Dengan Otoklix, Servis dan Perawatan Mobil Kini Makin Mudah Bahkan Bagi Perempuan Sepertiku

Otoklix-partner-servis-dan-perawatan-mobil-terpercaya

Perempuan nggak telaten merawat mobil? kayaknya bukan hal yang mengagetkan ya? Hampir 4 tahun aku punya mobil pribadi, tapi nggak pernah mau bawa ke bengkel sendiri? Dasar aku!! Ada yang sama?

Eits, tapi itu dulu, setelah ada Otoklix partner servis dan perawatan mobil terpercaya untuk semua kalangan, termasuk wanita sepertiku.

————-

Dengan Otoklix, Servis dan Perawatan Mobil Kini Makin Mudah

Melakukan perawatan mobil sendiri mungkin jadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang ya? Terutama buat para lelaki yang memang suka berkendara. Mereka bisa banyak tahu tentang mesin bahkan bisa tahu kalau mobil ada yang bermasalah dari feel saat berkendara.

Tapi beda buat perempuan kayak aku yang sama sekali nggak tahu dunia per mesinan. Punya mobil tahunya cuma pakai sama isi bensin aja, paling mentok sampai cuci mobil aja palingan. hehe

Iya, aku secuek itu sama mobil sendiri yang bahkan buat belinya dulu mengeluarkan banyak pengorbanan.

Dulu pas mau beli mobil Chevrolet ini, Bapak di desa udah ngewanti-wanti buat rajin cek mesin nya ke bengkel, rutin service, cek ban nya sebelum jalan, ganti oli harus tepat waktu dan sebagainya.

Tapi ya gitu, mungkin karena merasa di perantauan sini ada yang bisa diandalkan (kita sebut saja mas pacar) buat urus mobil dan bawa ke bengkel, akhirnya jadi bener-bener nggak mau tau urusan perawatan mobil.

Itu dulu…

Untungnya sekarang aku udah (sedikit) tersadar ternyata tahu basic perawatan mobil dan treatment yang dilakukan itu penting banget buat perempuan. Dan bahaya banget kalau sampai nggak mau tahu kondisi mobil sendiri yang setiap hari jadi alat transportasi.

Perlukah Perempuan Tahu Soal Otomotif dan Berani Bawa ke Bengkel Sendiri?

Otoklix Partner Servis dan Perawatan Mobil Terpercaya

Sesungguhnya kalau dipikir-pikir ya, nggak cuma laki-laki saja yang boleh tahu tentang mesin dan pergi ke bengkel. Paling nggak, perlu lah cewek tau sedikit tentang otomotif meski nggak harus jago-jago amat.

Sama hal nya kayak laki-laki jaman sekarang yang mulai banyak terjun ke dapur dan tahu perbumbuan bahkan tau bikin sambal atau nasi goreng itu butuh apa aja, nah kita sebagai wanita pun nggak ada salahnya tau sedikit tentang printilan mobil dan permasalahan yang paling sering muncul.

Aku juga belum lama ini sih baru sadar, kan nggak setiap waktu aku pakai mobil bareng sama si doi. Apalagi sebagai perantau, nggak bisa minta tolong bapak juga di desa.

Intinya sih, nggak baik juga terlalu sering bergantung sama orang lain apalagi pasrah nggak mau tau dan nggak mau rawat kendaraan sendiri.

Resiko Saat Tak Tahu Apa-apa Tentang Mobil Sendiri

Pernah suatu pagi pas mau berangkat ke kantor, mesin udah dinyalain seperti biasa, ac juga udah aku hidupkan, indikator di mobil ku menyala dan ada notif bertuliskan CODE 89 ERROR.

Otoklix Partner Servis dan Perawatan Mobil Terpercaya

Jadi, kalau di indikator di mobilku udah muncul CODE 89, itu berarti ada something yang eror, bisa jadi thermostat nya atau lainnya, dan harus segera dicek dan dibenerin. Kalau masalah indikator ini aku pernah dikasih tahu “doi” dan juga pernah baca diskusi di grup facebook AVEO. Haha

Saat baca-baca di grup facebook merek mobil ini, ternyata notifikasi ini nggak baik kalau diabaikan.

