Cicipi Hidangan Legendaris di 5 Tempat Wisata Kuliner Pekanbaru

Tempat Wisata Kuliner Pekanbaru

Cicipi Hidangan Legendaris di 5 Tempat Wisata Kuliner Pekanbaru – Kota Pekanbaru merupakan ibu kota provinsi Riau dan salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatra. Kota yang berdiri pada 23 Juni 1784 ini memiliki semboyan “BERTUAH”, yakni singkatan dari “Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, dan Harmonis”. Pekanbaru menyuguhkan wisata alam dan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, kota ini juga menawarkan hidangan-hidangan legendaris yang menggugah selera.

Tempat Wisata Kuliner Pekanbaru

Penasaran bagaimana cita rasanya? Kunjungi 5 tempat wisata kuliner di Pekanbaru berikut ini.

1. Pukis Padusari

Tempat Wisata Kuliner Pekanbaru
Kedai Pukis Padusari (sumber : google.com/maps)

Kedai Pukis Padusari berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tinggi, Pekanbaru Kota. Kudapan pinggir jalan ini telah ada sejak tahun 1982 dan selalu ramai dikunjungi orang-orang. Kue pukis dibanderol dengan harga Rp2.000 hingga Rp3.000 per buahnya.

Tersedia varian rasa seperti stroberi, nanas, pandan, pisang, jagung, kacang, cokelat, keju, dan Nutella. Meskipun dapat dibawa pulang, sebaiknya makanlah kue pukis selagi masih hangat.

2. Putu Bambu

Camilan tradisional tidak kalah dengan yang kekinian, lo. Sebut saja kue putu yang menjadi kuliner legendaris di Pekanbaru. Kedai Putu Bambu bisa Anda temui di Jalan Melur―Jalan Cempaka, Sukajadi, Pekanbaru, ini sudah berjualan sejak tahun 2011.

Artikel Terkait:  Traveloka Eats: Berburu Pengalaman Kulineran Seru Di Jakarta serta Mencari Hidden Gems di Treats

Uniknya, kue putu di sini tidak berwarna hijau seperti pada umumnya, melainkan warna putih. Rasanya yang manis berpadu dengan parutan kelapa yang gurih bisa menjadi teman perjalanan Anda.

3. Rumah Makan Pondok Gurih

Rumah Makan Pondok Gurih beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No. 202, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru. Restoran ini menghadirkan aneka menu khas Nusantara, terutama Melayu. Pondok Gurih dibuka setiap hari mulai pukul 10.30 hingga 22.00 WIB.

Desainnya yang bertema tradisional ini menambah suasana nyaman selama menyantap hidangan.
Masakan di Pondok Gurih yang menjadi favorit banyak orang adalah patin asam pedas. Ikan diolah dengan bumbu khas dan dimasak hingga dagingnya melembut.

Selain itu, ada pula menu ikan selais goreng yang renyah dan gurih. Ikan endemik Riau ini ditambah sambal kecap sehingga rasanya jadi lebih nikmat. Adapun menu lain seperti udang sambal petai, ayam kampung bakar, bawal goreng terasi, dan taoge ikan asin.

4. KlapperPie

Toko KlapperPie terletak di Jalan Sumatra No. 66B, Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota. KlapperPie menawarkan menu-menu seperti pai, klappertaart, dan kaserol makaroni.

Tersedia 9 varian rasa, yakni cokelat, keju, buah-buahan, almon, pisang cokelat, cokelat kacang, stroberi cokelat, pai apel, dan keju bluberi. Kudapan manis ini cocok sebagai buah tangan karena dapat bertahan selama 23 jam di luar kulkas dan 3 hari di dalam kulkas.

Artikel Terkait:  Ini 7 Wisata Kuliner Surabaya Paling Enak dan Murah yang Wajib Kamu Coba

5. Iga Bakar Cobek

Tempat Wisata Kuliner Pekanbaru
Iga Bakar Cobek (sumber : google.com/maps)

Ingin mencicipi kuliner berbahan daging? Ayo, mampir ke restoran Iga Bakar Cobek di Jalan Gardenia No. 12E, Harjosari, Sukajadi. Harga satu porsi iga bakar cobek adalah Rp28.000. Iga dipotong kecil-kecil dan dibumbui dengan irisan cabai rawit, kecap, dan tomat.

Tak hanya menyajikan iga bakar yang pedas dan gurih, restoran ini juga menyajikan sop buntut, belut goreng, rujak serut, dan es doger.

Demikian ulasan seputar 5 tempat wisata kuliner di Pekanbaru yang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Kini mencicipi kuliner legendaris di Kota Bertuah sudah tak perlu pusing-pusing lagi.
Setelah makan-makan di tempat wisata kuliner, waktunya untuk mencari hotel di Pekanbaru untuk menginap. Airy hadir dan memberikan 7 jaminan kenyamanan di setiap kamar penginapan. Tak hanya itu, Anda bisa melakukan segala transaksi secara aman, bebas dari penipuan, dan tak akan mengecewakan. Ayo, booking hotel di Airy sekarang juga!

0 Shares:
2 comments
  1. Dari dulu pengen ke Pekanbaru belum kesampaian, boleh disimpan dulu link tulisan ini biar nanti pas kesana bisa langsung hunting. Ma kasih ya Kakak cantik buat tulisannya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.