Berkah 5 Juta Kata Dalam Bisnis Penulisan Artikel Bersama IndiHome Internetnya Indonesia

Berkah 5 juta Kata Dalam Bisnis Artikel Bersama IndiHome Internetnya Indonesia

Dulu aku sering mikir, “kok enak ya jadi pengusaha yang bisnisnya udah tinggal jalan, penghasilan per bulannya pasti banyak deh. Nyaman banget idupnya pasti”.

 

Tapi semua pemikiran pendek ku itu berhenti ketika aku merasakan sendiri lika likunya membangun suatu usaha. Ternyata pusingnya nggak karuan saat udah punya usaha apalagi ada orang-orang yang bergantung hidupnya dari bisnis kita. Mau nggak mau, kita harus mikirin kelangsungan bisnis yang kita punya biar semua bisa tetap “hidup”.

***

Pekerjaan utamaku emang masih kerja sama orang alias kerja di perusahaan. Tapi udah sejak lama aku juga memulai bisnis sampingan sebagai sumber penghasilan lain.

Ya, bisnis artikel NoeDigitalMedia.com bukanlah usaha atau bisnis pertama yang aku bangun. Sebelumnya, sejak 2013 aku juga membuka usaha jualan barang dagangan berupa jajanan khusus ramadhan dan juga lebaran. Omset dan keuntungannya pun lumayan hingga aku bisa ngumpulin DP beli mobil dari situ.

Meski begitu, bisnis yang aku punya ya hanya melibatkan diriku sendiri. Maksudnya, aku kerja sendiri dan seluruh keuntungan masuk ke kantongku sendiri. Aku nggak punya pegawai atau pekerja yang harus ku bayar atau hidup dari bisnisku. Jadi masih lebih ringan bebanku karena naik atau turunnya bisnisku nggak akan berpengaruh buat orang lain.

Dan bisnis jajanan yang ku lalui sekian tahun itu luluh lantak saat virus covid-19 datang ke Indonesia. Short story, efek pandemi begitu besar buat bisnisku yang punya target pasar para reseller (bukan end user). Aku memilih untuk berhenti jualan setelah melalui banyak pertimbangan.

Sejak saat itu karena lebih banyak di rumah, saat waktu luang aku lebih fokus pada dunia digital, mencari tambahan penghasilan di dunia blog.

NoeDigitalMedia.com: Bisnis yang Berawal dari Peluang dan Personal Branding

Mendapat penghasilan dari blog sudah aku jalani sejak 2016. Tapi sejak 2019 kemarin, aku makin serius mendalami seluk beluk blog dan penulisan. Berkat semua yang ku pelajari, terbentuklah aku menjadi blogger yang konsisten mengisi blog, mendulang puluhan ribu trafik ke blog utamaku, membuat klien atau brand tertarik bekerjasama dengan ku, berhasil memenangkan beberapa blog competition (writing competition), hingga beberapa kali menjadi pembicara di webinar khusus blogging, karir dan kepenulisan.

Personal branding ku sebagai blogger makin terbentuk karena beberapa kali namaku muncul dalam pengumuman juara lomba atau dalam banner webinar tersebut. Dan memang, salah satu tujuanku semangat mengikuti lomba blog dan bersedia mengisi beberapa webinar tersebut adalah karena kesempatan untukku memperkuat personal brandingku di dunia digital.

NoeDigitalMedia.com Bisnis yang Berawal dari Peluang dan Personal Branding (2)

Meskipun beberapa kesempatan menjadi pembicara di webinar tersebut tak disertai imbalan alias sukarela aja membantu beberapa komunitas, aku tetep enjoy menjalaninya karena sebagai pembicara newbie, aku berpikir acara tersebut bisa jadi promosi untukku sendiri.

Ternyata strategi ini sesuai ekspektasiku, setelah makin dikenal, banyak brand, pemilik bisnis, atau orang berkepentingan lainnya yang menghubungiku untuk mengajak kerjasama karena merasa aku cukup layak mengerjakan tugas yang mereka berikan.

