Pentingnya Mempunyai Asuransi Retirement Life Plan Agar Tetap Bisa Bahagia Saat Usia Pensiun Tiba

Asuransi retirement life plan secara sederhana dapat diartikan sebagai produk asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance yang memberikan perlindungan jiwa kepada pemegang polis sepanjang masa hidupnya sekaligus memberikan manfaat sebagai dana pensiun disaat memasuki usia pensiun dan sudah tidak produktif lagi.

Jenis asuransi yang satu ini harus diakui kurang begitu populer dibanding jenis asuransi yang  lain, meski pada kenyataannya setiap orang butuh dana pensiun untuk jaminan hari tua, baik untuk diri sendiri maupun keluarganya.
Banyak orang-orang yang merasa gelisah saat memikirkan hari tuanya, namun sedikit sekali yang berusaha mencari solusi tentang bagaimana caranya agar dapat menjalani hari tua dengan bahagia tanpa khawatir akan kebutuhan finansial dan kesejahteraan keluarganya.  Akhirnya yang dilakukan hanya berpasrah diri dan membiarkan perasaan gelisah tersebut berlarut-larut di sepanjang hidupnya.
Padahal persoalan tersebut dapat dipecahkan dengan membeli produk asuransi retirement life plan agar memiliki dana yang cukup saat menjalani hari tua dan sudah tidak bisa bekerja lagi, serta dapat memberikan warisan kepada keluarga dalam bentuk UP (Uang Pertanggungan) disaat si pemegang polis meninggal dunia.

Manfaat Mempersiapkan Dana Pensiun atau Asuransi Retirement Life Plan Sejak Muda

Asuransi Retirement Life Plan

Setiap orang pasti akan memasuki masa pensiun disebabkan karena usia yang semakin senja dan produktivitas kerja yang semakin menurun. Disaat itu pula gangguan kesehatan juga kerap mengiringi.
Sehingga persoalan ganda pun akan dihadapi, yaitu bekurangnya atau bahkan tidak memiliki penghasilan dan bertambahnya pengeluaran. Karena itulah dana pensiun atau asuransi retirement life plan perlu dipersiapkan sejak dini agar persoalan yang serius tersebut tidak sampai terjadi.

Manfaat Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini 

  • Tidak Bergantung pada Orang Lain

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan kehidupan ekonomi yang mapan, tentu tidak khawatir dengan hari tuanya, karena hampir bisa dipastikan anak tersebut akan memperhatikan kesejahteraan orang tuanya. Namun, bagaimana dengan orang tua yang tidak memiliki anak, atau memiliki anak dengan kehidupan ekonomi yang memprihatinkan?
Kondisi tersebut tentu tidak akan mencemaskan mereka yang telah mempersiapkan dana pensiun sejak dini, karena finansialnya sudah tercukupi lewat UP yang dia terima dari asuransi retirement life plan. Melalui UP tersebut, dia dapat membuka bisnis baru yang dapat disesuaikan dengan usia dan kemampuan kerja atau bahkan tidak perlu bekerja lagi karena kebutuhan sehari-harinya sudah dapat dicukupi melalui UP yang diterima.
   
Bahkan dana pensiun ini juga perlu dimiliki oleh para orang tua yang memiliki anak dengan kehidupan ekonomi yang mapan, karena merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua yang tidak merepotkan anak-anaknya pada saat memasuki usia senja, meskipun sang anak  tidak akan merasa keberatan jika harus merawat dan memberikan kesejahteraan kepada orang tuanya.

  • Jaminan Perawatan Kesehatan

Salah satu fasilitas yang diberikan produk asuransi retirement life plan adalah diberikannya UP sebesar 100 persen ditambah Maturity Terminal Bonus dengan nilai sebesar 100 persen dari UP jika tertanggung memasuki masa pensiun.
Besarnya UP dan Maturity Terminal Bonus tersebut tidak hanya dapat dipakai untuk membuka bisnis baru jika merasa masih mampu untuk bekerja atau untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, tapi juga untuk perawatan kesehatan.
Karena sebagaimana diketahui, pada usia senja kesehatan seseorang rentan sekali mengalami gangguan, baik disebabkan oleh penyakit maupun faktor usia, sehingga butuh tersedianya uang yang cukup untuk jaminan perawatan kesehatan.

