10 Tips Solo Traveling Sebagai Wanita Agar Selalu Aman

tips solo traveling sebagai wanita-1 (1)

Semakin banyak wanita yang senang berpergian sendiri, istilah kerennya solo traveling. Alasan utama kenapa solo traveling sangat diminati adalah karena kebebesan dalam merencanakan itinerary perjalanan. Mau bangun jam berapa, mau ke mana, mau ngapain? Semua bisa ditentukan sendiri tanpa harus berkompromi dengan teman lain.

Kedengarannya memang seru jalan-jalan sendiri. Apalagi sekarang di media sosial banyak yang posting tentang liburannya keluar negeri seorang diri saja. Tapi bagi pemula yang baru mau coba pasti merasa was-was. Aman ga sih traveling seorang diri, cewek lagi?

Tips Solo Traveling Sebagai Wanita Agar Selalu Aman

Wajar kok ngerasa takut. Tapi jangan biarkan rasa ketakutan ini menghalangi kamu untuk traveling sendirian. Baca dulu 10 tips solo traveling bagi wanita agar kamu bisa berpergian dengan aman dan nyaman.

10 Tips solo traveling sebagai wanita-1 (1)

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang kota atau negara tujuan. Coba cari informasi tentang cuaca di sana, persyaratan visa, transportasi umum, dan apakah destinasi tersebut aman bagi solo traveler wanita.

Kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah pernah ke tempat tersebut, bertanya lewat forum traveler seperti tripadvisor, atau grup facebook. Pelajari kebudayaan lokal. Biasanya yang sering menarik perhatian adalah cara berpakaian atau perilaku yang berbeda dengan penduduk lokal.

Di negara tertentu memang sebaiknya untuk berpakaian yang sopan dan tidak terlalu mencolok. Kamu juga bisa mempelajari bahasa percakapan lokal karena akan lebih membantu juga ketika memperkenalkan diri atau bertanya.

Artikel Terkait:  Berencana Liburan ke Bromo? Beberapa Rute atau Jalur ke Bromo Ini Wajib Kamu Ketahui

2. Booking hotel dan tiket pesawat jauh-jauh hari

Ada beberapa orang yang memang lebih suka traveling secara spontan, dalam artian tidak melakukan perencanaan yang detil. Tapi sebenarnya akan lebih hemat jika kamu booking tiket pesawat atau hotel jauh-jauh hari. Biasanya harga tiket pesawat akan lebih murah apalagi pas promo.

Biaya terbesar ketika traveling selain tiket pesawat biasanya adalah penginapan. Kalau sendiri saja, kamu bisa menginap di hostel di kamar bertipe dorm. Selain harganya yang lebih murah, kamu juga bisa bertemu dengan traveler lain dari berbagai belahan dunia. Bisa dapat teman baru juga.

Carilah hostel dengan review yang baik, kamu juga bisa memilih hostel atau tipe dorm yang khusus wanita saja kalau itu membuat kamu merasa lebih nyaman. Kamu bisa baca di sini untuk tips solo traveling hemat lainnya.

3.Packing barang simple dan sederhana

Sebagai wanita pasti maunya dapat foto OOTD yang cakep. Bisa saja, tapi tidak perlu bawa baju atau barang secara berlebihan. Cek terlebih dahulu musim atau cuaca destinasi tujuan dan packing baju yang sesuai. Contohnya kalau panas, bawa baju yang lebih tipis biar adam. Kalau dingin ya bawa jaket tebal.

Kamu bisa bawa atas dan bawahan yang bisa dipadukan dengan mudah, contohnya bawa sarung yang bisa dijadiin scarf, penutup kepala, atau selimut ketika di pesawat. Bawa juga tas kecil sebagai tempat untuk menaruh dompet, paspor, handphone, dan barang penting lainnya agar lebih gampang untuk diambil.

Tipssolo traveling lain agar tas atau koper bisa muat lebih banyak barang, gulung baju menjadi gulungan kecil. Hal ini bisa memberikan lebih banyak ruang dalam koper dibanding melipat baju seperti biasa. Barang lain yang bisa kamu bawa adalah peralatan mandi, sandal ganti, kamera, sunscreen, dan obat pribadi (kalau ada).

Artikel Terkait:  7 Hotel Di Jakarta Timur Murah Meriah, Mulai Dari 300-an Ribu

4. Kasih tau rencana perjalanan kamu kepada teman atau keluarga

Bagi kamu yang ingin solo traveling, lebih baik kasih tau rencana perjalanan kamu kepada orang yang kamu percayai, seperti keluarga atau teman. Selama perjalanan juga kamu harus selalu memberi kabar kepada seseorang. Sekedar lewat chat atau media sosial juga tidak apa-apa.

