Serius Kembangkan Bisnis Bersama ASUS ExpertBook B5 Series

Serius Kembangkan Bisnis Digital Bersama Asus ExpertBook B5 Series

Optimisme akan peran ASUS ExpertBook B5 yang bisa membantu kami wujudkan mimpi kami memperluas bisnis. Kok bisa? Aku ceritakan disini. Semoga terasa ya semangatnya ke temen-temen semua 🙂

Setiap tahun, bahkan jauh sebelum aku menikah, aku selalu punya resolusi yang ingin dicapai. Meski begitu, tak semua yang kuimpikan bisa jadi kenyataan. Selain mungkin memang belum jodoh dan rejeki, bisa jadi karena usahaku memang kurang dalam mewujudkannya.

Akhir tahun lalu, aku menikah. Dan tahun ini, ku bangun mimpi-mimpi baru bersama suami. Salah satunya adalah membangun bisnis yang lebih solid, terstruktur dan membuat CV atau Perusahaan Komanditer.

Terasa lebih ringan karena ada yang menopang, ada yang menggenggam tangan dan berjalan bersama menuju tujuan-tujuan kami selanjutnya.

Daftar isi: sembunyikan

Jika Pengeluaran Bulanan Sudah Ditekan Maksimal, Solusi Terakhir adalah Mencari Tambahan Penghasilan

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Sepertinya wajar bagi setiap pasangan yang baru menikah untuk berdiskusi tentang apa yang ingin dicapai setelah berumah tangga. Kami pun begitu. Bahkan sebelum kami sah jadi suami istri, diskusi tentang masa depan sudah kami lakukan.

Ternyata, setelah diskusi berjalan, kami baru sadar kalau kami ini BANYAK MAUNYA, terutama aku. Wkwkwk.

Tapi aku melihat ini sebagai sesuatu yang positif sih. Karena banyak maunya ini, jadi jadi membuat daftar hal-hal yang ingin kami capai dan hal-hal yang harus kami lakukan buat mencapainya.

Salah satu impian terbesar kami adalah punya tempat tinggal sendiri, memiliki keturunan dan memberikan pendidikan formal dan non formal yang baik, menyiapkan dana pensiun, dana darurat, serta bisa punya usaha sendiri.

Tapi jelas dong, itu semua NGGAK GRATIS! Dan NGGAK MURAH juga. HAHA

Semua yang aku sebut tadi mungkin dulu hanya angan dan bualanku semata. Tapi semenjak menikah, rasanya jadi punya teammate buat diajak ke arah sana. Alhamdulillah suami juga punya niatan yang sama.

Sayangnya, penghasilan kami dari pekerjaan utama sebagai karyawan swasta tak terlalu fantastis. Mungkin butuh waktu yang sangat lama buat kami mencapai semuanya dengan penghasilan utama kami saja.

Untuk mewujudkan mimpi-mimpi kami satu persatu, sudah pasti kami harus menambah nominal uang yang bisa kami tabung dan investasikan.

Memang ada beberapa cara untuk menambah saldo tabungan. Salah satunya adalah menekan biaya atau pengeluaran bulanan. Tapi apa itu cukup?

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Tentu aja enggak.

Mengurangi biaya bulanan yang boncos seperti biaya entertainment, biaya shopping dan sebagainya paling berapa persen sih, kami pun bukan orang yang sebelumnya tergolong ke pemborosan di bagian ini. Jadi memang kontribusi mengurangi biaya bulanan tak terlalu signifikan menambah saldo tabungan kami.

Yap, akan lebih efektif untuk kami memilih menambah penghasilan di luar penghasilan utama sebagai karyawan swasta. Kami memang memikirkan investasi di sektor keuangan, tapi sebelum itu, kami memilih investasi otak ke atas, menambah skill, lalu mengubahnya menjadi sumber pemasukan lain.

Tentang Bisnis Digital yang Hampir Berusia 2 Tahun Ini

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Banyak yang bilang pandemi membatasi semua orang dalam beraktivitas dan mencari penghasilan. Nggak salah sih, tapi nggak 100% benar juga menurutku.

Nyatanya, selama pandemi, justru aku makin melihat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mencari tambahan penghasilan.

Mungkin reflek juga saat kondisi terdesak otak manusia makin kreatif untuk memanfaatkan kondisi ya. Aku pribadi sudah beberapa tahun terjun di dunia digital sebagai blogger dan berpenghasilan tambahan dari sini.

Selama pandemi, saat orang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, makin banyak kelas gratis atau webinar yang bisa meningkatkan soft skill dan ilmu digital marketing, makin besar kesempatan kita buat belajar apapun secara gratis, karena setiap hari hampir selalu ada webinar dari beberapa komunitas atau brand.

