5 Tips Mudah Supaya Tidak Ketinggalan Pesawat

Tips Mudah Supaya Tidak Ketinggalan Pesawat

Tips Mudah Supaya Tidak Ketinggalan Pesawat – Sudah merencanakan liburan sedemikian rupa, namun semuanya gagal total karena ketinggalan pesawat. Tentunya ini akan menjadi pengalaman pahit yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Uang untuk bayar tiket raib, berbagai planning aktivitas liburan juga jadi tidak terlaksana. Mungkin biaya pemesanan hotel atau akomodasi lainnya bisa di-refund, tapi karena waktu mepet tidak akan kembali secara penuh.

5 Tips Mudah Supaya Tidak Ketinggalan Pesawat

Maka dari itulah, kamu harus pintar-pintar menyiasati supaya bisa datang tepat waktu pergi ke bandara. Dan jangan lupa untuk menjalankan tips-tips mudah supaya tidak ketinggalan pesawat berikut ini supaya tidak ketinggalan pesawat.

1. Ketahui Jarak Tempuh Rumah dengan Bandara

Hal basic yang perlu untuk kamu lakukan adalah mencari tahu perkiraan jarak tempuh dari rumah atau lokasi terkini dari bandara. Perkirakan juga jam-jam kemacetan. Jika sudah mengetahui semuanya, datanglah beberapa waktu lebih awal. Tidak apa menunggu sedikit lebih lama di bandara, daripada ketinggalan pesawat.

Pilihan alat transportasi ke bandara juga perlu dipertimbangkan. Jika waktunya sudah sangat mepet, kendaraan roda dua akan lebih mudah dipilih. Dengan catatan barang bawaan tidak banyak.

Artikel Terkait:  Wajib Kamu Tahu! Ini Dia 7 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Liburan

2. Memastkan Lokasi Terminal dan Gate Pesawat

Tips mudah lain supaya tidak ketinggalan pesawat adalah memastikan lokasi terminal dan gate pesawat. Meski sudah berkali-kali terbang, jangan segan buat mencari tahu. Kamu tidak tahu jika ada beberapa terminal atau gate diubah karena berbagai alasan. Untuk memastikan tidak salah terminal dan gate pesawat, kamu bisa bertanya kepada petugas yang ada.

Di mana mencari tahu lokasi terminal dan gate? Gampang banget, sudah bisa dicari informasinya melalui website maskapai penerbangan yang dipilih. Jangan sampai hal sepele ini membuat penyebab kamu ketinggalan pesawat ya.

3. Memastikan Dokumen yang Dibutuhkan Sudah Dibawa

Baik itu traveling di dalam negeri atau ke luar negeri, pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah dibawa. Cek lagi sebelum keberangkatan, siapa tahu barang-barang penting tersebut belum dimasukkan. Jangan sampai ketinggalan di rumah ya. Jika ketinggalan, pastinya akan lebih repot. Inilah pentingnya melakukan double checking.

4. Melakukan Check-in Secara Online

Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan check-in secara online. Tentunya ini akan sangat meringkas proses untuk masuk ke ruang tunggu. Check-in secara manual di bandara akan sangat melelahkan jika antreannya panjang. Kelebihan lainnya, check-in online ini bahkan bisa dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan, tergantung pada jenis maskapai yang dipilih.

Misalnya saja check-in online Lion Air yang disediakan oleh Traveloka, kamu sudah tidak perlu diburu-buru lagi. Tidak perlu antre panjang. Ada beberapa kebijakan yang diberikan dari Lion Air, misalnya saja check-in secara online tersedia 23 jam sampai dengan 5 jam sebelum keberangkatan.

Artikel Terkait:  14 Destinasi Wisata Malang yang Wajib Kamu Kunjungi

Setelah melakukan check-in, nantinya kamu akan mendapatkan boarding pass. Bisa diakses melalui akun Traveloka atau email. Maka dari itulah, pastikan semua informasi dengan benar saat memasukkan data saat check-in, supaya semuanya lancar. Nah, jika terjadi kendala, jangan ragu untuk segera menghubungi pihak Lion Air.

Akan ada banyak sekali kemudahan dengan melakukan checkin online lion air di Traveloka. Namun meski begitu, tetap ya harus berangkat ke bandara lebih awal supaya tidak terlambat. Karena nantinya ada beberapa tahapan juga yang perlu dilakukan meski sudah check-in secara online dari rumah atau mana saja.

5. Tetap Selalu Perhatikan Pengumuman di Bandara

Saat berada di bandara, menunggu jadwal pesawat berangkat memang paling enak sembari mendengarkan musik. Namun usahakan untuk tetap mendengarkan musik dan memerhatikan pengumuman. Bisa saja terjadi hal-hal yang tidak terduga. Misalnya saja keberangkatan yang delay atau pengumuman hal lainnya.

Jika takut ketinggalan informasi saat asyik mendengarkan musik, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya sembari menunggu keberangkatan. Misalnya saja membaca buku, bermain sosial media, atau sekadar bersantai saja.

Itu dia beberapa tips mudah supaya tidak ketinggalan pesawat. Jangan sampai ketinggalan penerbangan karena hal-hal sepele yang diremehkan ya. Maka dari itulah, terapkan cara-cara di atas supaya bisa liburan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

 

Selamat liburan semua teman-teman! Tetap jaga protokol kesehatan ya di musim pandemi ini. 🙂

Artikel Terkait:  7 Tips Mudah Memilih Hotel di Jakarta Pusat
2 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.