Manfaat Menulis Blog yang Perlu Pemula Ketahui

manfaat menulis blog

Aku sering dapat pertanyaan apa sih manfaat menulis blog yang bikin aku kok seneng banget posting artikel hampir setiap hari.

Memang ya, ternyata masih banyak orang awam (bukan blogger) atau blogger pemula yang masih nggak tahu atau bingung bagaimana sebuah tulisan di blog bisa memberikan manfaat bagi pemilik blognya sendiri dan juga orang lain.

Nah, biar kalian nggak makin bingung, akan aku jelaskan langsung di artikel kali ini. Simak sampai habis ya!

Manfaat Menulis Blog

manfaat menulis blog

Ada beberapa manfaat menulis blog yang bakal bikin kalian ketagihan mengurus blog dan bisa jadi hobi favorit kalian. Setidaknya ini yang aku rasakan berdasarkan pengalaman sendiri ya.

1. Berbagi Ilmu dan Informasi yang Kita Ketahui

Ini manfaat menulis blog yang bukan material tapi bisa jadi paling berkesan.

Berbagi yang paling mulia adalah berbagi ilmu, bagiku begitu. Ada kepuasan dan kesenangan tersendiri ketika apa yang kita tahu, apa yang kita ketahui dan bagikan melalui tulisan, ternyata bermanfaat bagi orang lain yang membaca.

Misalnya saja karena aku seorang staff accounting, aku sering membagikan masalah pekerjaan dan cara menjadi atau cara melamar menjadi staff accounting di blog. Dan senangnya ketika artikel tersebut ternyata mendapat respon yang sangat bagus.

Banyak fresh graduate akuntansi yang merasa terbantu dengan apa yang aku tulis, ini terbukti dengan komentar yang masuk dan beberapa email ucapan terimakasih yang aku terima.

Ya, seperti itu contoh kecilnya.

2. Mengasah Kemampuan Menulis

Manfaat menulis blog selanjutnya adalah bisa sebagai cara untuk mengasah kemampuan menulis kita.

Aku bukan lah orang yang bisa menulis dari lama atau dari pertama kali punya blog. Dulu tulisanku kacau balau, bahkan kalau tulisan lamaku aku baca ulang sekarang, rasanya kayak memalukan, haha.

Tapi tak apa, itulah yang namanya proses. Itulah salah satu manfaat menulis blog yang aku rasakan. Lambat laun, karena sering menulis dan membaca tulisan blogger lain, aku jadi belajar bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar.

Tak terasa, ternyata lama kelamaan tulisanku meningkat kualitasnya. Dari yang tadinya tak bisa sama sekali menulis rapi dan runtut, kini sudah menjadi lebih baik, bahkan aku berhasil memenangkan beberapa perlombaan menulis blog sejak 2019 sampai tahun ini, Masyalloh.

3. Stress Healing

Semua yang menjadikan menulis sebagai hobi pasti akan setuju dengan manfaat menulis blog yang satu ini.

Yap, menulis di blog apalagi saat menulis pengalaman dan cerita pribadi memang bisa menjadikan media stress healing.

Meleburkan rasa stress dan lelah setelah sekian lama beraktivitas sehari-hari memanglah penting. Dan saat kita berbagi cerita ke orang lain biasanya beban ini akan bisa menjadi lebih ringan.

Nah, cerita kan nggak selalu berbicara dari mulut ke mulut kan. Bercerita juga bisa lewat tulisan yang kita buat. Enaknya lagi, yang mendengarkan cerita kita biasanya bukan orang yang kita kenal secara personal. Jadi lebih leluasa aja ceritanya.

4. Mendapatkan Banyak Penghasilan

Ini manfaat menulis blog yang paling menyenangkan, hehe. Iya lah, siapa sih yang nggak mau dapat uang kan. Kita kerja kan buat dapat uang.

Nah, asiknya, dengan hobi yang kita punya yaitu menulis blog ini, kita juga bisa dapat banyak uang loh. Bahkan bisa dapat jutaan setiap bulannya. TRUST ME! Aku sudah merasakannya.

