Review It’s Okay to not be Okay (2020) – Drama Terpopuler Wajib Tonton!

it's okay to not be okay

Ada yang udah nungguin aku nulis review It’s okay to not be okay nggak neh? Udah nonton drama korea terbaru 2020 ini belum? Seriusan ada yang belum nonton? Buruan deh tonton ke 16 episodenya. I guarantee you won’t regret it. Justru kamu bisa nyesel seumur hidup kalau melewatkan drama korea satu ini.

Nggak berlebihan kayaknya kalau aku bilang drama It’s okay to not be okay ini adalah salah satu drama terbaik korea dari segi cerita dan kualitas para pemainnya. Kamu suka melow drama? drama ini bakal bikin kamu mewek deh.

Kamu suka romantisme dua insan yang saling jatuh cinta? kamu bakal dibikin klepek-klepek di sini. Kamu suka tampilan orang korea bak dewa dewi yang cantik dan tampan, ada di drama ini. Kamu suka genre drama yang bikin ketawa ngakak, kamu juga bakal dipuaskan. Lengkap banget kan?

It’s okay to not be okay korean drama ini sukses jadi bahan omongan di seluruh jagat pecinta drama korea di dunia. Sebelum tayang pun drama korea ini sudah memiliki ramuan yang tepat untuk jadi sukses.

Berhasil mengaet Kim Soo Hyun sebagai pemeran utama yang terkenal sebagai aktor dengan bayaran paling mahal di Korea. Plot cerita yang tidak biasa serta pasangan adu main Soe Ye Jin yang cantik. Keduanya disinyalir punya wajah mirip yang sering dibilang berjodoh. Hayoo siapa yang ngeship mereka berdua?

Penonton sudah diprediksikan akan tertarik dengan Drama yang diberi judul It’s okay to not be okay ini karena cerita yang mengambil latar kesehatan mental juga membuat penonton penasaran. Untuk kamu yang penasaran tentang Drama ini, kita sudah rangkum loh. Yuk langsung simak review It’s okay to not be okay dan intip serba-serbi yang menarik dari drama ini.

Profile It’s Okay to not be Okay

Tittle: It’s Okay to not be Okay
Other Title : Psycho but It’s Okay
Director: Park Shin Woo
Writer: Jo Yong
Network: TVN
Episodes: 32 (@ 30 minutes)
It’s Okay to not be Okay Release Date: June 20, 2020
Runtime: Sabtu dan Minggu 21:00 2 episodes per hari
Language: Korean
Country: South Korea

Pemain atau Cast Drama Korea It’s Okay to not be Okay

Sebagai pecinta drama korea aku yakin kamu nggak asing sama beberapa tokoh atau pemeran It’s okay to not be okay kdrama ini. Ini dia peran apik yang berhasil ditonjolkan di drama terpopuler ini.

Artikel Terkait:  [REVIEW K-DRAMA] Catch The Ghost - 2019 : Mengejar Misteri Pembunuhan di Stasiun Bawah Tanah

Kim Soo Hyun sebagai Moon Kang Tae

it's okay to not be okay

It’s okay to not be okay cast yang paling jadi sorotan adalah Kim Soo Hyun. Kim Soo Hyun berperan sebagai Mong Kang Tae, seorang penjaga bangsal pskiatris bernama Moon Kang Tae. Umurnya sudah matang untuk mulai sebuah hubungan dengan lawan jenis namun sepertinya ia enggan. Antara pekerjaan dan kakaknya Moon Sang Tae yang autis, Kang Tae mendedikasikan hidupnya pada kedua hal tersebut. Pertemuan dengan Ko Moon Young bukan hanya membuka hatinya namun juga mengobati berbagai luka psikologis.

Seo Ye Ji sebagai Ko Moon Young

it's okay to not be okay

Ko Moon Young adalah seorang penulis cerita anak dengan cara penulisan yang berbeda dan cenderung gelap. Ilustrasi pada bukunya mendapat perhatian publik dan perilakunya yang buruk menjadi pemberitaan negatif.