Memang, saat ada notifikasi seperti kode di atas, mobil ini masih bisa jalan, cuma entah bisa aman untuk berapa kilometer lagi. Dan apapun bisa terjadi selama perjalaan nanti. Ngeri ya? Semua pasti sepakat kita nggak bisa main-main dan asal pakai keberuntungan saat di jalan kan?

**

Nah, sebagai cewek yang nggak tau perihal mobil ya aku nggak berani bawa, takut di jalan ada apa apa.

Dan kebetulan, “doi” juga lagi ada kerjaan di luar kota semingguan. Jadilah mobil nganggur aja semingguan di kos karena nggak ada yang bawa ke bengkel.

Ke kantor pun alhasil harus naik ojek online karena tempat tinggalku nggak ada transportasi umum lain buat ke kantor seperti bus dan lainnya.

Dari situlah aku sadar pentingnya perempuan tahu sedikit tentang otomotif atau minimal berani bawa ke bengkel.

Iya, ke bengkel apa susahnya sih? Toh mobil masih bisa jalan buat ke loh. Dari pada harus menunggu seminggu-an baru di cek kondisi mobil karena nggak ada yang bawa ke bengkel. Dasar aku!!

Jadi kalau ditanya apa perlu perempuan tahu sedikit tentang mesin mobil, perlu merawat dan memelihara mobil dan berani bawa ke bengkel, tentu jawabannya adalah PERLU!

Alasan Perempuan Malas Merawat Kendaraan dan Bawa ke Bengkel Sendiri

Otoklix - alasan perempuan malas melakukan perawatan mobil ke bengkel

Sebenarnya, bukan tanpa alasan loh perempuan kayak aku ini jarang bahkan hampir nggak pernah mau ke bengkel? Iya, aku mungkin punya banyak alasan yang kalau temen-temen baca memang relate sama kehidupan nyata, di antaranya yaitu:

1. Bergantung Sama Orang Lain untuk Mengurus Kendaraan

Seperti yang udah aku ceritakan di atas, mungkin banyak perempuan kayak aku yang suka bergantung sama orang lain terkait masalah perawatan mobil atau kendaraan pribadi. Entah itu sama ayahnya, kakak atau adik cowoknya, suaminya, teman cowoknya, atau pacarnya.

Sama sepertiku, Ya karena nggak tahu masalah mobil (lebih tepatnya nggak mau tahu dan nggak mau belajar sih), jadi malah lebih milih minta bantuan orang lain (laki-laki biasanya) yang biasa ke bengkel.

Nah, buruknya hal ini jadi kebiasaan gitu. Karena merasa ada orang yang bisa dimintai bantuan terus menerus, jadinya kita kita merasa bergantung.

2. Tidak Menguasai Tentang Mesin dan Perawatannya serta Takut Ditipu

Nggak menguasai tentang otomotif dan mesin, malas nanya-nanya sama montir di bengkel, takut nggak nyambung kalau orang bengkel ngomongin tentang kondisi kendaraannya, juga jadi salah satu alasan perempuan malas ke bengkel loh, hihi.

Apalagi karena nggak tau masalah mesin, bisa jadi sasaran empuk ditipu sama bengkelnya yang bikin biaya perawatan dan servis kendaraan out of budget.

3. Menganggap Servis Bukan Prioritas

Alasan lain perempuan malas melakukan perawatan mobil atau kendaraan sendiri bisa jadi karena menganggap servis bukanlah prioritas.

Padahal, saat membeli kendaraan baik mobil maupun motor, sebenarnya sudah sepaket sama kesiapan untuk merawatnya seumur masih dimiliki ya?

Meski melakukan perawatan mobil banyak manfaatnya bagi si pemilik, tetap saja masih banyak yang enggak rutin menyervis kendaraannya.

Apalagi perempuan, jadilah malas membawa kendaraan ke bengkel dan bisa-bisa dibawa ke bengkel saat kondisi kendaraan udah lebih parah. Aduh!

4. Tidak Mau Ribet dan Nunggu Lama

Ke bengkel apalagi untuk servis atau benerin kerusakan mobil tentunya bakal makan waktu yang nggak sebentar. Nah perempuan nih biasanya nggak sabaran buat nunggu, apalagi banyak bengkel yang waiting room nya nggak nyaman, banyak orang merokok, isinya laki-laki semua dan sebagainya.

