Accurate Digital Partner: Pembukuan Rapi Kunci Sukses Jalankan Bisnis UMKM

accurate digital partner

Kamu atau keluarga kamu punya bisnis kecil-kecilan dan masuk ke golongan Usaha Kecil Mikro dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM? Atau, ada diantara kalian yang punya tetangga yang mempunyai usaha sendiri seperti toko kelontong atau grosiran???

Udah sejauh apa nih menyeriusi bisnis yang dibangun? Udah melakukan pembukuan yang rapi untuk bisnis kamu belum?

Di lingkungan sekitar kita akan sangat mudah menjumpai berbagai macam bentuk jenis UMKM. Keluar rumah,m, bahkan saat melakukan perjalanan sambil melihat kanan kiri jalan juga akan sangat mudah menemui berbagai macam bisnis UMKM. Bener kan?

Banyaknya bisnis UMKM di Indonesia  konon katanya berhasil menjadi salah satu penyebab penggerak ekonomi di Indonesia yang lagi lesu-lesunya. Hal ini bukan bualan semata kok, nyatanya berdasarkan data yang terpercaya, bisnis UMKM ini menyumbang PDB atau Produk Domestik Bruto Nasional hingga kisaran 60% dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja. Wow!

Terlebih UMKM ini kan perannya juga bagus untuk perekonomian warga sekitarnya. Kenapa begitu?

Ya karena kebanyakan UMKM akan mencari tenaga kerja yang terdekat dengan lokasi usaha. Its mean, warga sekitarpun berhasil diberdayakan dan mendapat lapangan pekerjaan.

Daftar isi: hide

Tentang Bisnis UMKM

Sebelum bicara lebih jauh tentang bisnis UMKM sampai masalah administrasi atau pembukuannya, kita samakan persepsi dulu yuk tentang apa itu bisnis UMKM dan bagaimana jenis dan kriteria bisnis UMKM itu sendiri.

Apa itu bisnis UMKM

Buat yang belum paham jenis bisnis seperti apa sih yang disebut UMKM itu, aku kasih gambaran sedikit ya. Menurut Wikipedia, UMKM atau Usaha Kecil Mikro dan Menengah adalah usaha produktif yang dimiliki oleh badan atau perorangan. Yang tentu tujuan dari bisnis ini ya seperti bisnis pada umumnya, yaitu money dan profit oriented, alias bertujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Perkembangan Bisnis UMKM

Menurut banyak sumber, perkembangan bisnis UMKM di Indonesia memang bisa dibilang sangat pesat. Akan tetapi perkembangan ini pun nggak luput dari pasang surut karena segala problematikanya. Nggak sedikit bisnis UMKM yang akhirnya tergerus jaman. Sementara itu juga banyak jenis bisnis UMKM baru yang bermunculan.

Bisnis UMKM yang tergerus jaman ini bukan isapan jempol semata loh. Kalau kita lihat di sekitar kita sendiri aja pasti bisa kita saksikan sendiri gimana beberapa bisnis kecil menengah ini tak mampu bersaing dengan competitor yang memiliki bisnis serupa. Terlebih banyak jenis bisnis UMKM yang didirikan bersebelahan atau berdekatan. Jadilah kelihatan banget tuh komparasinya. Mana yang lebih ramai pelanggan dan mana yang berpotensi. Ya kan?

Di Era digital, Modal Besar Tak Selalu Jadi Kunci Sukses Bisnis UMKM, Begini Caranya

accurate digital partner

Banyak orang yang berfikir untuk sukses menjalani bisnis UMKM adalah dengan menggunakan modal sebanyak-banyaknya. Padahal, dilihat dari besarnya bisnisnya aja udah kelihatan tuh kalau bisnis UMKM bisa dimulai dari modal yang minim sekalipun.

Kunci suksesnya tentu planning bisnis yang baik dan pelaksanan bisnis yang rapi. Terlebih untuk bisnis berjalan di era digital dan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekaranag ini. Berbisnis dengan cara tradisional tentu bakal tertinggal terlebih jika para kompetitor telah sadar betapa pentingnya memasukan peran teknologi ke dalamnya.

Berikut beberapa kunci dan tips sukses menjalankan bisnis UMKM:

1. Planning / Rencana Bisnis

Sebuah bisnis atau usaha pasti memerlukan sebuah rencana yang matang. Namanya bisnis tentu berkaitan dengan modal yang pastinya adalah uang, maka nggak bisa kita anggap sebuah cara main aja. Dengan perencanaan yang matang seperti memikirkan target pasar dan cara promosi maka kita bisa melakukan bisnis dengan lebih lancar karena kita tahu nih apa apa saja yang harus dilakukan kedepannya.

Menyepelekan bagian perencanaan bisnis sama aja membuang-buang waktu dan tentu juga membuang-buang biaya. Hal ini dikarenakan bisnis yang dilakukan tanpa rencana pasti akan terus-menerus terjadi trial dan error yang menghabiskan banyak biaya.

Dengan adanya perencanaan bisnis setidaknya kita bisa mengurangi atau meminimalisir kerugian yang terjadi pada saat operasional bisnis tersebut berjalan.

