Loading

Tips Memilih Mesin Cuci Front Loading Terbaik Untuk Rumah Anda

Apa kriteria Anda dalam memilih mesin cuci yang tepat untuk keluarga? Mesin cuci berapa watt yang lebih Anda pilih untuk menghemat biaya listrik di rumah?

Tahukah Anda? Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia lebih banyak jenis mesin curi front loading. Bukan tanpa alasan pastinya, jenis mesin cuci ini terbilang populer karena tampilannya yang modern dan kemampuan mencuci pakaian. Anda tidak perlu memindahkan pakaian seperti mesin cuci dengan dua tabung.

Tips Memilih Mesin Cuci Front Loading Yang Handal

Anda bisa mengurangi waktu pencucian dengan jenis mesin cuci dengan loading di depan. Hasilnya pun tidak kalah bersih dengan jenis mesin cuci lainnya. Sebelum menjatuhkan pilihan, ikuti tips memilih mesin cuci front loading berikut ini.

1.     Kapasitas Mesin Cuci

Tampilan mungkin terlihat sama tapi sebenarnya tiap mesin cuci punya kemampuan untuk mencuci dengan kapasitas tertentu. Rata-rata, pakaian kotor rumah tangga bisa sebanyak 1,5 kg per hari. Pertimbangkan juga apakah anda bisa mencuci tiap hari atau hanya sekali seminggu.

Penyesuaian kapasitas mesin cuci berpengaruh pada daya tahan mesin cuci. Anda tidak bisa mencuci terlalu banyak dan melebihi kapasitasnya. Mesin cuci bisa cepat rusak. Oleh karena itu, perkirakan kapasitas mesin cuci yang Anda butuhkan dengan perkiraan sekali cuci.

Keluarga kecil dengan 2 sampai 4 orang bisa memilih mesin cuci berkapasitas 7 kg. Untuk jumlah anggota keluarga yang lebih banyak, bisa memilih yang berkapasitas 9 atau 10 kg.

2.     Bukaan Kanan atau Kiri

Drum pencucian untuk mesin cuci front loading berada horizontal dengan penutup di bagian depan. Kalau mesin diletakkan di lantai, Anda membungkuk untuk membuka pintu mesin. Anda ingin nyaman dalam menangani pakaian saat mencuci.

Kalau Anda kidal, bisa memilih pintu dengan bukaan ke kanan. Kalau tidak, bukaan ke kiri bisa jadi pilihan. Bicarakan dengan anggota keluarga lainnya. Bisa saja yang mencuci baju bukan hanya ibu. Oleh karena itu, pilih mesin cuci front loading dengan bukaan pintu yang disetujui oleh orang-orang yang akan memakainya.

3.     Suara

Tips memilih mesin cuci front loading berikut sebenarnya lebih ke preferensi pemakainya. Ada front loading yang mengeluarkan suara dan ada yang tidak keluar suara sama sekali.

Tapi Anda mungkin ingin mesin cuci yang bisa mengeluarkan suara untuk bisa mendengarnya dari jauh. Jadi Anda tahu apakah mesin cuci sudah selesai mencuci, kelar membilas atau siap dijemur. Pilih yang pas untuk kebutuhan Anda.

4.     Getaran

Teknologi selalu berevolusi. Kini banyak mesin cuci front loading yang mengadaptasi teknologi Inverter untuk meminimalisir getaran. Anda dapat menanyakan gelombang dB yang dihasilkannya.

Kalau mesin beroperasi pada 50-60 dB, maka akan menghasilkan getaran yang cukup kuat dan mengeluarkan suara bising. Anda ingin mesin dengan tingkat getaran di bawah 50 dB, untuk kenyamanan dalam menyelesaikan tanggung jawab di rumah.

5.     Fitur keamanan

Anda ingin memilih mesin cuci yang aman, khususnya bila ada anak kecil dalam rumah. Terutama bentuk mesin cuci front loading dengan bukaan di depan yang bisa diakses oleh anak kecil. Oleh karena itu, pilihan produk yang memiliki child lock untuk menjamin keamanan, terutama dari jangkauan anak-anak.

Fitur keamanan akan memastikan kalau saat mesin menyala dn sedang mencuci, pintu tidak bisa dibuka. Pintu baru bisa dibuka setelah proses cuci selesai. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir, ada kecelakaan yang terkait dengan mesin cuci yang sedang menyala.

6.     Hemat Air dan Listrik

Sebelum membeli, cari tahu mesin cuci berapa watt agar Anda bisa menyelesaikannya dengan kemampuan listrik dirumah. Pemakaian air menjadi salah satu faktor penting dalam memastikan ketika anda pakai mesin cuci tidak kelebihan watt dan membuat Anda tidak bisa melakukan apapun selain mencuci pakaian.

Bagaimana? Apakah tips memilih mesin cuci front loading diatas bisa membantu Anda? Kini Anda bisa lebih bijak dalam melihat spesifikasi mesin cuci front loading sebelum membelinya. Pikirkan kepraktisan, kenyamanan dan tentu keseluruhan fitur yang Anda anggap penting dari sebuah mesin cuci.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Tips Memilih Mesin Cuci Front Loading Terbaik Untuk Rumah Anda