Mengintip Perkembangan Suzuki Karimun, Mobil yang Terkenal Irit

Suzuki Karimun

Mengintip Perkembangan Suzuki Karimun, Mobil yang Terkenal Irit – Mobil kotak yang tidak memiliki dimensi terlalu panjang telah menjadi ciri khas dari mobil Karimun keluaran Suzuki. City car yang satu ini berukuran kecil tapi interiornya cukup luas dan sangat gesit ketika dikendarai.

Keunggulan yang ditawarkan oleh Karimun adalah teknologi mesin yang konvensional dan tersedia dalam transmisi manual. Perawatan mobil termasuk mudah dengan onderdil yang murah. Bagaimana perjalanan Suzuki Karimun? Simak selengkapnya.

Awal Mula Suzuki Karimun sampai Sekarang

Suzuki Karimun pertama kali diperkenalkan di Indonesia adalah sekitar tahun 1999. Desainnya mengadaptasi gaya Kei Car Jepang yang muncul tahun 1993. Memiliki interior yang luas, mesin yang diberikan pun cukup handal.

Mobil ini disebut dengan Suzuki Karimun CBU yang dirakit di Tambun Bekasi. Arti nama Karimun berasal dari sebutan Carry to the Moon atau bawa ke bulan. Nama Karimun hanya berlaku di Indonesia saja, sedangkan di negara asalnya disebut dengan Karimun Wagon R generasi pertama.

Saat generasi pertama meluncur di Indonesia, di Jepang generasi kedua sudah rilis. Jadi di Indonesia mobil Karimun yang muncul sudah tertinggal satu generasi. Tentu saja kehadiran city car ini mendapatkan respon yang cukup positif.

Generasi penerus dari Karimun Kotak adalah Karimun Estilo dan Karimun Wagon R yang kini masih dijual di Indonesia.

Fitur yang Dihadirkan di Karimun Kotak

Sampai sekarang Karimun Kotak terus jadi favorit dan banyak diperjualbelikan mobil bekasnya. Apa yang membuatnya menarik tidak terlepas dari fitur-fitur yang dihadirkan. Ada beberapa fitur yang membuatnya sangat menarik.

Fitur paling diunggulkan adalah kebandelan mesinnya. Suzuki kotak terkenal memiliki mesin yang bandel dengan kode F10A. Mesin yang sama juga digunakan pada Suzuki Carry 1.0 lite dan Suzuki Katana. Mesin ini sudah teruji kemampuannya dengan tenaga 55Hp dan transmisi manual 5 percepatan.

Selain dilihat dari segi mesin, Karimun kotak juga memiliki beberapa interior yang mendukung mobil modern. Seperti telah menggunakan jam digital dan terdapat laci pada bagian bawah penumpang depan. Terdapat juga kantung pada panel pintu bagian depan.

Karimun kotak telah melalui dua kali perubahan yaitu pada tahun 2001 dan 2004. Suzuki generasi pertama pun berakhir pada tahun 2006.

Suzuki Karimun Estilo yang Jadi Generasi Penerus

Usai generasi pertamanya berhenti diproduksi tahun 2006, Suzuki menggantikan dengan model lebih baru yaitu Suzuki Karimun Estilo. Rancangannya berasal dari Wagon R yang jadi versi Maruti Suzuki dari India.

Sejarah baru Karimun pun terbentuk di tahun 2007, di mana Karimun Estio menjadi mobil perkotaan terbarunya. Desainnya sendiri sangat berbeda dari generasi sebelumnya yang kotak, jadi lebih bulat.

Soal mesin, Suzuki menggunakan mesin dengan kapasitas 1.100 cc 16 valve injection. Mesin ini berkode F10J dan menjadi terkenal karena lebih hemat bahan bakar. Inilah keunggulan yang ditawarkan oleh Karimun Estilo.

Suzuki Karimun Wagon R sebagai Mobil Keluarga

Suzuki Karimun

Setelah memproduksi Karimun Estilo, generasi ketiga diluncurkan pada tahun 213 bernama Wagon R. Hingga saat ini Wagon R masih terus diproduksi dan menyasar pasar keluarga untuk versi mini.

Merupakan jenis mobil murah yang ramah lingkungan, memiliki tenaga mesin cukup efisien. Jika biasanya Karimun terasa ruang kabin sempit kini tidak lagi karena R bisa menampung 5 orang sekaligus.

Soal mesin, Suzuki menggunakan mesin K10B yang kapasitasnya 998 cc. Soal desain interior, bagian kabin lebih tinggi dan mobilnya lebih kotak dibandingkan generasi kedua sehingga bagasi bisa lebih besar.

Mau Beli Suzuki Karimun? Langsung Aja ke Dealer Resmi

Penasaran dengan fitur Karimun Wagon R lebih lengkap lagi? Anda yang berdomisili di area Surakarta bisa langsung datang ke dealer Suzuki Solo Indonesia Utama. Jika tak sempat datang langsung Anda juga bisa mengunjungi laman www.suzukisurakarta.co.id.

Melalui website resminya Anda bisa mencari tahu berapa harga OTR Karimun Wagon R dan varian mobil keluaran Suzuki lainnya. Anda bisa langsung menghubungi sales Suzuki hanya dengan mengisi formulir dari website tersebut.

Tak perlu tunggu lama lagi jika Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai produk kendaraan roda empat keluaran Suzuki. Anda hanya perlu masuk ke situs resminya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.