Mau Jadi IT Consultant? Ini Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur

Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur

Mau Jadi IT Consultant? Ini Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur – Pernah dengar karir sebagai IT Consultant? Apa tanggung jawabnya dan di mana harus kuliah untuk meniti karir profesi ini? Bagi kamu yang bingung mau kuliah untuk menjadi IT consultant, perlu memilih universitas informatika terbaik di Jawa Timur. Malang, salah satu kota di Jawa Timur memiliki segudang institusi pendidikan yang tak kalah bagusnya dengan kita besar lainnya.

Apalagi jika kamu bercita-cita ingin jadi IT consultant, belajar di jurusan teknik informatika adalah jalan tepat untuk dilakukan. Mengapa memilih Malang jadi tujuan belajar dan universitas manakah yang terbaik buat kamu kuliah? Semuanya diulas lengkap di sini.

Mengapa Memilih Karir sebagai IT Consultant

Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur

Apa yang menyebabkan kamu memilih karir sebagai IT consultant? Apakah kamu sudah tahu apa tugas dan tanggung jawab sebagai IT consultant? Bagi kamu yang mau menempuh karir ini harus tahu secara lengkap semuanya.

Seorang konsultan IT memiliki tanggung besar dalam membantu bisnis skala besar atau kecil dengan memanfaatkan teknologi. Banyak saran yang bisa diberikan dalam penggunaan teknologi demi memenuhi tujuan bisnis perusahaan. Bisa juga memberikan saran dalam mengatasi masalah bisnis.

Sehingga struktur dan efisiensi sistem IT akan meningkat dalam sebuah perusahaan atau institusi. Beberapa tanggung jawab yang harus dilaksanakan adalah:

  1. Melakukan analisa persyaratan IT di sebuah perusahaan dan memberikan masukan objektif mengenai penggunaan teknologi.
  2. Membantu memberikan perubahan dalam hal hubungan dengan sistem teknologi.
  3. Menciptakan dan mengembangkan solusi dalam bisnis serta menerapkan dan membuat laporan.
  4. Menentukan kebutuhan hardware, software serta jaringan yang dibutuhkan.
  5. Melakukan uji coba, instalasi dan pemantauan sistem.
Artikel Terkait:  Seminar Internasional 2020 Online Terindeks Scopus oleh FKIP UKI Jakarta

Kualifikasi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Konsultan IT

Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur

Demi memenuhi tanggung jawab tersebut maka terdapat kualifikasi yang harus dipenuhi seseorang untuk menjadi konsultan IT. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini:

1. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik

Keterampilan yang dibutuhkan bukan sekedar menguasai instalasi hardware dan software saja. Namun IT konsultan bekerja secara tim jadi kemampuan komunikasi yang baik pun dibutuhkan. Misalnya saja dalam penulisan proposal hingga presentasi mengenai sistem yang akan diterapkan.

Selain itu juga kemampuan berkomunikasi menyampaikan laporan dari hasil penerapan sistem. Pekerjaan ini membutuhkan komunikasi yang efektif.

2. Mampu berpikir solutif

Kemampuan untuk bisa memecahkan masalah membuat kemampuan untuk berfikir solusi dibutuhkan. Karena ada banyak masalah yang bisa terjadi pada perusahaan atau bisnis yang perlu analisis dan cara berfikir kritis.

Pekerjaan yang terstruktur dan terorganisir dengan baik harus diterapkan dalam mencapai solusi atas permasalahan yang dihadapi.

3. Bisa belajar dengan cepat

Seorang konsultan IT juga harus bisa belajar dengan cepat karena teknologi terus berkembang. Demi mengejar solusi mengenai teknologi maka perkembangan teknologi terbaru yang bisa jadi solusi harus dipahami.

Berkomunikasi dengan efektif dan terus belajar akan membuat seorang konsultan IT ahli di bidangnya. Komitmen dalam meningkatkan kemampuan diri harus terus dijalani.

4. Berani dan bisa mengambil keputusan

Pengalaman akan mengajarkan pengambilan keputusan yang baik. Praktik di lapangan akan membuat karir di bidang ini harus bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Perlu keberanian untuk bisa mengambil keputusan tepat sebagai solusi.

Yakin pada diri sendiri harus terus dipupuk selama terus belajar dan berproses dalam pengalaman. Oleh karena itu mencari universitas swasta teknik informatika terbaik jadi jalan terbaik untuk memperoleh pengalaman serta ilmu yang tepat. Mencari Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur susah nggak sih? Coba simak yuk.

