Les Online Sebagai Solusi Belajar Jarak Jauh untuk Murid, Guru dan Orang Tua

Kelaspintar.id Aplikasi Les Online yang Terbaik Bagi Siswa, Guru dan Orang Tua-4

Les Online Sebagai Solusi Belajar Jarak Jauh untuk Murid, Guru dan Orang Tua – Beberapa tahun terakhir kegiatan belajar jarak jauh kini mulai marak diterapkan. Ditambah lagi dengan adanya wabah virus Corona, pembelajaran di sekolah pun kini berubah menjadi online. Tidak mudah memang untuk mengganti pendidikan konvensional di dalam kelas menjadi di rumah. Namun mau tidak mau era baru dalam pendidikan telah muncul, orang tua, siswa, serta guru harus bisa beradaptasi.

Walaupun nantinya ketika sekolah telah dibuka kembali dan kegiatan belajar menjadi normal, belajar online masih tetap akan diberlakukan. Kegiatan belajar seperti bimbel online pun terbukti cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan para siswa.

4 Alasan Mengikuti Les Online Penting Bagi Siswa

Kelaspintar.id Aplikasi Les Online yang Terbaik Bagi Siswa, Guru dan Orang Tua-2

Memang tidak mudah untuk beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar daring. Namun jika dilihat dari berbagai aspek, cara ini telah membuktikan bahwa banyak keuntungan yang didapatkan. Tak ada batasan untuk memperoleh ilmu hingga ke pelosok daerah asalkan perangkat yang dimiliki memadai.

Bisa saja di masa depan, pendidikan akhirnya digantikan secara penuh dengan metode online ini. Contohnya saja les online, ada begitu banyak keuntungan yang didapatkan sebagai berikut ini.

Pembelajaran yang fleksibel

Belajar secara online memuat siswa dan juga guru bisa mengatur waktu serta jam belajar secara fleksibel. Pengaturan ini tentu saja disesuaikan dengan jadwal masing-masing, tak hanya siswa di sekolah saja tetapi juga para pekerja yang ingin menambah ilmunya.

Fleksibilitas dalam menciptakan ruang belajar hanya dimiliki oleh kursus online. Di manapun dan kapanpun siswa dan guru tetap bisa bertatap muka. Secara langsung belajar online akan menciptakan kesimbangan dalam dunia belajar.

Artikel Terkait:  Soal dan Pembahasan Fisika SMP : Materi Listrik Statis

Ada banyak program tersedia

Program belajar tentunya menjadi acuan ketika memilih tempat les online. Di setiap platform selalu tersedia program belajar yang sangat luas. Tentunya semua pelajaran di sekolah telah dibuat versi onlinenya jadi apapun ilmu yang ingin dipelajari bisa dipilih. Setiap program yang dijalankan pun layaknya ruang belajar akademik konvensional.

Ada tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan yang dikuasai setelah pembelajaran. Ada juga sertifikat yang menandakan bahwa siswa telah menguasai kelas yang dipilih. Semua disiplin ilmu yang dipelajari di sekolah seperti matematika, fisika, kimia, atau bahasa bisa dipilih.

Mudah diakses

Mendapatkan akses belajar kini tak serumit dulu di mana siswa harus pergi ke sekolah atau mencari tempat bimbingan belajar. Siswa dan guru harus bertemu di waktu yang ditentukan, membuat perkembangan di sebuah kota terpencil sulit mendapatkan akses belajar yang luas. Kini tidak lagi, karena akses belajar bisa didapatkan siapa saja dan dimanapun.

Siswa bahkan bisa menemukan bimbingan belajar dari kota lain. Guru pun bisa mendapatkan siswa yang lebih banyak lagi karena tak terbatas lokasi. Sedangkan keuntungan bagi orang tua akses untuk belanja tak semahal dulu. Cukup dengan koneksi internet dan memilih program les yang harganya sangat terjangkau.

Kelas kecil yang lebih maksimal

Interaksi kegiatan belajar mengajar di kelas konvensional dianggap kurang efektif ketika satu kelas diisi oleh lebih dari 15 siswa. Bahkan ada beberapa sekolahan yang mengisi satu kelas dengan 20 sampai 30 murid. Jumlah siswa yang terlalu banyak inilah menjadi penyebab kurangnya efektifitas belajar.