Saat menenangkan diri ke kampung halamannya, tidak sengaja Ko Moon Young bertemu kembali dengan Moon Kang Tae. Ia adalah seorang pegawai rumah sakit yang telah menarik perhatiannya. Ternyata keduanya memiliki ketertarikan satu sama lain saat kecil namun luka dan problematika hidup memisahkan keduanya.

Oh Jung Se sebagai Moon Sang Tae

it's okay to not be okay

Tokoh lain yang tidak kalah penting adalah kakak Kang Tae yakni Sang Tae yang diperankan oleh Oh Jung Se. Pria dewasa yang mengidap autism memiliki paduan unik antara kedewasaan yang terjebak pada sosok polos yang kekanak-kanakkan.

Sang Tae adalah penggemar berat Ko Moon Young dan sangat mengidolakannya. Sementara hubungan Sang Tae dan adiknya Kang Tae memiliki pasang surut yang didasari fakta beratnya hidup berdua tanpa orang tua dan trauma atau sakit hati semasa kecil yang susah dilupakan.

Daftar Pemain Lain It’s Okay to not be Okay

it's okay to not be okay

  • Park Gyu Young (Nam Joo Ri)
  • Jang Young Nam (Park Haeng Ja)
  • Jang Gyu Ri (Sun Byeol)
  • Lee Eol (Ko Dae Hwan)
  • Kim Ki Cheon (Kan Pil Wong)
  • Jeong Jae Kwang (Joo Jung Tae)
  • Park Jin Joo (Yoo Seung Jae)
  • Kim Joo Hun (Lee Sang In)

Sinopsis atau Alur Cerita It’s Okay to not be Okay

it's okay to not be okay

Review It’s Okay to not be Okay nggak akan lengkap kalau belum bahas sinopsisnya. Drama ini bercerita tentang tiga karakter dengan keterkaitan sejak kecil. Moon Kang Tae adalah penjaga rumah sakit yang khusus menangani pasien dengan masalah mental.

Hidupnya harus berpindah-pindah dengan kakaknya yang punya gangguan mental, Moon Sang Tae. Mereka harus pindah-pindah karena ketakutan pada sesuatu. Pun juga menghindari masalah yang disebabkan oleh kakaknya atau sulitnya bekerja dengan kenyataan harus terus-menerus menjaga kakaknya.

Kehidupannya mulai berwarna dengan masuknya tokoh Koo Moon Young. Penulis cerita anak yang sebenernya juga punya masalah mental. Masalah keluarga dan kenangannya saat kecil yang suram membuat karakter Koo Moon Young ini cukup terlihat mengerikan dan judes banget di awal-awal. Ia bahkan tega menitipkan ayahnya di Rumah Sakit tempat Moon Kang Tae bekerja dan tak pernah mengunjunginya.

Koo Moon Young juga punya keanehan sifat lain yaitu karakter yang sangat agresif. Apa yang dia inginkan harus bisa dia milikin. Termasuk keinginan buat memiliki Moon Kang Tae. Haha, barang kali ah dimiliki. Ya siapa ya yang nggak mau memiliki cowok ganteng kayak doski. wwkwkkw.

Artikel Terkait:  [REVIEW] Project S The Series: SKATE OUR SOULS – Seorang Anak Melupakan Depresi Di Atas Papan Skate

Disisi lain Kang Tae juga harus berhadapan dengan Sang Tae, orang dewasa yang harus dia rawat selamanya. Ada saatnya Kang Tae sulit menerima keberadaan kakaknya dan saat lain tidak bisa meninggalkan satu-satunya anggota keluarga yang dimilikinya.

Kehidupan dan polah Koo Mon Young tidak kalah seru. Sebagai penulis cerita anak-anak, cerminan dirinya sangat berbeda. Mulai dari ceritanya yang cenderung suram dan horor serta perilaku sehari-harinya yang sulit.