Iya, menulis blog kini bukan hanya hobi semata tapi buatku juga sudah menjadi pekerjaan kedua di samping pekerjaan utamaku sebagai orang kantoran.

Kenapa aku anggap sebagai pekerjaan juga? Ya, karena aku bekerjasama dengan beberapa pihak yang percaya ke aku dan blog ku ini. Ini artinya ada tanggung jawab yang harus aku selesaikan.

Nah kalau temen-temen blogger pemula masih bingung bagaimana cara dapat uang dari blog, jangan khawatir, aku udah menulis secara lengkap di artikel “cara dapat uang dari blog” kok. Silakan dibaca ya.

Disana aku cerita lengkap darimana saja sumber penghasilan seorang blogger. Memang ada banyak pintu rejeki seorang blogger yang bisa kita coba.

Ada pasang iklan adsense, job content atau backlink placement, job review dan yang paling enak dari memenangkan Lomba Blog.

Kenapa lomba menulis di blog paling menyenangkan?

Ya, karena hadiahnya yang fantastis. Untuk satu perlombaan saja kita bisa menang jutaan untuk satu artikel kita yang terpilih.

Bayangkan kalau kita memenangkan beberapa perlombaan dalam satu bulan? Asik bukan?

Tapi ya memang, menang lomba itu nggak gampang. Banyak hal yang harus kita pelajari, pesaingnya pun kadang ratusan orang.

Tapi tetap aja nggak ada salahnya buat mencoba. Kalau aku, kita nggak akan tahu bagaimana rasanya menang lomba kalau kita nggak pernah mau ikut daftar lomba. Ya kan?

SEO-Blog-Competition-2021

Nah, kabar baiknya, aku punya informasi bagus buat temen-temen blogger semua. Shopee lagi ngadain Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah nih.

Kontes Blog Shopee ini #NgeBlogDariRumah, asli sih temanya pas buat kita banget kan?

Dan, Kontes blog Shopee ini terdiri dari dua babak, yaitu:

  1. Babak pendaftaran: 2 Agustus – 3 September 2021
  2. Babak penulisan: 10 – 24 September 2021

Pemenang akan diumumkan pada 4 Oktober 2021 melalui artikel di Inspirasi Shopee.

Ayok ikutan lombanya bareng sama aku. Segera daftarkan dirimu sebelum masa pendaftaran berakhir! Kalau kamu lolos ke babak penulisan, Shopee akan memilih tiga artikel terbaik dengan hadiah fantastis seperti ini:

  • Juara 1: Rp8.000.000
  • Juara 2: Rp6.000.000
  • Juara 3: Rp3.500.000

Eitssss,, nggak hanya tiga pemenang terbaik, lho! Ada juga hadiah untuk peserta dengan kategori:

  • Best Engagement (komentar dan share terbanyak): Rp2.500.000
  • 200 submission pertama: ShopeePay @50.000

Tertarik? Yuk, isi formulir pendaftarannya, link pendaftarannya di sini! Cek informasi selengkapnya di sini!

 

Jadi teman-teman, itu dia beberapa manfaat menulis blog yang harusnya bisa bikin temen-temen tambah semangat merawat blog dan menulis setiap hari ya. Semoga bisa makin sukses blognya, makin lancar menulisnya, dimudahkan segalanya. Jangan lupa juga ikut kontes shopeenya.

 

Terimakasih sudah membaca

RINI NOVITA SARI

0 Shares:
14 comments
  1. Berbagi informasi tentng permasalahan dan solusi memang menyenangkan mbak. Tapi terkadang agak tidak pd jika tidak punya referensi yang kuat.
    Waw Terimakasih atas Informasinya tentang kontes blog

  2. Aku melipir mbak rini.

    Iya aku juga salah satunya menjaga kewarasan hehhe stress healing. Soalny kalo di rumah setelah sebelumny bekerjaan pagi sampai sore berasa di rumah gakngapa2in kok ya aneh haha

    Padahal kerjaan rumah mah banyak. Cuma ada kesenenangan tersendiri gtu saat bisa ngeblog.

