Cara Membuat Kemasan Makanan Bagi UKM

Cara Membuat Kemasan Makanan Bagi UKM

Cara Membuat Kemasan Makanan Bagi UKM – Kemarin habis baca artikel di website BukuWarung yaitu https://bukuwarung.com/contoh-kemasan-makanan/. Aku baca artikel seputar cara membuat kemasan makanan bagi UKM yang tepat itu gimana. Jadi tertarik mau bahas juga di blog ini. Yuk yuk simak yaaaa, semoga bermanfaat buat pembaca yang pada lagi rintis bisnis UKM di bidang kuliner yaaaa…

Merencanakan untuk membuka usaha kecil dan menengah (UKM) bukan hanya sekedar modal dan profit. Kamu juga harus memperhatikan kelengkapannya salah satunya adalah kemasan.

Seringkali usaha tak berjalan lancar, penjualan pun seret, balik modal lama, dan keluhan-keluhan lain seputar usaha. Padahal saat ditelaah lagi, memang produk nya kurang menarik secara tampilan. Kalau tampilannya aja udah kurang meyakinkan, gimana orang bakal dibuat penasaran dengan isinya?

Meski bisnis berskala kecil atau menengah, bukan berarti juga bisnis ini bisa disepelekan tanpa perencanaan dan managemen yang rapi ya guys. Tetep aja banyak hal yang harus dipikirkan.

Untuk yang menjual suatu produk terlebih makanan, tentu kemasan jadi hal yang penting mengingat kemasan produk adalah hal yang pertama dilihat oleh calon customer kita. Kemasan juga bisa merepresentasikan bagaimana dan apa spesialnya produk kita. Karenanya, cara membuat kemasan makanan nya pun harus diperhatikan.

Selain memilikkan packaging atau kemasan produk, bisnis UKM juga perlu memikirkan pembukuan dan managemen bisnisnya. Nyatanya hal ini yang kadang diabaikan para pelaku bisnis UKM.

Ya emang kesadarannya masih kurang, dan lagi, belum banyak yang tahu atau punya ilmu tentang gimana cara managemen bisnis kecil dan menengah. Padahal sekarang banyak aplikasi atau software untuk membantu managemen bisnis mereka layaknya accurate online.

Artikel Terkait:  Toyota Mobil Vios 2020, Mobil Generasi Baru dengan Spesifikasi Canggih

Balik lagi bahas ke elemen produk seperti pengemasan atau packagingnya ya. Gimana sih cara membuat kemasan makanan untuk UKM yang bisa bikin produknya menarik?

Pentingnya Membuat Kemasan Makanan untuk UKM secara Khusus

Asal rasa enak pasti laris, hal ini belum tentu terjadi karena kemasan turut serta mempengaruhi kemajuan usaha kamu. Apalagi saat ini sudah jamannya serba online, orang tak membeli langsung di tempat. Bagaimana sajian menarik akan terlihat dari kemasannya.

Ada beberapa hal yang membuat kemasan menjadi sangat penting untuk diperhatikan yaitu sebagai berikut :

1. Berfungsi sebagai Identitas Usaha

Mungkin para konsumen tidak tahu persis letak usaha kamu karena membeli makanan secara online. Tapi bukan berarti mereka tidak mengenal. Melalui kemasan, kamu bisa memperkenalkan usaha sendiri dengan memberikan alamat lengkap dan nama usaha. Fungsinya adalah sebagai identitas agar diingat selalu oleh konsumen.

2. Makanan akan Terlindungi

Fungsi yang kedua adalah supaya makanan terlindungi dengan baik sehingga kualitas tetap terjaga. Karena ada banyak jenis makanan maka kemasan pun dibedakan. Misalnya saja kamu menjual biji kopi, maka perlu custom packaging kopi khusus supaya aromanya tetap terjaga setelah sampai ke tangan konsumen.

3. Makanan Tetap Aman

Fungsi yang terakhir dari kemasan adalah menjaga supaya makanan tetap aman dikonsumsi. Kamu harus pandai memilih manakah jenis kemasan yang aman digunakan untuk makanan. Apalagi jika makanan disajikan dalam kondisi panas. Ada beberapa kemasan daur ulang yang harus dihindari sebagai bahan pengemas.

