8 Tips Memilih Lembaga Donasi yang Tepat

Tips Memilih Lembaga Donasi

Bersedekah adalah salah satu cara untuk membersihkan harta dan membuat hati makin bahagia. Saat ini, sudah ada lembaga donasi yang membantu menyalurkan uang kepada pihak yang berhak. Mereka akan sangat terbantu dan mampu melanjutkan hidupnya, berkat sumbangan dari Anda. Berikut ini beberapa tips memilih lembaga donasi yang tepat, agar uang benar-benar diberikan kepada kaum yang membutuhkan.

Beberapa Tips Memilih Lembaga Donasi yang Jujur

Tips Memilih Lembaga Donasi

Anda bisa menyimak cara memilih lembaga donasi di bawah ini:

1. Mendatangi Alamatnya

Jika ada iklan di media sosial mengenai sebuah lembaga donasi, maka lihatlah alamatnya di akunnya. Jika ada dalam 1 kota, maka datangilah kantornya untuk mengecek, apakah badan amal itu benar-benar ada. Pengecekan dilakukan agar mengetahui lembaga itu bonafid, atau hanya modus dari oknum nakal.

Ketika posisi lembaga donasi ada di luar kota, maka mintalah teman untuk pergi ke kantornya. Pengecekan wajib dilakukan, apalagi jika kamu akan menyumbang dalam jumlah besar. Lembaga yang terpercaya pasti memiliki kantor yang representatif dan menjalankan program-program donasi dengan profesional.

2. Menelepon Lembaga Donasi

Tips memilih lembaga donasi yang selanjutnya adalah dengan menelepon kantornya. Jika kamu tidak sempat mendatanginya atau tidak ada teman yang ada di 1 kota dengannya, konfirmasi bisa lewat telepon. Customer service akan menerima telepon dengan senang hati dan menjelaskan bahwa lembaga donasi ini benar-benar bisa dipercaya.

3. Membaca Proposal Lembaga

Jika ada perwakilan dari lembaga donasi yang datang ke rumah Anda, maka bacalah proposal mereka. Di situ tertera donasi diberikan dalam bentuk apa. Misalnya beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu, untuk perbaikan ruang kelas yang rusak parah, dll. Juga ada update perkembangannya di media sosial. Dengan begitu, maka lembaga ini bisa dipercaya, karena proposal yang diberikan sesuai dengan kenyataan.

4. Memiliki Program yang Selalu Berkelanjutan

Tips memilih lembaga donasi yang selanjutnya adalah ia memiliki program yang suistinable. Dalam artian, lembaga ini tidak hanya membuka donasi saat ada bencana alam, misalnya ketika ada banjir di NTT dan NTB atau bencana alam di daerah lain. Namun, ia juga punya program reguler lain. Misalnya sponsor anak, katalog hadiah, dll.

Program yang berkelanjutan ini penting, karena menunjukkan keseriusan lembaga donasi dalam menjalankan misinya. Ia benar-benar ingin menolong anak dan orang dewasa yang kesulitan finansial. Sehingga mereka bisa terbantu dan bebas dari lilitan permasalahan hidup.

5. Memiliki Izin dari Kementrian Sosial

Izin dari Kemensos sangat penting, karena penggalangan dana dengan jumlah besar harus memiliki legalitas dari kementrian tersebut. Pilih lembaga yang sudah berizin agar kamu benar-benar yakin saat berdonasi. Sehingga hati tenang, karena kantornya sudah diakui oleh kementrian sosial dan bekerja dengan sigap serta profesional.

6. Mengecek foto yang Digunakan

Anda juga bisa mengecek keabsahan sebuah yayasan melalui foto yang digunakan di media sosial. Ini tips memilih lembaga donasi yang paling mudah, karena hanya bermodal gawai dan akses internet. Pastikan foto yang mereka pakai benar-benar asli, bukan hanya modal copy-paste lalu ternyata lembaganya bodong.

7. Berpengalaman

Lembaga donasi yang dipilh harus berpengalaman minimal 10 tahun. Dengan adanya pengalaman selama itu, maka ia akan bekerja dengan lebih cepat dan mantap, karena sudah memiliki pengalaman yang lama. Lihatlah terlebih dahulu kapan lembaga donasi itu berdiri, sebelum terlanjur mentransfer uang ke rekening mereka.

8. Ada Laporan Tahunan

Pastikan yayasan tempat kamu berdonasi memberi laporan tahunan yang bisa dibaca oleh publik, misalnya di situs lembaga. Ia memaparkan berapa banyak donasi yang masuk dan digunakan untuk kegiatan santunan atau pemberian bantuan apa saja ke warga terdampak bencana. Dengan begitu, kamu percaya bahwa uang dari para donatur benar-benar disalurkan kepada mereka yang kesusahan.

Tips memilih lembaga donasi tidak terlalu sulit, yang penting kamu teliti dan mengecek apakah kantornya benar-benar eksis. Selain itu, periksa situsnya dan bacalah laporan tahunannya. Kamu ingin menyumbang sebagian rezeki tetapi bingung mau disalurkan ke mana? Wahana Visi Indonesia adalah lembaga donasi kompeten yang berdiri sejak 20 tahun lalu. Kamu bisa memberi hadiah kepada anak-anak kurang mampu, baik sebagai sponsor atau non-sponsor. Sehingga mereka bisa tertawa dan bersekolah tanpa takut biaya yang mencekik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.