2. Inovasi dan Pemasaran yang tepat Dalam Bisnis

Banyak pengusaha UMKM yang berpikir bahwa modal adalah faktor yang paling penting dalam pengembangan usaha. Nyatanya, fakta di lapangan justru mengatakan bahwa inovasi dan pemasaran lah yang harusnya menjadi perhatian paling utama. Para pelaku bisnis UKM bisa memilih cara promosi online karena lebih efektif dan bisa menjangkau banyak lapisan masyarakat.

Kenapa inovasi dianggap menjadi hal yang penting?

Seperti yang kita ketahui, di era modern seperti sekarang ini, mengharuskan semua pelaku bisnis untuk mengikuti perkembangan zaman dan tidak ketinggalan informasi maupun teknologi. Inovasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang menuntut semuanya serba cepat dan tepat.

Adanya teknologi yang makin maju sudah seharusnya dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku usaha misalnya untuk pemasaran bahkan sampai transaksi jual beli.

Beberapa pakar mengatakan inovasi bisa dilakukan dari segi cara berbisnis, proses berbisnis, teknologi yang digunakan, tampilan atau pengepakan produk, bahkan bahan baku bisa.

Amati, tiru, dan inovasi

3. Memanfaatkan Internet dan Media Sosial

Internet dan media sosial udah jadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hampir seluruh masyarakat modern kini telah memanfaatkan media social untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya, berbelanja.

Cari rekomendasi makanan, pakaian, jasa dan lain sebagainya pasti via internet. Kesempatan inilah yang juga harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis UMKM untuk memperkenalkan usaha baru atau produk barunya.

Terlihat melelahkan, tapi faktanya memang para pelaku usaha harus dipaksa untuk menyesuaikan kebutuhan pasar kalau ingin usahaya lebih banyak mendapat perhatian.

Contohnya aja kalian punya usaha warung makan, maka mengupload kondisi atau tampilan tempat usaha dan menu yang kamu jual di social media akan membantu agar produk jualan kamu lebih mudah dikenal.

Pun begitu dengan jenis usaha lain misalkan toko grosir. Berbagi di social media tentang betapa lengkapnya stock atau persediaan barang dagang serta ramainya aktivitas di tokomu bisa membuat kepercayaan calon pelanggan meningkat loh.

4. Kenali Pesaing atau Competitor

Seperti kita ketahui jumlah bisnis UMKM baru yang tumbuh semakin melonjak. Tentu banyak dari mereka yang memiliki kategori atau pun jenis-jenis bisnis yang sama. Adanya kompetitor atau pesaing ini harusnya membuat para pelaku UMKM semakin kreatif untuk bisa mempunyai keunggulan dibanding dengan kompetitor tersebut.

Keunggulan tersebut bisa berasal dari pelayanan, kualitas produk, harga produk dan lain sebagainya. Menjadi sama atau bahkan berada di level yang lebih rendah dibandingkan pesaing tentu akan membuat bisnis UMKM tersebut akan semakin berat untuk bertahan. Karena itu survei lapangan sangat perlu dilakukan.

5. Buat SOP

SOP adalah Standart Operating Procedur, dimana SOP ini akan mengatur bagaimana jalannya operasional bisnis. Jika bisnis UMKM dijalankan atau dioperasikan oleh beberapa orang atau tim, maka SOP ini akan menjelaskan detail apa yang harus dilakukan oleh masing-masing karyawan atau bagian tim tadi.

SOP akan menjelaskan tanggung jawab dan wewenang yang bertujuan untuk memperlancar jalannya usaha dan meminimalisir terjadinya kesalahan.

Siapa bilang SOP hanya bisa dijalankan untuk usaha besar aja? Pikiran kayak gini yang tentu salah kaprah. Usaha UMKM-pun jika dijalankan tanpa alur dan prosedur bisnis yang jelas maka bisa menimbulkan banyak masalah.

6. Pembukuan yang Rapi

Kesalahan lain para pelaku bisnis UMKM adalah mengabaikan pentingnya pembukuan dalam bisnis mereka.

Pembukuan ini apa sih?

Pembukuan adalah proses pencatatan transaksi baik itu transaksi keuangan (masuk dan keluar) dan juga transaksi barang/persediaan baik yang masuk atau yang keluar.

Nggak usah ngomongin pembukuan dulu deh, seperti yang pernah aku ceritakan di artikel sebelumnya tentang bisnis UMKM Toko Cahaya (bukan nama sebenernya). yang mana untuk nota penjualannya aja tuh masih manual banget dan bahkan nggak menampilkan deskripsi barang, dan jumlah barang.

Gimana bisa bisnis yang berjalan seperti Toko Cahaya melakukan pembukuan kalau dokumentasi transaksinya aja nggak jelas. Udah bisa dipastikan lah kalau usaha toko ini nggak ada pengendaliannya sama sekali. Padahal pembukuan yang baik sangat diperlukan meski untuk bisnis sekelas UMKM.

Pembukuan Rapi Masih Jadi Salah Satu Kendala Besar Bisnis UMKM

Satu hal yang sangat penting namun paling sering diabaikan oleh para pelaku usaha UMKM adalah masalah pembukuan. Banyak dari mereka yang hanya fokus untuk jualan, jualan dan jualan tanpa memikirkan apa yang harus dilakukan setelah transaksi jual beli selesai.