Serius Kembangkan Bisnis Digital Bersama Asus ExpertBook B5 Series (4)

Sejak 2020 lalu, aku mendirikan sebuah usaha digital dalam bidang yang aku pahami yaitu JASA PENULISAN ARTIKEL. Sebagai seorang blogger dan content writer yang telah berkecimpung sekian tahun, dan dengan segenap kepercayaan berbagai pihak yang dengan senang hati aku panggil sebagai KLIEN, akhirnya aku memberanikan diri membangun usaha ini.

Kini hampir 2 tahun berjalan, alhamdulillah usaha yang aku beri nama NOEDIGITALMEDIA.COM ini makin dipercaya oleh para brand, pemilik website, agency digital yang membutuhkan konten-konten untuk website mereka baik untuk kebutuhan onpage maupun off page.

Aku bersama suami dan 15 penulis yang bergabung sebagai content writer di NOEDIGITALMEDIA.COM merasa sama-sama bisa makan dan hidup dari pekerjaan ini. Karenanya, kami pun ingin memberikan yang terbaik agar klien makin puas dan penghasilan kami semua juga makin meningkat seiring bertambahnya jumlah orderan setiap tahun.

Memang, umur 2 tahun masih terbilang sangat muda. Kalau diibaratkan anak kecil, 2 tahun baru mulai jalan dan mulai berlarian kesana kemari dengan lucunya. Pun usahaku yang masih perlu banyak belajar dan perbaikan sana sini. Masih jauh dari sempurna pastinya. Tapi kami optimis kok bisa terus mengembangkan sayap di bisnis ini.

Peluang dan Masa Depan Bisnis Konten Digital Kami dan Waktunya Untuk Berekspansi

Memang bagaimana peluang jual artikel? Kok bisa seyakin itu?

Bagi orang awam mungkin akan keheranan kok bisa jualan artikel, jualan tulisan, jualan benda tak berwujud yang nggak bisa dipegang.

Padahal peran sebuah konten digital dalam hal ini artikel sangatlah penting dan pasti dibutuhkan oleh setiap bisnis apalagi di era digital yang banyak mengharuskan sebuah bisnis memiliki website bisnis.

Seperti yang kita tahu, website bisnis punya peran sangat penting pula pada kelangsungan hidup sebuah bisnis di era digital. Website bisnis bisa digunakan sebagai alat untuk branding atau pengenalan produk, sebagai tempat meletakan portofolio bagi penjual jasa, sebagai etalase barang jualan, bahkan aktivitas penjualan juga kini bisa dilakukan melalui website.

Nah website ini tak bisa berdiri sendiri dan kosongan nggak ada isi. Dalam bisnis di era digital, setiap orang punya peranannya masing-masing. Ada yang berperan sebagai owner dan memimpin serta mengambil keputusan dalam bisnisnya.

Ada tim sales dan marketing yang terfokus pada pemasaran dan angka penjualannya. Ada pula tim IT Development atau Tim SEO yang berfokus pada pengembangan website dan optimasinya, serta ada pula content writer yang diutus untuk mengisi konten di website bisnisnya.

Kabar baik, tak semuanya dari yang disebut tadi harus berstatus terikat sebagai karyawan. Saat ini, beberapa pekerjaan akan lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya. Salah satunya untuk content writer atau penulis artikel, jasa yang kami tawarkan ke masyarakat luas.

Itulah peran penulis artikel konten atau artikel. Membantu pemilik bisnis mengembangkan website bisnis mereka dengan tujuan agar branding produknya berhasil, websitenya naik peringkat di mesin pencarian google, juga tentunya konversi pada penjualan.

Kenapa Kami Harus Ekspansi dan Mengembangkan Bisnis Lebih Serius?

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Setelah hampir 2 tahun bisnis ini berjalan, aku dan suami banyak melakukan evaluasi. Apa yang kiranya masih kurang dan apa yang harus dibenahi. Apa bisnis kami mentok hanya sampai tahap ini saja, atau kami masih bisa optimis bisnis kami masih bisa lebih berkembang.

Pada akhirnya, kami sama-sama optimis kami bisa mengembangkan bisnis makin tinggi seiring dengan era digital yang terus berinovasi. Bukan tanpa alasan, berikut hal-hal yang menyebabkan kami masih ingin terus kembangkan bisnis.

1. Estimasi Kebutuhan Pasar Akan Konten Digital Masih Sangat Tinggi

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Bagi para pebisnis yang memiliki website bisnis, aku kira mereka paham bahwa artikel adalah salah satu nyawa dari website mereka. Artikel atau konten ini memiliki banyak manfaat mulai dari digunakan sebagai promosi, membuat website selalu up to date, menghubungkan antar halaman dalam website, alat untuk merangking website di mesin pencarian, mendatangkan trafik organik, meningkatkan konversi penjualan dan sebagainya.

Melihat betapa pentingnya artikel dalam sebuah website dan mengingat era digital dimana hampir semua bisnis memiliki websitenya sendiri ini berarti bahwa kebutuhan akan internet sendiri masih dan akan semakin tinggi. Itulah asal muasal optimisme kami dalam memperbesar bisnis yang kami bangun.

2. Jumlah Orderan Makin Bertambah

Sebagai tipe orang yang cukup rapi melakukan pencatatan baik keuangan pribadi maupun aktivitas bisnis, aku memiliki cara untuk mengetahui kondisi bisnis yang aku dan suami bangun ini.

Sampai 2022 awal ini, aku, suami dan 15 penulis kami telah mengerjakan hampir 400 projek dengan dari beberapa klien.

Dengan kisaran 200.000-300.000 kata yang bisa diproduksi teman-teman penulis di NOEDIGITALMEDIA.COM di 2021 dan meningkat di awal 2022, aku yakin masih ada potensi buat kami mendapatkan lebih banyak orderan.

3. Ingin Merekrut dan Mensejahterakan Lebih Banyak Content Writer

Ternyata memang ya, yang paling nikmat saat membuka sebuah usaha adalah saat kita bisa memberi hak kepada mereka yang udah mengeluarkan tenaga dan keringat untuk bisnis kita. Bisa memberi fee tepat waktu, bisa membantu finansial mereka karena adanya penghasilan.

Peran penulis untuk memotivasi usahaku ini besar banget. Bahkan dulu aku pernah hampir mau menyerah dan menutup bisnis ini. Namun setelah mendapat chat dari penulis, aku urungkan niat itu karena ternyata se-bersyukur itu mereka dapat job dariku.

Aku sebagai perantara dan pemberi lapangan kerja rasanya langsung disadarkan bahwa saat itu sepertinya aku memang ditugaskan Allah sebagai perantara rezeki bagi penulis.

Kemarin, baru aja aku membuka rekruitment penulis NOEDIGITALMEDIA.COM karena 15 penulis utama yang udah bekerja sama denganku hampir selalu full tugas dan deadline project lain sudah mengantri. Alhamdulillah 8 penulis baru sudah terangkut ke grup ku, semoga mereka betah dan bisa berkembang bersama di NOEDIGITALMEDIA.COM. Amin.

5. Bisnis Digital Sebagai Jalan Kami Lebih Dekat dengan Tujuan Keuangan

Tentu aja bisnis ini adalah bisnis yang menghasilkan profit atau keuntungan. Karenanya, dari hasil jualan jasa ini, aku dan suami bisa mendapatkan penghasilan lebih. Karena pemasukan kami bertambah, maka alokasi dana yang bisa kami gunakan untuk saving, investasi dan tujuan keuangan kami makin besar.

Tujuan kami mulai dari memiliki dana darurat, dana pensiun, umroh, menyekolahkan anak tinggi-tinggi insyaallah akan lebih mudah jika penghasilan yang kami dapat makin berlipat. That’s why, kami semangat banget untuk memperluas bisnis ini, agar lebih banyak klien yang order dan juga makin banyak artikel yang kami buat dan kami jual setiap bulannya.

Mendirikan Usaha Berbentuk CV untuk Bisnis yang Lebih Sustainable

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Banyak hal yang harus kami lakukan jika kami ingin bisnis kami makin besar dan angka penjualan makin tinggi. Mulai dari pemasaran online yang harus dimaksimalkan, evaluasi kualitas artikel yang dihasilkan, terapkan teknik SEO untuk website bisnis noedigitalmedia.com, juga membuat akun sosial media bisnis.

Namun selain yang aku sebutkan tadi, aku juga mempunyai impian untuk menjadikan usaha ini sebagai bisnis berbadan usaha resmi agar tak ketinggalan dengan kompetitor lain. Yap, aku berencana menjadikan bisnis ini sebuah CV. Gebrakan yang sebelumnya tak pernah aku pikirin sih untuk mengubah bisnis yang awalnya sampingan biasa ini. Apa perlu menjadi sebuah CV atau Commanditaire Vennootschap atau yang biasa disebut Perusahaan Komanditer?

Sedikit cerita, baru aja kemarin aku mengalami kejadian yang sedikit tak mengenakan.

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Satu klien datang menghubungi dan mengajak meeting online via zoom. Ternyata si calon klien ini adalah perusahaan startup yang lumayan memiliki budget besar untuk marketing secara digital. Salah satunya adalah kebutuhan artikel untuk website bisnis dan link building dalam jumlah cukup besar.

Mereka menyampaikan kebutuhan perusahaannya dan aku mempresentasikan dan menyajikan apa yang bisa aku bantu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Diskusi ini pun bersama empat orang dalam tim klien ini pun berlangsung sangat baik dan menemukan kecocokan satu sama lain dari jenis job dan pelaksanaan sampai sistem pembayarannya.

Namun sayangnya, diakhir meeting, seorang anggota tim klien yang merupakan tim legalnya menanyakan apakah jasaku ini berbentuk badan usaha, entah itu CV atau PT.

Lalu ku jawab dong kalau masih nama perseorangan, pakai NPWP pun NPWP pribadi jika ingin dikaitkan dengan perpajakan. Namun ternyata, tim legal nya sedikit kebingungan karena regulasi atau aturan intern mereka mengharuskan bekerja sama dengan badan usaha, bukan perorangan.

Hmmmm,,, langsung ku menciut dan sedih sih. Mereka menyampaikan akan mempertimbangkan dan menghubungi ku kembali. We’ll see. Tapi kalau sampai project ini gagal hanya karena status bisnisku yang masih perseorangan sih aku kecewa banget. Dan makin merasa memang sepertinya aku perlu membuat bisnis ini menjadi badan usaha agar bisa lebih mudah bekerjasama dengan klien-klien yang lebih besar.

Serius Mengembangkan Bisnis dengan Bantuan ASUS ExpertBook B5 Series

Serius Kembangkan Bisnis Digital Bersama Asus ExpertBook B5 Series (1)

Aku sadar, untuk mewujudkan mimpiku menjadikan bisnis ini berbentuk CV atau perusahaan komanditer tak selesai saat status resmi berubah saja. Mengubah menjadi CV tak semerta-merta akan menaikan angka penjualan. PR ke depannya pasti makin besar lagi.

Selain membutuhkan SDM penulis yang bisa meningkatkan kualitas produk, promosi yang tepat sasaran, aku juga butuh perangkat kerja yang bisa mensupport ku mewujudkan mimpi-mimpi tadi. Terlalu banyak yang aku dan suami kerjakan setiap hari dan perangkat kerja yang sekarang kami pakai terlalu lambat dan susah untuk diajak berlari.

Setiap harinya, aku dan suami bisa mengedit dan mengirim 20 artikel lebih ke klien. Belum lagi, banyak deadline dari klien yang pendek-pendek. Ya aku paham sih mereka meminta cepat karena dikejar target perusahaan masing-masing juga. Kami pun selalu berupaya memenuhi semua permintaan demi kepuasan mereka.

Tapi laptop atau alat tempur kami terlalu “usang dan lemot”, sering bikin kerjaan terhambat dan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan semua pekerjaan harian. Padahal format dokumen atau artikel yang kami cek itu tersimpan di Google Drive loh, minim banget pakai memory laptop untuk pekerjaan. Murni pakai browser dan google drive, tapi untuk buka 5-10 tab artikel yang dicek bergantian itu suka nge-lag, wkwkwkw. Sebel banget.

Serius Kembangkan Bisnis Digital Bersama Asus ExpertBook B5 Series (2)

Semua terkait pekerjaan NOEDIGITALMEDIA.COM memang aku lakukan di laptop dan handphone. berkomunikasi di grup whatsapp yang aku hubungkan dengan whatsapp web, melayani klien yang konsultasi dan order juga di laptop, remote pekerjaan penulis, mengecek artikel dan mengirim ke klien juga semua via laptop.

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Karenanya, aku butuh banget perangkat kerja andal dan comfortable untuk mendukungku mengembangkan bisnis ini lebih profesional.

Bekerja bersama laptop tangguh ASUS ExpertBook B5 adalah impianku. Menjadi makin produktif dan menyelesaikan semua to do list pasti makin mudah dengan semua teknologi yang melekat pada ASUS ExpertBook B5.

Bagaimana ASUS ExpertBook B5 Series Bisa Membantu Pelaku Bisnis?

Pandemi yang diperkirakan banyak orang akan membuat ekonomi banyak orang merosot, justru bisa ditepis dengan ide dan kreativitas berbisnis. Dan untuk bisa bekerja lebih maksimal, kita emang membutuhkan alat tempur yang siap diajak perang. Dan hampir semua yang aku butuhkan untuk mengembangkan bisnis NOEDIGITALMEDIA.com ada di ASUS ExpertBook B5 Series, kenapa?

Mobilitas Tanpa Batas Bersama Seri laptop ExpertBook B5 dan Durabilitas yang Tinggi

Aku memulai bisnis ini saat aku masih bekerja menjadi karyawan swasta di salah satu perusahaan di Surabaya. Menulis yang awalnya hanya aku jadikan hobi, kini justru bisa menghidupiku dan keluargaku.

Meski begitu, aku belum ingin resign dari tempat kerja karena banyak alasan, salah satunya karena ingin tetap berpenghasilan dari banyak sumber baik gaji di kantor dan bisnis digitalku ini.

Bekerja ganda di kantor dan di jasa digital ini mengharuskanku pintar-pintar membagi waktu. Aku bisa dituntut kerja dimanapun kapanpun saat klien dan penulis noedigitalmedia.com membutuhkanku.

Karenanya, laptop adalah barang wajib yang harus selalu ada dalam tas ransel ku. Di dalam mobil antar jemput ke kantor aku sempatkan untuk membuka laptop dan mengerjakan beberapa pekerjaan kecil seperti mengirim brief ke penulis, mengirim artikel ke klien, atau mentransfer fee ke penulis saat sudah waktunya.