Salah satunya adalah klien yang meminta dibuatkan artikel untuk mengisi website bisnis mereka. Mereka merasa tulisanku di blog cocok dengan kebutuhan mereka. 5, 10, hingga 20 artikel telah diterima klien, project pertama pun selesai.

Tanpa disangka-sangka, project ke dua, ke tiga dan seterusnya terus berdatangan dari klien yang berbeda-beda. Merasa tak mungkin lagi mengerjakan semua sendiri, aku carilah tim penulis (Freelance Content Writer) yang bisa bekerja untuk NOEDIGITALMEDIA.COM.

Dari situlah awal bisnis jasa penulisan artikel NOEDIGITALMEDIA.COM terbentuk. Berawal dari hobi, personal branding yang perlahan terbentuk, hingga akhirnya aku bisa punya jasa digital sendiri.

Aku nggak bilang membuka usaha atau bisnis digital begini tuh gampang. Kan belum aku ceritain nih yang nggak enak nggak enaknya, haha. Sejauh ini aku emang lebih seneng sharing hal yang menyenangkan tentang bisnisku di sosmed, tapi ya kalau mau detail mah, cerita putus asa hingga ingin berentiin bisnis ini juga ada banget. wkwkw

Meski begitu, terlepas dari up and down nya, aku merasa beruntung bisa memulai bisnis ini dari nol setelah sekian tahun aku membranding diri sebagai Blogger.

Aku merasa hobiku menulis di blog, sangat berperan besar pada kelangsungan bisnisku ini. Manfaat internet sangat besar buatku yang menulis di blog.

Produksi Lima Juta Kata Pertama dari Bisnis Artikel NoeDigitalMedia

NoeDigitalMedia.com Bisnis yang Berawal dari Peluang dan Personal Branding

Sebuah pencapaian yang tak terkira bahkan bikin terharu sendu. Bermula dari pesanan artikel berjumlah 500 kata, jika diakumulasikan kini bisnis digitalku telah berhasil membuat 5.000.000 kata lebih hasil orderan dari ratusan klien yang menghubungiku.

Angka yang fantastis buatku yang masih terseok-seok membagi waktu kerja di kantor dan kerjaan online ini. Pemasaran bisnis ku jujur belum terlalu optimal dan masih banyak yang harus aku perbaiki dan evaluasi.

Aku masih punya banyak rencana untuk memperbesar skala bisnis artikelku ini. Namun, banyak rencana masih anteng dalam draft Business Plan yang aku buat karena terhambat masalah waktu. Aku masih sangat keteteran membagi waktu kerja offline dan online.

5.000.000 kata ini alhamdulillah berhasil memberikan keuntungan buatku sebagai pemilik bisnis dan juga menjadi sumber penghasilan bagi 20 penulis lepas yang bekerja bersamaku.

Rekap Penjualan Artikel NOEDIGITALMEDIA.COM

Siapa sangka, banyak penulis ku yang merasa terbantu atas lapangan pekerjaan yang aku buat. Mereka bisa urus anak di rumah dan tetap berpenghasilan, bisa mencari uang jajan atau uang les untuk anak. Salah satu penulisku bahkan ada yang berhasil mengumpulkan uang untuk beli laptop yang bisa ia pakai untuk urusan kuliah.

Masya Allah setiap dengar cerita mereka rasanya semangat untuk memperbesar bisnis ini makin kuat. Doa ku semoga bisnis ini tetep bisa jalan dan terus banjir orderan agar penghasilan penulisku juga makin besar.

Sama Sekali Nggak Gampang! Ini Tantangan Bisnis Digital Pembuatan Artikel yang Aku Bangun

Untuk mengurus orderan hingga membuat 5 juta kata dalam bisnis artikel yang masih seumur jagung ini tentu bukan tanpa tantangan. Seperti yang aku sebut sedikit di atas tadi, aku bahkan sempat mau menyerah karena merasa hasil yang aku dapat tak sebanding dengan effort yang aku kasih. Apalagi saat ketemu sama satu dua klien yang karakternya sungguh unik bahkan bisa sampai bikin tertekan banget.

