Wajib Dicoba! Begini Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar

Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar

Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar – Sepatu termasuk penunjang fashion kaum laki-laki maupun wanita, bahkan digunakan untuk sekolah dan kegiatan penting lainnya. Tatkala sepatu selalu dipakai, warnanya bisa pudar. Mayoritas orang memilih membeli sepatu baru agar menunjang penampilan, padahal ada cara mewarnai sepatu yang pudar. Alhasil uang untuk membeli sepatu bisa dipakai kebutuhan lain.

Jenis sepatu beragam dan dipilih sesuai selera, ada skamul, high heels, sneakers dan lainnya. Penyebab warna sepatu pudar beragam, diantaranya terkena hujan secara terus menerus, panas dan tempat penyimpanannya tidak baik. Hal tersebut membuat sepatu kusam dan menimbulkan bau tak sedap.

Cara Mengembalikan Warna Sepatu yang Pudar

Cara Mewarnai Sepatu yang Pudar

Kamu bingung mengembalikan warna sepatu karena rutinitas padat? Tenang saja. Kamu bisa melakukannya di hari libur saat bersantai bersama keluarga, sebelum membuat warna sepatu seperti baru harus menyiapkan bahan-bahannya. Yaitu sepatu yang akan diwarnai, gunting, sikat gigi, sarung tangan, lakban dan cat rambut sesuai warna.

Saat peralatan sudah disiapkan, pastikan kamu konsentrasi sehingga hasilnya maksimal. Apalagi cara mewarnai sepatu yang pudar ini simple sehingga bisa dilakukan semua orang, berikut ada cara yang bisa diterapkan:

1. Tutupi Bagian Sepatu Berwarna

Saat kamu sepatu yang akan diberikan warna memiliki warna putih dan warna lainnya, sebaiknya ditutupi. Tujuannya agar tidak terkena pewarna, dengan begitu warnanya tetap cantik walaupun dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Walaupun cara membuat warna sepatu menjadi seperti baru cukup mudah, membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jangan sampai kamu tergesa-gesa memberikan pewarna pada sepatu, hal tersebut membuat pewarna terkena bagian sepatu yang tidak diberikan warna.

Hati-hatilah saat memberikan pewarna di salah satu bagian, carilah tempat yang nyaman dan sepi saat memberikan menerapkan cara mewarnai sepatu yang pudar agar konsentrasi kamu penuh.

2. Gunting Isolasi Penutup Sepatu Dengan Rapi

Jangan lupa menggunting isolasi penutup dengan rapi, sediakan gunting yang tajam agar hasilnya rapi. Tujuannya agar tak ada bagian berwarna yang akan tertutu isolasi. Walaupun terkesan sepele tetapi sangat penting. Apa jadinya jika kamu menggunting di sela kesibukan dan pikiran tidak fokus, bisa saja bagian sepatu ada yang tertutup isolasi.

3. Melepaskan Tali Sepatu

Cara membersihkan sepatu penting dilakukan saat memberikan pewarna. Untuk itulah, wajib melepaskan tali sepatu sehingga tali sepatu tak terkena cat atau pewarna sepatu. Kamu bisa meletakkan tali sepatu di tempat yang aman, dengan begitu anak-anak tak akan mengambil tali sepatu kamu.

Jika tali sepatu kamu memiliki warna dan ingin diberikan warna baru, letakkan tali sepatu di sekitar kamu. Dengan begitu proses pengecatan tali sepatu lebih cepat, sesuaikan warna tali sepatu dengan sepatu agar hasilnya menawan. Jika ingin dikombinasikan, pilih cat yang senada dengan tali sepatu dan cat dinding.

4. Menyiapkan Pewarna

Selanjutnya, siapkan pewarna yang akan digunakan untuk mengecat sepatu. Usahakan memilih warna yang netral atau disesuaikan dengan kebutuhan sehingga kamu percaya diri memakai sepatu tersebut. Walaupun di cat sendiri, tetapi hasilnya makismal. Cara mewarnai sepatu yang pudar tak membutuhkan waktu lama, kamu bisa meluangkan waktu di sela bekerja.

5. Menggunakan Alas Tangan

Sejatinya, pewarna sepatu yang digunakan memiliki bahan kimia. Jangan sampai pewarna tersebut mengenai tangan lantaran memicu iritasi, apalagi jika kamu tipe sensitif pasti tangan mudah iritasi. Bukannya melihat sepatu seperti baru, tetapi malah kesakitan akibat tangannya iritasi.

Pastikan kamu memakai sarung tangan, jangan sampai menyepelakan sarung tangan karena dampaknya bisa panjang. Bahkan bisa mengganggu kesehatan tangan.

6. Cat Seluruh Bagian Sepatu

Cara mewarnai sepatu yang pudar menjadi aktivitas yang seru, kamu bebas memilih tempat yang nyaman. Pastikan kamu mengecat seluruh bagian sepatu dengan rata, gunakan sikat gigi yang tak terpakai karena membuat pengecatan lebih rapi. Setelah semua bagian di cat rapi, tunggu sampai mengering.

Jangan lupa lepas isolasi dan pasang kembali tali sepatu seperti semula. Agar pewarna kering maksimal, pakailah sepatu paling tidak 3 hari kemudian sehingga pewarna sudah mengering sempurna.

Cara memutihkan sepatu mudah dilakukan dimana saja, kamu bisa mencobanya di rumah sesuai kebutuhan. Jika kamu pertama mencobanya, lebih baik menggunakan sepatu yang tidak terpakai. Saat sudah mahir, cobalah sepatu yang masih dipakai. Jika kamu bingung bisa menerapkan cara mewarnai sepatu yang pudar diatas.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.