Mengenal Penyakit GERD dan Cara Mengatasinya

penyakit gerd

Penyakit GERD dan cara mengatasinya perlu diketahui bagi Anda yang merasa mengalami gejala – gejalanya. Rasa sakit adalah peringatan kalau ada masalah. Kadang, sakit di area perut tidak bisa langsung ditentukan penyebabnya. GERD adalah salah satu penyakit yang perlu dipertimbangkan dan dicari solusinya.

Gejala GERD dan Solusi Terbaiknya

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease kerap dikira penyakit Maag. Kadang penderita Maag bisa juga menderita GERD. Kondisi asam lambung yang memicu perasaan mual kerap disebabkan makanan pedas, kopi, atau bergadang. Tiap penderita bisa dipicu oleh hal yang berbeda. Berikut adalah gejala penyakit GERD dan cara mengatasinya.

penyakit gerd

1. Kebiasaan Makan

Sakit pada ulu hati sampai terasa kembung bisa karena Anda telat makan. Kalau Anda merasa perih pada perut, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah apakah Anda sudah makan atau belum dan makanan apa yang Anda konsumsi.

Anda perlu segera makan, mulailah dengan menyantap sesuatu yang lembut agar bisa diproses dengan nyaman oleh tubuh. Ingat kalau makan tidak perlu banyak, justru untuk penderita GERD mulailah dengan porsi kecil dan makan lebih sering.

2. Solusi Cepat Dengan Obat

Penyakit GERD dan cara mengatasinya sebaiknya dilakukan dengan alami. Tapi kalau sakit tidak tertahankan atau Anda sedang sibuk bekerja atau belajar, obat – obatan seharusnya selalu siap di tas.

Obat Antasida seperti ranitidine, cimetidine, dan famotidine atau proton pump inhibitors (PPIs) seperti lansoprazole dan omeprazole bisa Anda beli secara bebas di apotek atau dengan resep dokter.

3. Perubahan Gaya Hidup

GERD perlu tindakan yang bertahap untuk bisa mengatasi penyakit ini dengan tuntas. Anda bisa mulai dengan menurunkan berat badan, bisa memungkinkan. Anda yang suka merokok, minum kopi atau makanan berproses seperti mie, coklat dan lainnya bisa perlahan mengurangi dan kalau bisa dihentikan sama sekali.

Gaya hidup tidak bisa berubah dalam semalam, tubuh juga akan bereaksi. Gantilah minuman dengan air putih dan konsumsi makanan sehat yang minim proses. Merokok dan ngopi yang kerap dilakukan karena stress bisa diganti dengan kebiasaan lain yang lebih sehat. Anda bisa coba berolahraga atau meditasi.

4. Tidur dan Pakaian

Penyakit GERD dan cara mengatasinya bisa difokuskan dengan dari pakaian dan cara tidur. Anda akan lebih nyaman bila menghindari pakaian ketat, dengan demikian lambung tidak terpicu mual dan perih.

Tidurlah dengan menjaga jarak dengan waktu makan, hindari tidur setelah satu atau dua jam setelah tidur. Makanan masih dalam proses dicerna dan bisa mengalami masalah asam lambung kalau langsung tidur. Buat posisi tidur yang nyaman dengan penyangga pada pinggang dan menghindari timbulnya gejala GERD.

5. Prosedur Medis

Kalau penyakit GERD tidak bisa dikendalikan baik dengan obat, kebiasaan atau gaya hidup, cara medis adalah opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan. Ada beberapa prosedur medis yang bisa Anda pilih.

Dokter bisa melakukan Fundoplikasi atau pembedahan otot untuk mencegah reflux. Anda bisa memasang perangkat Linx yang berupa magnet yang menjaga katup reaksi asam lambung. Konsultasikan dengan dokter untuk opsi terbaik untuk kondisi Anda.

Umumnya gejala penyakit GERD dan cara mengatasinya terkait satu dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan pola makan sehat dan menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu gejalanya. Anda bisa mencoba Nutriflakes sebagai makanan sehat yang bisa mengatasi asam lambung.

Nutriflakes adalah makanan sehat berbentuk sereal yang cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mengandung efek terapi yang bisa meredakan gejala asam lambung dan maag.

Nutriflakes sudah pasti aman dikonsumsi karena sudah terdaftar BPOM. Selain itu Nutriflakes juga mengandung bahan aktif alami seperti pati umbi garut, daun kelor, psyllium husk, susu etawa, dan gula aren.

Anda bisa mendapat berbagai informasi lainnya tentang mengatasi GERD dengan mengikuti akun resmi @nutriflakes.official. Dapatkan Nutriflake dengan harga terjangkau secara online baik di Tokopedia Nutriflakes atau Shopee Nutriflakes. Kini Anda bisa memastikan ada makanan yang pas dengan lambung sehingga bisa menghindari gejala GERD agar tidak sering terjadi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like