Cara Daftar Vira.id dan Raup Banyak Penghasilan Sebagai Blogger. Buruan Coba!

vira.id

Udah tau VIRA.ID? wah masa blogger nggak tau vira.id sih? eits tapi nggak papa nggak papa, yang belum ngerti cara mendapat penghasilan dari blog melalui  VIRA.ID, bisa baca artikel ini sampai tuntas ya.

Happy adalah melakukan suatu hobi dan ternyata bisa menghasilkan. Yap, awalnya ngeblog atau jadi blogger nggak kepikiran kalau bakalan bisa dapet uang dari situ. Ya nulis artikel buat meluapkan isi pikiran dan sharing aja sebenernya.

Eh nggak nyangka, nyatanya saat diseriusin rejeki itu datang juga. Dari blog pun bisa dapet pundi-pundi uang. Mulai dari google adsense atau job sebagai publisher, content writer, job placement dan lain sebagainya. Sebagai anak kos an yang ngebiayain hidup pakai gaji sebagai karyawan ya lumayan lah buat biaya bulanan atau tabungan.

Alhamdulillah bulan agustus ini dapat beberapa job nulis lagi dari situs atau marketing services lain. Apa itu?

penghasilan blogger dari VIRA.ID
Tau vira.id dari mas bagus owner kurazone.net, sesama teman blogger yang kayaknya jobnya emang lebih lancar. Nah pas tau, langsung deh daftar dan nyobain. Karena bulan ini dapat 3 job sendiri dari VIRA.ID, jadi kepikiran mau sharing. Siapa tahu temen-temen blogger lain juga pengen dapat penghasilan dari sini.

Apa itu VIRA.ID

VIRA.ID ini salah satu media atau situs yang menyediakan jasa untuk memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan atau suatu pihak.

Vira.id adalah marketplace backlink layaknya rajabacklink, sosiago, jawalink atau blogpartner.id yang fungsinya sama yaitu menjadi perantara bagi advertiser atau pihak yang berniat memasarkan produk, dengan publisher yaitu kita sebagai blogger yang akan mempromosikan produk di blog kita.

penghasilan blogger dari VIRA.ID

Selain mempromosikan produk, memakai jasa VIRA.ID juga bisa bertujuan untuk membangun link atau backlink ke situs pemilik produk atau advertiser. Dan lagi kan bisa menambah traffic pengunjung ke web atau situs tersebut.

Artikel Terkait:  3 Yang Harus Kamu Lakukan Usai Posting Artikel di Blog

Kalau kalian para blogger udah mengenal SOSIAGO.ID sih kalian pasti udah akrab dengan system pekerjaan atau job untuk blogger seperti ini.

Jenis Pekerjaan atau Job untuk Blogger dari VIRA.ID

penghasilan blogger dari VIRA.ID

1. Content Writer

Kita ditugaskan untuk menulis artikel sesuai brief yang diberikan dan tinggal posting ke blog kita, dan submit atau laporan deh kalau kita udah selesai. Dibayar deh kita.

Selain itu ada syarat lain untuk penulisan konten atau artikel. Aku jelasin dibawah ya.

Syarat penulisan konten atau artikel / Sponsored Post di VIRA.ID

  • Penulisan harus mengikuti panduan

Di VIRA.ID kita bisa mendaftar sebagai publisher dengan menulis artikel dengan panduan atau syarat peulisan yang udah ditentuin. Nanti akan ada panduan tuh mengenai keyword, link yang harus dipasang, dan juga jumlah kata. Kalau nggak salah aku kemarin sekitar 500-700 kata. Wajar kok nggak banyak-banyak banget itu.

  • Tulisan harus berstruktur rapi

Mungkin maksudnya ya kaidah penulisan seperti pada umumnya ya. ada paragraph, tanda baca, heading, subheading dan lain-lain. Ada pembuka, inti, penutup, bisa jadi yang dimaksud begitu.

  • Postingan tidak boleh dihapus

Tulisan berkualitas dan kita menulis sebagai pihak ketiga, bukan sebagai pemilik produk atau nggak ada unsur mempromosikan produk secara langsung.

