Yuk Ketahui Kelebihan Kapal Catamaran dan Modelnya!

Kapal Catamaran

Ciri khas kapal catamaran yaitu memiliki bentuk 2 lambung atau lambung kembar. Kapal ini merupakan kapal yang dikembangkan dari model kapal sebelumnya agar lebih nyaman dan aman saat digunakan. Pasalnya karamnya kapal di laut bisa disebabkan karena stabilitas kapal yang tidak tepat, artinya stabilitas kapal negatif tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk tegak kembali ketika berlayar sehingga menyebabkan kapal oleng dan tenggelam.

Salah satu bentuk upaya untuk menghindari kecelakaan di laut yang menyebabkan kerugian pada nahkoda dan awak kapal, maka dibuatlah tipe lambung kapal yang aman, seperti kapal catamaran. Secara umum, kapal catamaran memiliki banyak keunggulan dibandingkan kapal yang mempunyai satu lambung saja. Salah satu contoh kelebihan kapal catamaran yaitu bisa menanggulangi masalah gelombang dan kekuatan arus gelombang ketika berlayar.

Kelebihan Kapal Catamaran

Sampai saat ini, kapal catamaran masih digunakan oleh banyak orang, baik sebagai kapal penumpang, perahu layar dan perahu nelayan untuk menangkap ikan. Alasan banyak orang menggunakan kapal ini karena memiliki banyak keunggulan. Ada beberapa kelebihan kapal catamaran/katamaran lainnya yang bisa Anda ketahui, di antaranya yaitu:

  • Antara kapal catamaran dan kapal monohull dengan lebar yang sama, maka tahanan gesekan catamaran dinilai lebih kecil. Hal tersebutlah yang membuat tenaga dorong kapal catamaran dan kecepatannya relatif lebih besar.
  • Kapal catamaran relatif lebih luas dibandingkan dengan kapal monohull. Sehingga memberikan ruang dan kebebasan bagi para awak penumpang kapal.
  • Kapal monohull hanya memiliki satu lambung, sedangkan kapal catamaran memiliki dua lambung kembar. 2 lambung pada kapal memiliki stabilitas yang lebih baik dengan tahanan yang kecil serta biaya operasional juga menjadi kecil. Keunggulan stabilitas pada kapal catamaran ini sudah ditinjau berdasarkan analisa stabilitas kapal.
  • Kapal katamaran mempunyai daya jelajah yang cepat dan bisa melampaui jauh, bahkan lebih jauh dibandingkan kapal monohull. Dengan kelebihan ini, maka para masyarakat nelayan dapat menangkap ikan ke daerah yang lebih jauh dibandingkan area penangkapan dengan kapal lain.
  • Jika digunakan sebagai kapal ikan, kapal katamaran memiliki power engine yang digunakan lebih kecil sekitar 45%. Selain itu, kapal ini bisa menghemat bahan bakar hingga 40% dan memungkinkan penggunaan layar sebagai penggerak.
  • Deck pada kapal catamaran/katamaran lebih luas sehingga tidak mengganggu aktivitas para nelayan dalam menangkap ikan.
  • Kapal catamaran/katamaran dapat menghasilkan sudut oleng yang lebih kecil sehingga memperkecil risiko kecelakaan kapal yang disebabkan karena karamnya atau tenggelamnya kapal ketika beroperasi.
  • Karena memiliki stabilitas positif atau seimbang, maka jenis kapal katamaran ini layak digunakan sebagai kapal ikan.
  • Kapal katamaran bisa dijadikan sebagai kapal purse seine yang mempunyai kecepatan relatif konstan serta tahanan yang relatif kecil jika dibandingkan dengan kapal monohull.
  • Faktor keberhasilan penangkapan menggunakan alat tangkap purse seine, di mana kapal katamaran ini harus memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan kecepatan renangnya ikan dan harus mampu mengelilingi gerombolan ikan sebagai operasi penangkapannya.

Model Kapal Catamaran

Kapal Catamaran

Ada beberapa model kapal catamaran yang dibuat sesuai kegunaannya dan memiliki keunggulan tersendiri. Adapun berikut beberapa model kapal katamaran yang bisa Anda ketahui dan bisa Anda temukan di YACHT Sourcing, di antaranya yaitu:

1. CATAMARAN SAMANA 59

Catamaran samana 59 memiliki dimensi yang menakjubkan ini merupakan perpaduan sempurna antara ruang dan perjalanan Anda. Anda bisa merasakan pengalaman berlayar yang menakjubkan. Kapal mewah ini memiliki tinggi 59 kaki dan dirancang dengan ruang kokpitnya seluas 27,5 m2. Pada dek depan dekaden bersifat modular, jembatan layang 30m² dan kabinnya luas.