Pikiran kuno yang mengira bahwa dalam menjalankan bisnis yang penting produk jualannya laku adalah kesalahan yang cukup fatal loh. Bayangkan aja, mau sebagus apapun produk yang kita miliki dan segencar apa marketing atau pemasaran yang kita lakukan, jika tidak ada pembukuan yang jelas maka tetap aja kita nggak bisa tahu berapa keuntungan pasti yang telah kita peroleh atas apa yang telah kita lakukan.

Manfaat Pembukuan Rapi Untuk Bisnis UMKM

accurate digital partner

Sebenarnya fakta di atas nggak terlalu mengherankan apalagi jika para pelaku bisnis UMKM bukanlah dari kalangan muda atau pun milenial. Pasti banyak diantara mereka yang belum mengerti pasti apa itu manfaat pembukuan atau pencatatan transaksi.

Berikut adalah beberapa manfaat pembukuan usaha yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua pelaku bisnis termasuk UMKM

1. Mengontrol Persediaan Barang dan Arus Kas

Sangat jarang sekali orang pribadi yang mencatat pengeluarannya. Sebagian besar hanya menyimpannya dalam ingatan aja. Hayo, kamu sendiri cuman ngira-ngira dan nginget-inget kemarin habis beli apa dan keluar uang berapa kan?

Nah, untuk orang pribadi hal kayak gini emang wajar, tapi bukan untuk para pelaku bisnis termasuk pengusaha UMKM. Kalau pelaku usaha tidak mau mencatat pengeluaran, udah pasti deh suatu waktu akan dikagetkan dan dibingungkan kemana larinya uang-uang modal dan juga uang hasil penjualan. Nggak mungkin dong akan nginget-inget tiap hari.

Banyaknya biaya tak terduga dan biaya lainnya ini yang menjadi salah satu alasan para pemilik bisnis UMKM harus melakukan pembukuan. Dengan pembukuan ini mereka bisa menelusuri kemana aja larinya uang yang berasal dari dan untuk aktivitas bisnis. Selain itu juga bisa sebagai alat controlling kas. Kalau dari pembukuan terpampang nyata pengeluaran yang membengkak, maka segera bisa dikoreksi untuk dirampingkan lagi kedepannya.

selain kas, ada lagi satu hal yang harus terus diikuti pergerakannya yaitu persediaan barang.  Bagi pelaku bisnis, mencatat atau merekap barang masuk dan keluar ini sangat penting dilakukan.  Karena itu dalam bisnis pula dikenal istilah stock opname barang atau persediaan.

Dengan stock opname ini para pemilik bisnis bisa mengetahui apakah sisa barang yang tersedia untuk dijual sesuai dengan jumlah pembelian awal dikurangi penjualan.  Intinya,  memastikan apakah barang masuk dan barang keluarnya sesuai dengan sisa stok yang ada.

Bayangkan kalau stok opname ini todak dilakukan,  bagaimana pemilik bisnis bisa tahu kalau usahanya baik baik saja dan tidak kecurangan terkait stok barang di dalamnya?  Apa sepercaya itu mereka terhadap karyawan atau pegawai mereka?

2. Mengetahui Untung Rugi

Semua pelaku usaha yang mendirikan usaha dengan tujuan money oriented pasti berharap mendapat keuntungan dari bisnisnya. Namun, bagaimana sebuah bisnis dikatakan untung dan rugi kalau pembukuan atau pencatatan transaksinya aja nggak ada?

Nggak perlu orang akuntansi, orang awam pun pasti tahu kalau laba atau keuntungan ada jika penjualan lebih besar dari modal.

Laba/Rugi = Penjualan – Harga Pokok Penjualan – Biaya

Ini baru rumus sederhana atau konsep dasarnya aja. Selain modal dagang atau harga pokok penjualan, kita juga perlu hitung nih biaya-biaya apa aja yang muncul selama bisnis berjalan dalam 1 periode. Misalnya aja, biaya listrik, biaya PDAM, gaji pegawai, dan biaya lain yang makin banyak jika bisnisnya makin besar.

Sekarang coba aku tanya, gimana bisa kita tahu total penjualan dalam 1 hari, 1 minggu atau bahkan 1 bulan jika kita sama sekali tidak pernah membuat rekap penjualannya, rekap biaya apa aja yang udah dikeluarkan. Mau pakai ilmu kira-kira?

3. Menganalisa Bisnis dan Pengambilan Keputusan

Segala laporan dan pembukuan dalam suatu bisnis meski bisnisnya kecil seperti UMKM sekalipun sangat berguna bagi pemilik usaha, terutama untuk pengambilan keputusan. Kondisi, kinerja atau performa bisnis bisa dilihat dari pembukuan dan laporan keuangan yang benar.

Nah, dari pembukuan dan laporan keuangan itu nanti akan terlihat seberapa besar laba ataupun ruginya. Saat diketahui besaran laba maka pemilik bisa tahu hal benar apa yang udah dan harus terus dilakukan bahkan ditingkatkan agar laba di periode berikutnya makin besar.

Dari pembukuan pula pemilik bisnis bisa menganalisa saat terjadi kerugian. Hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan rugi tersebut. Apakah ada kecurangan, ada biaya yang terlalu besar dikeluarkan, atau penjualan dan pemasaran yang kurang?