Alhamdulillah, sampai hari ini bisnis ini masih jalan, jumlah penulis yang aku rekrut juga perlahan bertambah. Tapi apa aja sih tantangan yang aku rasakan selama bangun bisnis ini?

Sama Sekali Nggak Gampang! Ini Tantangan Bisnis Digital Pembuatan Artikel yang Aku Bangun

1. Recruitment Penulis hingga Masalah Komunikasi

Nggak semua penulis lepas bisa cocok dengan keinginan ku. Sebagai blogger yang cukup paham tentang SEO dan seperti apa kebutuhan artikel untuk bisnis pada umumnya, bisa ku bilang mencari penulis itu hal yang sangat sulit.

Aku sendiri melakukan serangkaian seleksi dan training untuk para penulisku. Sampai sekarang kami masih memperbaiki kualitas tulisan dari jasa kami agar semua klien merasa puas. Tapi itu bukan hal yang gampang, kadang komunikasi sama penulis terhambat karena penulis juga pemahaman materinya berbeda-beda. Nggak semua penulis menguasai tema keuangan, pun begitu nggak semua penulis paham tema artikel teknologi.

Belum lagi kalau dibutuhkan untuk revisi artikel, kadang pas lagi mereka nggak bisa dihubungi atau ada kegiatan lain.

2. Harus Fast Respon

Karena belum punya admin yang khusus untuk menerima konsultasi klien atau orderan klien, jadilah semua masih ku tangani sendiri via whatsapp. Karena banyaknya aktivitas kantor dan kerjaan online lainnya, membuatku kadang skip membaca chat klien, terutama klien-klien baru karena chatnya tenggelam gitu sampai nggak terlihat.

Ini cukup fatal sih karena telat atau lama membaca chat klien bisa menghilangkan kesempatan menambah omset jualan. Semoga nanti aku bisa cari admin khusus untuk bisnis jasa artikelku ini ya. Amin.

3. Susahnya Membangun Tim yang Solid

Punya bisnis yang orang-orang di dalamnya nggak pernah bertatap muka secara langsung ternyata banyak banget tantangan dan kekurangannya. Salah satunya adalah masalah koordinasi. Kalau kerja di kantor, mau kasih tugas ke karyawan kan tinggal kasih aja ya. Nah kalau bisnis begini tuh beda, kadang pas orderan banyak, menghubungi penulis, eh penulisnya lagi minta off seharian nggak bisa nulis.

Pas lagi ada deadline yang udah deket, eh ada penulis yang baru ngabarin kalau tugas yang dikasih kemarin nggak bisa selesai karena dia nya ada keperluan yang nggak bisa ditinggal. Akhirnya aku harus repot nyari penulis lain yang lagi free dan bisa gantiin tugasnya.

Ya, karena ini kerjaan online dan freelance juga, aku nggak ada mengikat atau mewajibkan penulis untuk selalu “on” setiap hari sih, cuma yang aku minta adalah ketika mereka sudah deal mengambil suatu project, ya mereka harus komitmen dan tanggung jawab atas jobnya. Tapi ya begitu kenyataannya, ada aja drama-drama kecilnya. hehe.

4. Komplain dari Klien

Jasa digital penulisan artikelku ini tentu masih jauh dari sempurna. Sesekali pasti ada yang hasil artikel yang belum tepat atau belum sesuai keinginan klien. Jadi, yang namanya komplain, revisi dan sebagainya adalah hal yang wajar ku hadapi.

Tapi kalau ada komplain-komplain yang nggak masuk akal atau di luar kesepakatan ini yang beda cerita. Kadang revisi atau komplain dari klien udah diluar perjanjian atau brief yang diberikan. Seharusnya kami nggak wajib meladeni revisi bentuk begini. Tapi ya gitu, sebagai pemberi jasa aku nggak bisa ngamuk-ngamuk gitu aja. Harus ekstra sabar buat kasih pengertian ke klien yang tipenya begini ini.

5. Kompetitor Merajalela

Jasa digitalku ini hanya satu dari ratusan bisnis yang serupa. Kompetitor NOEDIGITALMEDIA datang dari bisnis-bisnis mulai dari yang udah punya nama besar hingga dari teman sendiri yang buka jasa yang sama #UPS. Dan wajar sih yang namanya bisnis pasti ada kompetitor yang menghantui.