Manfaat Merawat Kendaraan dan Rutin Servis ke Bengkel

Perawatan Mobil - Manfaat Merawat Kendaraan dan Rutin Servis ke Bengkel

Faktanya, melakukan perawatan mobil itu manfaatnya bakal dirasain si pemilik sendiri. Fix, nggak ada aturan yang menyatakan yang harus melakukan perawatan mobil itu kaum laki-laki aja. Perempuan pun harus tahu cara dan manfaatnya buat dia sendiri. Beberapa manfaat di antaranya yaitu:

1. Kenyamanan Berkendara

Nggak bisa dipungkiri, mesin mobil yang sering dicek dan dirawat dengan baik tentu akan berdampak sama kenyamanan pemilik saat berkendara. Semua fungsi dan fitur yang ada mobil bisa berjalan dengan baik tentunya bakal bikin kita yang mengendarai merasa nyaman dan aman.

Nggak takut pula bakal ada kendala-kendala kayak mogok di jalan. Badan juga nggak capek loh kalau mobil itu tarikannya enak dan mulus saat melaju.

2. Hemat

Mobil yang rutin diservis ke bengkel bakal bikin lebih hemat? Masa sih?

Ternyata iya, pasalnya meski sering dibawa ke bengkel untuk servis rutin, biayanya ya segitu-gitu aja, kecuali emang udah ada sparepart yang umur nya udah mau abis dan harus segera ganti. Jadi diperbaiki spare part nya pun bisa dicicil-cicil kan?

Coba bandingkan sama mobil yang nggak pernah servis, sekalinya ada kerusakan di satu bagian, bisa jadi bakal berdampak ke permasalahan-permasalahan lain yang berkaitan loh. Nah, jadinya malah bisa keluar biaya besarnya sekaligus karena saat sadar, kerusakan udah parah banget.

2. Menambah Umur Kendaraan

Mobil yang rutin dirawat sudah pasti akan makin berumur panjang dan tentu tetap nyaman dikendarai di jalan meski sudah bertahun-tahun dipakai. Spare part pun akan berumur sesuai dengan umurnya bahkan bisa lebih lama. Beda dengan mobil yang jarang dirawat, bisa jadi sparepart-sparepartnya akan lebih cepat keropos, rusak, dan sebagainya.

3. Menjaga Nilai Jual

Hal yang wajar kalau orang yang punya mobil bakal berniat menjual mobilnya suatu saat nanti. Pasti ada keinginan ganti mobil terlebih kalau mobil yang dimiliki misal udah lebih dari 5 atau 10 tahun.

Nah, asiknya mobil yang terawat itu, kondisinya masih nyaman banget dipakai meski udah melewati masa sekian tahun penggunaan.

Nggak ada kerusakan parah di sana sini karena servis nya rutin, sparepart yang rusak juga tak pernah terlewat untuk diganti. Jadi PRnya nggak banyak gitu saat akan dijual.

Dan harganya juga nggak akan anjlok-anjlok banget. Yang paling enak, cari calon pembelinya akan lebih mudah daripada menjual mobil yang banyak PR nya.

Otoklix, Partner Servis dan Perawatan Mobil Terpercaya yang Membuatku Tak Takut dan Malas Lagi Merawat Mobil Kesayangan

Otoklix, Partner Servis dan Perawatan Mobil Terpercaya (2)

Pokoknya, perempuan bisa disebut makhluk yang punya banyak alasan deh yang bikin malas merawat mobil atau membawanya ke bengkel. haha. Eits, TAPI ITU DULU ^^

Sejak aku mengenal aplikasi Otoklix, semua kemalasan dan ke-mager-an tadi nggak beralasan lagi. Soalnya, aku mau cari bengkel yang nyaman buat servis, ganti ban bahkan nyari tempat cuci mobil sekalipun makin gampang.

Bisa booking dari aplikasi langsung loh. Jadi nggak perlu nunggu lama-lama atau berangkat ke bengkel pagi banget buat ambil nomor antrian aja kan?

Apa itu Otoklix?

apa itu otoklix

Otoklix ini adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh sebuah startup di Indonesia yang fokus pada automotive aftermarket domain.