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Saat jam istirahat kerja di kantor, setengah jam aku pakai untuk istirahat sholat makan, sisanya aku pakai untuk membuka laptop lagi untuk pekerjaan yang sama.

Saat keluar sama suami, perjalanan keluar kota untuk liburan atau perjalanan jarak jauh ke Kebumen (desa asalku) naik mobil pribadi, laptop juga selalu jadi barang yang tak lupa dibawa bahkan nggak pernah jauh-jauh dariku, hehe. Yap, kerja di mobil di kursi penumpang pun aku bisa.

Ya, terdengar melelahkan dan kayak nggak ada jedanya ya kan? haha

Ya begitulah hidup menurutku, harus terus bergerak, jalan bahkan sesekali lari biar lebih cepat sampai tujuan. Meski melelahkan, alhamdulillah aku sangat menikmati kok.

Makanya, andaikan aku bisa bekerja dengan seri laptop ExpertBook B5 yang mempunyai desain yang berfokus pada mobilitas pasti akan sangat memudahkan dan membantuku.

Sesuai dengan tampilan ASUS ExpertBook B5 Series yang tangguh, ringkas serta ringan, cocok banget untuk di bawa kerja di manapun.

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Menariknya lagi, bagian belakang layar serta bawah dari seri laptop ExpertBook B5 ini terbuat dari bahan magnesium-aluminium alloy dimana material premium ini membuat bobot dari laptop ASUS ExpertBook B5 series dapat dipangkas hingga berada di angka 1 kilogram aja. Nggak ada lagi ceritanya punggung pegel atau encok bawa laptop yang berattttttttt ya!

Ketangguhan ini juga udah diakui melalui sertifikasi lolos pengujian ekstrim berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Konon katanya, ketangguhan ini amat penting untuk memastikan seri laptop ExpertBook B5 untuk dapat selalu diandalkan dalam segi pengoperasian dengan kondisi ekstrem hingga penggunaan sehari-hari.

Beberapa pengujian ekstrim untuk bisa mendapatkan sertifikasi tersebut di antaranya adalah

  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur tinggi (32°C ~ 49°C) selama 3 hari
  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur rendah (-21°C ~ -32°C) selama 3 hari
  • Pengujian perubahan temperatur ekstrim (-51°C ~ 71°C) dengan waktu transisi perubahan suhu hanya 1 menit
  • Pengujian di lingkungan dengan kelembaban tinggi (30°C ~ 60°C di kelembaban 95%) selama 10 hari
  • Pengujian di ketinggian hingga 15.000 kaki (antara 5°C ~ -40°C)
  • Uji digetarkan selama satu jam ke semua arah dengan frekuensi getaran antara 10 sampai 500Hz
  • Pengujian saat dijatuhkan (drop test) dari ketinggian 120 cm dalam keadaan menyala
  • Dan beberapa pengujian lainnya

Selain itu, keyboard dari laptop ExpertBook B5 ini sudah dilengkapi dengan fitur spill- resistant yang bisa bikin laptop kita tetap aman meski terkena tumpahan cairan hingga 66cc. Bagi kita pecinta teh dan kopi yang selalu ada gelas di samping laptop kerja pasti bakal happy banget kalau punya laptop ini.

Keistimewaannya belum berakhir, Seri ASUS ExpertBook B5 ini juga dibekali dengan body yang tipis dengan ketebalan hanya 16,9 mm loh. Aku yang bawaannya nggak pernah sedikit akan merasa terbantu banget karena tasku bisa lebih lega dan barang-barangku nggak perlu desak-desakan sama laptop lagi, hehe.

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics juga lho!

Ada lagi nih, ExpertBook B5 Series ini telah dilengkapi dengan dua varian form-factor, yaitu clamshell (B5302CEA). Jadi layar laptoo ini bisa dibuka hingga 180⁰ dan convertible dengan layar yang dapat diputar 360⁰ (B5302FEA). AMAZING nggak tuh????

ASUS ExpertBook B5 Series, Laptop Bisnis Modern dengan Performa dan Konektivitas Terbaik

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Meskipun ringan, tangguh dan mudah dibawa kerja dimanapun dan kapan pun, rasanya akan percuma jika sebuah laptop tak dilengkapi dengan performa komputasi yang mumpuni di bisnis era 4.0 ini.

Kabar baiknya, Seri laptop ExpertBook B5 ini udah ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core dengan memori DDR4 3200Mhz berkapasitas hingga 48GB.

Dan untuk masalah penyimpanannya, Seri laptop ExpertBook B5 ini mengandalkan PCIe SSD berkapasitas hingga 2TB yang dapat dikonfigurasikan secara RAID untuk meningkatkan performanya.