2. Content Placement

Nah selain nulis konten atau artikel, ada juga job CONTENT PLACEMENT atau di VIRA ini dinamakan Repost Konten. Tapi aku sendiri belum pernah dapat job ini. hehe

Advertiser yang nyari publisher di VIRA.ID lumayan terkenal sih kayak Yamaha, Sariwangi, Tresemme dan lain-lain.

 

Fee (Penghasilan) untuk Blogger dari VIRA.ID

Fee dari VIRA berapa?

Nah fee nya sendiri beragam gaes, mulai 75-150ribuan per artikel. Ya lebih murah dibandingkan sosiago sih emang. Sosiago 100ribuan itu content placement jobnya, tinggal posting. Nggak pusing bikin artikel. Di vira 100an kita harus nulis sendiri. Hehe. Tapi namanya rejeki ya terserah kalian bebas mau coba atau enggak.

 

Cara Daftar di VIRA.ID Sebagai Publisher

penghasilan blogger dari VIRA.ID

Nih aku jelasin cara daftar atau buat akun di VIRA.ID
ya.

  • Buka situs VIRA.ID
  • Klik Get Started
  • Sign Up dan isi data diri
  • Pilih as publisher / Writer
  • Verifikasi akun / email

Verifikasi ini maksudnya bahwa kamu udah punya akun di VIRA dan kamu bisa log in disana. Udah yaa sebatas itu doang, alias kamu belum bisa dapat job dan belum bisa bid di VIRA.

Log in pakai email dan password terdaftar

Setelah kamu memasukan alamat blog mu di VIRA, kamu harus nunggu sementara waktu karena akan ada tahap review blog dulu gaes.  Jangan lupa tetep banyakin artikel organik biar reviewnya lancar dan cepet.

Artikel Terkait:  Pentingnya Belajar Digital Marketing Untuk Blogger

Verifikasi Akun

Tunggu aja beberapa minggu setelah submit alamat blog. Kalau udah dapat email seperti dibawah ini,  maka kalian harusnya udah bisa mulai nge bid di vira yah…

Kalau belum dapat email diatas maka blog kalian belum aktif alias belum lolos review,  jadi sabar dulu… Nah kalau udah dapat email diatas kalian bisa lanjutin tahap selanjutnya gaes.

Cara Bid di VIRA.ID , Cari Job Blogger dan Sistem Pengerjaan Task di Vira

  • Find a JOB
  • Pilih sebuah task dan klik BID NOW, maka job yang sudah kita bid akan masuk dalam list JOB BID
  • Jika bid atau penawaran kita diterima maka status di “MY JOB” menjadi “approved/on progress bid, maka kita bisa langsung kerjakan artikelnya sesuai brief ya.
  • Kalau udah selesai publish artikel tadi, langsung masuk dashboard dan klik “MY JOB” lalu klik “SUBMIT”
  • Setelah submit artikel maka status job kita menjadi “waiting review”
  • Tunggu beberapa saat atau hari, jika status di MY JOB berubah menjadi “finished” maka artikel kita udah di approve dan SALDO kita otomatis bertambah sesuai harga task tadi dan credit saldo bisa dicek di payment.

vira.id

Pembayaran VIRA.ID

penghasilan blogger dari VIRA.ID
Pembayaran bisa ke hampir semua  bank di Indonesia kok. Tapi diluar bank BCA akan kena biaya administrasi Rp6500. Dan minimal payout nya Rp300.000 , jadi kita harus ngumpulin credit sampai Rp300.000 dulu baru bisa gajian dari VIRA. hehe

Cara Submit Task atau Job di Vira.id

Mungkin pada bingung dengan tampilan dashboard vira. Puluhan kali aku terima DM atau chat Whatsapp dari temen-temen yang kesulitan mencari tombol submit job atau tas di vira.

Emang, vira lagi rajin merapikan dan memperbarui tampilannya agar makin kece dan lebih memudahkan para publishernya.