Jadi, Otoklix ini hadir sebagai solusi para pemilik mobil, jasa rental mobil atau pemilik kendaraan yang membutuhkan dan mencari layanan otomotif untuk kendaraan kesayangan dengan harga yang standar dan transparan tentunya.

Tak hanya itu, Otoklix juga hadir untuk membantu pemilik bengkel serta pemilik armada dalam hal pengadaan suku cadang otomotif agar biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan tentunya transparan.

Otoklix sendiri mempunyai visi misi yang jelas yaitu menjadi jaringan Automotive Aftermarket terbesar di Asia Tenggara dan misinya melakukan standarisasi Automotive Aftermarket dengan menyediakan kemudahan dan menghilangkan asimetri informasi.

Alasan Kenapa Harus Memilih Otoklix?

Kenapa harus memilih Otoklix partner servis dan perawatan mobil terpercaya

Bukan tanpa alasan pastinya kenapa kita sebaiknya menggunakan jasa Otoklix saat ingin merawat dan menjaga performa kendaraan kesayangan,

1. Mekanik Ahli dan Berpengalaman

Mobil itu kan bukan barang murah, buat belinya aja kita butuh perjuangan dan pengorbanan. Tentu kita ingin yang memegang mobil kita dan mengotak atik serta membenahi performa mobil kita adalah orang yang profesional dan ahli di bidangnya bukan?

Nah, dengan Otoklix, kita bisa menemukan bengkel serta mekanik yang telah terbukti berpengalaman dan bisa membuat kita nyaman saat mempercayakan mobil kita.

2. Garansi Pengerjaan

Setelah mobil di tangani oleh Otoklix atau bengkel mitra Otoklix, maka kita bisa mendapatkan garansi 1 bulan / 1000 km (mana yang tercapai lebih dulu). Wah enak banget kan?

3. Prioritas Layanan

Dengan menggunakan aplikasi Otoklix, kita bisa booking layanan terlebih dulu entah itu servis atau cuci mobil atau lainnya. Enak kan, kita jadi nggak perlu antri lama-lama, apalagi yang bisa nya ke bengkel pas weekend aja kayak aku, terbantu banget pasti.

4. Layanan Perawatan Mobil yang Lengkap

Kamu mau cari perawatan mobil apa? Coba cek deh di Otoklix, pasti ada!

Otoklix punya banyak layanan yang bisa bikin performa mobil kita tetap nyaman dan tampilan tetep kece, di antaranya:

Layanan Perawatan Mobil di Otoklix yang Lengkap

  • Servis Berkala
  • Ganti Oli
  • Ganti Ban
  • Servis AC
  • Perawatan Rem
  • Cuci Mobil
  • Detailing Interior maupun Exterior
  • Dan lainnya seperti tune up, spoor & wash, etc

5. Ada Banyak Mitra Bengkel Otoklix

Bisa dicek di websitenya Otoklix.com, saat ini ternyata udah ada lebih dari 50 mitra bengkel Otoklix yang siap melayani kita loh!

6. Lebih Hemat dan Banyak Promo

Otoklix mengklaim penggunaan layanan mereka bisa memperhemat biaya perawatan sampai sekitar 30% daripada bengkel resmi biasanya loh. Selain itu, ada banyak promo khusus yang bisa kita manfaatkan.

Perawatan Mobil di Otoklix Lebih Hemat dan Banyak Promo

Contohnya promo servis berkala, paket servis ganti oli, tune up, spooring & balancing. Ada juga promo tune up, promo ganti oli + filter yang bisa kasih potongan harga ke kita puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

7. Bisa Merecord Riwayat Perawatan Mobil

Di aplikasi Otoklix, semua aktivitas perawatan mobil bakal tersimpan datanya. Dan kita bisa melihat riwayat perawatan mobil yang udah dijalani. Sekaligus nantinya bisa jadi reminder loh, jadi nggak lupa tuh kapan terakhir kali ganti ban, ganti oli, bersihin filter AC, dan lain sebagainya.

8. Ada Pilihan Metode Pembayaran

Enaknya lagi, saat booking online, kita bisa memilih metode pembayaran. Kita bisa bayar langsung saat ke bengkel, atau bisa juga bayar secara online.

