Loading

6 Alat-Alat Ngekost Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Untuk kamu yang baru ingin menjadi anak kost, pastinya ada begitu banyak alat-alat ngekost yang perlu kamu persiapkan. Sebagai anak kost yang akan tinggal sendiri, kamu harus belajar hidup lebih mandiri dan lebih dewasa karena harus mengerjakan banyak hal secara mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, kost kamu akan menjadi tempat tinggal yang menggantikan rumah untuk beberapa lama. Kamu pastinya ingin menjadikan kamar kost menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Untuk membuat kost menjadi nyaman salah satu caranya yakni membawa barang serta alat-alat ngekost yang berguna untuk mendukung kehidupan sehari-harimu. Karena perlengkapan barang serta peralatan di kost tentunya akan sangat membantu.

Perlengkapan Kost yang Perlu Kamu Punya

Untuk kamu yang merasa bingung apa saja sih yang harus dibawa dan dipersiapkan sebagai anak kost.

Berikut ini kami rekomendasikan perlengkapan kost yang bisa menjadi referensi untuk kamu.

1. Peralatan makan

Untuk kamu yang mungkin jarang memasak dan berencana makan di luar, tentunya peralatan makan tetap harus dipersiapkan.

Peralatan makan sangat dibutuhkan ketika membawa makan dari luar untuk kamu makan di kost. Belum lagi, jika kamu tiba-tiba merasa lapar di tengah malam atau sedang begadang dan menginginkan secangkir kopi.

Pastinya kamu tetap membutuhkan minimal piring, sendok, mangkuk, gelas dan garpu bukan? Oleh sebab itu, peralatan makan menjadi poin pertama yang harus kamu sediakan di kost.

2. Rice cooker

Untuk perlengkapan satu ini, tentunya masuk kategori penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Terlebih rice cooker sekarang ini sangat berguna dan multifungsi.

Rice cooker nyatanya dapat membantu kamu menghemat pengeluaran. Agar tidak boros untuk mengeluarkan uang hanya untuk beli nasi.

Tahukah kamu, jika rice cooker tidak hanya berfungsi untuk memasak nasi? Ya, alat memasak satu ini dapat kamu gunakan untuk memasak berbagai jenis makanan. Seperti membuat nasi goreng.

Hal tersebut pastinya akan sangat berguna ketika warung makan di sekitar sudah tertutup sementara kamu kelaparan di kost.

3. Alat kebersihan

Kamar kost akan menjadi istana utama untuk kamu nantinya. Bedanya, kamu harus membersihkan kost kamu sendiri, karena tidak akan ada yang membantumu.

Sehingga, kamu perlu mempersiapkan alat-alat kebersihan seperti sapu, pel, kain lap dan alat kebersihan lainnya, termasuk alat kebersihan untuk kamar mandi.

Itung-itung sebagai bentuk latihan belajar untuk merawat rumah di masa depan nanti. Dengan memiliki kamar kost yang bersih tentu akan membuat kamu menjadi lebih nyaman, bukan?

4. Setrika

Jika kamu membawa setrika sendiri, maka juga dapat membantu menghemat pengeluaran. Karena kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk ke laundry.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu setidaknya 2 hingga 3 kali seminggu untuk menyetrika baju agar tidak menumpuk.

Baju yang telah disetrika pun pastinya akan lebih wangi seperti habis di laundry.

5. Kipas angin atau AC

Bukan rahasia lagi, jika kamar kost memiliki kondisi yang pengap karena kurangnya ventilasi udara. Tentunya kondisi tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan.

Apabila kost tempat kamu tinggal mengizinkan pemasangan AC, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya.

Akan tetapi, sayangnya, tidak semua pemilik kost mengizinkan. Biasanya ada larangan pemilik kost untuk membawa alat elektronik tambahan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kipas angin manual yang dapat digerakkan dengan tangan.

Kamu pun tidak harus mengeluarkan biaya tambahan dan tidak dimarahi pemilik kos.

6. Obat-obatan

Jauh dari orang tua dan keluarga, mau tidak mau kamu benar-benar harus bisa merawat diri sendiri. Salah satu caranya, yaitu menyediakan obat-obatan. Terlebih jika kamu mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti alergi atau sesak napas.

Oleh karenanya, ada baiknya untuk menyediakan kotak obat khusus untuk obat pribadi dan obat umum. Jangan lupa memasukkan obat yang biasanya dibutuhkan seperti minyak angin, plester luka, pembersih luka, kapas, obat sakit kepala, vitamin C dan obat penambah darah jika kamu mempunyai gejala anemia.

Nah, itulah beberapa alat-alat ngekost yang perlu kamu persiapkan. Untuk sisanya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa menambahkan beberapa perlengkapan yang memang sangat dibutuhkan.

Namun sebaiknya jangan membawa terlalu banyak perlengkapan, karena biasanya kamar kost memiliki ukuran luas yang terbatas. Sehingga kebutuhan harus disesuaikan pula dengan luas kamar.

 

 

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    6 Alat-Alat Ngekost Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan