Sering Mengalami Sulit Makan Karena Radang Gusi? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Radang Gusi – Kamu pernah nggak sih ngerasain
kursi sakit saat mengunyah atau makan sesuatu? Atau bahkan malah nggak bisa
makan sama sekali? Hati-hati loh, jangan-jangan kamu mengalami radang gusi atau yang biasa disebut
gingivitis. 


Pasti nggak nyaman banget kan saat merasakan gusi sakit atau ngilu lu padahal kita tetap harus beraktivitas sehari-hari. Kalian tahu nggak sih sebenarnya apa yang menyebabkan radang gusi atau gingivitis ini terjadi?


Aku sendiri beberapa kali mengalami radang gusi ini.
Bahkan aku harus berkonsultasi atau berobat ke ahlinya selain mengonsumsi
beberapa obat. Nah dari pengalaman dan beberapa referensi yang aku tahu aku
akan sharing dan membahas sedikit tentang apa sebenarnya radang gusi
penyebabnya serta cara mengatasinya.


Radang Gusi
Freepik.com

Apa itu Radang Gusi

Radang gusi atau yang biasa disebut dengan bahasa
kesehatan yaitu gingivitis adalah ah ah ah bentuk peradangan pada gusi yang
disebabkan oleh beberapa hal seperti penimbunan plak dan iritasi pada garis
gusi. Selain penimbunan plak dan iritasi pada garis gusi juga ada
penyebab-penyebab lain yang bisa memicu radang gusi tersebut. Apa itu?


Penyebab Radang Gusi

Agar bisa mengantisipasi atau mencegah kemungkinan
terjadinya radang gusi maka kita perlu tahu terlebih dahulu apa sih yang bisa
menyebabkan radang gusi tersebut. Nah menurut sumber hallosehat.com dan tanyapepsodent.com, berikut adalah beberapa hal yang bisa
menyebabkan radang gusi terjadi.
  • Plak Pada Gigi

Plak adalah salah satu penyebab utama terjadinya
radang gusi. Ini merupakan lapisan yang tidak terlihat pada permukaan gigi dan
terbentuk karena koloni bakteri yang ada di dalam mulut.

Jika gigi tidak dibersihkan secara rutin maka plak ini
akan semakin terlihat dengan jelas dan tentu akan mengganggu penampilan.
Sebenarnya ini bisa di dihilangkan dengan cara menggosok atau menyikat gigi
secara konsisten guys. Jadi sebenarnya kalian bisa mengatasi sendiri asalkan
rutin menyikat gigi.
  • Karang Gigi

Karang gigi atau yang biasa disebut tartar juga bisa
menjadi penyebab gusi meradang loh. Karang gigi sendiri adalah plak yang sudah
mengeras. Karang gigi ii bisa terdapat pada bagian gigi yang sulit dijangkau
oleh sikat gigi seperti pada celah gigi dan gusi. 

  • Iritasi

Iritasi pada gigi dan gusi bisa mneyebabkan radang
gusi loh gaes. Dan iritasi ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal.
Misalnya karena kandungan pasta gigi yang kurang cocok dengan gusi kita, jenis
makanan yang dikonsumsi, iritasi karena pemakaian kawat gigi, bahkan karena
mnegonsumsi obat tertentu. Iritasi ini bisa ditunjukan dengan rasa nyeri bahkan
sampai pembengkakan pada jaringan gusi.

  • Tidak Merawat Gigi dengan Baik

Banyak cara untuk merawat gigi seperti rutin gosok
gigi setelah makan dan juga saat mau tidur, atau bakhan rutin check ke dokter
gigi. Sayangnya masih banyak diantara kita yang belum sadar akan betapa
pentingnya merawat gigi dan gusi.

Ketidaktahuan akan cara membersihkan gigi yang benar
juga menjadi masalah tersendiri dikarenakan sisa sisa makanan kadang tak
terlihat dan terjebak di sela-sela gigi dan gusi kita. Dan hal tersebut juga
yang bisa memicu radang gusi terjadi.


Cara Mengatasi
Radang Gusi

Radang Gusi
Freepik.com


Saat mengalami radang gusi beberapa bulan lalu, aku
mencari banyak informasi tentang cara mengatasinya via internet. Jujur sih aku
emang menghindari opsi ke dokter gigi terlebih dulu kalau memang ternyata ad
acara pengobatan dari rumah. Hehe.

Artikel Terkait:  8 Ciri Dari Tipes Ini Wajib Kamu Ketahui Agar Bisa Lebih Waspada
Nah berikut adalah beberapa solusi atau cara mengatasi
radang gusi yang bisa dilakukan dari rumah.
  • Perbanyak Minum Air Putih

Nggak perlu diragukan lagi ya, air putih memang
mempunyai banyak sekali manfaat buat tubuh kita. Termasuk untuk mengatasi
radang gusi. Banyak mengonsumsi air putih dapat merangsang produksi air liur
yang semakin banyak. Nah, air liur ini bisa membantu melawan bakteri jahat dalm
mulut loh.
  • Kompres Air Dingin atau Es Batu

Cara lain untuk mengatasi radang gusi yang bisa
dilakukan dari rumah adalah dengan mengompres dengan air dingin atau es batu.
Cara ini cukup manjur sih menurutku untuk mengurangi peradangan atau
pembengkakan gusi.

Cukup balut es batu dengan kain, atau rendam kain pad
air dingin dan kemudian tinggal tembelkan pada pipi dimana gusi bermasalah.
  • Kumur Air Garam

Aku masih inget, waktu kecil dulu kalau ada masalah
sakit di gigi atau gusi, ibu selalu nyusuh buat kumur atau kompres dengan air
garam. Eh ternyata cara ini masih manjur sampai sekarang ya. hehe

Seperti air es, air garam ini juga bisa mengurangi
peradangan. Bahkan nggak hanya itu, air garam dipercaya bisa mematikan bakteri
jahat di mulut kita. Cukup larutkan garam ½ sdt ke air hangat. Langsung deh di
pakai kumur-kumur (jangan diminum nanti enek) LOL.
  • Sikat Gigi Pelan Pelan dengan Bulu Sikat yang
    Halus dan Pasta Gigi yang Aman

Meski sedang sakit gigi atau radang gusi, kita tetep
harus sikat gigi secara rutin ya. kalau dirasa bulu sikat terlalu kasar, maka
segera ganti dengan bulu sikat yang lebih halus.

Selain itu juga gosok gigi secara perlahan agar radang
gusi tidak semakin parah.
  • Minum Obat Pereda Nyeri

Nah, ini adalah cara terakhir yang aku pakai sebelum
ke dokter kalau nyeri akibat radang gusi nggak pergi-pergi. Biasanya aku beli
obat Mefinol 500 di apotek. Dan cukup manjur sih buatku.

Nah tapi, kalau dirasa pakai cara-cara diatas ternyata
nyeri atau rasa sakit karena radang gusi nggak kunjung pergi, lebih baik kalian
langsung datang ke dokter gigi untuk tindakan lebih lanjut yaa. Pasti dokter
gigi puny acara terbaik mengatasi masalah mulutku.





Thanks for reading

RINI NOVITA SARI





Artikel Terkait:  Tips Lancar Puasa di Tengah Pandemi Corona yang Dapat Kamu Ikuti
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.