  3. bener mba rini, ngeblog tu manfaatnya banyak banget, apalagi rejeki runtuh kalo pas ikutan lomba menang jadi salah satu juaranya…

  4. Makasih info lombanya ya mbak Rin..hehe, insya allah entar kucoba ikut lomba shopee ini. Siapa tahu dapet saldo shopeepay ya khan? lumayanlah untuk belanja 🙂

  5. dulu saya ngeblognya just for fun aja Mbak, tapi sejak ngeblog bisa menghasilkan saya pun juga gak nolak untuk ini, akhirnya beli domain dan makin kesini semangat belajar buat upgrade diri dalam ngeblog biar gak ketinggalan semakin jauh dari yang lain 😀

    waahh ada kontes ngeblog ya? temanya pun related banget dengan sekarang ini ya, wajib ikutan juga ini mah, makaciih MBak 😉

  6. Dua hal yang paling menyenangkan dari kompetisi lomba blog, yang pertama adalah pengumuman pemenang, dan yang kedua kita jadi pemenangnya. Dobel-dobel happynya. Setelah bergelut di dunia blogging, jadi punya banyak teman di dunia maya dan dunia nyata juga. Jadi lebih terlatih kemampuan mengetik 10 jari. Saya juga bisa belajar sedikit-sedikit dasar HTML.

    Makasih atas artikel yang sangat menginspirasi kami semua. Berkat artikel ini, saya jadi lebih semangat lagi untuk menulis dan berkarya.

  7. Nomor 4 Mba Rini banget nih, mendapatkan banyak penghasilan dari ngeblog. Hehehe. Malah bisa bikin digital content writer sendiri yaaa. Hebring.

    Beruntunglah mereka yang berpenghasilan karena hobinya. Apalagi mereka yang bisa menjadikan hobinya sebagai passion.

  8. Saya juga sudah mencicipi bagaimana menyenangkannya menulis di blog. Karena selama lebih dari setahun ini kan di rumah saja. Jadi, mencari kesibukan lain dengan menulis blog.

    Awalnya hanya untuk memuaskan rasa suka menulis fiksi saja. Eh makin kesini kok ya kerasa banget manfaatnya. Terlebih bisa dapat penghasilan juga. Yah meski belum pasti jumlahnya. Tapi ini menyenangkan sih.

  9. Wah makasih infonya mbak, aku udah daftar. Seneng rasanya bisa ikutan lomba blog. Meski gak sering ikut, tapi buatku lomba blog ini jadi salah satu upaya memperbaiki tulisanku yang masih amburadul, hehe..
    Sekaligus sama, nulis itu juga buat stress healing yang semoga apa yang kita tulis bermanfaat buat orang lain..aamiin

  10. Iyeess, dengan kita menulis di blog, keterampilan menulis kita juga jadi lebih terasah ya. Dan yang pasti lumayan juga cuan yg kita dapet kalo kita fokus dan serius

  11. Menulis di blog manfaatnya memang luar biasa ya kak, Tak hanya menambah cuan tapi mendapatkan sahabat-sahabat Terbaik .. Dan tentu saja pahala mengalir dari orang yang mendapatkan manfaat dari blog Kita ya

  12. Bagi orang yang gak suka nulis emang kadang bingung kok bisa ya nulis sampe panjang gitu, tapi buat kita yang udah biasa nulis ya bisa sebagai terapi diri sendiri, kalo punya ide atau unek2 apa bisa bisa jadi cerita yang panjang ya kak

  13. bener nih, jadi semakin semangat menulis diblog lagi. selama ini ke distract sama nulis buku wkkw. bener-bener menghabiskan waktu sekaliiii. mau aktif blog lagi, semoga dimudahkan. makasih ya mba sharingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.