Seteleh berkali-kali mengalami perombakan, kini kalian nggak perlu bingung lagi kalau mau submit task di VIRA ya. Begini caranya:

  • Login ke vira.id
  • Masuk ke menu dashboard
  • Kita akan langsung diarahkan ke menu overview. Nah sampai sini belum kelihatan tuh daftar task atau job kita yang mana, lanjut
  • Scroll ke bawah. Nah disini bakal kelihatan PROFILE OVERVIEW dan  ONGOING TASK
  • Pada ONGOING TASK ada 2 pilihan yaitu TASK SUMMARY dan TASK SUBMISSION
  • Task Summary: untuk melihat detail task atau brief job yang diberikan. Penting untuk melihat task summary ini karena kadang job yang masuk ada revisian keyword atau link.
  • Task Submission: untuk mengirim artikel job atau submit artikel job yang udah kita kerjakan

 

Syarat Blog Agar Terpilih dan Mendapat Job Dari VIRA.ID

  • Umur blog minimal 3 bulan atau artikel sudah banyak yang terindex di search engine google
  • Tugas atau job yang dikerjakan harus selalu ada di blog dan tidak boleh dihapus minimal 1tahun
  • Lolos plagiarism atau tidak ada konten yang menduplikat artikel atau website lain
  • Tidak terlalu banyak banner atau iklan atau tampilan lain yang mengganggu di blog kita
  • Menggunakan rel=nofollow kan saat memberikan backlink untuk advertiser
Artikel Terkait:  Rekomendasi Jasa SEO Terpercaya (Santri IM Indonesia)

 

Kelebihan dan Kekurangan Vira.Id

Yang namanya situs pencari kerja menurutku memang selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah kali ini aku mau sharing selama aku mendapatkan jodoh dari vira.id.

Kelebihan Vira.id

Ada banyak task atau job dari merek-merek. Dan dari 1 advertiser atau brand ini ada banyak topik pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan minat kita.

  • Range Harga yang Tidak Terlalu Murah

Jadi untuk beberapa job menulis konten dari brand-brand ini sudah dipatok harga tertentu. Menurutku sih meski belum terbaik atau belum mempunyai harga paling tinggi dibandingkan situs lain tapi situs vira.id karena aku juga tahu masih banyak sekali situs yang harganya lebih dibawah vira.id.

  • Fitur Chatting Admin (udah nggak ada tapi bisa disiasati tanya via email ya)

Nah kalau ada sesuatu yang membingungkan entah itu tentang job atau lain sebagainya kita bisa langsung tanyakan melalui fitur chatting yang akan dibalas segera oleh admin yang sedang online.

Update: fitur chat sekarang sudah hilang,  tapi masih bisa tanya via email. Dan lumayan fast respon kok.

  • Notifikasi Ketika Ada Job Baru

Ketika advertiser baru selesai membuat sebuah penawaran maka otomatis akan ada email masuk ke kita yang akan memberitahu bahwa ada ja baru yang tersedia untuk kita ambil dan pilih.

 

Kekurangan Vira.id

  • Notifikasi ketika kita mendapatkan atau approve job atau saat tawaran diterima via email kadang masuk bukan ke email primary. Jadi notif nggak selalu muncul di hape. Kita harus rajin-rajin cek dashboard vira atau cek email kita. Dan lagi masuknya job ini dengan subject email EXAMPLE. haha
  • Untuk mau payout atau gajian harus nunggu 300.000 dulu. Ini berarti kalau satu jobnya 100.000-an., kita harus dapat kira-kira 3 atau job dulu.
  • Nggak bisa top up saldo, jadi kalau saldo belum sampai 300ribu ya kita harus sabar nunggu dapat job lagi.

 

Nah itu dia sering ku tentang vira.id. Buat kalian teman-teman ingin mencoba mendapatkan penghasilan lain selain dari google AdSense, bisa deh itu bikin akun dan mengambil job atau tugas di vira.id. Siapa tahu beruntung.

Selamat mencoba, selamat mencari rejeki!!