4. Perhitungan Pajak

Beberapa jenis UMKM sudah didaftarkan menjadi PKP atau Pengusaha Kena Pajak. Yang artinya jika saat dijalankan mempunyai NPWP maka akan ada kewajiban pajak pula yang mengikutinya. Nah asal kalian tahu, semua pelaporan pajak suatu bisnis itu berdasarkan pembukuan atau informasi keuangannya.

Nah, kalau pembukuan udah aman tercatat maka pemilik usaha tidak akan lagi kesulitan dalam penyusunan laporan perpajakan. Apa yang akan dilaporkan pun (misal laporan PPN dan lainnya) akan lebih akurat dan sesuai dengan transaksi real yang terjadi.

5. Meminimalisir Kecurangan Atau Fraud

Fraud adalah kecurangan dalam bisnis yang bisa saja terjadi tanpa kesengajaan atau bahkan disengaja. Untuk bisnis UMKM yang biasanya juga sudah merekrut pegawai (meski dalam jumlah kecil) tetap saja harus dilakukan pengawasan baik itu masalah persediaan atau stock barang dagang maupun masalah keuangan.

Karena itu, pencatatan persediaan baik barang masuk atau keluar serta masalah hutang piutang harus dilakukan dengan benar. Jangan lupa juga untuk lakukan stock opname setiap akhir periode untuk memastikan apa yang dicatat dan dibukukan sesuai dengan kenyataan.

Kenapa UMKM Masih Kurang Sadar Akan Pentingnya Pembukuan Untuk Bisnis

accurate digital partner

Bukan tanpa alasan para pelaku bisnis UMKM enggan untuk melakukan pembukuan secara rapi. Berikut aku rangkum beberapa alasan mereka masih kurang membuka pikiran akan pentingnya pembukuan. Tidak untuk ditiru yaa… hehe

  • Pikiran kuno : halah, yang penting saya bisa tetep jualan, barang laku, udah gitu aja
  • Ribet : nggak sempet deh kalau semua harus dicatat, ribet jadinya
  • Hanya fokus pada marketing dan perkembangan produk : pokoknya produk saya harus dikenal luar dan laku, (pemikiran ini nggak salah sih, tapi masalah keuangan dan pembukuannya juga harusnya tak luput dari perhatian)
  • Buta akuntansi dan pembukuan: hah? Pembukuan? Apa itu? Gimana caranya?

Accurate Online: Produk Terbaik Untuk Merapikan Pembukuan Bisnis UMKM

Pasti kamu males kan kalau jualan online tapi produk jualannya tidak meyakinkan? Jangan khawatir, produk yang kita jual saat menjadi ADP bukan produk ecek-ecek kok. Accurate adalah software akuntansi terbaik di Indonesia yang melayani berbagai jenis pembukuan perusahaan baik perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur.

Software Accurate sendiri telah mengikuti panduan pembukuan dengan mengikuti PSAK Perpajakan Indonesia. Accurate berhasil menjadi TOP BRAND untuk kategori Software Akuntansi Terbaaik di Indonesia pada tahun 2016 sampai dengan 2020.

Aku sendiri pernah memakainya selama bekerja di kantor sebagai accounting. Perkenalan pertamaku pada saat duduk di bangku kuliah. Saking terpercaya nya, software Accurate ini bahkan jadi software percontohon di salah satu mata studi di jurusan akuntansi dulu loh.

Produk dari Accurate sendiri ada beberapa macam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau pelaku bisnis, yaitu:

  • Accurate Desktop
  • Accurate Online
  • Accurate Lite

Coba Accurate Sekarang Juga.

Untuk para pelaku bisnis UMKM yang mau profit atau keuntunganya semakin jelas,  mau kecurangan-kecurangan bisa diminimalisir bahkan dihilangkan,  mau biaya-biaya yang dikeluarkan terkontrol dan mau pelaporan pajaknya makin mudah dilakuin,  segera deh coba software akuntansi terbaik di Indonesia.

Trial dan Pembelian Accurate Online

Kalau masih bingung karena awam dengan nama software ini atau mau langsung lakukan pembelian,  bisa diklik di link berikut –> TRIAL DAN PEMBELIAN SOFTWARE AKUNTANSI ACCURATE.

Atau mau langsung melakukan pembelian PRIVATE CLOUD bisa langsung menuju halaman berikut–> PEMBELIAN PRIVATE CLOUD ACCURATE ONLINE

 

Peluang Meraih Income dengan Menjadi Agent Accurate Digital Partner : Mitra UMKM Rapihkan Pembukuan

accurate digital partner

Nah, sampai sini sudah lebih paham kan kenapa pelaku bisnis UMKM juga harus melakukan pembukuan guna kemajuan bisnisnya. Meski demikian, dengan segala problematikanya banyak dari pebisnis ini kesulitan melakukan pembukuan.

Makanya, ketidaktahuan para pemilik usaha UMKM atas pentingnya pembukuan keuangan ini bisa jadi kesempatan emas untuk ku, kamu dan kita semua para kaum milenial untuk mendulang penghasilan atau extra income dengan memperkenalkan sebuah software akuntansi bernama ACCURATE yang bisa membantu pembukuan para pemilik bisnis.

