5 Panduan Menulis Artikel Di Blog Anti Gagal

Menulis Artikel Di Blog

Panduan menulis artikel di blog sangat mudah. Yang terpenting, blogger memiliki semangat untuk belajar serta tidak pernah berhenti untuk menulis. Hanya dengan berlatih secara kontinue, hasil tulisan di blog pasti oke sehingga Google lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan website.

Panduan Menulis Artikel Di Blog Anti Gagal

Terdapat beberapa panduan yang membuat blogger bisa menghasilkan tulisan menarik dan layak untuk mempostingnya di blog. Untuk mengetahui panduan yang dimaksud, silakan membacanya di ulasan berikut ini:

1. Buat Judul yang Menarik

Langkah pertama menulis artikel di blog adalah membuat judulnya terlebih dahulu. Tips membuat judul yang tepat di antaranya, blogger harus memasukkan kata kunci di dalam judul tersebut. Misal, kalau kata kuncinya penulis artikel online, maka buat judul cara menulis artikel online yang benar.

Judul artikel blog yang menarik biasanya tidak menggunakan kalimat yang panjang. Tetapi cukup 3 hingga 7 kalimat saja. Usahakan, ketika membaca judul, pembaca sudah mengetahui apa penjelasan yang berada di dalam artikel. Artinya, silakan membuat judul dengan kalimat yang jelas dan mewakili keseluruhan isi tulisan.

2. Memasukkan Kata Kunci Turunan

Kata kunci turunan atau LSI, tidak hanya untuk mempermudah artikel terdeteksi Google saja. Tetapi juga untuk membantu penulis mendapatkan bahan yang akan dijadikan tulisan. Selain itu, keyword LSI juga menghindari pembaca merasa bosan dengan banyaknya kata kunci utama di dalam artikel.

Kalau kata kuncinya penulis artikel online, maka keyword LSI yang bagus di antaranya, cara menjadi penulis artikel online, penulis artikel blog, jasa penulis artikel dan tips menulis artikel. Blogger harus memasukkan semua LSI ini ke dalam tulisan dengan posisi menyebar.

3. Tulis Artikel Berbentuk Listicle

Tips menulis artikel SEO di blog yang berikutnya adalah menulis artikel berbentuk listicle. Ciri-ciri dari artikel ini adalah blogger menjelaskan isi artikel dengan teknik bullet atau numbering. Tujuannya supaya pembaca lebih mudah memahami artikel serta kemungkinan juga bisa menerapkannya kalau artikel seputar tips dan tutorial.

Google lebih menyukai artikel jenis listicle karena dari segi keterbacaan lebih jelas dan bagus. Pembaca pun akan betah membaca tulisan sampai selesai daripada membaca artikel tanpa bullet dan numbering. Untuk itu, buat artikel ini saja, kalau Anda ingin mengisi tulisan di blog.

4. Gunakan Heading dan Sub Heading

Jangan lupa untuk memasukkan heading dan sub heading di dalam artikel. Kalau kata kunci artikel adalah penulis artikel online, maka heading-nya adalah tips menjadi penulis artikel online. Setelah penulisan heading, maka buat satu paragraf yang akan mengarahkan pada listicle seputar tips yang dimaksud.

Setelah itu masuk ke sub heading yang isinya, “harus suka menulis”, “artikel harus sesuai judul” dan selainnya. Heading dan sub heading harus bercetak tebal dan ukuran hurufnya lebih besar dari tulisan isi tetapi lebih kecil dari judul. Unsur ini penting untuk memudahkan pembaca serta menghindari rasa bosan akibat pembahasan yang terlalu panjang.

5. Tulis Artikel dengan Kalimat Pendek

Menulis artikel di blog tidak sama dengan menulis buku. Sebab, pembaca harus membaca artikel dalam satu waktu sedangkan kalau buku bisa dibaca berulang-ulang. Untuk itu, silakan menulis artikel dengan kalimat pendek atau minimal kalimat dengan 5 kata saja.

Penulisan paragraf juga perlu perhatian khusus. Untuk satu paragraf usahakan hanya terdiri dari maksimal 5 baris. Kalau lebih, sudah termasuk paragraf yang terlalu panjang. Pembaca akan malas untuk membacanya sehingga beralih ke artikel blog lain yang paragraf-nya lebih simpel.

Jika Anda ingin artikel yang pasti bagus untuk blog, bisa menggunakan jasa penulis. Namun ketika menulis, pastikan mengetahui bagaimana tips memilih jasa penulis artikel yang benar agar tidak salah pilih.

Itulah panduan menulis artikel di blog yang paling mudah. Kalau Anda sudah mampu menulis dengan konsep semacam ini, maka tinggal keseriusan untuk menulis minimal satu artikel setiap hari. Kalau ingin yang lebih cepat, silakan pakai jasa penulis artikel yang profesional dan amanah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like