Kenali Jenis-Jenis Kursi Roda dan 5 Cara Memilih yang Tepat

Jenis-Jenis Kursi Roda dan Cara Memilihnya yang Tepat

Buat yang lagi cari atau butuh kursi roda, mungkin beberapa dari kalian belum terlalu tahu jenis-jenis kursi roda yang ada. Artikel yang aku buat ini akan sedikit mengulasnya buat kalian ya. Yap, Pernahkah kamu mengalami kecelakaan yang mengharuskan menggunakan kursi roda selama beberapa bulan? Biasanya pihak rumah sakit akan menyewakan kursi dengan dua roda ini kepada pasien rawat jalan mereka. Tetapi ada juga yang lebih memilih untuk membelinya sendiri, karena kini sudah banyak tempat yang menjual alat bantu kesehatan ini.

BTW, aku pun beli kursi roda beberapa tahun lalu buat bapak yang sakit stroke. Bapak pakai kursi rodanya buat keluar masuk dari kamar ke halaman atau teras depan. Atau buat sekedar duduk di halaman waktu jemur pagi. Kursi roda yang lama udah saking lamanya jadi rusak sana sini karena dulu memang beli bekas.

Wheelchair atau kursi roda telah menjadi alat bantu yang digunakan manusia sejak beberapa abad lamanya. Secara umum bentuknya adalah kursi dengan dua roda di sebelah kanan dan kirinya. Terdapat juga pijakan kaki, dudukan dan sandaran yang akan membuat nyaman penggunanya. Semakin modern, alat ini dikembangkan untuk beragam jenis kebutuhan. Apa saja jenisnya dan bagaimana memilih produk dengan kualitas terbaik? Yuk simak di sini.

Mengenal Jenis-Jenis Kursi Roda Sesuai Fungsinya

Jenis-Jenis Kursi Roda dan Cara Memilihnya yang Tepat-2Jenis-Jenis Kursi Roda dan Cara Memilihnya yang Tepat-2

Apabila dilihat dari fungsinya, kursi dengan dua roda ini memiliki banyak ragam jenis. Supaya kamu nggak salah memilih, bisa memperhatikan beberapa jenis kursi roda berikut ini.

Artikel Terkait:  Begini Khasiat Minum Jeruk Hangat Untuk Kesehatan, Bisa Buat Diet Juga Loh!

1. Jenis Standar

Pertama adalah jenis kursi roda standar yang banyak dilihat di rumah sakit. Ukurannya cukup besar untuk digunakan orang dewasa dan manula. Memiliki dua roda besar di bagian kiri dan kanan kursi dengan velg besi yang dirancang supaya bisa digenggam penggunanya. Kalau kamu baru saja pasca operasi, patah tulang kaki, atau masalah kesehatan yang membutuhkan proses pemulihan sementara bisa menggunakan jenis ini.

2. Jenis Bariatric

Jenis kursi roda yang kedua ini adalah kursi manual, fungsinya adalah untuk penderita obesitas dan dirancang khusus supaya bisa menampung beban berat sampai 300 kg. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan kursi lainnya yang hanya bisa menampung beban 100 kg saja.

3. Jenis Pediatrik

Jenis kursi roda yang kedua adalah Pediatrik. Sesuai dengan namanya, kursi roda ini khusus diciptakan untuk anak-anak, otomatis ukurannya pun lebih kecil. Uniknya dari jenis ini adalah memiliki beragam motif dan mampu menampung beban sampai 50 kg.

4. Jenis Cerebral Palsy

Bagi mereka yang memiliki masalah pada otot, postur tubuh hingga gerakan karena cedera atau pertumbuhan abnormal pada otak perlu memilih kursi jenis ini. Bentuknya sedikit berbeda dengan ketiga jenis sebelumnya karena banyak fitur tambahan yang disematkan. Seperti adanya sabuk pengaman, memiliki sandaran kepala khusus yang bisa disesuaikan.