Artikel Terkait:  4 Manfaat Menggunakan Jasa Sedot WC Pasuruan Secara Rutin

Apabila kamu ingin mendapatkan kemasan yang mampu memenuhi ketiga fungsi ini, maka tak heran jika harus memesannya secara khusus.

Cara Membuat Kemasan Makanan Bagi UKM yang Tepat

Cara Membuat Kemasan Makanan Bagi UKM-2

Ketertarikan seseorang untuk membeli sebuah produk baik itu barang seperti pakaian akan terlihat dari kemasannya. Apalagi jika produk yang dijual adalah makanan, maka ada banyak sekali elemen yang harus diperhatikan. Seperti yang dijelaskan bahwa ada tiga fungsi dari kemasan untuk UKM bukan hanya sekedar wadah untuk tempat makan saja.

Berikut ini cara membuat kemasan makanan bagi bisnis UKM yang tepat serta aman untuk digunakan.

1. Memilih Material Kemasan

Cara pertama adalah dengan memilih jenis material untuk digunakan. Tidak ada salahnya menggunakan bahan plastik, karena ada juga jenis plastik food grade yang aman. Caranya adalah dengan memperhatikan tanda yang tertera seperti PET (Polyethylene Terephthalate) atau 2-HDPE (High Density Polyethylene). Bisa juga plastik yang berlambang 5-PP (Polypropylene).

Jika tak ingin menggunakan material plastik, bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kaca, karton dan juga kardus. Seperti di tempat jual kemasan kopi, biasanya mereka menyediakan kemasan dari bahan kertas coklat.

2. Kemasan Harus Kedap Air

Cara membuat kemasan makanan bagi UKM yang kedua adalah memilih yang kedap air. Khusus kemasan makanan kering maka perlu kelebihan dari segi kedap air. Jika kemasan tidak kedap air maka akan memudahkan makanan untuk cepat rusak. Apalagi jika jenis makanan kering seperti kue atau keripik. Makanan yang terkena air akan mudah berjamur, untuk menjaga tingkat keringnya kamu juga bisa menambahkan silica gel khusus makanan.

Artikel Terkait:  Temukan Solusi Transportasi Indonesia Terbaik Bersama SERA

Jenis kemasan yang kedap air biasanya adalah plastik, jika ingin menggunakan kertas pastikan juga memiliki lapisan plastik. Segel makanan juga harus rapat.

3. Kemasan Harus Kedap Udara

Tak hanya kedap air, kemasan juga sebaiknya kedap udara. Contohnya saja untuk makanan jenis keripik. Terlalu sering terkena udara akan membuat makanan menjadi melempem. Udara yang masuk ke dalam kemasan makanan akan mempengaruhi tekstur serta rasanya. Apalagi jika disimpan di tempat yang lembab juga mempercepat pertumbuhan jamur.

Supaya kemasan tahan udara perhatikan juga jenis segel yang digunakan. Segel harus mampu mengunci makanan dengan sangat rapat.

4. Hindari kemasan logam dan Styrofoam

Ada dua jenis kemasan untuk makanan yang wajib dihindari oleh pemilik usaha UKM yaitu bahan logam dan styrofoam. Logam adalah jenis kemasan yang tidak baik karena mudah berkarat yang akan mempengaruhi kualitas makanan. Karat menjadi sumber penyakit dan membuat makanan menjadi rusak.

Sama halnya logam, kemasan styrofoam mengandung stirena yang berbahaya bagi tubuh manusia. Walaupun sampai sekarang masih saja ada yang memanfaatkan styrofoam sebagai pembungkus makanan karena alasan harga yang sangat murah.

Apabila kamu sudah memilih jenis kemasan yang tepat, tinggal mencetak desain yang diinginkan pada kemasan. Inilah cara membuat kemasan makanan bagi UKM yang tepat dan aman. Jangan sampai salah pilih kemasan, karena penting sekali untuk kesehatan konsumen dan keberlangsungan bisnis.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.