Lebih Untung Beli Mobil Kredit Atau Bayar Tunai?

beli mobil cash atau kredit

Berencana untuk membeli mobil yang sudah diimpikan sejak lama, tetapi masih bingung akan membayar kredit vs cash mobil? Metode pembayaran untuk membeli mobil yang Anda idamkan ternyata bisa tunai dan juga kredit. Kedua pilihan tersebut memang sudah tidak asing lagi di kalangan nasabah yang hendak mendapatkan kendaraan roda empat.

Sebelum membeli mobil, pastikan Anda sudah mempertimbangkan secara matang akan melakukan transaksi jenis mana. Nah jika Anda masih belum menemukan titik terang akan menggunakan jenis transaksi apa, maka kami akan membantu Anda untuk mendapatkan solusinya. Yuk simak ulasan lengkap berikut ini mengenai apa saja kelebihan serta kekurangan antara kredit vs cash mobil.

Kelebihan Membeli Mobil Secara Tunai

Membeli kendaraan secara cash atau tunai memang dinilai lebih mudah dan praktis. Proses yang dilakukan pun terbilang sederhana sehingga mobil idaman bisa dimiliki secepatnya. Nah untuk mendapatkan informasi lainnya tentang kelebihan membeli mobil secara cash, berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Ada Tanggungan Cicilan

Agar hidup bisa lebih tenang tanpa memikirkan cicilan bulanan, maka membeli mobil secara cash merupakan pilihan tepat untuk Anda. Hal ini karena Anda tidak perlu membayar tagihan hutang untuk melunasi cicilan mobil yang dibeli.

2. Terhindar Dari Menunggak Cicilan

Permasalahan antara kredit vs cash mobil memang tidak pernah habis, tetapi bagi Anda yang tidak ingin terbebani dengan tagihan bulanan, maka Anda bisa membeli mobil secara tunai. Anda juga akan terhindar dari menunggak cicilan karena tidak ada tagihan yang perlu dibayarkan lagi.

3. Mendapatkan Diskon Dari Dealer

Yang menariknya dari membeli mobil secara cash adalah Anda bisa mendapatkan promo atau diskon khusus dari dealer. Pihak dealer biasanya akan memberikan potongan harga yang fantastis untuk nasabahnya yang membeli mobil secara tunai.

4. Mobil Bisa Langsung Dimiliki

Tahukah Anda bahwa saat Anda membeli mobil dengan kredit, mobil tersebut tidak akan langsung menjadi milik Anda secara resmi. Anda harus menunggu kredit lunas terlebih dulu. Namun, hal ini berbeda dengan membeli mobil secara tunai yang dimana Anda sudah bisa memiliki mobil tersebut sepenuhnya.

Kekurangan Membeli Mobil Secara Tunai

beli mobil cash atau kredit

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat kerugian membeli mobil cash yang harus diperhatikan agar bisa mencari solusinya. Kerugian pertama adalah Anda tidak akan mendapatkan asuransi atau perlindungan dari pihak dealer. Sehingga Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan asuransinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa membeli mobil tidak cukup dengan uang sedikit, maka tidak jarang nasabah yang menguras dana darurat mereka. Jika tabungan yang Anda miliki habis untuk membeli mobil, maka kebutuhan penting lainnya tidak bisa di handle. Apakah Anda sudah siap untuk kerugian yang satu ini?

Selain itu juga, saat membeli mobil dengan uang cash, maka Anda hanya bisa memilih jenis mobil yang seharga dengan uang yang dimiliki. Hal ini akan sangat merugikan jika Anda memiliki budget terbatas. Pastinya pilihan mobil yang ditawarkan akan kurang menarik. Hal inilah yang menjadi perbedaan cash dan kredit yang paling terasa oleh nasabah.

Kelebihan Membeli Mobil Secara Kredit

Nah sekarang saatnya Anda beranjak ke jenis transaksi yang kedua. Agar bisa meyakinkan pilihan antara kredit vs cash mobil, maka Anda wajib mengetahui apa saja kelebihan membeli mobil secara kredit berikut ini.

1. Miliki Mobil dengan Dana Terbatas

Jika Anda ingin membeli mobil tetapi memiliki dana terbatas, maka cara yang satu ini wajib Anda coba. Pasalnya semua dana akan ditanggung oleh leasing mobil, Anda hanya perlu menyiapkan semua persyaratan dan uang muka yang dibayarkan di awal.

2. Dapat Mencicil

Yang menarik dari proses pembayaran menggunakan kredit ini adalah Anda bisa mencicil pelunasan mobil yang dibeli. Bahkan Anda bisa mengangsur cicilan dengan sejumlah tenor panjang yang ditawarkan oleh pihak leasing mobil.

3. Masih Memiliki Simpanan Uang

Kredit mobil di masa pandemi merupakan pilihan terbaik. Pasalnya Anda bisa mendapatkan mobil tanpa harus menguras dana darurat yang dimiliki. Sehingga Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainya yang lebih mendesak. Menarik bukan?

4. Dapat Meningkatkan Skor Kredit

Anda bisa meningkatkan skor kredit jika lancar dalam proses pelunasan. Nantinya skor kredit ini bisa digunakan untuk mengajukan kredit yang lainnya. Salah satu fasilitas yang diberikan ini akan sangat menguntungkan Anda saat hendak mengajukan kredit seperti membeli rumah dengan KPR.

5. Adanya Insentif dari Pemerintah

Tahukah Anda bahwa kini pemerintah telah mengeluarkan aturan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM. Aturan ini telah dikeluarkan sejak 1 Maret 2021 lalu yang menguntungkan untuk setiap nasabah yang hendak mengajukan kredit.

Kekurangan Membeli Mobil Secara Kredit

Meskipun memiliki kelebihan, ternyata membeli mobil secara kredit juga dapat memberikan kerugian untuk Anda. Salah satunya adalah fluktuasi suku bunga yang tidak menentu. Selain itu, mobil yang Anda beli tersebut tidak akan sepenuhnya menjadi milik Anda sebelum cicilan lunas. Jadi, Anda tidak bisa sepuasnya menggunakan mobil tersebut.

Lebih Baik Kredit vs Cash Mobil?

Jika dilihat dari kelebihan serta kekurangan antara kredit vs cash mobil di atas, kami menyarankan untuk menggunakan jenis pembayaran kredit karena kelebihannya dinilai lebih baik dan tidak memiliki kekurangan yang terlalu berdampak dibandingkan dengan membeli mobil secara cash.

Untuk lebih meyakinkan Anda, maka Anda bisa menggunakan Maybank Finance yang sudah berpengalaman di bidangnya serta akan memberikan penawaran menarik untuk Anda. Maybank Finance akan membantu Anda untuk mendapatkan mobil impian dengan proses pengajuan yang cepat dan bunga yang rendah.

Dengan demikian, yuk segera kunjungi Maybank Finance terdekat untuk mendapatkan pilihan mobil terbaik dengan promo yang menarik. Nah setelah mengetahui apa saja informasi di atas, semoga kini Anda sudah bisa mempertimbangkan antara kredit vs cash mobil. Bagaimana menurut Anda?

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.