8 Museum Pengetahuan yang Patut Dikunjungi saat ke Jogja

museum pengetahuan - museum benteng vredeburg

Museum Pengetahuan yang Patut Dikunjungi saat ke Jogja – Seperti yang dikatakan seniman Joko Pinurbo, bahwa Yogyakarta terbuat dari rindu, kenangan, dan angkringan. Maka tak heran jika banyak orang yang pernah datang ke Jogja dibuat rindu dan selalu ingin datang kembali ke Kota Pelajar ini. Namun, jika selama ini Anda berlibur ke Jogja karena ingin menikmati wisata alam atau kulinernya yang menakjubkan, maka cobalah untuk mengunjungi museum-museum di Jogja yang artsy dan tentunya memberikan banyak wawasan.

Nah, bagi Anda yang tinggal di sekitaran Solo serta Semarang dan hendak ke Jogja, gunakan saja moda transportasi travel Joglosemar. Selain nyaman, tiket travel Joglosemar ini juga bisa didapatkan melalui online sehingga lebih mudah dan praktis.

8 Museum Pengetahuan yang Patut Dikunjungi saat ke Jogja

Lantas, ke Jogja enaknya ke museum mana saja, ya? Berikut daftarnya!

1. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg terletak di pusat kota Jogja, tepatnya di area Titik Nol Km. Museum Benteng Vredeburg merupakan museum yang berisi sejarah Indonesia khususnya Kota Jogja serta bagaimana pemuda Jogja memukul mundur Belanda. Bangunan Museum Benteng Vredeburg kental dengan nuansa Belanda. Di dalamnya, Anda bisa belajar banyak hal baru soal sejarah kemerdekaan Indonesia, pembentukan ibu kota dalam bentuk diorama, foto, dan animasi.

2. Museum Biologi UGM

Museum Biologi Yogyakarta sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata sambil menambah pengetahuan tentang flora dan fauna. Di dalam museum Biologi tersebut terdapat ragam flora dan fauna yang sudah diawetkan. Sebagian besar adalah flora dan fauna yang merupakan hasil sumbangan penelitian dari berbagai negara.

3. Museum Batik

Seperti yang diketahui, kain batik Nusantara memiliki ragam corak dan warna yang sayang jika tak dipelajari atau diketahui dengan baik. Oleh karena itu, Museum Batik ini bisa jadi salah satu destinasi wisata Jogja yang penuh pengetahuan dan pembelajaran tentang kain-kain batik. Mulai dari batik dari wilayah Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan semua tersedia. Jadi, tak perlu jauh-jauh pergi ke daerah lain hanya untuk melihat indahnya corak dan warna kain batik Nusantara.

4. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo ibarat lorong waktu untuk kembali ke masa lampau. Di sini, Anda akan disuguhkan koleksi museum yang beragam dan merupakan benda-benda dari jaman dulu. Ada berbagai artefak yang bisa Anda lihat seperti arca, keramik, gerabah, senjata tradisional, keris, dan banyak lainnya. Berbagai benda-benda bersejarah yang merupakan saksi bisu dari sebuah peristiwa penting bisa Anda temukan di sini. Oleh karena itu, berkunjung ke Museum Sonobudoyo tentunya akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

5. Museum Affandi

Bagi Anda para pecinta seni lukisan, maka Museum Affandi tak boleh dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke Yogyakarta. Seperti yang diketahui, Affandi adalah maestro lukis kontemporer yang sangat terkenal baik di mancanegara maupun secara nasional. Karyanya terpajang rapi di galeri museum sekaligus tempat tinggalnya. Selain lukisan, Anda juga akan melihat benda-benda peninggalan semasa hidupnya seperti mobil pribadi dan sejumlah benda lainnya. Bangunan di Museum Affandi sangat unik, suasananya juga asri sehingga akan memberikan ketenangan bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Museum Affandi.

6. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang berisi benda-benda bersejarah Keraton Yogyakarta. Di sini, Anda akan mendapatkan pengalaman mendengarkan sejarah museum yang berbeda dari museum-museum lainnya di Yogyakarta. Sebab, ada aturan-aturan khusus yang harus ditaati pengunjung, salah satunya tidak diperbolehkan untuk merekam isi bagian dalam museum sehingga para wisatawan akan fokus mendengarkan penjelasan dari tour guide yang sudah disiapkan. Selain itu, suasana museum yang asri dan sejuk akan memberikan semangat berbeda saat Anda berkunjung ke museum ini.

7. Museum Dirgantara

Apakah Anda ingin mengetahui secara lebih detail dengan sejarah penerbangan dan dunia aviasi Indonesia? Maka museum Dirgantara bisa jadi salah satu alternatif untuk mempelajarinya. Di sini, Anda akan belajar lebih lengkap dan detail tentang perkembangan pesawat terbang Indonesia mulai dari foto, lukisan, hingga diorama sejarah Angkatan Udara Republik Indonesia bahkan pakaian dinas para prajurit pun juga terpampang jelas dalam diorama tersebut.

8. Museum RS Mata dr YAP

Museum RS Mata dr YAP memang jarang didengarkan atau bahkan dikunjungi oleh para wisatawan yang melancong ke Jogja. Padahal Museum RS Mata dr YAP masih menjadi bagian RS mata ternama di Jogja. Museum ini punya banyak koleksi peralatan kedokteran peninggalan dr. Yap Hong Tjoen dan dr. Yap Kie Tiong yang merupakan pendiri atau founder Rumah Sakit Mata dr. YAP. Selain itu, Anda juga akan melihat sejarah kehidupan dr YAP di dalam museum.

Nah, itulah 8 museum pengetahuan yang jangan sampai terlewatkan kala berkunjung ke Yogyakarta. Jangan lupa, bagi Anda yang tinggal di Semarang dan Solo gunakan transportasi travel Joglosemar untuk perjalanan yang lebih mengesankan. Selain itu, pesan tiket Joglosemar di Traveloka karena banyak diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like