3 Produk Bardi Smart Home Bikin Rumah Makin Aman dan Nyaman

bardi smart home

Bardi smart home – Siapa yang pernah punya impian punya rumah yang canggih dengan banyak teknologi di dalamnya? Yap, tentu aku pernah mimpi punya smart home atau rumah pintar ala ala yang sering aku lihat di drama korea gitu, wkkwkkw. Kerennya, bardi smart home bisa wujudkan sedikit mimpiku ini loh.

Kemajuan teknologi di era modern, seperti halnya saat ini, membuat segala aktivitas di rumah semakin praktis. Membuat sebuah smart home kini semudah itu loh. Perubahan teknologi ini juga dapat mempermudah dalam melakukan aktivitas baik bekerja di rumah sampai istirahat, semua bisa dibuat lebih nyaman dengan teknologi. pernah nyangka nggak tuh?

Aku sendiri nggak pernah sekalipun nyangka sampai akhirnya tahu satu produk canggih bernama Bardi. Menggunakan produk-produk dari Bardi Smart Home nyatanya bikin semua makin menyenangkan.

Jika teknologi informasi membuat interaksi yang terkait dengan tugas-tugas pekerjaan seperti pertemuan tatap muka, pengiriman dokumen dan laporan – dengan cepat dan efisien, maka teknologi smart home yang diusung oleh Bardi bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman, lebih aman, dan menyenangkan dari rumah. Kenalan lebih jauh sama Bardi yuk!

Apa Itu Bardi Smart Home?

Bardi Smart Home atau yang biasa disebut Bardi adalah perusahaan produk elektronik lokal Indonesia yang memproduksi alat bantu elektronik rumah tangga dengan teknologi rumah pintar. Mengusung tagline “Always in Control” produk ini tidak hanya diatur secara manual, tetapi juga secara otomatis menggunakan teknologi otomasi seperti jadwal, pengatur suhu, cahaya bahkan suara.

Review 3 Produk Bardi Smart Home

Setelah kita mengetahui apa itu Bardi Smart Home. Berikut ini beberapa produk Bardi yang paling banyak diminati. Mulai dari Bardi Smart Light, Bardi Smart IR Remote, dan juga Bardi Smart IP Camera beserta dengan cara menggunakannya.

1. Bardi Smart Light Bulb

Bardi Smart Light Bulb

Produk pertama yang ditinjau adalah smart light bulb. Sekilas, tidak ada yang berbeda dengan produk Smart Light Bulb. Bentuk dan desainnya menyerupai bohlam lampu pada umumnya. Namun, siapa yang mengira bahwa bohlam lampu ini mempunyai banyak keistimewaan?

Bardi Smart LED Bulb 9W adalah bohlam lampu pintar yang dapat dimatikan, diubah warnanya dan brightness-nya diatur melalui aplikasi selama tersedia wifi / hotspot. Lampu ini mempunyai kecerahan minimum 90 lumens dan kecerahan maksimum hingga 900 lumens, gradasi putih dari warm white hingga cool white, dan juga kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna,. Bohlam ini sangat mudah dipasang, cukup balikkan ke ulir E27, lampu paling populer di Indonesia.

Jika biasanya kita harus bangun dari tempat tidur atau menurunkan kursi saat bekerja, untuk mematikan lampu. Dengan menggunakan lampu pintar ini, kita tidak perlu lagi melakukan aktivitas lama tersebut. Cukup klik pada layar ponsel kita yang terhubung dengan WiFi, lalu kita dapat menyalakan atau mematikan lampu tanpa berpindah dari posisi. Sangat menarik bukan?

Tak hanya itu, lampu umumnya hanya memiliki satu warna untuk dipilih. Dengan menggunakan lampu Bardi Smart LED Bulb 9W, kita dapat mengubah warna cahayanya sesuai dengan warna favorit kita, bahkan bisa menggunakan warna untuk menyesuaikan dengan mood kita.

Setelah kita membeli Bardi Smart Light, lantas bagaimana cara melakukan konfigurasinya? Selain mempunyai Bardi Smart Light, kita juga harus mempunyai smartphone untuk melakukan konfigurasi, alamat e-mail yang masih aktif, dan juga rumah kita harus mempunyai koneksi internet (Wi-fi).

