Ini Dia 7 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga yang Harus Kamu Ketahui

Tips Liburan Hemat

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga – Ketika memasuki waktu libur panjang, banyak orang yang merencanakan waktu liburan bersama keluarga. Maka jangan heran ketika hari libur tiba jalanan menjadi ramai dan macet. Saat berlibur, kamu memerlukan persiapan yang matang berupa tips liburan hemat dan menyenangkan agar kamu tidak mengeluarkan biaya yang banyak.

7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Meskipun tidak memiliki biaya yang banyak, namun kamu tetap bisa liburan menyenangkan bersama keluarga. Kamu tidak perlu berlibur ke luar negeri, mengingat banyak lokasi di Indonesia yang luas dan indah. Adapun berikut ini merupakan tips liburan hemat dan menyenangkan di antaranya yaitu:

1. Melakukan Survei Lokasi

Saat ini survei lokasi tidak harus dilakukan langsung ke tempat. Melainkan kamu bisa mencarinya di internet. Survei lokasi bertujuan untuk mencari tahu apakah tempat liburan yang kamu pilih sesuai atau tidak dengan pilihan kamu.

Selain itu, dengan melakukan survei lokasi kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengetahui apakah di tempat wisata tersebut menyediakan fasilitas yang mumpuni atau tidak, serta apakah tempat wisata tersebut menawakan promo atau diskon tertentu.

2. Lakukan Pemesanan Sejak Jauh Hari

Setelah melakukan survei dan menentukan tempat wisata yang akan kamu kunjungi, kini saatnya kamu melakukan pemesanan. Alangkah baiknya jika kamu melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari agar kamu bisa mendapatkan harga yang spesial atau mendapatkan penawaran terbaik ketika berlibur.

Kamu bisa memulainya dengan memesan tiket transportasi, tempat penginapan serta tiket wisatanya langsung. Bahkan saat ini sudah banyak platform yang menawarkan kemudahan berwisata dengan menawarkan EPIC sale yang tentunya akan memudahkan kamu.

3. Utamakan Kenyamanan Daripada Kemewahan

Saat pergi berlibur, Alangkah baiknya jika kamu mengutamakan kenyamanan dibandingkan kemewahan. Artinya jangan sampai kamu memilih tempat yang terlalu mahal, namun budget yang kamu miliki tidak mencukupi.

Alhasil kamu tidak bisa menikmati kemewahan tersebut dengan baik. Cukup dengan tempat wisata yang sederhana, nyaman, murah dan pastinya menyenangkan.

4. Bawa Uang Tunai

Tips liburan murah selanjutnya yaitu dengan membawa uang tunai selama berlibur. Dengan membawa uang tunai, maka kamu akan lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan sehingga tidak boros.

Kamu juga bisa berpikir lebih dalam Sebelum mengeluarkan uang agar tidak kehabisan di tengah liburan. Kamu bisa memperhitungkannya terlebih dahulu sebelum berangkat liburan, agar dapat melihat uang yang tersisa.

Hal ini berbeda jika kamu hanya mengkamulkan kartu kredit Visa atau MasterCard, karena kamu sulit memperhitungkan pengeluaran dan terkesan lebih boros. Kamu tetap bisa membawa kartu kredit atau debit tersebut ketika membutuhkan uang mendadak.

5. Mencatat Pengeluaran Selama Liburan

Cara menikmati liburan murah yaitu dengan mencatat pengeluaran selama liburan. Catat setiap pengeluaran meskipun kecil, karena hal tersebut dapat membantu kamu untuk mengatur serta mengetahui belanjaan yang telah kamu peroleh. Sehingga kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa harus boros atau berfoya-foya berlebihan.

6. Penginapan Murah

Ketika libur panjang, tentu kamu membutuhkan tempat penginapan yang pas dan nyaman. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa mencari tempat penginapan yang murah namun dengan fasilitas mumpuni seperti kamar mandi bersih, perlengkapan mandi, tempat tidur yang nyaman, WiFi gratis, air mineral dan lainnya. Pastikan tempat penginapan tersebut cocok untuk kamu dan keluarga.

7. Wisata Kuliner Terjangkau

Tips liburan hemat biaya terakhir yaitu dengan mencari tempat wisata kuliner yang terjangkau. Artinya, ketika kamu mengunjungi suatu tempat atau kota, kamu bisa mencari tempat makan yang murah namun rasanya tetap lezat. Pasalnya, banyak wisata kuliner yang murah di suatu daerah seperti Jogja. Alangkah baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengunjungi wisata kuliner di tempat liburan kamu.

Itulah 7 tips liburan hemat dan menyenangkan yang bisa kamu ketahui. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa makanan atau beberapa barang agar kamu dapat mengingat momen liburan yang menyenangkan. Namun, kamu juga harus pintar menghemat belajar agar tidak kehabisan uang saat liburan. Sebelum memutuskan liburan, kamu juga bisa berkunjung ke travel fair sebagai bahan pertimbangan serta inspirasi liburan. Happy Holiday!!!!!!!!!!!!!!!!!!

0 Shares:
2 comments
  1. Yup bener banget nih, kalau mau liburan hemat harus pesen hotel jauh hari sebelumnya, pengalaman dulu pas liburan tahun baru pesennya dadakan jadinya harga jauh lebih mahal mana cuman 1 hari doang :”)

  2. Emang nih liburan keluarga suka bener2 diperhatikan sm mamah krn slelau bocor di makanan kl engga d oleh2, kl misal ngga rombongan ya enggak wkwkwk. Pdhl kl bikin perencanaan juga tetap bisa hemat ya, terutama kalau kulineran hihihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.