Artikel Terkait:  Soal dan Pembahasan Fisika SMP : Materi Listrik Statis

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Informatika

Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur

Sebenarnya peluang karir yang bisa ditempuh oleh mahasiswa jurusan teknik informatika tidak terbatas sebagai konsultan IT saja. Kamu mungkin tertarik untuk menjadi seorang IT consultant tapi bukan berarti peluang karir lainnya tertutup.

Ada beberapa karir yang bisa dijalani lulusan teknik informatika sebagai berikut

1. Software Engineer

Profesi ini memiliki tugas utama dalam melakukan analisis serta menyusun spesifikasi dan mengimplementasikan rancangan software. Mirip dengan programer hanya saja perlu penguasaan tentang Software Development Life Cycle (SDLC).

2. System Analyst

Profesi ini fokus tanggung jawabnya pada penelitian, merancang, dan mengkoordinasikan software dan system. Dalam pengembangan, seorang system analyst memiliki peranan kunci yang sangat penting.

3. Web Engineer

Disebut juga web developer, adalah profesi yang orang yang merancang dan mengembangkan web. Ada begitu banyak yang harus dibuat dalam sebuah web dari frontend, backend hingga fullstack. Web developer ini bahkan bisa membuat dan membangun jasa pembuatan web sendiri.

4. Computer Network Specialist

Profesi ini memiliki spesialisasi soal jaringan komputer. Mulai dari membuat desain, instalasi hingga pemeliharaan jaringan.

5. Database Specialist

Tanggung jawab profesi ini sangat besar mengenai data perusahaan seperti menyesuaikan kapasitas data yang dimiliki perusahaan. Bahkan bekerja di lapangan sebagai system database administrator dan application database administrator.

Tertarik untuk memiliki karir ini? Kamu harus kuliah di universitas terbaik di Indonesia.

Alasan Kuliah Informatika di Universitas Binus Malang

Universitas Binus Malang

Salah satu universitas informatika terbaik di Jawa Timur yang perlu masuk pada daftar pilih adalah Universitas Binus Malang. Sejak September 2016, Binus Malang telah memulai perkuliahan program studi Teknik Informatika.

Bisa dibilang masih baru, namun Binus Malang telah menjadi universitas terbaik untuk jurusan informatika di Jawa Timur. Sebagai universitas informatika terbaik di Jawaa Timur, ada beberapa alasan kenapa kamu harus memilih Binus Malang.

Artikel Terkait:  Jurnal Akuntansi : Pengaruh Faktor Fundamental Mikro dan Makro Terhadap Nilai Perusahaan

1. Berlokasi di kota pendidikan Malang

Siapa yang tidak ingin kuliah di kota pendidikan? Malang yang memiliki julukan kota pendidikan ini sangat nyaman suasananya untuk belajar. Selain itu kehidupan mahasiswa di Malang sangat nyaman. Biaya hidup murah, banyak tempat nongkrong dan wisata serta beragam kebudayaan seperti festival sering diselenggarakan.

Jadi memilih Binus Malang adalah keputusan tepat yang akan membuat kehidupan kuliah lebih menyenangkan.

2. Penerapan program 2+1+1

Tak heran jika Binus Malang disebut sebagai salah satu Universitas Informatika Terbaik di Jawa Timur. Pasalnya, Binus Malang menerapkan program perkuliahan 2+1+1 yaitu di mana selama kuliah 4 tahun mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman. Pada 2 tahun pertama kuliah mahasiswa akan menempuh pendidikan di kampus Binus Malang.

Di tahun berikutnya selama satu tahun, mahasiswa akan melanjutkan kuliah di kampus Binus Jakarta atau Bandung. Kemudian pada tahun keempat mahasiswa akan menjalankan program Enrichment yaitu magang di perusahaan. Bisa juga di pusat penelitian, startup atau universitas luar negeri yang bekerja sama.

3. Bukan lagi D3 tetapi S1

Jurusan teknik informatika di Binus Malang akan meluluskan Sarjana Komputer (S.Kom.) dan bukan lagi D3 yang hanya tiga tahun. Selama perkuliahan ada banyak pengetahuan yang diberikan. Mulai dari algoritma, teknologi database, pegembangan aplikasi hingga konsep matematikan.

Untuk menunjang lulusan yang berkualitas, kurikulum yang digunakan mengacu pada ACM atau Association for Computing Machinery yang merupakan kurikulum internasional. Jadi sebagai lulusan S1 nantinya sudah cukup banyak bekal yang bisa diterapkan dalam karir.

Bagi kamu yang memiliki minat untuk kuliah di universitas informatika terbaik di Jawa Timur ini setidaknya harus lulusan SMA IPA. Peluang kuliah juga terbuka bagi kamu lulusan SMK Telekomunikasi, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Komputer Jaringan, teknik Informatika dan sejenisnya. Tertarik untuk ikut kuliah? Langsung saja mendaftar.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.