Cara Memilih Asuransi Kebakaran Rumah

Cara Memilih Asuransi Kebakaran Rumah

Cara Memilih Asuransi Kebakaran Rumah – Asuransi Kebakaran rumah tinggal ataupun yang biasa dikenal sebagai Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia bermanfaat buat melindungi hunian dari resiko kerusakan akibat kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang serta asap. Pemicu kebakaran bermacam-macam, mulai dari korsleting listrik sampai api dari lilin yang dinyalakan disaat mati listrik. Ini belum termasuk dengan kebakaran yang terjadi secara tidak langsung, yaitu saat rumah tetangga yang menjadi sumber kebakaran. Kerusakan serta kehilangan harta benda pasti susah untuk dihindari. Alasan inilah yang membuat asuransi kebakaran patut untuk dipertimbangkan.

Asuransi Kebakaran merupakan jenis asuransi yang akan membayar ganti rugi dan biaya kerusakan terhadap rumah ataupun gedung dan harta barang yang dipertanggung jawabkan akibat terjadinya kebakaran. Pengguna produk asuransi kebakaran rumah tidak hanya terbatas pada individu ataupun orang pemilik bangunan, melainkan juga pada industri ataupun lembaga tertentu. Asuransi kebakaran dapat menjamin kerusakan ataupun kerugian pada harta benda dan kepentingan yang dipertanggungkan yang diakibatkan karena kebakaran. Jaminan asuransi kebakaran mencakup beberapa hal, antara lain tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga akibat kebakaran, musibah diri akibat kebakaran, biaya penyembuhan akibat kebakaran, santunan biaya pemakaman akibat kebakaran, kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat serta huru-hara, dan kebongkaran. Gardaoto mempermudah Anda untuk mendapatkan asuransi kebakaran rumah tinggal dengan produk Garda Home Produk ini menjamin kerugian atau kerusakan untuk pemilik rumah dan keluarga.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kebakaran Rumah

Secara umum, asuransi kebakaran menjamin kerugian yang disebabkan oleh kebakaran. Namun, pada dasarnya terdapat beberapa alasan yang membuat asuransi kebakaran jadi sangat penting.

  • Menghindari kebangkrutan dan mengganti kerusakan benda akibat kebakaran

Seperti yang kita tahu, rumah bukanlah benda yang murah. Dengan memakai asuransi kebakaran pada rumah anda lebih awal, pasti dapat kurangi ataupun meminimalisir kebangkrutan yang terjadi di sebabkan karena kebakaran. Sebab, nantinya pihak asuransi dapat mengambil alih kerugian yang ada

  • Memberikan rasa aman untuk menghadapi resiko kebakaran yang tidak pasti

Musibah yang terjadi memanglah tidak dapat ditebak, tetapi dengan memakai asuransi kebakaran rumah paling tidak Anda sudah memberikan proteksi ekstra apabila situasi kurang baik yang  tidak diinginkan terjadi.

Cara Memilih Asuransi Kebakaran Rumah

Ada banyak pilihan asuransi kebakaran yang dapat kalian miliki. Tetapi, tidak semua orang memiliki pengetahuan yang sama mengenai jenis asuransi ini. Untuk Anda yang ingin memperoleh perlindungan asuransi kebakaran, berikut ini cara yang dapat Anda ikuti sebagai berikut :

1.) Pahami dan teliti prosedur klaim

Saat terjadi kebakaran, bukan serta-merta harta barang yang Anda pertanggungkan akan langsung ditukar. Anda wajib mengajukan penggantian dengan melaksanakan proses klaim. Masing-masing industri asuransi mempunyai prosedur klaim yang berbeda-beda. Pastikan untuk Anda memahami setiap langkah klaim supaya pengajuan klaim memenuhi syarat ketentuan sehingga proses penggantian dapat dilakukan secara efektif.

