Loading

Cek 5 Perawatan yang Harus Dilakukan Usai Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas kerap jadi pilihan ketika kamu membutuhkan kendaraan roda empat ini dalam waktu dekat dengan dana yang mepet. Namun setelah membeli ada sederet perawatan yang tidak boleh dilewatkan.

Perawatan ini menjadi kunci penting untuk menjaga performa mobil menjadi lebih baik., terlebih jika terdapat cacat pada body mobil. Kamu perlu tahu semua biaya cat mobil, servis hingga perbaikan lainnya. Biaya tambahan ini jugalah yang jadi pertimbangan saat ingin membeli.

5 Perawatan Penting Setelah Membeli Mobil Bekas

Tidak semua mobil bekas siap pakai. Masih ada beberapa perbaikan di sana-sini yang perlu kamu tindak lanjuti. Bahkan pada mobil yang tampilan fisiknya bagus pun tidak menjamin bahwa kualitas mesinnya juga mumpuni.

Terkadang setelah dicek ulang ada banyak kerusakan tersembunyi yang terlewatkan sebelumnya. Oleh karena itu kamu harus melanjutkan dengan ketujuh perawatan ini.

  1. Memoles atau Mengecat Ulang

Body mobil banyak goresan atau lecet? Kamu bisa melakukan pemolesan untuk menghilangkan cacat ringan. Namun jika ternyata ada banyak cacat yang cukup besar pada body mobil lebih baik untuk mengecatnya.

Pengecatan wajib dilakukan di bengkel khusus sehingga kebutuhan warnanya tersedia. Kecuali jika kamu ingin mengganti warna cat mobil secara keseluruhan. Hindari untuk memoles body mobil sendiri apalagi mengecatnya.

Ada banyak tahapan dan alat khusus yang digunakan sehingga hasil pengecatan atau pemolesan bisa lebih halus. Belum lagi ketersediaan warna cat mobil yang tidak selalu ada. Kamu tidak bisa menggunakan sembarang warna karena masing-masing mobil sudah memiliki warna khusus.

  1. Membersihkan Kabin Mobil

Saat mengecek mobil beberapa kali kamu mungkin menghirup aroma wangi dalam kabin, namun itu tidak menjamin kebersihannya. Apalagi untuk mobil yang sebelumnya digunakan sebagai taksi. Banyak sisa kotoran dan bakteri yang tidak terlihat.

Sebaiknya mulailah untuk membersihkan kabin secara menyeluruh dan mendetail. Seperti dengan melakukan fogging untuk membunuh bakteri. Jadi jangan hanya memperhatikan kondisi body mobil saja, tapi juga bagian kabin yang menjadi sumber kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang.

  1. Memanaskan dan Menggunakan Mobil

Wajib juga untuk memanaskan mobil setiap hari setidaknya dalam waktu 5 hingga 10 menit. Lakukan hal ini ketika mobil akan digunakan atau tidak. Jika mobil tidak digunakan dalam beberapa hari ke depan, sebaiknya kendarai mobil ke daerah terdekat.

Fungsinya agar oli dapat melumasi mesin secara menyeluruh dan tidak mengendap atau membeku. Tidak perlu pergi terlalu jauh, kamu bisa mengendarai keliling komplek misalnya.

  1. Mengganti Pelumas dan Filter

Setiap mobil memiliki banyak jenis pelumas atau oli begitu juga dengan filter. Setelah membeli mobil bekas akan lebih baik jika kamu mengganti semua pelumas dan filter dengan yang baru. Pasalnya pelumas kerap kali kualitasnya sudah buruk.

Saat berada di bengkel oli harus dikuras hingga bersih dan kamu bisa menggantinya menggunakan oli berkualitas. Begitu juga dengan filter, seperti filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan masih banyak lagi.

Biasanya beberapa pemilik malas untuk mengganti filter ini, padahal fungsinya sangat penting agar oli, bahan bakar, udara yang masuk ke mesin bersih. Jangan lupa jika memang sudah waktunya setelah kamu mengendarai rutin juga untuk menggantinya.

  1. Mengecek Keseluruhan Mesin, Listrik dan Kaki-Kaki Mobil

Terakhir adalah hal yang berhubungan dengan mesin seperti radiator, water pump, thermostat. Begitu juga dengan sistem kelistrikan dimulai dari aki, seluruh kabel hingga lampu.

Kaki-kaki mobil juga perlu dicek dan selanjutnya perlu dilakukan spooring dan balancing. Tanpa pengecekan ini semua kamu tidak akan tahu bagian mana pada mobil bekas yang mengalami permasalahan.

Jadi jangan hanya servis saja yang diakses karena layanan ini hanya meliputi penggantian oli, ban dan sejenisnya. Lebih baik untuk melakukan tune up mobil yang meliputi layanan pengaturan ulang semua komponen atau pengecekan secara menyeluruh.

Berbeda layanan beda pula biayanya. Dibandingkan servis, biaya tune up jauh lebih mahal. Pertanyaan soal biaya tune up mobil paling bagus di mana? paling sering muncul pada pemilik mobil bekas. Biaya terbaik tentu saja ada di bengkel resminya mengingat peralatan lebih lengkap dan sudah pasti terjamin.

Inilah lima perawatan mobil bekas yang baru saja kamu beli dan tidak boleh dilewatkan. Agendakan untuk melakukannya sesegera mungkin.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Cek 5 Perawatan yang Harus Dilakukan Usai Membeli Mobil Bekas