ACCURATE merupakan software akuntansi ternama dan unggulan di Indonesia yang melayani berbagai jenis pembukuan perusahaan atau bisnis.

Accurate kini memiliki program bernama Accurate Digital Partner yang bisa membantu para pelaku bisnis yang kebingungan perihal pembukuan.

Terkadang dalam bisnis emang nggak bisa lakukan semuanya sendiri. Menutup diri untuk belajar dan bermitra dengan orang yang bisa membantu mengembangkan bisnis itu sendiri tentu bukan sifat yang baik dari seorang pebisnis. Memanfaatkan ADP atau Accurate Digitals Partner demi kebaikan bisnis UMKM sangat bisa dicoba. Dan peluang ini bisa kamu manfaatkan biar dapat seabrek keuntungan dengan menjadi ADP gaes. Mau tau lebih tentang ADP ini? Simak yuk.

Apa itu Accurate Digitals Partner

Accurate Digital Partner adalah partner resmi dari software ACCURATE yang aktivitasnya memasarkan dan mengenalkan produk Accurate Accounting Software secara online maupun digital.

Tujuan Accurate Digitals Partner

Tujuan dari ADP ini tentu untuk membantu para pelaku bisnis UMKM yang masih kesulitan melakukan pembukuan dan mencatat transaksi bisnisnya. Harapanya, setiap pengusaha UMKM bisa melakukan pembukuannya sendiri secara mandiri nantinya dengan software akuntansi unggulan dari ACCURATE yaitu ACCURATE LITE yang memang namanya dan kualitasnnya nggak perlu diragukan lagi.

Tujuan lebih lanjut tentu membantu para pemilik usaha ini mencapai tujuan bisnisnya dengan adanya pembukuan yang rapi dengan software akuntansi ACCURATE ini. Siapa sih yang gak mau bisnisnya lancar, administrasi beres, dan meraih keuntungan?

Menjadi Agen Accurate Digital Partner Cocok untuk Milenial yang Ingin Mendapatkan Tanbahan Penghasilan Hanya Bermodal Smartphone

Milenial identik dengan karakter yang kreatif memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mencari pundi-pundi atau penghasilan tambahan. Daripada sosial media hanya dijadikan ajang bersenang-senang semata, kan mending kita manfaatkan secara maksimal dan ubah sosmed dan konten menjadi rupiah.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meraih income dengan mudah adalah dengan menjadi bagian dari Accurate Digitals Partner. Kebutuhan para pelaku bisnis atas informasi atas pentingnya pembukuan dan apa yang harus dilakukan agar bisa melakukan pembukuan bisa dimanfaatkan oleh para aku atau kamu sebagai kaum milenial dengan mempromosikan produk software akuntansi unggulan untuk UMKM bernama ACCURATE LITE.

Program dan Benefit saat Menjadi Accurate Digitals Partner

accurate digital partner 1

1. Pelatihan ADP Bersertifikat

Nggak usah khawatir kalau ternyata kamu nggak mempunyai basic akuntansi saat pendidikan dulu. Karena dengan menjadi ADP ini kamu akan dapat pelatihan bersertifikat dengan materi yang super lengkap dan pasti sangat dibutuhkan oleh ADP untuknantinya disampaikan kepada calon konsumen.

Yap materi pelatihan ADP ini lengkap banget dari mulai Produk Knowledge hingga Digital Marketing yang dilakukan melalui Online Course, Webinar atau Gathering. Gambang kan? semua serba online gaes.

2. Share & Earn

So easy, buat kamu, milenial yang mau jadi ADP dan raih banyak keuntungan, cukup manfaatkan internet untuk menyebarkan informasi tentang ACCURATE ini. Ada beberapa cara yang bisa dicoba nih, misalnya:

  • Posting di sosial media seperti feed dan story instagram, feed dan story facebook, twitter dsb
  • Bikin postingan di blog atau website dan pasang banner.
  • Buat konten semenarik dan seinformatif mungkin.

Setiap link yang kita sebar baik di sosial media atau di banner dan link blog atau website, jika mendatangkan traffic dan trial maka kita akan dapat ekstra income guys.

3. Ekstra Bonus Penjualan 10%

Nih ya, dari link yang kita sebar aja kalau ada banyak reaksi dari pengunjung sosmed atau pengguna internet, kita bakat dapat ekstra income. Gimana dengan pokoknya ya kan?

Jadi, atas penjualan 1 Aplikasi ACCURATE kita akan dapat fee sebesar Rp 400.000. waw, banyak ya, nggak hanya itu, akan ada ekstra bonus sebesar 10% atas setiap penjualannya.

Cara Kerja Menjadi Accurate Digitals Partner dan Raih Income

Banner-ADP-1

1. Daftar Menjadi ADP

Segera daftarkan diri kamu dengan buka link berikut –> Accurate Digital Partner dan pastikan semua data diri yang kamu isi adalah udah benar.Saat pendaftaran sukses, kita akan segera dapat kode agen & akses ke dashboard Accurate Digital Partners.

2. Update Data diri

Kalau ingin segera memulai menjadi agen ADP dan dapatkan penghasillan sebaiknya secepatnya kamu lengkapi data profile ADP kamu seperti NIK, tanggal lahir, nomor rekening dan lain sebagainya di menu yang tersedia.

