Manfaat Menggunakan Forklift TCM dan Macam-macamnya

forklift tcm

Manfaat Menggunakan Forklift TCM dan Macam-macamnya – Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan pabrik industri mungkin sudah tak asing lagi dengan Forklift TCM. Forklift sendiri merupakan alat bantu kendaraan yang digunakan oleh perusahaan industri, untuk mengangkut dan memindahkan barang berat. Barang ini biasa digunakan dalam Gudang serta di sekitar truk dan kereta.

Forklift TCM dirancang dengan mesin motor listrik berjalan dari baterai, memiliki ban kecil yang mudah berjalan di permukaan aspal dan bahan bakar bensin. Adapula forklift areal kasar yang memang digunakan untuk jalan di permukaan kasar. Forklift ini memiliki banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Manfaat Menggunakan Forklift dan Macam-macamnya

Forklift TCM merupakan alat angkut berbentuk kendaraan untuk memindahkan barang berat dari satu tempat ke tempat lainnya, benda otomotif ini bisa mengangkut sampai 15 ton lebih. Berikut ini merupakan beberapa manfaat menggunakan forklift TCM, di antaranya yaitu:

  • Mengurangi pemakaian tenaga manusia, membantu manusia bekerja, dan menghemat jam kerja
  • Dapat mengangkat, memindahkan, menaikkan serta menurunkan beban
  • Menjadi kendaraan pengangkutan yang digunakan dalam gudang pabrik industri dan pelabuhan

Manfaat forklift juga disesuaikan dengan modelnya, setidaknya terdapat 4 model forklift yang cukup populer yaitu:

1. Forklift Diesel

Forklift Diesel merupakan forklift yang paling banyak digunakan oleh perusahaan manufaktur atau pabrik industri mengingat harga sewanya yang murah dan perawatannya juga tak sulit. Forklift ini bermanfaat untuk mengangkat beban hingga 10 ton serta mengangkat lifting sampai ketinggian 6 meter. Forklift ini cocok digunakan untuk pekerjaan berat di luar ruangan.

Forklift ini tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam ruangan, karena menggunakan bahan bakar solar yang dapat mengeluarkan emisi gas berbahaya bagi kesehatan, seperti sesak nafas.

2. Forklift Elektrik

Forklift Elektrik merupakan forklift yang biasa digunakan dalam ruangan, karena menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dengan tenaga listrik. Forklift ini bisa dikatakan ramah lingkungan, namun penggunaannya terbatas yaitu hanya mampu bertahan di bawah 8 jam. Manfaat forklift electric yaitu dapat mengangkat beban hingga 5 ton dan lifting ketinggian 6 m. Forklift ini biasa digunakan untuk mengangkut bahan baku makanan, minuman, obat-obatan dan lain sebagainya

3. Forklift Gasoline

Forklift Gasoline merupakan jenis Forklift TCM yang memiliki harga sewa sangat terjangkau dan menggunakan bahan bakar gas sehingga ramah lingkungan. Forklift ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga kemampuan lifting hanya ketinggian 2 m dengan beban kapasitas hingga 2 ton. Forklift Gasoline bisa digunakan dalam atau luar ruangan.

Namun sayangnya forklift Gasoline jarang diminati oleh perusahaan, karena akan kesulitan mengisi bahan bakarnya jika telah habis, mengingat jarang yang menawarkan isi ulang gas. Kalau tidak, Anda bisa menyediakan forklift cadangan yang bisa digunakan ketika kehabisan bahan bakar.

4. Forklift Reach Truck

Jenis Forklift TCM selanjutnya yaitu Forklift Reach Truck. Jenis forklift ini hampir sama seperti forklift elektrik karena menggunakan baterai dan diisi ulang dengan tenaga listrik, kemampuan lifting dan kapasitasnya juga tidak jauh berbeda.

Yang menjadi pembeda keduanya yaitu, forklift reach truck memiliki pallet agar bisa memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah. Penggunaan forklift ini sangat direkomendasikan karena bisa digunakan di luar ataupun dalam ruangan, ukurannya yang pas, serta kapasitas dan tenaga yang dihasilkan juga baik.

manfaat forklift tcm

Itulah beberapa hal mengenai manfaat beserta jenis forklift yang bisa Anda ketahui. Penggunaan forklift ini tentu membantu aktivitas di pabrik, dan perawatannya cukup mudah serta terjangkau. Anda bisa menyewa forklift sesuai kebutuhan dan menggunakannya dengan baik agar lebih awet atau tidak mudah rusak. Jika ingin membeli forklift TCM, Anda bisa membelinya di PT. Wijaya Equipments.

WIJAYA EQUIPMENTS merupakan pusat penjualan forklift baru atau bekas dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Perusahaan ini menawarkan produk forklift berkapasitas mulai dari 2,5 ton hingga 15 ton.

Keuntungan membeli material di WIJAYA EQUIPMENTS yaitu mendapatkan produk berkualitas dari berbagai brand atau merek ternama, bergaransi, transaksi mudah, proses pengiriman lebih luas, cepat dan aman, serta bebas ongkir untuk daerah Jabodetabek dan Bandung.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.