Berbeda dengan kelas online di mana ukuran kelas lebih kecil bahkan banyak yang memungkinkan satu siswa untuk belajar secara privat. Interaksi yang terjadi antara murid dan siswa pun lebih besar sehingga pemahaman yang didapatkan lebih besar. Artinya siswa bisa lebih bebas dalam bereksplorasi.

Artikel Terkait:  Pendidikan Kunci Pengembangan Diri di Era Revolusi Industri 2.0

Tips untuk Membuat Kegiatan Belajar Jarak Jauh Menjadi Nyaman

Kelaspintar.id Aplikasi Les Online yang Terbaik Bagi Siswa, Guru dan Orang Tua-1

Bagi para orang tua yang ingin mendapati anaknya bisa belajar dengan nyaman jarak jauh, harus pandai dalam menyediakan ruang les yang nyaman. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

Menyediakan tempat yang nyaman

Karena belajar dari rumah, maka anak membutuhkan ruang khusus yang nyaman. Kenyamanan akan berpengaruh besar agar anak bisa betah belajar. Misalnya Anda bisa memilih ruang belajar yang sudah disediakan. Bisa juga memilih ruang dekat halaman belakang rumah karena memiliki sirkulasi udara baik.

Siakan saja ruangan yang tidak terlalu bising atau banyak anggota keluarga berlalu lalang karena akan memecah konsentrasinya. Hindari juga belajar di tempat tidur atau dekat dengan televisi.

Mendisiplinkan waktu belajar

Belajar di rumah memang fleksibel, tetapi anak juga harus dibiasakan untuk belajar secara disiplin layaknya masuk sekolah seperti biasa. Pilih waktu belajar yang sesuai dan jangan lupa juga waktu istirahatnya. Anak tetap membutuhkan waktu istirahat dan memulai kembali pelajaran.

Tuntun anak supaya mengikuti jam belajar yang sudah ditentukan dan senang untuk melaksanakannya. Sehingga mereka paham arti disiplin dan komitmen untuk belajar. Jika anak sudah mulai tak fokus belajar Anda bisa memberikan relaksasi atau berhenti sejenak.

Selalu dampingi anak saat belajar

Layaknya guru di rumah, orang tua juga wajib mendampingi anak selama belajar. Jadi orang tua pun setidaknya harus tahu materi apa saja yang dipelajari. Fungsi dari anak ditemani belajar bukan hanya mengawasi tetapi juga mengarahkan. Orang tua akan tahu bagaimana kemampuan anak dan bisa menjadi teman saat belajar.

Menjaga komunikasi dengan guru

Orang tua juga harus selalu berkomunikasi dengan guru. Bukan karena telah membayar dan memilih program lantas lepas tangan begitu saja. Komunikasi dengan guru dibutuhkan untuk mengetahui perkembangan belajar anak. Bahkan orang tua juga harus mengetahui materi apa saja yang akan diberikan sebelum belajar. Jangan pernah sungkan untuk menanyakan hal teknis dari materi pembelajaran.

Artikel Terkait:  Asiknya Belajar Bahasa Inggris Kapan Aja dan Dimana Aja Bersama Lister

Kelaspintar.id: Aplikasi Les Online yang Terbaik Bagi Siswa, Guru dan Orang Tua

Kelaspintar.id Aplikasi Les Online yang Terbaik Bagi Siswa, Guru dan Orang Tua

Satu lagi yang tak boleh dilupakan orang tua adalah memilih les online yang tepat, jadi jangan sembarangan memilih. Pilihlah aplikasi yang merupakan partner dari Kemendikbud karena sistem pendidikan terpercaya. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Kelaspintar.id.

Kelaspintar.id adalah salah satu solusi belajar secara online dengan metode pintar yang praktis dan terasa lebih personal dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar para siswanya. Pasti juga tujuannya agar si anak bisa mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Aplikasi ini merupakan solusi belajar terbaik bagi siswa dalam bentuk teori dan juga praktek. Tak hanya siswa, Kelaspintar.id juga memberikan keuntungan bagi orang tua dan guru. Apa saja keuntungannya?