3. Posting Materi Promosi

Di tahap ini kamu udah mulai share and earn. Yap sesimpel itu emang. Kamu bisa manfaatkan social media atau pun blog yang kamu miliki dan cantumkan link jualan serta kode agen yang bisa kamu lihat di menu agent tools. Enaknya lagi disini materi promosi udah disediakan degan jumlah yang sangat banyak, tapi kalau kita punya materi sendiri yang bisa meyakinkan calon customer juga tetap boleh dipakai kok.

4. Report Posting

Apa yang kita share tadi nggak akan bermanfaat dan memberikan kita komisi kalau kita nggak melaporkan atau report kegiatan share tersebut. Makanya setiap selesai 1 postingan promosi baik di social media atau di blog sebaiknya kyta langsung buat report ya.

eh fyi ya, hanya dari aktivitas ini kita bisa menghasilkan Rp300.000,- loh. Menarik kan?

5. Dapatkan Data Trial

Jangan bosen-bosen untuk share link jualanmu. Asiknya tiap ada calon customer yang baru saja melakukan trial atau percobaan di softwarenya aja, kita udah bisa mengantongi Rp500,- per trial nya.

6. Lakukan Penjualan

Nah, ini tujuan utamanya, kalau kita berhasil melakukan penjualan ke customer misal ke pemilik bisnis UMKM maka kita akan mendapatkan fee sebesar Rp1.000.000,- per closing yang diberikan ke dalam 4 tahap.

Jangan puas dulu, kita juga akan dapat extra income sebesar 10% lagi loh atas penjualan tersebut.

Accurate Online: Produk Terbaik Untuk Merapikan Pembukuan Bisnis UMKM

Pasti kamu males kan kalau jualan online tapi produk jualannya tidak meyakinkan? Jangan khawatir, produk yang kita jual saat menjadi ADP bukan produk ecek-ecek kok. Accurate adalah software akuntansi terbaik di Indonesia yang melayani berbagai jenis pembukuan perusahaan baik perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur.

Software Accurate sendiri telah mengikuti panduan pembukuan dengan mengikuti PSAK Perpajakan Indonesia. Accurate berhasil menjadi TOP BRAND untuk kategori Software Akuntansi Terbaaik di Indonesia pada tahun 2016 sampai dengan 2020.

Aku sendiri pernah memakainya selama bekerja di kantor sebagai accounting. Perkenalan pertamaku pada saat duduk di bangku kuliah. Saking terpercaya nya, software Accurate ini bahkan jadi software percontohon di salah satu mata studi di jurusan akuntansi dulu loh.

Produk dari Accurate sendiri ada beberapa macam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau pelaku bisnis, yaitu:

  • Accurate Desktop
  • Accurate Online
  • Accurate Lite

Jadi, gimana? berminat nambah penghasilan dari menjadi Agen Accurate Digital Partner nggak?

 

6 Shares:
58 comments
  1. Selalu keren dan bergizi tulisannya ….iya masalah terbesar umkm di tempatku juga ini, rata2 masih traditional mind n gak terlalu update dgn tekno

  2. Kok seruuu ya jadi accurate digital partner ini?
    Boleh dicoba euy.
    Dan ini bermanfaat bgt untuk pengusaha UMKM.
    Apalagi masalah administrasi pembukuan dll itu kan super ribettt

  3. wah bagus banget accurate ini. cucok untuk para pelaku bisnis, khususnya umkm agar pembukuannya makin rapi dan gak pusying deh jadinya..

  4. UMKM memang sangat membantu perekonomian. Makanya yang banyak digerakkan saat ini sektor UMKM. Tetapi, memang masih banyak yang dijalankan secara tradisional banget. KAlau mau mengembangkan sayap harus dikelola profesional seperti ini

  5. luaaaaaaar biasa jaman sekarang mau usaha apa aja toolsnya udah lengkap banget, pembukuan itu penting banget, karena laporannya kelak bisa menjadi media pendukung saat ini kita mengajukan kredit atau pinjaman ke bank, banyak orang karena usahanya milik sendiri ga mau ribet bikin pembukuan

  6. sepertinya UMKM bisa jadi pilihan mencari rejeki akhir2 ini ya mbak, apalagi sejak di rumah aja seperti anjuran pemerintah

  7. Aplikasi ini sangat membantu para pelaku usaha banget ya mbak, apalagi buat yang baru memulai bisnis, dan SDM masih terbatas, aplikasi accurate digital ini bisa jadi tools yang bantu untuk pembukuan pada bagian keuangan bisnis ya.. semoga semakin banyak pelaku usaha yang menggunakan aplikasi ini

  8. SOP itu penting get ya supaya cara kerja sebuah binsis bisa berjalan dengan sesuai dan sama. kadang usaha kecil ini gak pakai SOP. Buat memantaupembukan untung deh sekarang sudah ada software yang pinter & bisa digunakan oleh pelaku UKM tingkat manapun

  9. Aih lengkap sekali ulasannya mba. Dengan asanya ini, memudahkan sekali buat UMKM. Jadi fokus untuuk mengembangkan usaha jadi lebih maksimal ya

  10. Wuehehee aku tertohok juga nih.Aku termasuk yang agak-agak malas membuat pembukuan soalnya udah pusing duluan. Wkwkk..