9. Ada Fitur Chat “Darurat di Jalan”

Otoklix ini emang partner servis dan perawatan mobil terpercaya dan terbaik deh. Nih ya, kalau kita pakai aplikasi Otoklix, kita bisa pakai fitur “Darurat di Jalan”. Ini berguna banget sih buat pengendara apalagi perempuan kayak aku. Jadi kalau kita ada kendala masalah mobil bisa deh chat ke pihak Otoklix untuk minta bantuan misalnya.

Cara Mendaftar Akun di Otoklix

Gimana setelah baca penjelasanku tentang kelebihan Otoklix di atas? Minat pakai layanannya juga?

Nah ini aku kasih panduan untuk daftar akun di Otoklix ya. Gampang kok. Check this out!

Cara Mendaftar Akun di Otoklix

Cara Menggunakan Layanan Otoklix, Praktis Banget!

Buat yang mau cara gampang booking layanan bengkel untuk perawatan mobil baik itu servis, atau cuci mobil sekalipun, aku kasih tahu caranya. Gampang banget!

Pakai aplikasi Otoklix ini cocok banget buat kamu kamu yang punya seabrek kesibukan sepertiku yang seorang pekerja kantoran sekaligus freelancer.

Contohnya aja saat mau cuci mobil tapi nggak punya waku luang bayak. Kita bisa mencari cari layanan cuci mobil di Otoklix biar nggak pakai antri lama-lama. Biar bisa tetap punya waktu istirahat terus garap kerjaan lagi.

Kita bisa booking layanan cuci mobil terdekat via online. Iya, dari HP saja dengan buka aplikasi Otoklix.

Cukup buka aplikasi Otoklix, pilih layanan cuci mobil, pastikan lokasi kotanya udah sesuai ya (sementara mitra Otoklix baru ada di Jabodetabek aja, tapi kayaknya bakal melebar ke kota-kota besar lainnya, ASIK!).

Habis itu, muncul beberapa pilihan jenis layanan. Pilih aja salah satunya. Di situ juga udah muncul harganya, jadi bisa kita jadikan pertimbangan juga. Jangan lupa tentukan tanggal bookingnya juga ya (tangal dan jam nya).

Setelah memilih layanan nya, tinggal akan diberikan pilihan pembayaran. Ada dua pilihan yaitu pembayaran online maupun pembayaran langsung di bengkel. Setelah lakukan pembayaran

Done, booking pun selesai! So simple!

Dalam waktu 45 menit, mobil ku udah kinclonggggg dan wangiiiiiiii. Makin nyaman aja dikendarai. Bikin mood nyetir tuh happy rasanya.

Tunggu Apalagi? Butuh Jasa Perawatan Mobil Terpercaya? Otoklix Aja!

Gimana? udah tersadar dan tergerak untuk melakukan perawatan mobil mulai sekarang?

Inget ya, manfaatnya kita sendiri sebagai pemilik mobil kok yang rasain. Meski begitu, kalau mau mempercayakan kendaraan pribadi ke bengkel, pastikan dulu juga kamu nggak salah pilih bengkel. Pastikan bengkelnya punya layanan yang lengkap, alat yang memadai dan tentunya mekanik yang handal dan profesional.

Daripada bingung, langsung coba aja buka Otoklix.com atau download aplikasinya di playstore. Buktikan sendiri deh mudahnya cari bengkel atau tempat perawatan mobil di sana. Eits, sekarang lagi banyak banget promo baik servis, cuci mobil dan lain lain. Cuss buruan kepoin akun media sosialnya dan download aplikasinya pastinya!

Website: https://Otoklix.com/

Instagram: Otoklix

Link Download Playstore: Otoklix

Semangat merawat mobil kesayangan teman-teman!

0 Shares:
26 comments
  1. Harus punya nih aplikasi Otoklik. Ngebantu banget ya buat para perempuan yang biasa bawa mobil dan gtau ngoprek mesin hehe.

    Apalagi ada fitur chat di jalan. Jadi kalau lita butuh informasi bisa langsung di chat ya.

  2. Perempuan juga harus ngerti mesin ya mbak, jangan sampai tiba tiba di jalan raya mesin mobil mogok dan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan.

  3. dari dulu sih yang namanya perempuan males sama keribetan ya mbak say, haha.. termasuk service mobil, Otoklix ngebantu dan lengkap banget dah..