  • Jaminan Kesejahteraan Keluarga   

Pemegang polis asuransi retirement life plan juga tidak perlu khawatir terhadap kesejahteraan keluarganya pada saat dia meninggal, baik meninggal sebelum usia pensiun maupun meninggal sesudah pensiun, karena keluarga yang ditinggalkan akan menerima UP ditambah Death Terminal Bonus sebesar 100 persen dari nilai UP.
Dengan uang itu, maka keluarga yang tertanggung bisa memanfaatkan uangnya untuk membuka usaha guna keperluan hidup sehari-hari. Jadi jaminan kesejahteraan keluarga tertanggung dapat lebih terjamin.

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mempersiapkan Masa Pensiun 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun melalui asuransi retirement life plan, dan masing-masing orang memiliki cara yang berbeda. Namun diantara sekian banyak cara yang bisa dilakukan, beberapa hal yang tidak boleh dilupakan adalah sebagai berikut:

  • Rencanakan Masa Pensiun dengan Jelas

Meski masa pensiun umumnya saat usia sudah tidak lagi produktif, tapi bukan berarti harus menunggu tua untuk mengambil pensiun. Kapanpun kamu dapat mengambil pensiun sepanjang memiliki gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan disaat memasuki masa pensiun serta apa saja yang akan dilakukan ketika pensiun.

  • Hitung dengan Cermat Kebutuhan Saat Pensiun

Memastikan kondisi keuangan saat memasuki masa pensiun perlu dilakukan karena ketika itu kamu sudah tidak dapat berharap adanya pemasukan dari profesi atau pekerjaan yang sebelumnya kamu tekuni.
Karena itu lewat dana pensiun yang diperoleh dari asuransi diharapkan dapat dipakai untuk membuka bisnis atau dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari serta mewujudkan apa yang menjadi impian. Karena itulah buat ilustrasi retirement life plan secara matang, sehingga kamu tahu benar produk asuransi retirement life plan seperti apa dan dengan premi berapa yang harus dibeli agar kelak bisa memberikan jaminan di hari tua.
Itu dia gambaran tentang manfaat mempersiapkan dana pensiun lewat asuransi retirement life plan serta cara mempersiapkan masa pensiun. Semoga bermanfaat. (*)
0 Shares:
27 comments
  1. Kadang kita suka abai terhadap masa tua ya mbak. Padahal hidup ini tak selamanya sama sampai masa tua menjelang. Mempersiapkan dana pensiun dari sekarang adalah cara bijak mempertahankan kebahagiaan dimasa tua, karena bahagia di hari tua berasal dari finansial yang terjamin dan sehat jasmani rohani. Jadi penasaran pengen nyobain asuransi retirement life plan ini mbak. TFS ya

    1. Ya mbak…. terimakasih banyak sharing informasi nya ternyata manfaat dana pensiun begitu banyak. Kita hrs mempersiapkan dana sejak sekarang supaya masa tua bahagia.

  2. Dana pensiun itu penting banget ya, dengan adanya asuransi dana pensiun gini bikin kita lebih mudah merencanakan hari tua kita.

    Apalagi buat yang becita-cita kayak saya, yang inginnya hari tua nanti tetap produktif, dan tidak menyusahkan anak-anak saya.

    Asuransi kayak retirement life plan ini memang patut dicoba :).

  3. Setiap orang kayaknya wajib punya dana untuk hari tuanya yaa, Mba, agar saat tua dan gak produktif lagi masih tetap bahagia dan hidup layak

  4. Salah satu yang terlupa adalah mempersiapkan masa pensiun. Sehingga saat tidak produktif lagi bingung mendapat penghasilan darimana saja. Saya senang dengan artikel ini mbak, dan bersiap untuk dana pensiun, penasaran dengan asuransi Retirement Life Plan ini.

  5. Aku pas lagi mikir nih, bagaimana amankan dana hari tua, karena bukan ASN, hehehe.
    Makasih sharenya.mba, buat referensi aku.

  6. Ternyata inilah yang akan membuat kita berpiki masa tua mau apa dan hidup dimana. Tujuan masa tua mpo mau bercocok tanam aja dengan tinggal di pegunungan tapi masalah kalau di kampung kalau sakit susah saat berobat dan harus ke kota. Kalau pakai asuransi mah enak.

