Kenali Manfaat Daging Sapi bagi Tubuh, Kaya Nutrisi untuk Jaga Kesehatan

Manfaat Daging Sapi

Manfaat daging sapi bagi tubuh telah diketahui sejak lama. Daging sapi segar yang rendah lemak merupakan salah satu sumber berbagai nutrisi penting untuk jaga kesehatan.

Mulai dari anak kecil hingga dewasa, daging sapi memberi banyak manfaat. Nah, simak manfaat daging sapi serta tips untuk menjaganya tetap menyehatkan lewat pembahasan di bawah ini.

Mengenal Manfaat Daging Sapi bagi Tubuh

Tahukah Anda bila daging sapi merupakan salah satu jenis daging merah yang mengandung banyak zat besi, bahkan lebih banyak dibanding jenis daging lainnya seperti ayam dan ikan?

Selain zat besi, daging yang biasa diolah menjadi steak ini, juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting lainnya. Pada 100 gram daging sapi segar ternyata mengandung setidaknya 66 gram air, 201 kal energi, 18.8 gram protein, 14 gram lemak, 11 mg kalsium, 170 mg fosfor, 2.8 mg zat besi, 105 mg natrium 378 mg kalium, 4.58 mg tembaga, 5.2 mg seng, 9 mkg retinol, 198 mkg betakaroten, vit B1 sebanyak 0.08 mg, riboflavin 0.56mg dan niasin sebesar 1.3 mg.

Bagaimana cukup kaya gizi bukan? Nah tak heran jika manfaat makan daging sapi cukup banyak, antara lain:

1. Jaga Massa Otot

Manfaat makan daging sapi untuk tubuh pertama ialah menjaga masa otot berkat kandungan protein yang dimilikinya. Kandungan protein tersebut mengandung semua jenis asam amino yang memang dibutuhkan tubuh terutama pada lansia. Berkat kandungan proteinnya, daging sapi juga berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh saat terjadi kerusakan lho.

2. Cegah Anemia

Telah disebutkan sebelumnya bahwa daging sapi mengandung tinggi zat besi yang tentunya bermanfaat dalam mencegah anemia. Anemia merupakan penyakit kurang darah yang ditandai dengan lemas dan pucat.

3. Pelihara Kekebalan Tubuh

Sebagai salah satu sumber zinc yang cukup tinggi, daging sapi bermanfaat memelihara kekebalan tubuh karena zink memang bertanggung jawab untuk menghasilkan antibodi.

4. Menambah Berat Badan Bayi

Daging sapi bisa Anda jadikan solusi dalam memgatasi berat badan bayi yang kurang. Hal ini dikarenakan daging sapi yang tinggi protein sehingga bisa membantu meningkatkan massa otot.

Tak hanya protein, kandungan zinc dalam daging sapi turut berperan dalam meningkatkan berat badan yang sehat. Sedangkan kandungan vitamin B2 akan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Tips Konsumsi Daging Sapi agar Tidak Berbahaya

Mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tidak lantas membuatnya selalu menyehatkan terlebih bila dikonsumsi secara berlebihan. Agar tidak memberi dampak yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips mengkonsumsi daging sapi antara lain:

1. Pastikan Dimasak dengan Matang

Tips pertama agar manfaat daging sapi bagi tubuh didapat yaitu dengan memastikan bahwa Anda memasak daging sapi yang hendak dikonsumsi dengan matang. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya parasit yang masih hidup dan bisa membahayakan apabila masuk ke dalam tubuh, salah satunya cacing pita.

2. Pilih Daging Sapi yang Rendah Lemak

Sebagai sumber berbagai nutrisi, Anda bisa tetap memperoleh manfaat dengan mengkonsumsi daging sapi minim lemak. Cara untuk mendapatkannya, Anda bisa memisahkan lemak yang menempel terlebih dahulu sebelum dimasak.

Anda juga disarankan untuk memanggang daging sapi dibanding dimasak dengan cara digoreng. Taruh bagian berlemak di permukaan panggangan agar lemaknya habis.

Selain itu, pilihlah daging segar dibanding daging olahan yang penuh bahan pengawet atau bahan lainnya yang sebenarnya tidak sehat, seperti garam. Dalam mengkonsumsi makanan, utamakan makanan yang minim proses. Hal ini bisa dilihat dari bentuk fisiknya, apakah sudah berbeda jauh dari bentuk aslinya atau tidak.

3. Perhatikan Porsi Makan

Hal penting lain yang tak boleh dilupakan yaitu mengkonsumsi daging sapi secara sadar agar jumlah yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Konsumsi daging sapi berlebihan dapat mengakibatkan sakit jantung.

Selain daging, sebaiknya Anda mengkonsumsi jenis makanan lain sebagai variasi gizi agar tubuh tidak mendapatkan secara  berlebihan satu jenis makanan tertentu.

Nah, itulah penjelasan sekilas mengenai manfaat daging sapi bagi tubuh yang berguna baik bagi bayi maupun dewasa. Konsumsi setiap makanan secara bijak agar manfaat didapat tanpa menimbulkan risiko.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like