aplikasi Smart Life - BARDI

  1. Setelah prasyarat ini terpenuhi, unduh dan instal aplikasi Smart Life dari Google Play atau Apple App Store.
  2. Kemudian buka dan daftar di aplikasi. Proses pendaftarannya sangat mudah, yang perlu kitalakukan hanyalah memberikan nama lengkap, alamat e-mail, dan membuat kata sandi.
  3. Selanjutnya, pada halaman awal aplikasi, pilih Tambah Perangkat untuk menambahkan perangkat baru ke aplikasi. Jika demikian, kitabisa memilih menu Lighting dan memilih Lighting Device (Wi-Fi). Pastikan kita memilih perangkat yang tepat sehingga lampu kita dapat dideteksi di aplikasi.
  4. Jika sudah terdeteksi, sambungkan Bardi Smart Light ke soket lampu kita. Kemudian hidupkan saklar dan pastikan sudah menyala. Setelah itu, lampu akan menyala secara default dan akan berkedip terus menerus, yang berarti lampu belum diatur atau dikonfigurasi.
  5. Di dalam aplikasi, setelah menambahkan perangkat Light (WiFi), maka secara otomatis akan mencari lampu yang tersedia di sekitarnya. Tunggu hingga pencarian selesai dan kitadapat melanjutkan dengan proses konfigurasi lampu.
  6. Kemudian aplikasi akan meminta kitauntuk menghubungkan lampu dengan sumber WiFi yang tersedia. Pastikan koneksi Wi-Fi kita terhubung ke Internet sehingga penyiapan dan proses jarak jauh dapat dimulai nanti. Pilih koneksi Wi-Fi yang ingin kita hubungkan, lalu masukkan kata sandi dari Wi-Fi.
  7. Jika sudah selesai, pilih Konfirmasi dan aplikasi akan secara otomatis menghubungkan lampu ke WiFi yang ada. Saat menghubungkan, pastikan cahaya, sumber Wi-Fi, dan smartphone saling berdekatan (tidak terlalu jauh).

Saat proses selesai, pesan Ditambahkan berhasil akan muncul, yang berarti perangkat telah berhasil dikonfigurasi dan ditambahkan ke aplikasi. kita juga bisa mengganti nama lampu sehingga jika kita memiliki lebih dari 1 perangkat, tidak akan membuatnya tertukar. Klik ikon Edit dan ubah nama sesuai kebutuhan jika kita memilih Selesai untuk menyimpannya.

Proses setup sudah selesai, kini kita bisa dengan mudah mengatur Bardi Smart Light hanya dengan smartphone kita. Dalam aplikasi ini kita dapat menyalakan dan mematikan lampu dan bahkan menyesuaikan warna dan tingkat kecerahan. Jadi tidak perlu repot-repot menekan tombol untuk mematikan lampu, hidup jadi lebih mudah, bukan?

2. Bardi Smart IR Remote

Bardi Smart IR Remote

Setelah lampu pintar, kali ini ada remote pintar yang bisa digunakan dengan perintah suara. Dengan remote control ini kita dapat mengontrol berbagai perangkat elektronik seperti air conditioner (AC), Midea Box, TV, I-switch, hingga Set-top box.

Bardi Smart IR Remote merupakan pemancar inframerah cerdas yang dapat dikontrol melalui aplikasi, selama Wi-Fi / hotspot tersedia. Remote control ini dapat menggantikan semua remote infra merah dengan sebagian besar sudah ada dalam daftar, dan jika tidak ada, kita dapat menyalin sinyal inframerah dari remote lama kita ke remote Bardi.

Berkat sudut transmisi 360 derajat dan jarak hingga 10 m, remote control Bardi dapat mengontrol banyak perangkat yang terlihat, karena sinyal inframerah tidak dapat melewati rintangan. Remote control ini sangat mudah dipasang, cukup tancapkan ke jaringan kita mengingat kepala adaptor ada di boks Bardi IR Remote.

Remote ini memiliki tampilan yang berbeda dengan remote pada umumnya. Bentuk bulat datar dengan warna hitam elegan. Remote cerdas ini sangat memudahkan kita untuk mengontrol komponen elektronik di sekitar kita. Tidak ada lagi masalah dengan kehilangan remote.

Lantas bagaimana cara pemasangannya? Pemasangannya sederhana, cukup hubungkan dengan listrik saja. Kemudian lakukan pairing remot. Ini adalah proses lain untuk memperkenalkan Bardi Smart IR Remote ke perangkat yang ingin kita sambungkan.