Sikap bertingkah semau-maunya membuat Moon Young menghadapi hujatan publik bahkan bukunya terancam ditarik dari peredaran. Moon Young dinilai terlalu arogan sebagai seorang penulis cerita anak-anak, bahkan sebagai individu ia memiliki kesulitan bersosialisasi dengan orang sekitar.

Konflik Dalam Drama It’s Okay to not be Okay

it's okay to not be okay

  • Asmara Koo Moon Young dan Moon Kang Tae

Seru emang sharing cerita atau nulis review It’s Okay to not be Okay ini. Banyak konflik yang bisa diceritain. Konflik pertama tentu adalah hubungan antara Moon Kan Tae dan Koo yang mengelak saling mengenal sebelumnya. Tapi berbagai kebetulan terus menerus mempertemukan keduanya. Benih-benih cinta udah pasti muncul meski awalnya berantem terus. ekeke

  • Rahasia Masa Kecil yang Membuka Luka Lama Satu Sama Lain

Meski awalnya cuek sama Koo Moon Young, namun lama kelamaan dia pun punya perasaan ingin selalu melindungi Moon Young. Sayangnya, konflikpun muncul saat satu rahasia terungkap bahwa hal terdekat dari Moon Young adalah salah satu alasan kehidupan Kang Tae dan Sang Tae bersaudara hancur pasca ditinggalkan ibunya yang meninggal.

  • Masalah Mental dan Psikologi yang Dialami Semua Tokoh Utama

it's okay to not be okay

Sebenernya bukan hanya Sang Tae yang ounya masalah psikologi atau kejiwaan. Koo Moon young dan Kang Tae yang punya masa lalu sangat suram juga punya masalah kejiwaan yang sama.

Moon Young adalah pribadi sulit yang egois. Alasannya berakar dari masa lalu yang gelap dimana memperdulikan orang lain hanya membuatnya terluka. Mementingkan diri sendiri adalah mekanisme pertahanannya untuk bahagia.

Berbeda dengan Kang Tae yang meletakkan semua kehidupannya seputar kakaknya Sang-Tae yang autis. Walau tidak diucapkan namun ada sedikit sikap menyalahkan kakaknya yang menimbulkan konflik tersendiri antara kakak beradik tersebut.

Sang Tae bukan hanya individu yang tidak mampu mencerna perasaan orang sekitarnya. Ia pun akhirnya dapat marah pada adiknya dan menjadi kakak mandiri yang bahkan bisa melindungi adiknya.

  • Perasaan yang Terikat Satu Lain

Konflik memuncak ketika ketiga tokoh ini berkumpul di rumah Moon Young. Ketiganya menemukan bagaimana perasaan satu dan lainnya. Dan yang paling sulit adalah menghadapi diri sendiri serta menerima kehadiran satu sama lainnya. Apakah yang mementingkan diri sendiri dapat membuka diri, bisa memaafkan, haruskah melupakan masa lalu atau malah menghadapinya.

Yang Unik dari Drama It’s Okay to nat be Okay

Menurutku drama ini unik dari berbagai sisi. Bisa memuaskan para bucin Kim Soo Hyun, belajar tentang mental care dan juga dimanjakan dengan animasi yang keren. Dari pesan dibelakangnya saja ada banyak hal yang bisa penonton petik. Wah kesimpulan review Drama Review It’s Okay to not be Okay memang mantap banget.

  • Kesehatan Mental

Rumah Sakit Psikiatris jauh dari bayangan kita yang penuh dengan orang gila dan tidak bisa berkomunikasi. Semua punya alasan dan drama Korea ini bisa dengan apik mengulas tiap karakter. Mulai dari sifat nyelengeh tiap karakter yang kadang buat geleng kepala sampai maklum aja. Tiap karakter punya cerita dan siapa tahu apa nilai yang bisa diambil.

