Cara Belajar Al Quran bagi Pemula Cepat Lancar 

Cara Belajar Al Quran bagi Pemula Cepat Lancar 

Bacaan pada saat shalat yang jadi kegiatan wajib umat Islam berasal dari Al Quran. Oleh karena itu belajar Al Quran adalah kegiatan yang sebenarnya wajib. Belajar membaca Al Quran biasanya dilakukan sejak kecil, namun ada juga yang orang dewasa yang ingin mulai belajar serta mendalami lebih jauh.

Saat membaca Al Quran ada banyak sekali tulisan Arab yang tidak mudah dibaca, perlu waktu untuk mempelajarinya sejak dasar. Lalu bagaimana biasanya cara pemula untuk belajar? Dari mana sebaiknya mempelajari Al Quran? Yuk simak cara lengkapnya.

Cara Belajar Membaca Al Quran Mulai dari Nol Pas untuk Pemula

Pelajaran dasar yang harus dikuasai adalah pengenalan huruf, sama halnya ketika sedang mempelajari huruf abjad. Bedanya pada bahasa Arab dalam Al Quran disebut dengan huruf Hijaiyah. Terdiri dari 29 huruf yang semuanya harus dihafalkan, ditambah dengan tanda baca atau Harakat.

Mempelajari dua materi dasar ini bisa dilakukan dengan buku, jika ingin cepat belajar bersama guru ngaji atau Ustad. Selain menghafalkan huruf HIjaiah dan Harakat, apalagi cara belajar Al Quran yang bisa dilakukan? Cek cara-caranya ini.

Cara Belajar Al Quran bagi Pemula Cepat Lancar 

  • Melakukan Adab Membaca Al Quran yang Benar

Mengetahui adab membaca Al Quran adalah hal dasar yang tidak kalah penting. Adab yang benar adalah membersihkan kulit dari kotoran, wudhu, menggunakan pakaian bersih dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Anda juga bisa belajar dengan menghadap ke arah kiblat dan belajarlah di tempat yang bersih. Memiliki niat untuk beribadah juga sangat penting.

  • Mendalami Bacaan Tajwid

Semua huruf Hijaiyah sudah dihafalkan namun perlu juga mendalami soal Tajwid. Ilmu Tajwid adalah mempelajari bagaimana cara menyuarakan huruf Hijaiyah. Apakah suara yang keluar adalah samar-samar, jelas atau justru mendengung.

Diibaratkan untuk ilmu ini layaknya Grammar dalam bahasa Inggris. Tajwid terdiri dari beberapa bacaan seperti Idgham, Iqlab dan Izhar.

  • Mulai Membaca Surat Pendek

Tidak terburu-buru dalam belajar Al Quran adalah hal penting, oleh karena itu bacaan yang bisa dipelajari di awal adalah surat pendek. Pada saat membaca lakukan dengan pelan supaya jika terdapat kesalahan bisa segera diperbaiki.

Membaca pelan juga memudahkan diri untuk lebih paham cara membaca sampai dengan artinya. Baru jika sudah lancar menambahkan materi untuk membaca surat panjang.

  • Membuat Jadwal Belajar yang Rutin

Latihan adalah satu-satunya cara agar kemampuan belajar Al Quran cepat meningkat. Apalagi dengan adanya guru ngaji maka Anda akan lebih rajin berlatih. Jadwal terbaik untuk belajar bisa setiap hari atau dua sampai tiga kali satu minggu.

Pemilihan jadwal ini bisa disesuaikan dengan kondisi kesibukan sehari-hari. Jangan sampai kegiatan belajar justru menjadi beban, karena belajar membaca Al Quran harus dilakukan dengan suka hati.

  • Memanfaatkan Aplikasi Belajar Khusus

Anda bisa menginstal aplikasi Al Quran untuk fleksibilitas belajar. Aplikasi sangat praktis dibawa kemana saja ketika Anda ingin belajar huruf Hijaiyah atau ilmu Tajwid. Salah satunya adalah aplikasi Quran Belajar dan Hafalan.

Aplikasi ini menyediakan materi seperti histori Tilawah, materi membaca Tajwid perkata dan per halaman, pencarian terjemahan dengan cepat, kompas kiblat dan jam shalat. Anda yang kerap bepergian atau tidak bisa belajar dengan guru ngaji bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Belajar Al Quran memberikan banyak keuntungan yakni pahala, pencapaian yang lebih daripada harta dunia dan membawa kebaikan lainnya. Yuk mulai sekarang belajar Al Quran lebih rajin.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like