Aku sendiri nggak mau banyak terfokus untuk mengalahkan bisnis punya si A atau si B. Namun aku lebih fokus untuk menaikan kualitas bisnis ku dan strategi apa yang harus ku lakuin ke depannya biar bisnis ini bisa tetep berjalan.

Berkah Mendirikan Bisnis Artikel Noe Digital Media

Berkah Mendirikan Bisnis Artikel Noe Digital Media

Berkat kerja keras dan usahaku juga para teman-teman penulis kesayanganku, alhamdulillah aku bisa merasakan berkah yang luar biasa dari usaha kecilku yang satu ini. Sebenarnya agak susah kalau harus dideskripsikan dengan kata-kata, tapi

1. Penghasilan Meningkat, Keuangan Lebih Lega

Alhamdulillah, dari bisnis digital ini penghasilan bulanan ku bertambah. Gaji dari kantor bisa aku pakai buat kehidupan sebulan dan buat tabungan rumah. Sementara penghasilan dari freelance ini bisa aku gunakan untuk investasi dan tujuan keuangan ku dan keluargaku di masa depan nanti.

Punya penghasilan yang lebih besar dari pengeluaran disertai pengelolaan uang yang baik emang jadi kunci deh. Semoga aku bisa merdeka secara finansial ya Alloh, amin.

2. Berbagi Rezeki dengan Membuka Lapangan Pekerjaan

Bagiku, kita bekerja itu nggak cuma tujuannya cari uang aja. Tapi juga cari berkah dari “DIA” yang ngasih kita kehidupan.

Aku merasa Allah mungkin kasih jalan rezeki ini biar aku bisa kasih rezeki juga buat orang lain. Aku selalu senang saat dapat ucapan terimakasih tulus disertai doa doa baik dari penulisku tiap kali aku transfer fee mereka.

Berbagi Rezeki dengan Membuka Lapangan Pekerjaan

Hal-hal kecil begini ternyata yang bikin aku masih pertahanin bisnis ini meski sebenarnya kalau bisa dibilang, keuntunganku dari jualan satu artikel itu kecillllllllllllllllllllllllllllll banget. Nggak akan worth it lah kalau dihitung satuan.

Tapi karena aku merasa banyak penulis yang terbantu dengan bisnis ini, aku berusaha biar orderan satu bulan bisa terus meningkat, jadi meskipun keuntungan dari satu artikel bagiku sangat kecil, tapi jika aku jual artikelnya banyak, maka aku bisa hidup juga dari situ. Intinya biar aku ngerasa nggak “kerja bakti tanpa bayaran juga” di bisnis ini.

3. Melatih Mental Bisnis

Aku ada kepikiran mungkin nggak akan jadi karyawan hingga aku tua. Aku juga sadar, kondisi perusahaan swasta bisa aja naik turun. PHK atau pengurangan karyawan bisa terjadi di semua perusahaan, termasuk perusahaan tempatku kerja.

Jika suatu saat aku harus berhenti kerja karena suatu kondisi, aku berharap aku udah siap fokus 100% berbisnis dari rumah.

Semua up and down dalam bisnis artikel ini aku jadikan pelajaran berharga buat bekal berwirausaha ku kelak.

4. Mendapat Banyak Relasi / Kenalan Baru

Semenjak punya bisnis artikel ini, aku jadi makin sering ketemu atau kenalan sama orang-orang baru. Penulis baru juga klien baru. Aku senang kalau klien lagi menceritakan tentang konsep bisnisnya dan tanya gimana aku bisa membantu mereka mencapai salah satu tujuan yang mereka inginkan.

Aku juga seneng tiap kali penulisku cerita hambatan mereka saat nulis atau riset materi. Atau saat mereka mengajak diskusi tentang project-project kami. Semua ku anggap rezeki yang nggak ternilai harganya dan kasih banyak aku insight-insight baru di dunia bisnis digital.

