7 Tips Hemat Kuota Internet dengan Paket Telkomsel

paket telkomsel internet

Cara Hemat Kuota Internet dengan Paket Telkomsel – Pemakaian internet di zaman ini terus semakin membesar. Banyak kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan internet. Meski begitu, anggaran untuk membeli data tidaklah sedikit, sehingga perlu untuk berhemat kuota internet agar tidak kebablasan. Banyak jenis paket Telkomsel yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang dan juga lebih hemat.

Salah satu internet yang paling banyak diminati oleh orang Indonesia yaitu data paket Telkomsel. Jaringan Telkomsel memiliki kualitas yang sangat baik dan sudah menjangkau daerah-daerah pedesaan yang belum terjangkau oleh provider lain. Oleh karena itu banyak jenis paket Telkomsel yang murah dan bisa menghemat pengeluaran untuk internet.

Tips Menghemat Kuota Internet/Paket Telkomsel

Belum sampai batas waktu tapi kuota sudah habis? Atau merasa tidak banyak menggunakan internet tapi kuota cepat habis? Kamu bisa menghemat kuota internet dengan mencoba melakukan hal-hal berikut ini.

1. Pilih Paket Internet yang Sesuai Kebutuhan

Misalnya Telkomsel memiliki paket unlimited khusus beberapa aplikasi, paket untuk ibadah haji dan roaming, paket data dilengkapi dengan paket sms dan telepon, dan berbagai jenis paket lainnya. Pastikan kembali jenis kuota yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari atau untuk pekerjaan agar tidak boros.

2. Batasi Penggunaan Data

Membuat pengaturan untuk membatasi penggunaan data akan mengingatkan kamu ketika data yang digunakan mendekati batas penggunaan. Akan ada notifikasi setiap pemakaian data hampir menyentuh batas wajar. Pengaturan ini akan mengingatkan kamu sudah berapa banyak data yang digunakan dan menghindari terjadinya kebablasan.

Caranya dengan membuka Settings. Setelah itu pilih bagian Connections. Lalu klik Limit Mobile Data Usage atau Set Mobile Data Limit. Kamu bisa mengatur berapa data yang ingin kamu batasi setiap bulannya.

3. Batasi Background Data yang Berjalan

Banyak aplikasi yang mungkin kamu tidak sadari terus berjalan sebagai background di ponsel kamu , terutama pada android. Contohnya aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp, atau game yang tidak dimatikan dengan sempurna. Aplikasi yang terus berjalan seperti itu tetap akan memakai kuota internet yang kamu miliki.

Caranya yaitu masuk ke pengaturan ponsel. Setelah itu pilih Data Usage. Berbagai aplikasi akan muncul beserta jumlah data yang telah dipakainya. Pilih aplikasi yang ingin dibatasi lalu pilih Restrict App background data.

4. Jangan Biarkan Aplikasi Meng-update Secara Otomatis

Salah satu hal yang sering menghabiskan paket data yaitu Play Store. Play Store akan terus melakukan update terhadap beberapa aplikasi jika tidak diatur untuk tidak melakukan update otomatis. Pastikan kamu mengatur aplikasi ini untuk tidak melakukan update otomatis.

Caranya dengan membuka aplikasi Play Store lalu klik opsi Pengaturan/Settings. Pilih opsi Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps. Dengan pilihan tersebut, aplikasi hanya akan di-update ketika terdeteksi jaringan Wi-Fi di ponsel kamu atau aplikasi akan meng-update jika kamu melakukannya sendiri.

5. Mengaktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Chrome merupakan aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Android. Kini, Chrome sudah memiliki fitur terbaru untuk menghemat kuota, yaitu fitur Data Saver. Caranya mudah, yang harus dilakukan yaitu membuka aplikasi google Chrome lalu Settings. Di sana akan tersedia fitur Data Saver. Kamu hanya perlu memencetnya agar aktif.

6. Sering-sering Memantau Diskon atau Promo

Biasanya waktu perayaan atau waktu spesial lainnya, provider atau vendor banyak memberikan diskon atau promo. Kam bisa memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan kuota internet dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Kesempatan ini tentu akan membuat kamu lebih hemat kuota internet dengan tetap mendapatkan kuota sesuai kebutuhan kamu.

7. Sesuaikan Budget dengan Kebutuhan Kuantitas Data

Banyak pilihan paket Telkomsel yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan banyaknya data yang didapatkan. Misalnya kamu memiliki dana sebesar Rp 20.000 atau Rp 50.000, kamu bisa mempertimbangkan paket mana yang bisa dipilih dengan kuantitas data yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk melihat berbagai pilihan paket Telkomsel dan membelinya, kamu bisa menggunakan aplikasi PAYFAZZ. Banyak paket Telkomsel yang tersedia dengan harga yang murah. Selain itu, di PAYFAZZ juga terdapat promo dan diskon pada momen-momen tertentu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.