  7. Nah, ini yang selalu jadi bahan diskusi saya dan suami. Kami bukan PNS, jadi gak ada dana pensiun. Makanya perlu dipertimbangan dana pensiun seperti ini supaya di masa tua tetap bisa bahagia

  8. Tempo hari ada yg nawarin dana pensiun juga dari bank. Tapi lumayan besar dananya per tahun. Yang masih kupikirkan itu gimana tingkat inflasi di masa yad. Hari ini nabung 100jt ketika pensiun nilainya hny setara 20jt. Jadi selain dlm mata uang tetep perlu tabungan bentuk lain

  9. Dana hari tua memang harus banget dipikirkan, karena kita ga akan pernah tau nantinya gimana.

    Saya sendiri mumpung masih bisa kerja juga berusaha selalu nabung. Sedikit-sedikit.

    Anak swasta gini harus pandai kelola keuangan biar ga bonyok nantinya.

    Thanks infonya mbaa, mau pelajari dulu soal asuransi retirement life plan..

  10. Citacitaku pengen pensiun muda. Dan kayaknya harus siapkan sejak sekarang nih dana pensiunnya biar bisa pensiun dalam keadaan tenang 🙂

  11. Saya baru tahu ada asuransi dana pensiun. Ternyata kurang populer di amsyarakat dibandingkan layanan produk asuransi lainnya padahal masa tua itu memang akan penuh keterbatasan. Saya saja yang umur sudah kepala 4 cemas menghadapi masa depan karena tanpa persiapan matang. Enak kalau mampu membeli produk asuransi pensiun.

  12. Mempersiapkan dana pensiun itu penting sekali, karena di usia lanjut produktivitas menurun sedangkan kebutuhan akan terus ada.

  13. Nah, ini yang patut jadi perhatian kita. Mestinya sudah dari sekarang ya kita memikirkan masalah financial untuk masa pensiun agar kita bisa menjalani hari tua dengan bahagia dan tenang.

  14. Asuransi emang penting banget sih ka , untuk saat ini aku cuma punya asuransi kesehatan aja sih dan belum menyiapkan dana pensiun padahal penting banget ya agar tidak menyusahkan orang lain.

  15. Bagi yang kerja swasta ataupun free lance, mempersiapkan dana pensiun gini penting banget ya. Jangan sampai ntar pas pada waktunya, kita bingung tak punya dana untuk memulai bisnis saat usia sudah beranjak tua.

  16. Benar-benar penting banget ya mbak menyiapkan dana pensiun. palagi masih mudah jangan mengabaikan banget ini. Makasih mbak udah diingetin.

  17. Persiapan hari tua menjadi hal yang sering dilupakan. Umumnya orang memPrioritaskan pendidikan anak. Padahal siapa yg bs jamin hari tua nanti kita kita tetap sehat huhu

  18. Persiapan dana pensiun ini masih jadi peer besar aku dan suami, bismillah, insya Allah bisa kekumpul tepat waktu

  19. Bener banget tuh mbak.
    Dana pensiun harus bener bener diplan dari sekarang.
    Kalau saya masih fokus di . investasi

  20. Eh, ini bahasan aku kapan itu sama Pewe loh. Kami juga sedang berpikir untuk mulai mempersiapkan dana hari tua. Anak kami kan cuma satu, nah maksudnya biar hari tua kami nggak ngerepotin dia. Makasi infonya ya, bisa jadi bahan pertimbangan nih untuk punya asuransi retirement life plan

  21. Jadi inget ortuku yang nyiapin dana pensiun beserta aktivitasnya dengan baik. Moga2 kita juga bisa mempersiapkan hari tua kita dengan baik juga ya Mbaak

  22. Asuransi tuh penting asalkan disiplin karena kalau nggak hasilnya juga ga akan dinikmati, malahan bikin pusing saja

  23. Apalagi buat freelancer seperti aku, menyiapkan dana pensiun itu is a must!
    Karena eh karena biasanya di usia senja produktivitas akan menurun, nah saat itulah dana pensiun bisa jadi alternatif solusi finansial.

  24. aku juga siapin dana pensiun agar kelak ga repotin anak-anak masih bisa mandiri, bisa nikmatin jalan-jalan ddengan uang sendiri dan ngurus usaha sendiri ehhehe

  25. Asuransi emang wajib banget dimiliki ya Mba
    aku juga pengen buat nih, belum jadi-jadi soalnya KK belum ngurus heheh maklum baru setahunan nikah belum urus ini itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.