juga karena jadi bisa cek barang dulu, terutama kalau reseller nih pasti gamau juga rugi atau bikin pembeli kecewa.

  19. COD tantangan terbesar untuk kurir juga. Karena cash, uang jadi berputar di kurir. Tetapi dari sisi pembeli memberikan kemudahan banget. Pembeli jadi percaya banget dengan penjualnya, sehingga barang yang dijual semakin banyak.

  20. Bener banget COD ini memang favorit banget.mama saya juga suka belanja pake sistem ini tapi kalau saya karena jarang pegang uang tunai jadi lebih suka pake sistem ttansferan aja

  21. Yang suka belanja cod ini temen2ku di kantor. Karena mereka tidak memprioritaskan punya m-banking dan lebih senang bayar cash.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.