Bangun Bisnis dari Rumah dan Mendulang Jutaan Rupiah Bersama IndiHome Internetnya Indonesia

Meja Kerja ku, tempat ku berkarya, menulis di blog dan membangun bisnis digital dari rumah

Semua yang aku dan penulisku capai di bisnis jasa penulisan artikel yang masih seumur jagung ini adalah berkat manfaat internet cepat dan perkembangan teknologi serta bisnis yang makin meningkat setiap tahunnya.

Karena internet, aku bisa memulai ngeblog, melakukan personal branding, dipercaya klien dan pemilik bisnis, hingga bisa ketemu dengan para penulis dan membangun bisnis bersama.

Sejauh aku membuka bisnis dan mencari rezeki di internet, aku emang lebih sering kerja di dalam rumah meski sesekali keluar kerja di cafe atau workspace ya. Tapi 90% semua pekerjaan online aku lakukan di rumah.

Saking lamanya durasiku kerja di rumah, aku tak segan-segan membuat set up work desk atau meja kerja yang nyaman dan tentunya mengeluarkan modal.

Aku berlangganan paket dari provider Internet IndiHome, beli meja kerja yang yang besar, beli kursi kerja yang nyaman, hingga terakhir aku beli satu set PC core i7 untuk memperlancar kerjaan dan bisnis digitalku.

Aku anggap semua yang aku beli ini sebagai investasi dan inventaris kerjaan juga. Jadi kalau ada orang-orang yang komentar “boros amat buat kerja di rumah doang sampe segitunya” mungkin kalian keliru deh. Percaya atau enggak, semua set up work desk ku ini aku beli dari hasil kerja di dunia digital loh.

Yap, begitu gambaran betapa nyaman nya aku kerja dan beraktivitas dengan memanfaatkan internet di rumah. Dan untungnya juga, internet cepat IndiHome yang merupakan andalan internetnya Indonesia bisa aku dapatkan di rumahku. Jadi makin lancarlah aku mencari rezeki di bisnis ini.

Peran Penting Internet untuk Bisnis Digitalku

Kenapa Harus IndiHome?

Saat ini internet emang dibutuhkan banget ya untuk menunjang macam-macam aktivitas sehari-hari. Kita bisa melakukan Aktivitas Tanpa Batas meskipun di rumah aja. Dulu, aku yang polos hanya ngira internet digunakan sekedar untuk cari hiburan, main sosmed atau berkomunikasi aja.

Namun lihat sekarang, aku bahkan bisa berbisnis, dapat uang, bahkan bisa kasih pekerjaan dan berbagi rezeki sama banyak orang. Internet yang lancar dan stabil jadi penyokong bisnis di era modern seperti sekarang ini. Dan salah satu provider provider internet yang punya koneksi lancar dan stabil yang paling aku rekomendasikan adalah IndiHome.

IndiHome adalah produk dari Telkom Indonesia yang sudah terbukti mempunyai track record yang panjang. IndiHome adalah layanan telekomunikasi yang memanfaatkan teknologi kabel fiber optik. Dengan teknologi yang dimiliki oleh IndiHome ini, beragam aktivitas komunikasi serta transfer data menjadi lebih minim risiko, bisa berfungsi lebih maksimal juga lebih minim gangguan.

AKTIVITAS TANPA BATAS DI RUMAH BERSAMA INDIHOME

Selain itu, IndiHome juga memiliki banyak kelebihan, misalnya:

1. Memiliki Banyak Pilihan Paket Sesuai Kebutuhan

Setiap provider mungkin bisa memiliki banyak pilihan paket internet, tapi apa ada yang benar-benar cocok dengan kebutuhan kita? Mungkin ada yang menjual paket hemat, tapi apa layanannya akan lancar, stabil dan cocok kalau kita pakai untuk mendukung kerja dan aktivitas lainnya dari dalam rumah? Belum tentuuuuuuuu!