    Untunglah udah ada tools yang bisa menjawab kegundahan para malasers kek aku ya

    1. Saya pikir amati tiru dan modifikasi masih berlaku…rupanya modifikasi sudah berganti menjadi inovasi ya kak rin… btw..memang pembukuan sangat diperlukan meskipun usahanya masih umkm atau mikro.. syukurlah accurate sudah memfasilitasi dan membuat mudah bagi pembukuan usaha umkm dan mikro

  11. Enak banget ya zaman now ini, rata-rata udah lebih canggih.
    Ingat banget dulu bikin usaha sendiri, ampun repot sekali bikin laporan keuangan.
    Masih mikir model laporan, bikin formatnya.

    Sekarang mah semua otomatis 😀
    Keren banget deh, membantu banget nih buat semua yang punya usaha 🙂

  12. Keren ya software Accurate ini, bisa jadi partner pembukuan yang handal bagi bisnis UMKM, terus juga ada program ADPnya yang bikin saya tertarik buat ikutin, feenya lumayan banget

  13. sebuah usaha memang perlu sekali melakukan pembukuan. bahkan sering juga kita temui usaha-usaha rintisan mati karena kerugian yang tidak bisa tercatat. sepertinya aplikasi ini menawarkan kegunaan pembukaan yang bagus ya.

  14. Di Balikpapan, kota domisili aku juga banyak nih kejadian, UMKM yang timbul tenggelam.
    Yang paling booming kini, kedai kopi.
    Menjamur, kayak cendawan di musim hujan.

  15. Tulisannya sangat bagus sekali mbak. Infographisnya juga bagus, suka dan betah berlama2 di sini 🙂
    Btw, Accurate ini sangat membantu banget untuk UMKM ya, mbak 🙂
    pencatatan yang rapih dan sangat membantu pertumbuhan UMKM 🙂

  16. Accurate ini sebenarnya bagus banget. Kehadirannya memang untuk membantu pembukuan pelaku umkm di Indonesia. Saya sih kalau ada pelaku umkm yang enggan memanfaatkannya

  17. Wah keren banget akuntansi keuangan UKM jadi dipermudah dengan adanya accurate nih jadi gampang menganalisa usahanya karena ada laporan keuangan yang akurat.

  18. Sebagai salah satu pendamping UMKM, memang kenyataannya di lapangan UMKM ga byk memperhatikan laporan keuangan mbak, dan mereka msh tercampur antara pribadi dan bisnis. Jadi yg pertama dirombak mmg hrs mindsetnya. Btw aku mah lenasaran sm aplikasinya mcm apa?

  19. Saya juga sedang memulai usaha kecil-kecilan k, tapi poin yang paling saya belum paham adalah yang memanfaatkan internet dan media sosial. Karena saya sama sekali gaptek, dan untuk bayar orang belum bisa kayanya karena belum tau persiapan dalam rangka masuk ke dunia internet itu. Makasih k artikelnya bakal jadi panduan saya ini yang sedang memulai usaha kecil-kecilan. Sukses ya k

  20. Memiliki usaha memang perlu pembukuan yang rapi walaupun usahanya masih kecil2an, dan suami kemarin melakukan pembukuan manual, beruntung bisa tau info ttg Accurate ini, pengen coba

  21. Setuju bangeeeet! Sebagai orang ekonomi, setuju banget kalau pembukuan tu salah satu kunci keberhasilan bisnis. Soalnya dari situ kita bisa evaluasi dan upgrade yak…. 🙂 Semoga aplikasi ini makin membantu UMKM untuk punya pembukuan sendiri ya!

  22. Dengan adanya Accurate Digital Partner produk terbaik untuk merapikan pembukuan UMKM…, tentu bisa membantu pengembangan usaha hingga akan sukses dan maju.

  23. Banyak ya yang masih menyepelekan pembukuan, dipikir nambah-nambahin pekerjaan. Padahal justru inti dari penghitungan segala macam di perusahaan ya ada di pembukuan ini.

  24. wow besar juga ya ternyata kontribusi UMKM ini, 60% PDB. dan juga menyerap banyak tenaga kerja.
    Kalau pakai accurate, catatan pembukuan jadi rapi, jadi makin maju deh UMKM nya

  25. coba aja aku tahu tentang accurate ini sejak lama, pasti bisnisku masih ada sampai sekrang karena mudah mengontrol pembukuan huhuhu. makasih infonya ya mba.

  26. Usaha jualan sayur bapakku sudah gede, alhamdulillah, tapi aku bingung mbak mau ngembanginnya lagi. Ada keinginan untuk go jualan di internet atau di medsos. Tapi, mau mulai dari mananya yang masih bingung.

  27. Jadi keinget dulu pernah jualan pembukuannya gak rapi dan kecampur gtu hehe, emang kudu disiplin ya kalau soal pembukuan hehe. Sekarang enak ya udah ada software akuntansi kyk gini yang bisa bantuin nyatet apa aja yang dibutuhin utk bisnis kita jd utk evaluasi bisnisnya juga enak,

  28. Wah, makin banyak aja ya aplikasi dan program pembukuan yang memudahkan para UMKM. Seneng banget deh. UMKM jadi bias lebih rapi dalam pembukuannya. Praktis kayaknya. Harus pada tahu nih yang pada punya usaha.

