Salurkan Hobi yang Sehat dengan Kursus Scuba Diving

kursus scuba diving

Pantai memang selalu menyuguhkan keindahan yang mampu menghipnotis pengunjungnya. Salah satu keindahan pantai yang harus kamu jelajahi adalah bawah laut, tetapi sebelum itu kamu wajib kursus scuba diving terlebih dulu untuk mendapatkan latihan dan materi yang maksimal.

Scuba diving sendiri merupakan jenis aktivitas dalam air yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Meskipun demikian, hobi yang satu ini cukup serius untuk digeluti dan memerlukan banyak persiapan yang matang. Sebelum kamu terlanjur membeli tiket dengan harga scuba diving yang mahal, alangkah baiknya simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Scuba Diving?

Self-Contained Underwater Breathing Apparatus atau scuba merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk bernapas di bawah air yang berdiri sendiri. Sedangkan scuba diving sendiri adalah kegiatan menyelam yang dibantu dengan alat bernapas yang bernama scuba.

Orang yang hobi melakukan aktivitas ini disebut scuba divers. Biasanya para penyelam hanya bisa mencapai kedalaman laut hingga 40 meter saat melakukan scuba diving. Dengan ketentuan kedalam ini tentunya diperlukan kursus scuba diving yang matang dan maksimal agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat membahayakan nyawa nantinya.

6 Manfaat Scuba Diving untuk Kesehatan

Tidak hanya dilakukan untuk hobi saja, ternyata scuba diving ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Scuba diving banyak dijadikan ajang untuk membuat badan lebih bugar dengan cara yang menyenangkan.

  • Melatih Semua Otot Tubuh

Saat pertama kali kamu menyelam ke bawah laut, seluruh otot dalam tubuh akan bergerak dan bereaksi melawan arus yang kuat. Hal ini membuat otot-otot tubuh terlatih dan terbentuk tanpa harus mengeluarkan keringat yang berlebih. Ditambah lagi dengan peralatan scuba diving yang berat dijamin akan membuat otot semakin kuat.

  • Membakar Kalori

Bagi kamu yang ingin mengeluarkan kalori dalam tubuh, kegiatan scuba diving ini sangat cocok untuk dilakukan. Bahkan terhitung sekitar 30 menit menyelam mampu membakar 40 kalori. Jadi bayangkan jika kamu rutin menyelam berapa banyak kalori yang akan ikut terbakar.

  • Melatih Pernapasan

Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan menyelam erat kaitannya dengan pernapasan. Dengan demikian, jika kamu ingin melatih pernapasan lakukanlah kegiatan scuba diving ini. Dengan latihan di kursus scuba diving kamu juga bisa melatih pernapasan perut yang amat berguna untuk meningkatkan fungsi sistem pernapasan.

  • Memperbaiki Sirkulasi Darah

Tidak hanya berguna untuk pernapasan, ternyata scuba diving ini juga mampu memperbaiki sirkulasi darah. Pasalnya saat menyelam ke bawah laut ini sama dengan berlatih olahraga kardio yang mampu memperkuat jantung serta meluaskan pembuluh darah yang mengantarkan oksigen ke  seluruh organ.

  • Menghilangkan Stress

Stress yang berkepanjangan akan memicu kesehatan mental yang semakin buruk. Untuk mengatasinya, scuba diving merupakan langkah yang tepat untuk mengembalikan semangat dan mood yang lebih baik. Saat menyelam kamu akan melakukan teknik meditasi yang juga berguna untuk meredakan rasa stress dalam tubuh dan pikiran. Menarik bukan?

  • Melatih Kepercayaan Diri

Kamu mungkin sedang merasa tidak percaya diri dan inilah saat yang tepat untuk keluar dari zona nyaman dengan memulai sesuatu yang baru bersama scuba diving. Aktivitas ini menjadi salah satu olahraga yang menantang dan memacu adrenalin tetapi mampu membantu kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan baik.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Scuba Diving

kursus scuba diving

Saat melakukan scuba diving, tentunya kamu harus menyiapkan banyak hal agar menunjang keselamatan kamu selama menyelam di bawah laut. Dan berikut ini adalah 6 hal yang harus diperhatikan sebelum terjun melakukan scuba diving.

  • Jangan pernah menyelam sendirian
  • Periksa semua alat scuba diving secara detail
  • Konsultasi ke dokter sebelum menyelam
  • Menyelam sesuai rencana penyelaman
  • Menaati semua instruksi dan teknik penyelaman yang telah diberikan
  • Ikuti kursus scuba diving

Nah jika kamu belum pernah mendapatkan materi atau pelatihan apapun terkait aktivitas scuba diving ini, sebaiknya lakukan latihan terlebih dulu bersama Bali Fun Diving guna menunjang kelancaran saat menyelam. Namun kenapa harus di Bali Fun Diving?

Kursus Scuba Diving Bersama Bali Fun Diving

Bali Fun Diving akan membantu kamu untuk berlatih menyelam dengan baik hingga handal sampai kamu tidak panik lagi saat berada di bawah air. Bahkan Bali Fun Diving juga mampu menghilangkan rasa ragu bagi kamu yang hendak menyelam ke dasar laut. Selain itu, buat kamu yang ingin sekalian liburan dan melakukan snorkeling trip seru di Bali, kamu bisa sekaligus menggunakan layanan dari Bali Fun Diving.

Sebagai kursus scuba diving terbaik, Bali Fun Diving memberikan sebuah program yang dirancang untuk penyelam tidak bersertifikat agar mendalami setiap materi scuba diving dengan pengawasan yang ektra. Kamu pun tidak perlu takut karena kedalaman yang perlu dijangkau saat latihan ini terbatas untuk menjaga keselamatan.

Sehingga program ini merupakan ide yang bagus saat hendak melakukan scuba diving di Bali. Jadi nantinya kamu tidak perlu khawatir lagi saat menyelam karena sudah mendapatkan pelatihan yang mumpuni bersama kursus scuba diving di Bali Fun Diving.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like