5 Tips Membuat Rumah Sendiri Ala Milenial

Tips Membuat Rumah Sendiri Ala Milenial

Jangan mau ketinggalan dari generasi sebelumnya, sebagai anak milenial Anda juga harus memiliki rumah dengan usaha sendiri. Generasi milenial kerap kali dikaitkan dengan stereotip boros dan kurang serius merencanakan masa depan, tetapi nyatanya dengan usaha yang kuat Anda pun bisa membuat rumah impian sendiri.

Seperti yang Anda ketahui bahwa harga rumah memang diprediksi semakin meningkat. Sehingga tidak heran mayoritas milenial menggunakan gajinya untuk hobi, makanan dan minuman, fashion, dan traveling. Namun bagi Anda yang ingin membuat rumah sendiri, silakan lakukan kiat-kiat yang akan kami bahas di bawah ini.

5 Kiat-Kiat Membuat Rumah Sendiri Ala Milenial

Membuat rumah sendiri memang lebih menantang dibandingkan membeli rumah yang sudah jadi tinggal huni. Namun uniknya, Anda bisa merancang desain sesuai keinginan pribadi dengan segala jenis konsep. Nah untuk merealisasikannya, mari simak 5 tips membuat rumah minimalis sederhana ala milenial:

Tips Membuat Rumah Sendiri Ala Milenial

  • Siapkan Dana dengan Menabung

Tidak bisa dipungkiri bahwa modal untuk membangun rumah bisa mencapai ratusan juta rupiah. Untuk harga ini umumnya Anda harus memiliki gaji minimal 7,5 juta rupiah per bulan. Bahkan dengan gaji itu pun hanya bisa membangun rumah dengan ukuran kecil di pinggir kota. Sedangkan menurut riset, mayoritas generasi milenial rata-rata memiliki gaji diatas 3 jutaan. 

Hal ini membuat Anda harus pintar-pintar menyiapkan dana dengan menabung. Sisihkanlah dana dari penghasilan dan jangan lupa untuk menambah passive income seperti dari freelance, jualan online, menulis blog, dan pekerjaan sampingan lainnya. Persiapan ini akan memudahkan nantinya untuk membuat rumah impian.

  • Sesuaikan dengan Kemampuan

Kiat selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah menyesuaikan dengan kemampuan. Jangan sampai keinginan membeli rumah di usia muda malah membebani Anda hingga mengajukan pinjaman kesana kemari. Inilah kenapa sebisa mungkin Anda harus mengusahakan menabung sedini mungkin agar bisa langsung membangun rumah sendiri.

Sebaiknya Anda juga cepat membeli properti karena biasanya setiap tahun akan mengalami kenaikan. Namun Anda tetap harus bersikap realistis dengan menyesuaikan keinginan dan kemampuan. Jangan terlalu memaksakan keinginan mendapatkan rumah impian di usia muda jika masih belum memiliki modal yang cukup.

  • Manfaatkan KPR

Salah satu cara agar bisa membangun rumah di usia dini adalah dengan memanfaatkan KPR dengan tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan khawatir karena biasanya cicilan harus dilunasi sebelum menginjak usia pensiun atau diatas 55 tahun sehingga tetap aman untuk generasi milenial yang ingin hidup sejahtera di hari tua.

Kelebihan KPR yang selanjutnya dapat dihindari dari tenor panjang yang diberikan. Mengingat usia generasi milenial yang masih muda, maka Anda bisa mengajukan KPR hingga 25 tahun. Namun hal ini sebanding dengan suku bunga yang diberikan. Semakin panjang tenornya maka akan semakin tinggi pula bunga yang ditaksir.

  • Jangan Menunda-Nunda

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa harga rumah dan properti akan semakin mahal seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga jangan menunda untuk membeli rumah. Segeralah mengumpulkan modal untuk membangun rumah sendiri sebelum harga tanah dan properti semakin melejit.

Meskipun demikian, jangan sampai hal ini malah membuat Anda terburu-buru dan memaksakan kemampuan. Anda tetap bisa membeli rumah nanti jika memang modal cukup. Namun jika sudah memiliki budget, sebaiknya segera siapkan diri untuk memulai konstruksi rumah. 

  • Cari Informasi Tentang Rumah

Agar nantinya Anda tidak salah langkah, sebaiknya cari segala informasi terkait jual-beli rumah hingga bagaimana memulai pembangunan rumah yang diinginkan. Jangan lupa cari tahu juga terkait toko bangunan online yang menyediakan perlengkapan konstruksi murah serta berkualitas.

Seluruh informasi yang Anda dapatkan tersebut akan sangat membantu nantinya hingga rumah siap huni. Jika Anda masih awam di bidang ini, Anda bisa meminta bantuan jasa konstruksi dan lakukan konsultasi hingga kebingungan Anda hilang. Jangan sampai Anda tidak melakukan tips yang satu ini agar tidak bingung nantinya.

Nah itulah 5 tips membangun rumah impian sendiri ala generasi milenial. Beberapa kiat tersebut sangat cocok dilakukan untuk semua kalangan anak milenial yang sedang mempersiapkan pembangunan hunian baru, apakah Anda salah satunya?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like