 

6 Shares:
26 comments
  1. makin banyak tempat buat nyari duit, hihih… saya sendiri udah di sosiago tapi ga pernah dapat job, karena memang ga intense sih buat ngecek,

    kalau nunggu deposit 500k kayaknya kegede-an, harusnya diturunin lagi biar bisa cepat payout

    1. Haha iya mas alhamdulillah. Bisa dicoba..

      Aku sosiago bulan agustus kmren dpt 2. Ini belum dikasih lagi. DA Ku gak naik naik juga sih mas 🙁

      Haha bener 500rb itu harus 5 task kelar. Aku masukin ke kekurangan deh. Hehe. Mksih mas ngingetin.

      Adsense yg harus 100usd udah bikin sebel ya nunggunya. Eh ini juga. 😀 moga ada perubahan nantinya. Wkwk paling gak sebulan sekali cair kayak sosiago. Haha *publishercrewet

  2. saya sudah lama ngebid di vira , tapi kok lama ya belum di approve..? apakah ada trik khusus supaya cepat di approve?., karena pas mau ngebid ada banyak sekali kata kunci yang harus dipilih…

    1. aku juga gak ada trik khusus sih mas. cuman pilih satu kata kunci yang menurutku enak di kembangin aja..

      mungkin giliran mas. sama kayak sosiago.. nnati juga dapet, hhihi

  3. Bagus banget ni situs marketing, tapi sayangnya tidak ada fitur notif, jadi nanti kalau dapet job kan susah, gak mungkin mantengin dashboard vira nya tiap jam

    1. Bagusnya byk perusahaan gede yang masuk sini. Hehe.

      Iya bener mas. Aku sehari bisa berapa kali sendiri masuk. Ke. Vira id ini. Kayak Surprise aja klo tiba2 ada job masuk. Wkww. Kalau lupa nggak mbuka bahaya tau2 deadline udah mepet .

  4. Sekarang udah ada notifikasi bia email kalau bid kita diterima, mbak.

    Peringatan dead line H-1 juga ada via email.

  5. Kayaknya enak juga ini dapat penghasilan dari vira id. Saya juga main di sosiago lumayan sih jobnya tinggal posting dapat fee. Ternyata kalau di vira mesti buat artikel jika dapat job ya mbak. Saya coba daftar mudahan dapat job juga. Salam kenal dari Medan ya mbak 🙂

  6. Wah, terima kasih banyak, Mbak informasinya. Baru tahu ada Vira.id, lho. Kayaknya mau coba daftar juga dan merekomendasikan buat teman-teman lain 🙂
    Salam kenal, ya, mbak 🙂

  7. ternyata bisa juga dapet uang kayak gini ya, saya baru tau. pengennya sih ikutan tapi masih agak ragu tentang bikin artikelnya.
    gak terlalu mahir nyusun kata alnya.
    apalagi sekarang saya lagi hamil, jadi buat mikir keras dikurangi. mungkin kapan-kapan mau ikutan juga…

  8. Tulisannya sangat membantu saya yang baru banget gabung di vira.id. Fee-nya kecil memang, tapi perusahaan yg ada di situ rata2 bonafide. Sekalian nambah pengalaman.Makasih sudah sharing,Mbak 😍

  9. Aku punya blog yg khusus buat nyari kerjaan kayak di vira & sosiago gini, nggak kucampur dg niche khusus yg jadi brandingku. Cuma dari Vira selalu lupa mau cek bid, jadi belum pernah dapat disitu. Udah nyaman di sosiago, notifnya bikin nggak pernah ketinggalan.

  10. Mbak Rini, setelah beberapa hari lalu saya klik BID NOW trus ada notif just approved gitu, trus kl udah nulis, MY TASK itu berada di manakah? soalnya yg ada cm dashboard, sponsored content, ama Payment. Bingung deh

  11. Apa nggak bosen sih nyari duit dari content placement melulu. Apalagi kebanyakan blog sering maksain artikel yang nggak sesuai niche blognya dimasuk-masukkan. Apa pada nggak kepingin eksplorasi sumber monetize lainnya kan banyak lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.