Loading

Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil, Jangan Sampai Salah!

Setiap wanita wajib tahu apa saja perbedaan telat haid dengan hamil. Pasalnya telat datang bulan menjadi salah satu tanda kehamilan yang paling banyak diketahui, padahal tidak semua kasus sama. Ada beberapa wanita yang telat haid karena stres, diet, atau bahkan obesitas.

Jangan sampai Anda menjadi salah satu yang gagal paham akan gejala kehamilan maupun mengalami keterlambatan haid. Mengingat masing-masing gejalanya membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.

6 Perbedaan Telat Haid dengan Hamil yang Wajib Diketahui

Apabila Anda sedang merencanakan memiliki momongan tentu akan sangat bahagia ketika terlambat haid satu minggu. Lantas Anda pun mencoba menggunakan test pack, namun sayang hasilnya justru negatif. Hal tersebut bisa saja terjadi karena terlambat haid bukan menjadi gejala pasti bahwa Anda hamil.

Ada beberapa gejala yang mirip antara terlambat haid dan juga awal kehamilan, beberapa perbedaannya berikut inilah yang bisa Anda kenali:

  • Perubahan Pola Makan

Perbedaan telat haid dengan hamil yang paling mudah dikenali adalah pola makan. Ketika terlambat haid, perubahan pola makan yang drastis akan terjadi. Anda akan lebih menginginkan untuk makan makanan dengan rasa yang kuat seperti manis dan juga asin.

Banyak yang menganggap bahwa perubahan pola makan ini adalah gejala kehamilan yang disebut ‘ngidam’. Padahal justru di awal kehamilan Anda tidak tertarik untuk mengonsumsi makanan apalagi makanan tertentu. Kebanyakan ibu hamil di trimester ketiga akan lebih sering merasakan mual dan muntah.

  • Kram Perut

Di saat beberapa wanita merasakan kram perut saat haid, ada juga golongan yang merasa sakit saat terlambat haid. Kram perut menjadi perbedaan telat haid dengan hamil yang mudah dikenali. Bagi wanita hamil rasa kram terasa di salah satu sisi perut dan sifatnya ringan sehingga mudah hilang.

Kram perut merupakan ciri-ciri telat haid karena stres. Rasa sakit muncul di area perut bawah dan kerat tidak tertahankan. Anda yang kerap merasakan kram perut perlu mengatasinya dengan minuman untuk melancarkan haid seperti Kunyit Asam Sido Muncul.

Minuman Kunyit Asam Sido Muncul tidak hanya efektif untuk meredakan rasa kram atau nyeri namun juga melancarkan haid Anda. Dikemas dalam bentuk bubuk, Anda bisa menyeduhnya dan diminum dalam keadaan dingin maupun hangat yang dapat menyesuaikan selera. Kemasannya juga berbentuk sachet yang mudah dibawa saat Anda bepergian.

Jika diminum secara rutin efeknya tidak hanya melancarkan haid tetapi juga bisa menurunkan berat badan. Anda yang sedang diet bisa minum Kunyit Asam Sido Muncul sebagai menu tambahan.

  • Nyeri Payudara

Perbedaan telat haid dengan hamil juga bisa dilihat dari rasa nyeri payudara. Bagi wanita hamil rasa nyeri berlangsung 1-2 minggu usai ovulasi dan mengalami kehamilan. Perubahan bentuk payudara pun akan terlihat seperti terasa lebih besar dan bagian areola tampak gelap serta membesar.

Berbeda dengan telat haid, rasa nyeri payudara akan berlangsung beberapa hari saja dan berhenti ketika hari pertama atau kedua haid. Payudara terasa nyeri namun teksturnya akan lembut. Rasa nyeri berpusat pada bagian bawah ketiak dan sisi kanan kiri saja.

  • Pendarahan

Ciri-ciri telat haid karena hamil adalah munculnya flek atau bercak darah. Hal ini banyak dianggap sebagai haid hari pertama bagi sebagian besar wanita. Padahal flek darah tersebut merupakan pendarahan implantasi yang terjadi saat 1-2 minggu usai pembuahan.

Apabila wanita terlambat haid maka bercak yang muncul akan disusul dengan pendarahan dengan volume yang lebih banyak. Waktu pendarahan pun bisa berlangsung 5-7 hari lamanya.

  • Rasa Nyeri di Bagian Punggung

Perbedaan telat haid dengan hamil yang selanjutnya mudah dikenali adalah nyeri punggung. Ketika mendekati jadwal haid, rasa nyeri punggung akan terpusat di bagian bawah punggung. Rasa nyeri akan menjalar ke bagian betis sehingga membuat aktivitas fisik menjadi tidak optimal atau terganggu.

Jika mengalami kehamilan, nyeri di bagian punggung justru terasa menyeluruh dan akan terus meningkat ketika usia kehamilan semakin tua. Ketika perut ibu hamil membesar maka berat yang ditopang oleh tulang punggung pun semakin tinggi, oleh karena itu rasa nyeri akan kerap muncul.

  • Perubahan Suasana Hati

Berubahnya suasana hati juga menjadi ciri-ciri telat haid karena hormon yang naik turun. Wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS) akan kerap berubah suasana hatinya dan hanya berlangsung 3-7 hari sebelum haid. Hal ini bertolak belakang dengan wanita hamil yang mengalaminya lebih lama.

Perbedaan Telat Haid dengan Hamil

Wanita hamil bisa merasakan perubahan suasana hati yang cukup ekstrim, seperti menangis karena menonton film. Ada juga yang marah dengan pasangan karena hal sepele. Padahal mungkin saja Anda bukan tipe orang yang mudah berubah emosinya.

Mengenali perbedaan telat haid dengan hamil ini membuat Anda bersiap dengan kemungkinan yang terjadi. Jika ternyata gejalanya adalah hamil maka sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan. Apabila haid dan merasa kram perut Anda perlu minum pereda nyeri dan pelancar haid seperti Kunyit Asam Sido Muncul.

Sumber:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/perbedaan-telat-haid-dengan-hamil

https://www.prenagen.com/id/beda-telat-haid-dengan-hamil

https://www.halodoc.com/artikel/jangan-keliru-ini-perbedaan-telat-haid-dengan-hamil

https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kehamilan/perbedaan-telat-haid-dengan-hamil

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil, Jangan Sampai Salah!