10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkendara

10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkendara

Memeriksa kondisi mobil sebelum perjalanan tidak boleh disepelekan. Tidak hanya periksa mobil sebelum perjalanan jauh saja, beberapa komponen pada mobil perlu diperiksa secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Hal ini tentunya bertujuan demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara karena terhindar dari masalah seperti mesin mobil yang mogok di tengah jalan atau ban mobil yang kempes.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkendara

Berikut adalah 10 ceklist yang harus dilakukan untuk memastikan mobil dalam keadaan prima sebelum berkendara.

  • Aki Mobil

Aki merupakan sumber listrik dari mobil. Tanda-tanda jika aki mobil sudah usang atau yang akrab disebut dengan aki soak adalah mobil menjadi sulit untuk distarter. Selain itu, suara klakson mobil juga menjadi tidak senyaring biasanya. Aki mobil yang soak tentunya akan merepotkan pengendara jika berada di tengah jalan, karena itu sebelum berkendara sempatkan untuk selalu memeriksa aki mobil. Selalu catat tanggal terakhir melakukan penggantian atau service aki, jika menemukan tanda-tanda aki mobil telah usang segera lakukan penggantian atau pengecasan aki.

  • Tekanan Angin Ban Mobil

Kunci dari kenyamanan serta keamanan selama berkendara juga ada pada kondisi ban mobil yang prima. Sebelum melakukan perjalanan, sempatkan untuk selalu mengecek apakah ban mobil dalam kondisi sehat, tidak kempes dan tekanan anginnya sesuai. Pemeriksa permukaan ban seperti kembang dan ketebalan tapak untuk mengetahui apakah ban masih layak pakai dan belum kadaluarsa. Terakhir jangan lupa juga untuk rutin memeriksa keseimbangan ban mobil atau balancing. Untuk pemeriksaan balancing Anda bisa mengunjungi Bengkel Resmi Suzuki terdekat agar bisa dibantu oleh para mekanik profesional.

  • Periksa Kadar Cairan

Memeriksa kadar cairan mobil juga merupakan ceklist yang tak boleh dilewatkan. Periksa kondisi oli mobil apakah perlu diganti atau tidak dengan melihat jadwal penggantian oli. Selain itu pastikan oli tidak bocor atau merembes. Tak hanya oli, pastikan cairan lain yang tak kalah penting seperti air radiator dan cairan rem juga tersedia.

  • Filter Udara

Untuk proses pembakaran, udara pada mesin atau air intake harus dalam keadaan bersih agar sistem injeksi atau karburator tidak tersumbat. Karenanya sebelum bepergian jauh, memeriksa filter udara tak kalah pentingnya. Pasalnya filter udara tersumbat oleh kotoran, berkerak atau berkarat selain bisa mengganggu performa mesin, juga bisa mempengaruhi kinerja AC mobil. Sehingga kenyamanan sepanjang berkendara akan terganggu.

  • Kondisi AC

Baik jarak jauh atau dekat, AC mobil merupakan komponen kunci agar Anda bisa nyaman berkendara. Karenanya penting bagi Anda untuk rutin memeriksa kondisi AC mobil. Pastikan udara yang dihasilkan tetap dingin, tidak ada kebocoran selang serta kondisi kipas utama dan kipas ekstra bisa bekerja dengan baik.

  • Rem Mobil

Rem merupakan salah satu faktor terpenting dalam keselamatan berkendara. Karena kondisi fisik rem yang tidak bisa dilihat langsung dari luar, Anda harus mengenali ciri-ciri permasalahan rem seperti bunyi berdecit, bau hangus terbakar atau terasa bergetar saat digunakan. Jika menemukan ciri-ciri tersebut hendaknya segera melakukan pemeriksaan di bengkel resmi suzuki terdekat.

  • Lampu Mobil

Periksa lampu depan dan lampu belakang mobil Anda secara teratur, pastikan nyalanya cukup terang saat Anda berkendara di malam hari atau saat cuaca sedang gelap. Lampu hazard dan lampu sein juga harus ikut diperhatikan, keberadaan lampu inilah yang ikut menjadi faktor utama keselamatan Anda selama di perjalanan. 

  • Wiper

Kita tak pernah tahu cuaca saat berkendara dan ketika tiba-tiba hujan deras, wiper mobil sangat penting agar menjaga pandangan agar tetap aman saat menyetir. Pastikan kondisi wiper dalam keadaan baik, karetnya tidak aus, gerakannya tidak lambat, dinamonya tidak rusak dan semburan air dari washernya tersedia.

  • Ban Serep

Meski tidak selalu dibutuhkan, tapi keberadan ban serep atau ban cadangan baiknya tidak disepelekan. Biasakan selalu membawa ban serep saat berkendara sebab jika sewaktu-waktu mengalami kebocoran ban dan sulit menemukan tempat tambal ban terdekat, Anda bisa dengan mudah menggantinya sendiri dan melanjutkan perjalanan.

  • Bawalah Peralatan Darurat

Kadang saat menyetir kondisi darurat seperti mogok di jalan, ban mobil bocor atau bahkan kecelakaan bisa saja terjadi tiba-tiba. Karenanya penting bagi Anda untuk selalu membawa peralatan darurat seperti segitiga pengaman, set kunci roda, dongkrak dan juga kotak P3K yang bisa langsung digunakan saat mengalami hal tidak terduga di jalan.

Itulah 10 hal yang harus diperhatikan pada mobil Anda sebelum melakukan perjalanan. Pastikan mobil Anda dalam kondisi prima dengan memeriksa kondisi mesin dan komponen lainnya. Kunjungi bengkel resmi suzuki untuk bisa melakukan pemeriksaan berbagai komponen penting pada mobil Anda dengan mudah. Dapatkan pelayanan dari teknisi professional, peralatan yang lengkap, jaminan suku cadang asli dan juga garansi resmi dari Suzuki agar mobil Anda senantiasa terawat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like