  4. Yang punya mobil nih, sangat membantu banget ya Mbak otoklix
    aku rekomendasiin ke masku ah, doi mobilnya dua nganggur satu yang jarang dipake
    andai aku bisa nyetir aku bawa dah ke rumah mertuaku, sayangnya aku tak diizinkan nyetir, lha bawa motor aja kadang oleng hahaah. Makasih informasinya mbak

  5. Bener banget mba rinn. Pake otoklix tuh jadii simple gitu mau perawatan mobil. Apalagi buat cewe2 kek kita hihi

  6. Wah butuh bgt nih macam ini, apalagi buat para wanita strong yg suka bawa mobil sendiri ya, biar gak makin panik kalau ada apa-apa hehe

  7. Wah pas banget nih Ada otoklik, sebagai wanita perlu banget nih Ada aplikasi begini jadi kalau Ada apa-apa Ada yang bisa diandalkan ya mbak hehehe

  8. aplikasi Otoklik sangat berguna sekali di jaman seperti ini, jadi lebih baik dan baik, jadi puas untuk servis mobil

  9. Di kantor juga nih walau kebanyakan cowok tapi hanya satu dua saja yg ngerti mobil. Kan sebel pas aku butuh untuk keluar pakai mobil trus misal AC rusak, mau ga mau dibawa ke bengkel dulu.Untung juga kalau pake otoklix

  10. Setujuuu… Kayaknya udah jadi rahasia umum kalau perempuan pakai kendaraan cuma tau nyetir dan isi bensin. Hehehe
    Setelah baca tulisan Mba Rini jadi sadar pentingnya untuk sedikit tahu tentang permesinan. Seenggaknya kalau ada masalah kecil gak langsung panik.
    Dengan Otoklik akan sangat membantu soal ini.

  11. Kalau dipikir secara nalar, harusnya perempuan malah yang lebih detail ya, tapi entah kenapa emang paling nggak mau ribet tentang per mesinan gitu. Taunya Makek aja 🙂

  12. Kalau udah ada Otoklik gak ribet lagi ya mba kaum perempuan seperti kita.
    Karena pada dasarnya kebanyakan dari kita emang gak ngerti soal mesin, apalagi sampai hafal komponen nya.

  13. dngan otoklix yang gak ngerti mesin, sudah gak ragu lagi ya, gak takut ditipu juga… btw, aveo 2012 up,, mobil idaman saya ini he he…

  14. Mekaniknya ahli dan berpengalaman sangat menjadi pertimbangan memilih bengkel. Ini juga yang dijaminkan oleh Otoklix, jadi nggak ragu lagi lah buat rawat mobil di Otoklix..keren, Mbak..

  15. Memang rata-rata perempuan begitu ya, Mbak. Gak mau ambil pusing dengan perawatan mobil begini. Cuma kalau ngantar mobil ke sembarangan bengkel, rawan dikerjai sama montirnya. Untunglah ada Otoklix, jadi ada referensi bengkel yang dapat dipercaya

  16. Hai kamu, perempuan serba bisa. Emang benar Mba Rin, perempuan yang udah bisa nyetir khususnya minimal harus tahu basic perawatan mobil dan treatmentnya. Asik ya udah ada Otoklix. Udah serba online sekarang.

    Mba Rin, itu plat mobilnya kenapa disensor? Aku kan pengen tahu. Siapa tahu nanti di Surabaya ketemu di jalan? Hehehe

  17. Sangat berguna tips atau panduan tentang otoklix ini. Memang jaman now, kecanggihan teknologi perlu dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna, seperti untuk urusan mobil seperti ini. Namun sayangnya, saya sendiri belum punya mobil pribadi. Hehe…

  18. Aku yang laki-laki pun gak terlalu opEn sama barang terkhusus elektronik atau kendaraan bermotor gitu. Taunya pakai dan isi bensin saja. Kalau ada otoklik jadi mudah ya.

  19. Bener juga nih Mbak, bukan cuma laki2 perempuan juga paling tidak harus punya skill buat merawat mobilnya sendiri karena nggak selamanya juga kita berbantung sama laki2. Untungnya sekarang udah ada Otoklix ya aplikasi yang bisa bantu kita dalam melakukan perawatan mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.