Dengan mengabari anggota keluarga, mereka pun jadi lebih tenang. Bahkan ketika kamu mengalami kesulitan, mereka tau kamu ada di mana dan akan bisa membantu.

5. Bertingkah seakan-akan kamu tau apa yang sedang kamu lakukan

Cobalah untuk tidak terlihat takut, bingung, tersesat ketika berpergian ke suatu tempat. Kalau kamu memang tersesat, tanya saja ke orang lain tapi jangan terlihat takut atau cemas. Biasanya kalau kamu takut, akan lebih gampang menjadi target penipuan. Pura-pura saja bahwa kamu tahu ke mana arah yang benar.

6. Percayalah dengan kata hati nurani

Salah satu kelebihan wanita adalah memiliki insting yang tajam. Ketika berpergian seorang diri, penting untuk selalu waspada dan bisa membaca situasi secara cepat. Jika kamu merasa ada yang tidak beres, segera tinggalkan tempat atau orang tersebut. Demi keselamatan, jangan pernah ragu untuk mengalihkan rencana traveling jika memag dibutuhkan.

Kadang sebagai wanita pasti ada yang ngajakin kamu ngomong. Kalau memang niatnya baik menjadi teman tidak masalah. Namun, kalau ada tanda-tanda yang tidak beres, lebih baik tidak melanjutkan percakapan.

tips solo traveling (1)

7. Jaga selalu barang bawaan

Taruh barang-barang penting seperti paspor, dompet, uang, kamera, handphone di tas kecil yang selalu bisa kamu pegang/bawa. Jangan taruh di sembarang tempat. Jangan taruh di koper. Di hostel biasanya ada loker jadi kamu bisa taruh barang penting tersebut. Selalu berhati-hati, jangan lalai sampai kehilangan terutama paspor.

Artikel Terkait:  Ke Bromo Naik Motor Aman Kok Asal Perhatiin Hal-Hal Berikut Ini

8. Pentingkan keselamatan

Ketika mengikut tur, pilihlah tur pada pagi atau siang hari. Bahkan kalau mengeksplor sendiri tanpa tur di siang hari saja. Kurangi aktifitas pada malam hari. Lebih baik untuk selalu berada di tempat umum atau area ramai. Kalau kamu punya budget lebih, bisa juga memilih untuk naik uber atau grab.

Kamu juga bisa membeli asuransi perjalanan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Kesannya memang asuransi perjalanan tidak penting, tapi tidak ada salahnya untuk menyisihkan uang untuk membelinya.

9. Jangan terlalu pelit

Jangan terlalu pelit mengeluarkan duit demi keamanan. Contohnya kalau kamu mendarat terlalu malam, sebaiknya mengeluarkan duit lebih untuk menginap di penginapan yang menyediakan fasilitas antar jemput, walaupun harganya lebih mahal.

Daripada harus naik bus atau transportasi umum lainnya di tengah malam, akan lebih rawan. Pesan penginapan di tengah kota atau di area yang lebih aman, walaupun harganya mungkin sedikit lebih mahal.

Ketika memilih ikutan tur, lebih baik juga membayar lebih untuk fasilitas yang memiliki rating atau review yang lebih baik, dibandingkan tur yang sama sekali tidak memiliki review tapi lebih murah.

10. Simpan nomor kontak darurat

Yang terakhir adalah mencatat atau menyimpan nomor darurat. Hal ini sering dilupakan bahkan bagi yang bukan solo traveler. Sebaiknya kamu memiliki catatan nomor darurat kota atau negara tersebut, seperti nomor telpon polisi, rumah sakit, kedutaan, dan lainnya.

Itulah beberapa tips solo traveling terutama para kaum perempuan agar lebih aman saat bepergian. Mudah-mudahan bisa membantu. Kamu tidak akan kesepian saat traveling seorang diri karena kamu pasti akan dapat teman baru.

Tulisan ini ditulis oleh Nonanomad

0 Shares:
2 comments
  1. Menarik banget infonya untuk traveler perempun yang ingin traveling sendiri. Kadang aku juga masih parno untuk traveling sendirian, tapi akhirnya jadi perjalanan yang berkesan. Terima kasih infonya mba Rini ☺️ [salam kenal dan monggo mampir ke blog aku thespicetomytravel(.)com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.