Nah, di IndiHome kita akan ditawarkan berbagai pilihan paket yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita, misalnya:

  • Paket IndiHome 1P (Internet Only)
  • Paket IndiHome 2P (Internet + TV)
  • Paket IndiHome 2P (Internet + Phone)
  • Paket IndiHome 3P (Internet + TV + Phone)
  • Paket High Speed untuk dapatkan internet kencang dengan IndiHome
  • Paket Gamer

Untuk informasi paket IndiHome yang lebih lengkap temen-temen bisa kunjungi halaman ini ya: https://IndiHome.co.id/paket/daftar.

2. Bisa Dapatkan Tayangan Favorit Tanpa Jeda

Apa sih maksudnya bisa dapat tayangan favorit tanpa jeda? Jadi, IndiHome memiliki Fitur di IndiHome TV untuk memutar kembali tayangan hingga 7 hari sebelumnya. Buat kita yang terlalu sibuk dengan aktivitas sehari sehingga bisa aja ketinggalan tayangan-tayangan favorit, jangan khawatir karena kita bisa memutar kembali tayangan yang kita ingin tonton. Asik banget kan!

3. Jaringan IndiHome yang Luas dengan Kualitas Internet Cepat dan Stabil

Jaringan IndiHome ini udah tersebat di banyak daerah di Indonesia. Temen-temen bisa cek di halaman https://myih.telkom.co.id/check-coverage/map untuk mengetahui apakah rumah temen-temen masuk ke area jaringan IndiHome ya. Bisa juga langsung cek di aplikasi myIndiHome ya!

Selain itu, buat temen-temen yang bergantung banget sama internet kayak aku, memilih IndiHome nggak akan jadi keputusan yang salah. Soalnya, dengan jaringan fiber optic yang dimiliki, IndiHome bisa mentransfer data mencapai 100 Mbps, jadi kita berselancar dan menikmati internet dengan lebih cepat.

Nggak cukup sampai di situ, jaringan IndiHome juga akan stabil meskipun kita memakai akses internet secara bersamaan. Main game online, menonton TV hingga streaming youtube secara bersamaan dalam satu rumah pun nggak akan ada masalah.

Kabel serat optik yang dimiliki sudah terbukti bisa diandalkan dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun.

4. Layanan Telepon yang Lancar

Tak hanya internetnya yang bisa diandalkan, tapi layanan teleponnya pun demikian. Temen-temen yang membutuhkan layanan telepon yang memiliki kualitas suara jernih dan minim dari gangguan bisa mempertimbangkan memilih IndiHome loh ya.

5. Bisa Bayar Di Mana Saja

Untuk masalah pembayaran, kita bisa cek langsung jumlah tagihan di aplikasi myIndiHome. Selain itu kita juga bisa pembayaran dengan berbagai cara seperti:

  • Plasa Telkom
  • Aplikasi LinkAja
  • Kantor Pos
  • Jaringan ATM (Mandiri, BNI, BRI, BCA)
  • E-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli
  • GoPay dan OVO
  • Alfamart, Indomaret dan lain sebagainya.

6. IndiHome, Provider Andalan yang Terus Berinovasi

Dikutip dari laman https://www.cnbcindonesia.com/, layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk ini terus melakukan berbagai inovasi untuk memberikan layanan internet terbaik di Indonesia.

Salah satunya adalah IndiHome melakukan perbaikan ratio Upload dan Download (UL:DL) yang membuat proses upload usernya semakin cepat, peningkatan throughput atau bandwidth aktual yang terukur, dan penurunan latency sehingga pelanggan bisa berselancar di internet semakin cepat dan stabil.

Selain itu, IndiHome juga menghadirkan Higher Speed Same Price (HSSP), yaitu program yang bisa membuat pelanggannya bisa menikmati penyesuaian kecepatan internet yang lebih tinggi tanpa adanya biaya tambahan. Asik banget!

Kini, IndiHome mengusung konsep Window of Entertainment yang menyediakan berbagai pilihan konten menarik mulai dari layanan TV Interaktif, Minipack Channel TV, add-on, 10 OTT partner (Disney+Hotstar, Vision+, VIU, CATCHPLAY+, MOLA, Vidio, WeTV, Lionsgate Play, HBO Go, dan Gameqoo).

