Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri menjadi impian banyak orang. Sebelum melakukan penerbangan ke negara tujuan, banyak yang bingung apa saja yang harus dipersiapkan. Salah satu yang sangat penting adalah persiapan keuangan. Anda bisa melakukan pengajuan kartu kredit online sebelum berencana pergi ke luar negeri.

Kartu kredit dapat memudahkan Anda saat travelling ke luar negeri, khususnya dalam urusan keuangan. Saat berada di negara lain tentu saja kita akan melakukan berbagai transaksi, mulai dari pembelian barang, penggunaan transportasi, dan lainnya. Anda juga tidak mungkin membawa banyak uang tunai dari negara asal karena mata uangnya berbeda. Oleh karena itu, pengajuan kartu kredit online perlu dilakukan sebelum Anda berangkat melancong.

Kartu kredit online hadir untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai transaksi, lantaran lebih efisien waktu, tempat, dan tenaga. Jenis-jenis kartu kredit ada beberapa, dan yang bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri adalah yang berlogo Visa dan Mastercard.

Pengajuan Kartu Kredit Online

Kartu kredit bisa Anda dapatkan secara online berkat adanya aplikasi mobile banking yang disediakan oleh pihak bank. Pengajuan kartu kredit dapat Anda lakukan dari manapun dan kapanpun lewat smartphone yang terhubung internet. Anda bisa melakukan pendaftaran dari rumah, kantor, atau tempat lain di waktu luang.

Sebelum mengajukan kartu kredit, sebaiknya Anda menyiapkan segala persyaratannya. Setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk pengajuan kartu kredit. Namun umumnya, berkas yang perlu Anda siapkan, di antaranya fotokopi KTP, fotokopi NPWP, dan fotokopi kartu kredit. Selain itu, ada juga persyaratan minimal penghasilan atau gaji calon kreditur yang ditetapkan oleh bank.

Bank memerlukan riwayat kartu kredit Anda untuk menilai kelayakan Anda dalam mendapat kartu kredit. Jadi pastikan kartu kredit Anda terbebas dari catatan kotor. Bank juga perlu tahu nominal penghasilan calon kreditur untuk melihat kemampuan kreditur mengembalikan pinjaman dana.

Dokumen yang Wajib Disiapkan Saat ke Luar Negeri

Selain kartu kredit, ada pula dokumen-dokumen penting yang harus Anda bawa agar liburan berjalan lancar dan tenang. Sejumlah dokumen tersebut, yaitu:

Identitas diri

Identitas diri wajib Anda bawa ke mana pun, tak hanya ke luar negeri. Fungsinya, guna memastikan identitas diri serta asal daerah Anda. Jangan lupa menyimpan dokumen tersebut dalam bentuk digital.

Paspor

Dokumen ini juga wajib Anda bawa saat traveling ke luar negeri. Pasalnya, hampir seluruh negara mewajibkan pendatang atau wisatawan dari negara lain memiliki paspor saat berkunjung ke negaranya.

Visa perjalanan

Dokumen ini juga tak kalah penting, sama halnya seperti paspor yang mewajibkan pengunjung saat datang ke negara lain. Setiap negara memiliki kebijakan visa masing-masing. Ada yang disyaratkan sebelum perjalanan dan ada yang diberlakukan saat kedatangan.

Sertifikat vaksin

Lantaran adanya pandemi Covid-19 yang bermula di tahun 2021, sertifikat vaksin kini dijadikan sebagai syarat berbagai aktivitas, salah satunya perjalanan transportasi. Oleh karena itu, sertifikat vaksin menjadi dokumen penting saat travelling. Walaupun, kebijakan menunjukan sertifikat vaksinasi berubah-ubah, namun tetap harus Anda siapkan.

Tiket perjalanan

Tiket perjalanan juga harus disiapkan sebelum berangkat travelling. Dimulai dari tiket pesawat, tiket acara yang akan dihadiri, hingga tiket penginapan.

Persiapan Sebelum ke Luar Negeri

Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Liburan ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri memang akan menjadi hal yang menakutkan, apalagi baru pertama kalinya. Namun, tenang saja perjalanan akan lancar jika Anda mempersiapkan secara matang segala sesuatu yang dibutuhkan.

Berikut hal-hal yang wajib dipersiapkan sebelum berlibur ke luar negeri:

Bawalah Internasional Adaptor

Jika Anda sedang berada di luar negeri, banyak sekali perbedaan dengan di Indonesia. Salah satu contohnya adalah adaptor. Adaptor di luar negeri memiliki tipe yang berbeda-beda.