  1. Pertama, unduh aplikasi Smart Life dari PlayStore atau AppStore.
  2. Jika sudah, buat akun Smart Life terlebih dahulu. Masukkan alamat email, verifikasikan dengan kode 6 digit yang dikirimkan ke alamat email terdaftar, lalu buat kata kunci dengan kombinasi huruf dan angka.
  3. Kemudian pilih menu “Add Device” karena kita akan menambahkan perangkat Remote IR Bardi ke aplikasi Smart Life. Sebenarnya selain Smart Life, kami juga menggunakan aplikasi khusus untuk produk Bardi yaitu Bardi Smart Home, namun jika menggunakan Smart Life, aplikasi ini juga mendukung perangkat non Bardi lainnya.
  4. Buka menu “Other”, cari “Universal Remote” dan ketuk di atasnya. Kemudian kita akan diminta untuk memasangkan perangkat tersebut dengan koneksi internet kita. Saat terkoneksi ke internet, Bardi harus di tekan atau di reset selama kurang lebih 5 detik.
  5. Jika remote sudah berhasil disambungkan, akan muncul menu di aplikasi Smart Life. Jika mau, ubah namanya. Misalnya kita punya 2-3 infrared remote, tentunya kita harus punya nama khusus.
  6. Kemudian, masih dari aplikasi, buka perangkat jarak jauh yang sudah ada di aplikasi kita dan klik “Add Remote Control”. Menu ini menawarkan banyak “device type”, seperti: TV, TV Box, AC, Camera, Lights, dan juga Fan. Cukup klik perangkat yang ingin kita

Perangkat yang berhasil terhubung akan muncul di halaman berkita. Itu dapat dikontrol dengan Google Assistant. Tidak butuh waktu lama sebelum mulai bekerja secara otomatis, dan kita dapat menggunakannya untuk mengontrol semua peralatan elektronik yang ada di rumah. Yang penting, selama infra merah jarak jauh ini masih terkoneksi dengan internet, infra merah tersebut tetap tersedia.

Ada juga menu Automation di dalam aplikasi ini, dimana kita juga bisa mengkonfigurasi perangkat di rumah agar menyala secara otomatis. Cukup masuk ke menu “Smart” dan masukkan pengaturan yang diinginkan.

3. Bardi Smart IP Camera

Bardi Smart IP Camera

Review selanjutnya adalah CCTV yang mempunyai resolusi 1080p dengan orientasi 180 derajat yaitu Bardi Smart IP Camera. Bardi Smart IP Camera merupakan kamera pintar yang bisa mentransfer video beserta audio ke smartphone kita.

Kamera Bardi memiliki slot kartu SD dengan kapasitas maksimum 128GB dan dapat memberitahu kita ketika seseorang lewat pada waktu tertentu di dalam aplikasi. Dalam gelap, secara otomatis akan beralih ke penglihatan malam.  Kamera IP memiliki kualitas gambar yang lebih baik, fungsi perekaman tingkat lanjut, dan kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak kamera ke sistem.

Beberapa fitur kamera ini antara lain peringatan sensor gerak dan night vision otomatis saat gelap. Didesain untuk penggunaan portabel, tidak memerlukan instalasi yang rumit. Cukup colokkan dan kemudian atur ke posisi yang diinginkan. Berbagai keunggulan dan kemudahan teknologi pintar yang ditawarkan produk Bardi akan membuat rumah kita semakin aman dan nyaman. Kelas olahraga kita pasti akan lebih menyenangkan.

Bardi Smart IP Camera ini dikemas dalam kotak putih dengan aksen turquoise. Tidak banyak informasi pada paketnya, hanya ada  logo Android, iOS, Tuya, barcode dan nomor Postel. Dalam kotak tersebut berisi kamera IP, adaptor, kabel USB dan manual. Ternyata ukuran IP camera kecil banget, bagus.

Bentuk dari Bardi Smart IP Camera bulat putih dengan kerah (yang bisa ditekuk jika perlu) dan kickstand putih. Ada kaca hitam di bagian depan dengan lensa dan sensor. Ada speaker, mikrofon, dan tombol reset di bagian belakang. Dan di bagian samping terdapat slot untuk memasukkan kartu SD (maksimal 128 GB).

Lantas bagaimana cara mengoperasikannya? Simak ulasan dibawah ini:

  1. Pertama-tama sambungkan kabel kamera ke adaptor dan kemudian sambungkan ke sumber listrik.
  2. Unduh aplikasi Bardi Smart Home dari Google Play Store maupun AppStore, sesuai dengan smartphone yang kita
  3. Lakukan registrasi untuk bisa masuk ke aplikasi tersebut.
  4. Setelah kitaterdaftar, tekan tkita “+” untuk menambahkan perangkat. Pilih Static IP Camera Indoor.
  5. Saat indikator pada kamera berkedip cepat, tekan tombol Konfirmasi. Jika tidak, tekan dan tahan tombol reset pada kamera selama 5 detik, lalu tekan tombol Konfirmasi saat indikator pada kamera mulai berkedip dengan cepat.
  6. Hubungkan perangkat melalui Wi-fi, masukkan akun Wi-fi dan kata sandi kita.
  7. Ubah nama perangkat (jika perlu) dan klik tombol Selesai.
  8. Kamera IP sudah siap digunakan.