Keseluruhan hardware modern yang disebutkan tadi tak hanya membuat seri laptop ExpertBook B5 ini bsia diandalkan untuk kebutuhan  komputasi kelas bisnis, tapi juga cocok banget buatku yang tipenya suka multitasking saat bekerja. Mau edit artikel, mau cek plagiat, mau remote pekerjaan tim, mau sambil entertain dengerin musik atau playing some video, bisa bisa aja pastinya.

Nggak hanya itu, ExpertBook B5 ini juga tervalidasi sebagai laptop Intel EVO Platform. Artinya, seri laptop ExpertBook B5 nggak hanya memiliki spesifikasi premium di atas kertas saja, tetapi juga telah dipastikan dapat tampil dengan performa gesit meski tidak terhubung ke sumber listrik, memiliki sumber daya yaitu baterai yang sangat panjang juga sangat responsif untuk berbagai aktivitas pekerjaan.

Ngomongin konektivitas seri laptop ExpertBook B5, gimana ya kira-kira?

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Kerennya, Seri laptop ExpertBook B5 ini juga telah dilengkapi konektivitas yang lengkap dengan mengadopsi WiFi 6. Yaitu protokol WiFi generasi terbaru yang memungkinkan transfer data dapat dilakukan lebih cepat dan stabil.

Selain konektivitas nirkabelnya yang andal, seri laptop ExpertBook B5 juga dibekali port yang lengkap meski bodi laptopnya tipis.

Apa aja port yang tersedia di Seri laptop ExpertBook B5?

Port yang tersedia di laptop ini di antaranya adalah:

  • USB Type-A, HDMI
  • 3.5mm combo audio port,
  • Gigabit ethernet melalui Micro HDMI
  • Dua port USB Type-C Thunderbolt 4 yang menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi, yaitu hingga 40 Gbps, serta bisa digunakan untuk pengisian daya serta port display output yang mendukung resolusi hingga 8K.

Makin Produktif dan Bisnis Naik Kelas dengan ASUS OLED yang Berkualitas

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Beruntungnya aku jika bisa memiliki seri laptop ExpertBook B5 yang adalah salah satu jajaran laptop bisnis ASUS pertama yang telah dibekali layar ASUS OLED.

Teknologi layar laptop ini menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan banyak fitur, teknologi tinggi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang bisa menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, juga nggak merusak kesehatan mata. Pas banget buat pekerja digital atau yang membuka bisnis berbasis digital yang banyak menghabiskan waktu di depan layar laptop.

Tahukah kamu bahwa setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED ternyata telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat? Nggak hanya itu, ASUS OLED juga memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display lho.

ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Artinya, layar ASUS OLED memang diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif.

Jadi, konten-konten yang akan yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin sangat akurat dan mempermudah kita nih para pengguna ExpertBook B5 untuk melakukan pengecekan atau review terhadap konten yang sedang kita dikerjakan. Nggak gampang capek dan “jereng” ini mataku ngecekin puluhan tulisan penulis setiap hari.

Satu yang juga terpenting, ASUS OLED dibekali fitur bernama Eye Care. Apa itu? Eye Care ini adalah fitur yang memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Jadi, paparan radiasi sinar biru yang berbahaya dari laptop bisa dikurangi dan kesehatan mata kita tetap terjaga meski berlama-lama kerja di depan laptop. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Pasti merasa nyaman banget kerja pakai device satu ini, udah nyaman dipakai, ringan dibawa kemana-mana, nggak mengganggu kesehatan mata kita lagi.

Daya Tahan Baterai Panjang Bantu Support Produktivitas

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Untuk pengguna laptop sepertiku yang hampir selalu bekerja dengan laptop di manapun, kemanapun dan kapan pun, seri laptop ExpertBook B5 ini cocok banget buat dimiliki. Pasalnya, ASUS memberikan baterai dengan teknologi terbaik yang dapat memberikan daya hingga 14 jam dalam satu kali pengisian daya. Luar Biasa, 14 jam loh!!

Pengalamanku pakai beberapa macam laptop bertahun-tahun lamanya belum pernah tuh punya yang daya tahan baterainya sampai 14 jam gini. Enak banget kalau dibawa kerja di luar nggak perlu bingung cari colokan ya gaes.

Seri laptop ExpertBook B5 juga memiliki kombinasi hardware modern yang efisien, jadi tetap bisa tampil dengan performa kencang serta daya tahan baterai yang sangat panjang.

Selain baterai nya awet banget. Seri laptop ExpertBook B5 juga sangat fleksibel. Yap, dikarenakan pengisian dayanya dilakukan melalui port USB Type-C Thunderbolt 4 yang mendukung teknologi USB power delivery menggunakan adapter yang sangat ringkas.

Adapter seri laptop ExpertBook B5 ini bahkan bisa kita pakai untuk mengisi gadget lain yang kita miliki misalnya smartphone atau tablet. Dan lebih simpel lagi, seri laptop ExpertBook B5 ini juga dapat diisi dayanya dengan powerbank loh. Super Simple!!!!!

