Loading

Perhatikan 3 Tips Memilih Waterproofing yang Tepat

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pembangunan, salah satunya memastikan bahwa bangunan Anda terlindungi dari air dan berbagai tantangan cuaca. Maka dari itu, teknik waterproofing atau pengendapan air merupakan salah satu tahap yang penting untuk dilakukan.

Apakah Anda sudah paham dengan teknik pengendapan air? Jika ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang teknik tersebut dan bagaimana tips untuk memilihnya, maka artikel ini merupakan alternatif bagi Anda untuk menemukan informasi yang tepat. Jadi, ikuti pembahasan berikut!

Apa itu Waterproofing?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang teknik pengendapan air, maka ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dari teknik ini.

Secara umum, arti waterproofing atau pengendapan air yaitu sebuah metode atau teknik untuk melakukan pengaplikasian terhadap lapisan yang anti bocor. Ada berbagai bagian yang bisa dilengkapi dengan pengaplikasian ini, misalnya untuk melindungi bagian dinding, lantai, kamar mandi, balkon, serta dak atap bangunan.

Hal ini menjadi semakin penting untuk berbagai area yang memang memerlukan perlindungan khusus terhadap air. Sebagai contoh, untuk lantai kamar mandi, karena sangat sering terkena air dan perlu mendapatkan perlindungan secara tepat dan optimal.

Tips Memilih Waterproofing yang Tepat sesuai Kebutuhan

Dalam pemilihan, maka sebaiknya Anda memperhatikan berbagai aspek penting. Berikut adalah tips memilih pengendapan air:

  • Jangan Tergiur Harga Murah

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu sebaiknya Anda memperhatikan pemilihan materialnya dengan tepat. Pastikan bahwa Anda mengutamakan kualitas, supaya hasilnya akan lebih optimal dan dapat digunakan dengan baik dalam jangka waktu panjang.

Meski mungkin ada banyak produk yang tergolong murah dan menggiurkan untuk digunakan, namun hal penting yang harus Anda perhatikan tetap kualitas. Jika ingin mencari produk dengan harga lebih murah pun sebaiknya Anda tidak mengabaikan poin utama yang satu ini.

  • Pilih Sesuai Kondisi dan Kebutuhan

Perlu diketahui bahwa ada berbagai jenis material untuk melakukan metode yang satu ini, sehingga jenis produknya pun bervariasi. Terdapat perbedaan komponen bahan dasar untuk jenis pengaplikasian yang berbeda. Hal ini selanjutnya dapat berpengaruh terhadap sifat dari produk akhir yang terbentuk.

Salah penyebab dari risiko kegagalan yang mungkin terjadi pada kemudian hari bisa saja disebabkan oleh kesalahan dalam memilih material ini.

Maka dari itu, perlu dipastikan dengan detail area mana saja yang akan diaplikasikan dengan metode ini, sehingga dari sana bisa terbayang material seperti apa yang dibutuhkan dalam hal ini.

Selain itu, selain memiliki kelebihan, setiap produk juga memiliki kekurangan yang penting untuk diperhatikan, misalnya tidak kuat dengan kondisi cuaca atau area tertentu.

Sebagai contoh, jika Anda akan melakukan teknik ini untuk area yang memiliki tingkat kelembapan tinggi dan sangat rawan untuk menjadi basah, maka Anda bisa memilih jenis produk yang cement based.

Namun, produk jenis ini tidak memiliki ketahanan yang kuat terhadap sinar matahari, sehingga kurang cocok jika Anda mengaplikasikannya di lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Tips Memilih Waterproofing yang Tepat

  • Pilih Aplikator yang Sudah Berpengalaman

Terakhir, sangat penting bagi Anda untuk menentukan aplikator dari pelaksanaan teknik pengendapan air ini. Perlu diketahui bahwa dalam melakukan teknik ini, bukan hanya produk yang akan menentukan hasil akhirnya, melainkan bagaimana cara Anda mengaplikasikan produk tersebut secara tepat.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilih tenaga atau jasa yang memang sudah berpengalaman dalam melakukan teknik pengendapan air. Pastikan mereka paham betul tentang teknik ini, serta bisa bertindak profesional dalam melakukan setiap proses pemasangan supaya hasilnya optimal dan tetap aman.

Sebenarnya, ada berbagai risiko kegagalan dari proses pengaplikasian ini, termasuk berbagai kerusakan yang mungkin akan terasa ketika area tersebut digunakan untuk berbagai keperluan.

Untuk menghindarinya, usahakan untuk semaksimal mungkin memberikan yang terbaik sejak awal, baik dari segi produk maupun pemilihan aplikator.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, mungkin Anda sudah cukup paham dengan apa yang dimaksud teknik pengendapan air. Jika dijelaskan secara singkat, itu merupakan teknik atau metode untuk mengaplikasikan lapisan pelindung yang anti bocor.

Tentu saja, pemakaian lapisan anti bocor tersebut tidak dilakukan tanpa sebab, karena inilah perlindungan penting yang sebaiknya ada pada berbagai area bangunan, misalnya kamar mandi dan atap.

Selanjutnya, pada artikel ini juga sudah dijelaskan apa saja tips penting perlu dilakukan ketika Anda akan memilih teknik pengendapan air. Berbagai hal di atas seharusnya diperhatikan dengan baik, supaya hasil kerja dari teknik ini pun bisa optimal.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan melakukan teknik ini yaitu memastikan bahwa Anda memilih produk pelapis anti bocor yang memang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memakai produk Sika Top 107 Seal ID yang mudah dicampur, mudah digunakan, dan fleksibel. Produk ini memiliki campuran yang sudah ditakar, dengan konsistensi dapat disesuaikan untuk aplikasi menggunakan kuas atau towel.

Tentunya, produk ini juga sudah terjamin kedap air dan memiliki daya rekat sangat baik pada substrat yang keras. Kelebihan lain dari produk ini yaitu tidak beracun, tidak korosif, tidak mudah terbakar, dan memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan. Produk ini juga tidak retak atau susut jika digunakan sesuai petunjuk.

Perlu diketahui juga bahwa Sika adalah brand pertama yang mencetuskan waterproofing semen di Indonesia. Dengan pengalaman selama 113 tahun, Sika sudah bertanggung jawab untuk berbagai proyek global. Untuk proyek di Indonesia, salah satunya yaitu proyek MRT atau yang merupakan singkatan dari Mass Rapid Transit.

Untuk menemani berbagai proyek pembangunan Anda, berbagai produk Sika siap menjadi alternatif terbaik! Untuk berbagai informasi selengkapnya tentang Sika, silakan klik di sini!

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Perhatikan 3 Tips Memilih Waterproofing yang Tepat