Mengintip Teknologi Militer Indonesia yang Jaga Pertahanan Tanah Air

Mengintip Teknologi Militer Indonesia yang Jaga Pertahanan – Sebuah negara harus memiliki pertahanan salah satunya dalam bentuk militer. Teknologi militer juga harus diperbarui seiring dengan pertumbuhan zaman. Garuda militer Indonesia

Apabila ditilik dari sejarahnya, perkembangan teknologi di bidang militer berkembang pesat usai Perang Dunia II.

Adanya sistem persenjataan baru di setiap negara adalah sebuah hal yang sangat penting. Contoh perkembangan teknologi di bidang militer seperti munculnya tank yang dulunya disebut dengan kapal darat. Kemunculan kapal induk juga berkat kemajuan teknologi dan tuntutan kemampuan perang untuk menerbangkan serta mendaratkan pesawat di atas kapal.

Berbagai macam teknologi diciptakan dan sebagian besar ceritanya pasti berasal dari Amerika Serikat, Inggris atau Jepang. Lalu bagaimana dengan militer Indonesia sendiri, adakah teknologi yang membanggakan untuk diceritakan? Simak selengkapnya di sini.

Teknologi Militer Indonesia yang Kian Berkembang

teknologi militer indonesia

Dulunya bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ABRI, kini berubah nama menjadi Tentara Nasional Indonesia. Itulah nama yang digunakan militer Indonesia di mana terdiri dari TNI Angkatan Laut, Darat dan Udara.

Tak kalah dengan negara tetangga, Indonesia pun terus mempersenjatai semua TNI dengan teknologi militer terbaru demi menjaga ketahanan negara. Baik itu teknologi yang digunakan untuk menjaga ketahanan di wilayah darat, laut dan udara semuanya dikembangkan.

Beberapa teknologi pun dimanfaatkan untuk menciptakan strategi militer yang tepat saat beroperasi. Apa saja teknologi militer yang dimiliki Indonesia bahkan diantaranya membuat negara lain segan? Yuk intip sama-sama.

1. Pesawat CN-235

teknologi militer indonesia - Pesawat CN-235

Merupakan pesawat asli Indonesia yang diminati banyak negara lain. Ada beberapa sistem canggih yang digunakan seperti teknolog jejak panas serta radar warning receiver. Pesawat ini juga memiliki Magnetic anomaly detection.

Ketertarikan negara lain akan pesawat ini akhirnya membuat mereka membelinya dari Indonesia lho, salah satunya adalah negara Korea Selatan. Karena pesawat ini memiliki rudal dan torpedo. Pesawat CN-235 inilah yang saat ini menjaga wilayah udara Indonesia.

2. Smart Eagle II

teknologi militer indonesia - Smart Eagle 2

Pesawat buatan PT. Aviator Teknologi Indonesia yang sengaja dibuat tanpa awak. Pesawat ini mampu terbang saat malam hari dengan adanya teknologi Therman Imaging sebagai penginderaan.

Mesin yang digunakan adalah mesin 2 tak yang memiliki diameter 150 cc dan waktu terbangnya bisa mencapai 6 jam. Pesawat ini juga jadi yang pertama milik Indonesia dengan fitur tambahannya color TV camera.

3. Kapal Cepat Rudal 60

Kapal Cepat Rudal 60 - teknologi militer indonesia

Militer laut tentu tak kalah dengan militer udara, di mana Indonesia memiliki kapal yang canggih serta tangguh. Bentuk fisiknya adalah panjang 60 meter dengan lebar 8,1 meter dan tinggi geladaknya adalah 4,85 meter.

Satu kapal ini bisa menampung kru sampai 55 orang dan memiliki efisiensi dalam bahan bakar. Walaupun begitu tenaga yang dihasilkan tetapi juta. Kemampuannya adalah tahan terhadap hentakan senjata dan sudah dipersenjatai alat tembak yang stabil.

Sebagian besar TNI AL sudah menggunakan kapal ini untuk melindungi wilayah Indonesia dari musuh.

4. Rudal RBS-15 Mk3

Rudal RBS-15 Mk3 - teknologi militer

Panjangnya sampai 4,35 meter serta memiliki wingspan 1,4 meter. Berat satu rudal saja bisa sampai 800 kg yang memiliki jarak tempuh sampai 200 km. Kemampuannya ini sama seperti fleksibilitas penggunaannya.

Satu rudal bisa dipasang di atas kapal perang atau truk saat bertempur. Indonesia sndiri memasang rudal ini di Kapal Cepat Rudal Klewang. Ada 4 unit peluncur rudal yang bisa langsung dilepaskan jika musuh menyerang.

5. Hercules C-130

Kembali lagi pada teknologi militer angkatan udara, Indonesia juga memiliki pesawat Hercules C-130 yang sering digunakan saat operasi dukungan logistik di area bencana hingga pasukan.

Saat ini Hercules C-130 menghuni Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh. Dilengkapi juga dengan peralatan perawatan yang lengkap sehingga membuatnya bisa beroperasi dengan baik.

6. MLRS Astros II MK 6 AV-LMU

Teknologi militer yang satu ini memang bukan buatan Indonesia melainkan Brazil tetapi dimiliki TNI AD. Beratnya saja mencapai 60 ton dan memiliki panjang 9,9 meter. Lebarnya 3,75 meter dan memiliki perlengkapan meriam.

Jenis meriam yang digunakan adalah Rheinmetall Kaliber 120 mm. Ada dua versi yang dimiliki TNI AD yaitu jenis 2A4 dan jenis 2Ri. Semuanya memiliki teknologi night vision yang sudah teruji di medan Suriah.

7. Panser Anoa

Panser Anoa - teknologi militer

Selain Astros, Indonesia juga memiliki Panser Anoa yang sudah terbukti ketangguhannya pada semua misi perdamaian PBB di beberapa negara. Alutsista buatan Indonesia ini juga digunakan oleh negara tetangga seperti Malaysia.

Tank berlapis baja tebal ini mampu menempuh jarak sampai 600 km yang memiliki kapasitas tangki sebanyak 200 liter. Desain dari kendaraan ini terinspirasi dari Monocoque Armoured Steel yang berasal dari Sulawesi.

Semua teknologi ini tentu saja sudah berperan besar dalam kuasa militer Indonesia menjaga perbatasan dan menolong pada saat terjadi bencana. Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi TNI atau penasaran dengan perkembangan teknologi TNI bisa langsung mencari informasi lengkapnya di literacymiliter.com.

Ada banyak sekali tentang informasi tentang teknologi militer sampai info tentang apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar jadi TNI. Biar nggak ketinggalan kamu bisa simak terus ya.

 

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia

https://internasional.kompas.com/read/2017/10/26/17535051/5-teknologi-militer-yang-diciptakan-di-masa-perang-dunia-i?page=all

https://today.line.me/id/v2/article/5+Teknologi+Militer+Canggih+Asli+Buatan+Indonesia-Eo85aQ

https://www.inews.id/news/nasional/7-alutsista-canggih-tni-nomor-3-bisa-hancurkan-pertahanan-musuh-dalam-6-detik

https://www.liputan6.com/news/read/3498669/4-senjata-canggih-indonesia-yang-bikin-dunia-segan

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.