5. Jenis kursi roda untuk olahraga

Pasti kamu pernah mendengar tentang paralimpiade yaitu perlombaan olahraga bagi mereka yang memiliki cacat fisik. Disinilah penggunaan jenis kursi untuk olahraga dibutuhkan. Baik itu untuk olahraga basket, balap lintasan hingga tenis. Kursi dibuat sesuai jenis olahraga jadi bentuknya bisa berbeda-beda dan ukurannya pun lebih kecil. Beberapa jenis kursi bahkan dirancang memiliki tiga roda untuk menunjang fleksibilitas gerak para atlet.

Artikel Terkait:  Lakukan Gerakan Ini! Nyeri Haid Pergi

Apabila dilihat dari cara pengoperasiannya ada dua jenis kursi yang tersedia di pasaran yaitu kursi roda elektrik dan manual. Maksud dari elektrik adalah cara menggerakan roda nggak harus didorong tetapi dengan menggunakan tuas. Bagi pasien yang mengalami penyakit dalam seperti jantung perlu memilih kursi elektrik karena mudah digerakkan.

Cara Memilih Kursi Roda yang Berkualitas Baik

Jenis-Jenis Kursi Roda dan Cara Memilihnya yang Tepat-2

Apabila berencana membeli kursi beroda sendiri maka harus dipilih dengan cermat. Bagi manula atau mereka yang mengalami cacat mungkin saja untuk menggunakan alat bantu beroda ini dalam waktu yang sangat lama. Oleh karena itu memilih yang nyaman dan bukan hanya sekedar alat sangatlah penting.

Demi mempermudah kamu untuk mendapatkan jenis kursi roda terbaik dan tepat bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

1. Memilih berdasarkan budget

Cara pertama adalah menyesuaikan harga alat dengan biaya yang dimiliki. Berapa biaya yang telah kamu siapkan untuk membeli? Apabila budget terbatas lebih baik memilih kursi yang manual dan harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Tapi jika memiliki budget berlebih bisa memilih kursi elektrik yang lebih mudah pengoperasiannya.

2. Seberapa sering menggunakannya

Perhatikan juga dari intensitas penggunaan, semakin sering maka harus memilih kursi dengan dudukan serta sandaran paling nyaman. Apalagi jika penggunaanya permanen. Tapi jika hanya digunakan ketika pemulihan saja kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menyewa. Sewa kursi beroda lebih efektif penggunaannya dan setelah itu kursi pun nggak digunakan kembali.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Kucing Sakit Agar Cepat Sembuh

3. Memiliki Rangka Kuat

Rangka kursi adalah struktur yang penting untuk diperhatikan, maka perlu diketahui jenis material apa yang digunakan. Jangan terkecoh dengan tampilan chrome, karena bisa saja rangka hanya dilapisi dengan cat. Jenis rangka yang kuat dibuat dari material stainless steel yang bebas karat dan kokoh. Bentuk rangka pun cukup besar karena menentukan kekuatan kursi nantinya. Apalagi jika hendak digunakan dengan beban yang cukup berat.

4. Menggunakan Ban Roda Bersifat Mati

Selain rangka perhatikan juga jenis ban pada roda yang digunakan. Jika ingin roda yang praktis dan nggak perlu ditambah angin bisa memilih ban bersifat mati. Biasanya ban in terbuat dari karet mati.

5. Memiliki Sertifikasi

Karena digunakan oleh orang yang berkebutuhan, maka sebaiknya pilih jenis kursi yang memiliki sertifikasi. Standar Nasional Indonesia atau SNI adalah sertifikasi yang bisa dijadikan patokan dalam membeli.

Apabila kamu ingin membeli wheelchair segala jenis bisa mendapatkannya di Halodoc.com. Di website ini kamu bisa mendapatkan produk kesehatan yang berkualitas terbaik dan pasti memiliki sertifikasi. Ada banyak pula jenis kursi roda di Halodoc. Jadi keamanan pengguna nantinya terjamin, ditambah lagi keawetan kursi yang hendak digunakan dalam jangka waktu panjang. Apabila ingin menanyakan jenis kursi roda apa yang sebaiknya digunakan juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

Kini nggak sulit lagi mendapatkan kursi roda yang sesuai kebutuhan. Kamu bisa membelinya secara langsung di toko alat kesehatan atau secara online seperti aplikasi Halodoc.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.