Keuntungan bagi guru

Guru bisa membuat jadwal kelas belajar dalam bentuk rekaman video yang bisa diakses kapan saja. Selain itu juga ada fitur khusus untuk memberikan PR, tugas hingga ujian. Ada juga fitur monitoring perkembangan siswa secara individu.

Keuntungan bagi orang tua

Orang tua bisa memantau progres belajar anak bukan dari nilai rapor saja di akhir semester saja namun ada rapor perkembangan setiap hari, minggu dan bulan. Rapor ini bisa dilihat kapan saja dan di mana saja. Orang tua juga bisa membuat serta melihat jadwal belajar anak dengan sistem yang sudah terintegrasi.

Keuntungan bagi siswa

Bagi siswa SD, SMP dan SMA, Kelaspintar.id menyajikan berbagai kemudahan belajar. Mulai dari mendapatkan materi belajar dalam bentuk e-book hingga animasi. Siswa juga bisa berlatih soal tanya jawab dengan banyak variasi soal. Evaluasi pembelajaran juga didapatkan dengan fitur tes dalam berbagai bentuk.

Mau belajar di rumah dengan mudah? Pilih Kelaspintar.id karena banyak pilihan fiturnya untuk siswa, orang tua dan juga guru.

0 Shares:
12 comments
  1. Kelaspintar.id punya banyak pilihan fitur ya, juga materi belajar cukup modern bentuk e-book hingga animasi. Perlu banget bagi orang tua utk mendaftarkan anaknya les di sini

  2. Dewi sempat terpikir ingin leskan anak-anak privat, tapi masih maju mundur karena memang masih pandemi. Ternyata les online bisa jadi solusi nih, apalagi kelas kecil pasti cukup efektif untuk anak belajar.

    1. Sekarang les secara online seperti kelaspintar.id jadi pilihan terbaik ya agar anak tetap dapat menyerap ilmu yang sudah diberi dari sekolah secara virtual. Apalagi kadang guru juga memiliki keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi pelajaran.

      Pastinya anak tetap berprestasi, tentu itu semua harus disupport dari kita para orang tua.

  3. PJJ ini benar-benar menguji emosi orangtua dan wali murid ya. Baru kerasa deh peran guru bagi pendidikan bangsa ini.

    Dan kalau bisa, mending pakai jasa pengajar bantuan aja. Tapi yang online mengingat virusnya belum hilang

  4. Senangnya karena kelaspintar.id merupakan partner dari Kemendikbud. Jadinya akan mengikuti kurikulum di sekolah.

  5. Coba nanti aku lihat Kelas Pintar juga siapa tahu Keponakanku cocok. Biar kata pandemi, kudu tetap belajar. Banyak yang akhirnya nyaman dengan belajar secara online

  6. Coba nanti aku lihat Kelas Pintar juga siapa tahu Keponakanku cocok. Biar kata pandemi, kudu tetap belajar. Banyak yang akhirnya nyaman dengan belajar secara online. Orangtua juga terbantu

  7. wuah asyik juga ya kalau berlangganan kelaspintar.id
    anak-anak bisa bimbel online sesuai kurikulum
    tepat banget lah ini untuk anak-anak
    karena bisa didampingi ortu juga

  8. Saya termasuk orang yang cukup susah untuk mendisiplinkan waktu belajar. Apalagi di masa kek sekarang ini yang serba online, karena sangking fleksibelnya belajar online sampe jadi sering malas-malasan ahahahaha. Sepertinya kelaspintar.id ini bisa menjadi solusinya.

  9. KelasPintar banyak itur dan dan variasi soal ya Kak, solusi banget nih buat belajar online selama pandemi.

  10. nah inilah dia yang bisa jadi solusi untuk adikku, kebetulan adikku masih bersekolah dan butuh banget

  11. Bersyukurnya pandemi hadir saat zaman sudah canggih ya Mbak jadi meski di rumah saja kita bisa tetap beraktivitas. Termasuk juga anak-anak tentunya lebih aman belajar di rumah dengan memanfaatkan kelas online yang terbuka seperti kelaspintar.id ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.