  29. Pembukuan emang penting banget ya Mba Din
    walaupun skala kecil masihan bisnisnya, tetap kudu dipantau dan dibiasakan
    aku juga pengen nih make acccurate online biar nggak boncos

  30. Untuk semua usaha, pencatatan di setiap transaksi itu penting sekali, ya. Karena sehat atau tidaknya sebuah usaha tergantung dari pencatatan yang baik. Dan sepertinya accurate bisa mendukung sekali

  31. Duh jadi seperti kuliah dua sks ini baca artikelnya, lengkap dan mudah dimengerti. Aku setuju banget soal pembukuan gak semua UKM peduli terhadap itu.. adanya aplikasi accurate ini pasti membantu banget

  32. Wah… ini cocok banget buat ibu2 yang lagi aku Bina. Semoga mereka mau menerapkan. Soalnya.. kalo udah bahas begini, mereka udah pusing duluan. Akunya kena vertigo ngadepinnya.. wkwkwk

  33. Aplikasi nya simpel dan langkah2 nya mudah dipahami. Cocok buat pelaku UMKM . Karena dengan aplikasi ini urusan pembukuan dan promosi sdh jadi satu sepertinya ya kak

  34. Iya ya Mba Rini.. bohong banget kalo UMKM pengen maju, pengusaha pengen maju, wirausaha pengen maju tapi pembukuan gak jelas..
    Weslah.. udah ada accurate, udah dimudahkan, tinggal pake ya kan Mba..
    Kalo pembukuan jelas, tentu semakin mudah menjalankan bisnis..

  35. Keluarga saya ada yang usaha tradisional tapi kok kayak ga ada hasil. Mungkin dia nggak ngitung biaya-biaya lain selain modal. Mesti kenal ADP nih.

  36. Menarik nih jika kita akan memulai bisnis UKM dan memahami strategi pemasarannya. Apalagi menjadi Agen accurate pastinya sangat terbantu sekali baik secara administrasi sehingga roda bisnis bisa terpandau dan selalu dievaluasi:)

  37. Aku mba, pernah punya mimpi bikin warung kelontong hahaha.. Dan tercapai walau dalam bentuk jualan di dekat sekolah. Cuma waktu itu belum kenal accurate jadi semua serba manual. Aku catetin semua stok dagangan satu-satu. Cuma lama-lama sutris aku mba hahaha.. Kalau sekarang tetep ada keinginan punya usaha kayak gitu tapi dalam bentuk jualan alat tulis. Karena ga tahu lah, kalau sama alat tulis tuh aku bisa terobsesi 🤣

  38. Pelaku UMKM sebaiknya memang mengikuti perkembangan teknologi agar bisnis yang sedang dirintis berjalan lancar. Salah satu usahanya menggunakan software Accurate ini ya mba. Perencanaan dan pembukuan jadi lebih praktis.

  39. Jadi ingat toko obat keluarga kami yang bangkrut, gara-gara pembukuannya amburadul.
    Betewe, ADP ini cocok jugakah buat mama-mama zaman old kayak saya?

  40. menjadi partner bisnis dengan accurate digital partner ini membawa kita pada kesuksesan bisnis d masa depan ya mba

  41. Sangat menarik ulasannnya Mbak Rini, ternyata kita bisa ya jadi mitra ADP, cuma promosi di media sosial bisa dapat komisi hingga 400 ribu setiap klosing penjualan software Accurate. Peluang bisnis yang sangat menguntungkan ini

  42. Wah jadi pingin nih bisnis lagi… udah ada Accurate yg lengkap banget membantu pebisnis dalam merapikan pembukuannya. Beruntung ya jadi Agen Accurate Digital Partner

  43. Sebagai pelaku bisnis, aku juga sedang mencari software akuntansi nih yang bisa membantu mengatur pengelolaan keuangan kami. Betul lho, uang kecil pun harus dicatat. Kalau sering dikeluarkan, lama-lama jumlahnya besar juga.

    Mau ah, coba-coba accurate digital partner ini. Semoga cocok ya untuk usaha yang sedang aku dan teman-teman bangun. Thanks infonya, Mbak.

  44. Manajemen keuangan itu memang penting di semua lini kehidupan, apalagi kalau berbicara soal bisnis. Kalau dalam mencari keuntungan, misalnya bisa melakukan pembukuan dengan baik, maka profit yg didapat tentunya akan berlimpah. Adanya aplikasi pembukuan ini tentunya memudahkan UMKM yg tidak semuanya paham mengenai Akuntansi

  45. UMKM dengan omzet berapa ya yg udah perlu Accurate Digital begini? Seringkali kan merasa belum perlu pakai software akuntansi, padahal sejak awal harus bagus ya pembukuannya.

  46. Wah aplikasinya menarik banget…
    Semoga pembaca blog mba rini banyak yang pelaku umkm ya supaya mereka teredukasi…

  47. Komplit ulasannya, smg dgn ini makin banyak pelaku Usaha yg terbantu ya mbak, sehingga usaha mereka lebih maju lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.