Artikel Terkait:  REVIEW K-DRAMA : Encounter / Boyfriend (남자친구) - Kisah Cinta Berawal Dari Kuba

Moon Kang Tae merasa terbebani dengan kakaknya dan kadang mengorbankan kebahagiaannya sendiri. Memperhatikan orang disekitar penting, namun menjadi egois juga perlu.

Sementara Ko Moon Young adalah kebalikannya. Menjadi egois adalah caranya untuk bahagia walau sebenarnya sangat mendambakan perhatian dari orang lain.
Moon Sang Tae yang autis juga sering diremehkan perasaannya karena dianggap tidak mampu berlaku dewasa dan terbukti salah. Bukankah semua masalah emosional itu terasa familiar dengan keseharian kita? Atau dirimu ada yang paham banget karena mengalaminya sendiri?

  • Animasi dan Digital Painting yang Keren

Layaknya cerita negeri dongeng, drama ini dimulai dengan animasi dengan dominasi warna gelap. Ada seorang anak perempuan yang tinggal di istana mewah. Sayangnya dia dikucilkan oleh teman dana orang sekitar dan dianggap sebagai monster.

Opening yang apik tersebut berhasil membuat pemirsa penasaran. Animasinya dimasukkan dalam porsi yang pas paduan antara cerita dan realita.

Yang paling mengagumkan dari Drama Korea adalah perhatiannya untuk detail. Drama yang mengangkat kisah Koo Moon sebagai penulis anak-anak didukung dengan animasi yang keren. Mulai dari gambar pada bukunya sendiri yang otentik sampai animasi yang bisa sesekali dilihat antara scene satu dengan secen lainnya. Bener-bener totalitas deh.

it's okay to not be okay

Gambar-gambar cantik di drama ini adalah karya dari ilustrator korea dengan akun instagram bernama @jamsan74 (langsung aja kepoin), asli cantik-cantik banget.

  • Gaya Busana Ko Moon Young

Hal lain yang tidak kalah seru untuk dilihat adalah busana Moon Young di tiap episodenya. Biasanya ada gaya tertentu yang diperuntukkan untuk tiap karakter pada sebuah drama. Baik itu adalah sederhana, mewah, chic atau elegan. Namun busana Moon Young pada drama ini sama menariknya dengan plot ceritanya, sulit ditebak.

Ia bisa pakai baju terusan yang flowy pada satu kesempatan dan jaket kulit dan boots hitam yang berani. Gaya rambutnya pun kadang dibiarkan tergerai, gaya sleek dengan topi yang klasik atau pilihan lain yang tak kalah menariknya.

Kesimpulan dan Kesan Drama It’s Okay to not be Okay

it's okay to not be okay

Drama percintaan berbalut kisah kesehatan mental menjadikan alurnya tidak mudah ditebak dari awal sampai akhir. Cerita yang berjalan maju dan mundur berhasil bercerita tentang masalah emosional yang pasti memiliki sebabnya.

Apakah Moon Kang Tae akhirnya jadi pasangan Ko Moon Young? Apakah kakaknya akan memaafkan adiknya? Haruskah luka trauma dimasa lalu dilupakan? Ending drama Korea yang satu ini hanya bisa diketahui dengan menontonnya sampai akhir. Buat kalian yang ingin menonton Drama Korea yang berbeda, cocok banget deh untuk mencoba mengikuti drama yang satu ini.

Bisa dikatakan, drama It’s Okay to not be Okay ini sarat pesan tanpa menggurui. Seperti judulnya, tidak apa-apa untuk merasa rentan, sedih atau kekurangan. Mengutip perkataan sang Direktur Rumah Sakit Jiwa OK, “Ketika lelah, istirahatlah. Ketika  sedih, menangislah. Istarahatlah.”

Secara keseluruhan, review It’s Okay to Not Be Okay adalah tontonan menarik. Semua elemen pendukungnya sangat bermakna dan menarik perhatian. Mulai visual, cerita sampai pesan dibelakangnya. Ada sesuatu yang dapat menjadi bahan pemikiran lebih dalam.

2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.