Fitur Andal Seri laptop ExpertBook B5 Bikin Bisnis Makin Profesional

ASUS ExpertBook B5 Series-1

Bagi seorang pebisnis, laptop yang diperlukan untuk dukung pekerjaan memang tak seperti laptop standar biasanya. Dan ExpertBook B5 menjawab kebutuhan-kebutuhan ini, beberapa fiturnya adalah:

  • Fitur two-way AI noise-cancelling

Untuk para pebisnis yang sering melakukan conference call sepertiku, fitur ini membantu banget. Fitur two-way AI noise-cancelling ini memungkinkan sistem kecerdasan buatan (AI) dapat mengenali dan mengeliminasi berbagai jenis suara bising (noise) saat pengguna ExpertBook B5 melakukan conference call. Jadi suara yang kita terima bisa lebih fokus dan minim gangguan dari luar (noise). Alhasil diskusi atau meeting dengan tim maupun klien bisa makin lancar deh!

Serunya lagi, fitur two-way AI noise-cancelling ini nggak hanya berlaku untuk mikrofon di ExpertBook B5 yang kita pakai aja, tetapi juga dapat mengeliminasi noise dari lawan bicara meskipun lawan bicara tidak menggunakan device yang sama. Jadi kalau terpaksa harus meeting online atau conference call di luar ruangan, kita bisa tetap santai dan nyaman karena fitur canggih dari seri laptop ExpertBook B5 ini.

  • Sensor Pembaca Sidik Jari (Fingerprint) yang Bikin Aman dan Nyaman

ExpertBook B5 dibekali dengan chip TPM (Trusted Platform Module) 2.0 untuk menjamin integrasi dan keamanan data yang disimpan di dalam laptop.

Tidak sampai di situ. Untuk mempermudah kita sebagai pengguna, ASUS telah juga menyediakan sensor pembaca sidik jari atau fingerprint di seri laptop ExpertBook B5 ini. Fingerprint ini juga telah terintegrasi dengan sistem keamanan Windows Hello yang bisa mempermudah kita mengakses laptop tanpa tanpa harus mengetikkan password.

Seri laptop ExpertBook B5 juga hadir dengan sistem keamanan biometrik yang mengandalkan sensor pembaca sidik jari (fingerprint) yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello.

  • ASUS NumberPad 2.0

Paling suka kalau liat laptop yang punya NumberPad. Berasa banget eksklusifnya. Meski berukuran kecil dan ringkas, tapi di laptop ASUS ini tetap bisa leluasa mengentry-kan angka seperti mengetik di keyboard PC dengan mengubah touchpad menjadi numpad dengan sangat mudah melalui satu sentuhan saja.

Fitur unggulan produk ASUS yang juga ada di ExpertBook B5 ini yaitu aplikasi MyASUS. Aplikasi ini bisa membuat kita mudah mengelola profil performa, baterai, cek garansi, dan sebagainya.

Dengan fitur Link to MyASUS kita juga bisa menghubungkan laptop dengan smartphone yang kita gunakan sehari-hari. Kita bisa melihat notifikasi di handphone bahkan mengontrol smartphone kita. Buat pemilik bisnis digital yang perlu berkomunikasi dan meremote semua aktivitas atau pekerjaan penulis, fitur ini membantu banget sih.

  • Screen Expander dan Remote File Access

Kita dapat menjadikan handphone atau tablet kita sebagai layar tambahan laptop loh dengan fitur screen expander. Selain itu, fitur remote file access juga bisa memungkinkan kita mengakses file kerja dari jarak jauh menggunakan smartphone, jika memang kita sedang tak di kondisi bisa membawa laptop. Bener-bener cocok untuk ku yang harus mengawasi pekerjaan banyak penulis, handle klien dan juga mengirim semua pekerjaan.

Layanan Garansi Khusus dari ASUS

Hal yang paling bikin user saat ingin membeli laptop tentu aja dari garansi yang ditawarkan. Untungnya, ASUS ExpertBook B5 series ini juga telah dilengkapi dengan layanan garansi, diantaranya:

  • Garansi 2 tahun
  • Penawaran bagi perusahaan untuk bisa mengajukan perpanjangan garansi agar sesuai dengan masa yang diharapkan.
  • Layanan ADP (Accidental Damage Protection) yang berlaku selama satu tahun. ADP adalah semacam asuransi yang bisa diklaim oleh pengguna ASUS ExpertBook B5 series. Saat kejadian buruk terjadi misal terjadi kecelakaan, maka laptop bisa tetap diperbaiki tanpa dikenakan biaya tambahan. Layanan ADP bisa diklaim 1 kali selama masa layanan masih berlaku.
  • Pelayanan premium yaitu penjemputan dan pengantaran unit yang akan dan telah selesai diservis oleh tim teknisi.