Adapun spesifikasi teknis dari kapal catamaran model CATAMARAN SAMANA 59, yaitu:

  • Panjang: 18.78 M
  • Lebar: 9.46 M
  • Draft: 1.65 M
  • Material: FIBERGLASS
  • Kabin: 5
  • Mesin: 2 X 110/150 HP
  • Kecepatan: KNOTS
  • Kecepatan Maksimum: KNOTS
  • Tanki Bahan Bakar: 1200 L
  • Tanki Air: 1150 L

2. CATAMARAN ELBA 45

Model kapal catamaran Elba 45 juga tak kalah menarik dari model sebelumnya. Kapal ini memiliki desain yang indah dan memukau dengan garis busur terbalik yang terkesan harmonis. Kemudi kapal ini memberikan kemampuan manuver yang mudah dan kinerja optimal. Kapal ini layaknya kapal kelas bisnis dengan ruang yang elegan.

Kapal catamaran Elba 45 memiliki dimensi 13, 45 meter, dengan area relaksasi di depan seluas 8,5 M2 yang bisa digunakan penumpang untuk menikmati keindahan laut yang sempurna. Elba 45 memiliki 2 versi, pertama maestro dengan suite pemilik, 2 kabin ganda serta dua kamar mandi bersebelahan, dan kedua Kuartet dengan 5 kamar mandi, 1 kabin dan 4 kabin ganda.

3. CATAMARAN ASTRÉA 42

Model selanjutnya yaitu catamaran Astrea 42, yang terkesan energik dengan ruang tamu elegan dan kenyamanan tak tertandingi. Kapal catamaran ini memberikan kesan perjalanan yang tak terlupakan.

Model kapal catamaran ini memiliki kualitas internasional dan dirancang untuk pelayaran yang nyaman dengan desain relaksasi luar ruangan, ruang tengah hingga kokpit yang saling terhubung.

Kapal ini memiliki kokpit yang luas, lounge yang nyaman. Catamaran Astréa 42 memiliki semua yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan panjang.

4. CATAMARAN ALEGRIA 67

Catamaran alegria 67 memberikan keseruan perjalanan Anda, di mana Anda bisa bersantai di lounge dekaden tempat berjemur sambil berlayar. Model kapal catamaran ini juga memberikan ruang relaksasi yang nyaman dan ruang interior yang memukau. Adapun spesifikasi teknis kapal catamaran alegria 67 yaitu

  • Panjang: 20.36 M
  • Lebar: 9.84 M
  • Draft: 1.7 M
  • Kabin: 6
  • Mesin: 2 X 110/150 HP
  • Kecepatan: 6.7 KNOTS
  • Kecepatan Maksimum: 7.3 KNOTS
  • Tanki Bahan Bakar: 1200 L
  • Tanki Air: 1150 L

Itulah beberapa hal mengenai kelebihan kapal catamaran beserta modelnya yang beragam dan modern yang bisa Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk membeli kapal ini atau menyewanya untuk digunakan dalam kegiatan tertentu, Anda bisa menghubungi YACHT Sourcing.

model kapal catamaran-1

Pasalnya YACHT Sourcing menawarkan pembelian kapal pesiar baru dan bekas serta melakukan pendampingan atau memandu klien dalam seluruh proses pembelian. Tak perlu khawatir, YACHT sourcing mempunyai agen penjualan berdedikasi tinggi. Tentunya setiap kebutuhan klien akan dipenuhi dan kapal pesiar yang ditawarkan juga dijamin terbaik dari seluruh dunia.

Bagi Anda yang ingin merasakan kenikmatan berlayar di kapal mewah, Anda juga bisa menyewanya di YACHT Sourcing. Pasalnya YACHT Sourcing menawarkan pelayanan perjalanan berlayar ke pulau-pulau indah yang kaya akan budaya. Penyewaan petualangan wisata dengan kapal yacht bisa anda nikmati bersama keluarga, kekasih, teman atau kerabat lainnya. Setiap kapal yang disewakan tentu memiliki perlengkapan terbaik demi kenyamanan dan menjaga privasi para tamu.

Yacht Sourcing memberikan pengalaman serta peluang dalam dunia kapal di Asia tenggara dengan memperkenalkan charter mewah, penjualan dan pembangunan kapal mewah. YACHT Sourcing fokus memberikan layanan berkualitas dan optimal serta dukungan operasional yang berkaitan dengan industri kapal serta kelautan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.