2.) Memberikan penjelasan sejelas mungkin

Sepanjang proses pengajuan asuransi, pihak asuransi akan mengajukan beberapa persoalan terpaut dengan asuransi kebakaran dan peninggalan yang akan dipertanggungkan. Sangat penting untuk memberikan penjelasan sejelas mungkin supaya setiap pertanggungan ter-cover dengan baik, tanpa terlewat satu pun.

3.). Memilih premi yang sesuai dengan kebutuhan

Sesuaikan produk asuransi kebakaran dengan kebutuhan Anda. Tak semua jenis asuransi kebakaran sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga akan dipengaruhi besaran premi yang wajib kalian bayarkan setiap bulannya. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan serta keahlian Anda membayar.

4.) Pahami isi polis

Polis asuransi merupakan perjanjian tertulis terpaut hak serta kewajiban antara penjamin dan terjamin. Saat sebelum menandatangani perjanjian sebagi persetujuan antara Anda dengan pihak asuransi, sangat penting untuk menguasai isi dari polis, karena polis mencakup lingkup jaminan sampai biaya serta premi. Asuransi kebakaran sendiri memiliki polis yang lebih kompleks dibanding dengan jenis asuransi lain. Oleh sebab itu, pahami setiap perinci pasal yang tertuang dalam polis.

5.) Proaktif bertanya kepada pihak asuransi

Jangan ragu buat selalu aktif bertanya pada pihak asuransi mengenai setiap perinci polis serta jaminan yang dapat Anda miliki. Apabila terdapat satu istilah dalam polis asuransi yang tidak Anda pahami, bertanyalah. Semakin sering Anda bertanya, maka semakin banyak informasi yang bisa Anda terima. Pihak asuransi juga akan dengan senang hati membantu Anda saat mengalami kesulitan.

Jenis Polis Asuransi Kebakaran yang Penting Untuk Diketahui

Cara Memilih Asuransi Kebakaran Rumah

Polis asuransi kebakaran merupakan suatu perjanjian secara tertulis dalam sesuatu akta antara nasabah (pihak tertanggung) dengan industri asuransi (penanggung), yang menanggung semua kerusakan dan kerugian atas harta tetap maupun bergerak yang rusak akibat bencana kebakaran baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Berikut ini ada sebagian jenis polis asuransi kebakaran yang dapat Anda pilih.

Polis dasar asuransi kebakaran

Polis asuransi kebakaran menanggung kerugian akibat kebakaran yang diakibatkan oleh sambaran petir, api yang timbul tanpa terencana dari dalam bangunan ataupun dari luar bangunan, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan kerusakan akibat asap kebakaran. Tetapi, polis dasar asuransi ini dibagi menjadi dua menurut objek yang ditanggung yaitu :

  • Asuransi kebakaran non-industri. Polis ini menanggung seluruh kerusakan yang mengenai harta barang non-industri seperti rumah tinggal, baik itu harta bergerak ataupun tidak.
  • Asuransi kebakaran industri. Biasanya pertanggungan yang diberikan polis asuransi kebakaran jenis ini dikhususkan buat harta benda industri yang rusak akibat ledakan fisik, korsleting, kelalaian ataupun tindakan yang kurang berhati-hati, kesalahan dalam perancang mesin, perbuatan kriminal, serta benturan keras pada mesin.

Polis dengan pemulihan nilai

Pemegang jenis polis asuransi jenis ini akan mendapat ganti rugi biaya yang sesuai dengan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memulihkan kembali harta barang yang diasuransikan ke lokasi yang sama, dengan jenis harta benda jenis yang sama.

Polis tanpa pemulihan nilai

Berbeda dengan jenis polissebelumnya, jumlah yang dipertanggungkan dalam polis ini dinilai di awal berdasarkan pada harga pembelian harta benda, dikurangi penyusutan akibat rusaknya harta benda tersebut.

Polis mengambang

Polis mengambang tidak mempunyai suatu nilai pertanggungan yang jelas. Namun polis ini menanggung benda yang ada di sebagian lokasi saja, tetapi masih satu kota, dengan suatu Limit Duit Pertanggungan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like