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B5

Main Spec. ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.11kg
Colors Black
Price Start from Rp22.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B5 Flip

Main Spec. ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Pro
Memory Up to 48GB DDR4 3200MHz RAM
Storage Up to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display 13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio, touchscreen with pen support
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x micro HDMI (RJ45 LAN), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.11kg
Colors Black
Price Start from Rp21.XXX.XXX
Warranty 2 tahun garansi global with optional warranty upgrades

Jadi, Apa Bisa ASUS ExpertBook B5 Series ini Menunjang Bisnis Saat dan Pasca Pandemi?

Tentu saja, dengan semua performa keren yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B5 series ini semua pekerjaan pasti bisa dikerjakan lebih cepat dan tepat. Bagi bisnis artikel yang aku kelola sendiri, kepuasan klien adalah yang utama agar mereka terus repeat order dan angka penjualan bisa makin tinggi.

Kami bekerja dengan deadline yang telah ditentukan klien. Tentu deadline ini tak bisa dianggap remeh. Bagi mereka yang bekerja dalam sebuah sistem, merusak deadline sama artinya dengan merusak atau menghambat divisi atau job desc orang lain. Alhasil target pun bisa tak tercapai. Karena itu, perangkat yang bisa bikin kita memenuhi semua deadline kerjaan, yang bisa kita bawa kerja dimanapun dan kapan pun sangatlah diperlukan. Nah, ASUS ExpertBook B5 series ini adalah jawabannya.

Semua fitur dan kelebihan ASUS ExpertBook B5 series muali dari bobotnya yang ringan, ringkas mau dibawa kemana aja, daya tahan baterainya yang panjang banget, konektivitas yang baik, performa mesin hingga keamanannya, semua bisa mensupport para pebisnis pasca pandemi. Tak hanya bisa digunakan oleh pebisnis elit, para UMKM dan bisnis yang masih berkembang seprtik juga pasti sangat terbantu.

Semoga aku bisa memiliki perangkat kerja satu ini agar niatku membangun CV. NOE DIGITAL MEDIA dan mengembangkannya bersama suami dan puluhan penulis yang tergabung bisa tercapai. Amin ya Rabb.

Referensi

  • https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B5-B5302C-11th-Gen-Intel/
  • https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B5-Flip-B5302F-11th-Gen-Intel/
  • Press Release
  • https://techijau.com/fitur-dan-keunggulan-asus-expertbook-b5-series-2022/
  • pengalaman pribadi
  • gambar dari website asus, press release dan blog techhijau diolah dengan canva
0 Shares:
11 comments
  1. Keren banget mba emang laptopnya, sekarang juga asus sih, tapi beda seri haha
    Semoga bisa kebeli dehh aamiinn🤩

  2. Yup, expansi adalah kunci yess mbak. Btw aku juga mupeng sama expertbook nih, semoga berjodoh dgn kita yesss, aamiin. (kok gak bisa nulis pke huruf kecil sih mbak?) yaudah lah ya yg penting mampir hehehhe

  3. Selalu salut sama mbak Rini. Semoga bisa dikabulkan semua cita-citanya ya, mbak. Semakin sukses dan terus menginspirasi serta bermanfaat untuk banyak orang, aamiin

    1. Wah jadi bersemangat nih baca tulisan Mbak Rini, aku juga lagi pingin ber-expansi untuk bisnis yang dikelola suamiku. Betul juga sih, harus ada laptop yang memadai untuk menambah profesionalisme kerja kita. Membuat klien merasa puas ya Mbak karena nggak lelet.

  4. NGGak diragukan, mbak rini emang terdepan mengelola konten digital. dan hebatnya, nggak pelit berbagi. hehe… bisnis pasti semakin nyaman dengan dukungan laptop keren ini ya mbak. speknya bikin ngiler…

  5. MBA RINI SELALU TOTALITAS KALAU REVIEW, PANJANG, LENGKAP DAN SANGAT MENGINSPIRASI. TAPI NGGAK HERAN SIH YA, EXPERTBOOK GINI BAWANNYA PENGEN PRODUKTIF AJA SIK. COCOK NIH BUAT MOM-TO-BE YANG JURAGAN KONTEN DIGITAL

  6. keren mbak RIn, visi misinya, salut dnegan kegigihannya membangun mimpi, semoga terwujud ya mbak

  7. Menggunakan asus laptop akan semakin menantang karena spesifikasinya mumpuni untuk support pekerjaan

  8. Bisnisnya keren mbak rini, sangat inspiratif. Wah kalau ada laptop canggih kayak gini makin produktif ya kerjaannya

  9. Salut deh dengan bisnis mbak rini. mau jadi cv pula. sAYA MAH GAK PAHAM YANG KEK GITU. sukses ya.

  10. Picture nya so sweet mbak. Semangat berkarya lihat mbak Rini, masih muda, sudah punya bisnis semoga belum terlambat untuk berkarya dan nambah penghasilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like