Sangat mudah bukan untuk memasangnya. Bardi Smart IP Camera bisa kita letakkan dimana saja, selama masih didalam rumah. Bentuknya yang fleksibel memudahkan kita untuk memindahkannya sesuai dengan kebutuhan kita.

Seperti itulah review dari 3 produk rekomendasi dari Bardi Smart Home. Untuk kita yang lebih nyaman saat bekerja dirumah mempunyai ketiga perangkat tersebut akan membuat kita lebih nyaman lagi saat dirumah. Selain itu, juga memudahkan kita untuk mengontrol semua perangkat elektronik yang ada dirumah kita. Terimakasih bardi smart home dan Beaute Femme Community yang membantu wujudkan sepercik impianku mempunyai rumah yang makin nyaman dan serba mudah dengan teknologi canggih ini.

7 Shares:
19 comments
  1. kereen ya kak, aku juga punya camera ini dirumah, soalnya Bardi suka ada promo jadi harus gercep kalo mau beli

  2. Seneng jugaa kemarin bisa punya Bardi light bulb, ip remote dan cctv indoornya.
    Keren teknologi futuristiknya Bardi emang. 😍😍

  3. Aku kalo mau tidur pasti scrol2 hp dulu, dan ngga bisa kalau pake lampu tidur. Jadi pas udah ngantuk berat, maget banget mau bangun buat ganti lampu tidur. Bardi Smart LED Bulb jadi pilihan oke nih buat setting sambil rebahan. Harus nabuunnggg!

  4. Saya udah pernah baca tentang bardi smart home di rumah di blog lain, saya mau banget nih pingin punya alat canggih ini

  5. Waw keren ya Bardi smart home, aku naksir Bardi smart cameranya, biasanya Kan camera cctv ribet instalasi nya, ini model portable very simple

  6. wuih, keren skali sih Bardi Smart Home. Wujudnya juga elegan gitu. Jadi gemes pengen punya, aku sih naksir sama remotenya tuh, hehe.. Keknya memang cocok nih buat zaman sekarang yang serba canggih.

  7. Sama banget ngeliat canggih di drama korea emang mupeng banget. Ternyata di kita juga ada ya. Keren banget bardi aku penasaran deh.

  8. Teringat film jadul yang berjudul Jinny Oh Jinny yang diperankan oleh diana pungky mbak, tinggal tepuk aja lampu bisa hidup atau nyala. Kalau si Bardi ini lebih canggih lagi, bisa diatur dengan perintah suara atau dari ponsel, du duh keren parah ini mah mbak

  9. canggih bener sih Bardi Smart Home. Aku naksir sama IR Remote dan IP Cameranya deh mbak, hihi..

  10. Wah keren banget itu remotenya mbak rini, jadi pengen coba deh, pasti praktis 1 remote buat semua perangkat elektronik. ini bisa beli di mana mbak?

  11. Aku kalau lihat Bardi yang IP Camera ini, bawaannya naksir haha. Soalnya jauh lebih keren daripada CCTV. Bisa dipantau realtime dan peka banget sama gerakan. Kalau ada yang mencurigakan tinggak teriak aja lewat speaker haha

  12. Bardi Smart Home menafaatkan kecanggihan teknologi keren deh, sangat sesuai dengan Lifestyle jaman sekarang, setelah baca review kak Rini tuh jadi pengen banget punya BARDI smart Home aplgi di rumah baru pindahan

  13. Jadi ingat drakor Please Dont Date Him, IP Cameranya persis banget punya bardi ini
    Duh cakep semua produk bardi ya, bisa bikin rumah jadi nyaman dan aman

  14. Wah baru tahu ada produk smart begini, untuk harga bagaimana, mbak? Apakah sangat ramah dikantong?

  15. mupeng deh aku sama Bardi, soal ketahanan pasti awet ya masa pakainya. desainya modern dan minimalis. Keren sih menurutku, soalnya bisa di control pencahayaanya dan on off lewat aplikasi. Udah mirip di film-film science fiction, hehe

  16. Jadi kepingin IP cameranya, itu harganya kisaran berapa Mbak Rini..? Canggih juga ya jadi bisa memantau kondisi rumah dimanapun berada.

  17. Waktu bikin rumah kemarin sempet kebayang pasang sistem yang canggih seperti ini tapi belum ada anggarannya… Makasih ulasannya ya, Mbak, bisa banget ini buat referensi kalau sewaktu-waktu tabungan udah mencukupi hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.