Maka dari itu, jangan lupa membawa internasional adaptor dan masukkan ke dalam ransel yang akan dibawa. Membawa barang ini akan memudahkan Anda untuk mengisi daya ponsel, kamera, dan lain-lain.

Belajar Bahasa Negara yang Dituju

Banyak yang mengira, menguasai bahasa Inggris cukup untuk keperluan berkomunikasi saat di luar negeri. Memang, bahasa Inggris lah yang selama ini menjadi bahasa internasional. Namun, ada pula warga lokal yang tidak dapat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jadi Anda tetap perlu belajar sedikit bahasa lokal negara tujuan Anda guna membantu berkomunikasi.

Tukar Uang Secukupnya

Untuk jaga-jaga saja, tukarkan uang rupiah dengan bentuk mata uang asing. Tukar uang seperlunya saja, tak perlu dalam jumlah banyak untuk menghindari berbagai risiko.

Kartu SIM

Komunikasi sangat penting ketika Anda berada di luar negeri. Salah satunya untuk mengabari orang rumah atau mengurusi pekerjaan dari jarak jauh. Jadi, Anda harus menyiapkan kartu SIM lokal.

Obat-obatan

Negara yang akan Anda kunjungi pasti memiliki suhu yang berbeda dengan tempat tinggal di Indonesia. Perbedaan suhu dan cuaca dapat membuat ketahanan tubuh menurun. Jadi, obat-obatan menjadi hal yang sangat penting untuk dibawa saat berlibur.

Itinerary Lengkap

Perjalanan tanpa tujuan terkadang menyenangkan sekaligus mengejutkan. Namun penting bagi Anda untuk menyiapkan rencana perjalanan sebelum berlibur ke luar negeri, mulai dari tempat tujuan hingga berbagai biaya yang dibutuhkan. Tahu akan melakukan apa dan dimana tujuan Anda, akan menjamin keamanan Anda selama bertamasya. Setidaknya akan membuat kegiatan Anda saat di negara asing  bisa lebih terkendali.

Bawalah Kartu Kredit dan Kartu Debit

Seperti penjelasan di atas, sangat riskan jika membawa uang tunai ke luar negeri. Pasalnya, hal itu sangat berbahaya. Lebih baik Anda membawa kartu kredit dan kartu debit. Keduanya sangat Anda butuhkan untuk bertransaksi di luar negeri secara lebih aman hingga lebih hemat.

Asuransi perjalanan

Dokumen lainnya yang perlu Anda siapkan ialah asuransi perjalanan. Walaupun tidak semua negara mewajibkan pengunjungnya memiliki asuransi perjalanan, lebih baik Anda menyiapkannya. Asuransi perjalanan berguna untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Asuransi Perjalanan bisa disiapkan dalam bentuk cetak maupun digital. Dokumen-dokumen di atas harus benar-benar disiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke luar negeri.

Kartu Kredit PermataShoppingCard

Salah satu pilihan kartu kredit yang menunjang kebutuhan transaksi di luar negeri adalah PermataShoppingCard. Kartu kredit dari PermataBank ini menawarkan program cashback dan diskon yang menunjang kebutuhan belanja Anda saat di luar negeri. Kartu kredit ini bisa Anda miliki secara mudah melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

PermataShoppingCard menawarkan berbagai keuntungan bagi penggunanya. Selain cashback dan diskon di berbagai merchant, sejumlah keuntungan yang bisa Anda manfaatkan di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran satu tahun pertama, bisa diakses lewat smartphone, memiliki fitur contactless card, dan sebagainya. Informasi persyaratan dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.

 

0 Shares:
1 comment
  1. aku sendiri paling takut kalau sampe kehilangan identitas kayak paspor waktu traveling. ibaratnya si paspor ini adalah nyawa. kalau hilang, selain lumayan menghabiskan waktu juga, bisa aja molor tanggal kepulangannya gara-gara ngurusin paspor ilang di luar negeri.
    kartu kredit dan kartu debit perlu juga, karena nggak mungkin bawa cash banyak-banyak, takut kecopetan juga, apalagi kalau di negara yang terkenal banyak scamnya.
    untungnya sekarang pengajuan kartu kredit bisa via online ya, jadi ga perlu dateng ke bank lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like