Berkat inovasi IndiHome yang tiada henti, kini kita bisa bisa memilih paket bebas tanpa batas atau Paket Buy Your Own Device (BYOD) dimana pelanggan akan berhak memiliki perangkat resmi dari Telkom dan ada juga Paket Pembayaran di Depan (PDD) dimana usernya bisa mendapatkan diskon hingga 30%. Terbaru, kini IndiHome juga melakukan sinergi dengan Telkom Group khususnya Telkomsel melalui penjualan IndiHome Halo, IndiHome Orbit, dan IndiHome+.

**

Dari banyaknya kelebihan IndiHome yang aku sebutkan di atas tentu udah nggak ada pertanyaan lagi ya kenapa IndiHome ini banyak direkomendasikan.

Untuk para pebisnis digital atau para blogger dan penulis yang mencari rezeki dari internet dan butuh akses internet yang cepat, minim gangguan, juga bisa dapat channel hiburan yang lengkap untuk menyeimbangkan hidup, bisa banget pilih paket di IndiHome yang paling cocok dengan kebutuhan.

Terimakasih IndiHome karena telah membersamaiku berkarir di dunia blog, merawat blog-blog kesayanganku hingga bisa memberikan penghasilan, membangun personal branding di dunia penulisan blog hingga membantuku melewati perjuangan membangun bisnis digital sejak 2 tahun ini.

Semoga aku bisa membuat bisnis ini terus bertahan, makin berkembang dan memberikan kesempatan penulis mendapatkan penghasilan dari skill yang mereka miliki.

 

Warm Regards,

Rini

(Owner Bisnis NoeDigitalMedia.com)

XOXO

 

Referensi:

  • https://indihome.co.id/paket/daftarhttps://myih.telkom.co.id/login:check-coverage–map
  • https://www.indihome.co.id/landingpage/regional5/dualplay-tv-disney
  • https://money.kompas.com/read/2021/06/21/192100426/-harga-paket-internet-indihome-2021-mulai-rp-275.000-per-bulan
  • https://www.fastpay.co.id/blog/keunggulan-indihome-wifi-yang-harus-anda-tahu.html
  • https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220420142028-37-333214/cek-deh-ini-sederet-inovasi-indihome-demi-internet-ngebut
  • https://indihome.co.id/bantuan/cara-bayar-tagihan
0 Shares:
7 comments
  1. Wah keren sih mbak bisa bangun bisnis gini. disambi kerja pula. saya mah gak bisa ngatur waktunya. apalagi blog mbak rini bukan cuma 1, tapi banyak. sukses terus ya kedepannya.

  2. Masya Allah…berkah mbak. Dari tulisan bisa menghasilkan banyak ya .. untungnya IndiHome sangat mensupport aktivitas kita ya ..

  3. Wow banget Mbak, bukan hanya sudah memproduksi 5 juta kata tapi juga karena sudah menghitungnya sejak awal. Luar biasa. Saya selalu kagum dengan orang yang suka dengan angka sehingga banyak hal dikonversi ke angka. Dan itu mengagumkan bagi sosok seperti saya yang kurang suka pada angka dalam arti sesungguhnya. Bahkan suami aja kadang agak gimana gitu kalau memberi saya ‘gaji” dalam bentuk chas. Dan meski peduli sekali dengan jumlah dan pengeluaran tapi sayanya yang ga suka pegang uang dan ga suka ngitung butuh/habis berapa. hehehehe.

  4. Aku mau dong, keyboard unyunya. Wkwkwkwk. Meja kerjanya penuuuh ama conan. Mba rini salah satu kenalanku yang paling sukses. Bloger yang tahan banting, tenaganya gak habis2, jadi sangat wajar jika noedigital sekarang makin gemilang. Terus berkarya mba rini. sukses selalu.

  5. MasyaAllah, keren mba Rini,
    Semoga sukses dan lancar terus usahanya
    Bisa kasih manfaat buat brand dan orang lain, aamiin

  6. Barakallahu Mbak, sukses terus dengan bisnis penulisan artikelnya, keren bisa sampai membuka lapangan kerja juga.
    Ah, dan sudah pasti dengan adanya IndiHome semuanya menjadi lebih mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like