Aligner Gigi Solusi Terbaik Untuk Merapikan Gigi Selain Behel 

Apa Itu Aligner Gigi

Apakah kamu pernah mendengar aligner gigi untuk merapikan gigi? Bukan hanya kawat gigi ya, yang bisa membuat tatanan gigi kamu jadi rata, ada pilihan lain yang memiliki banyak kelebihan. Aligner untuk gigi adalah pilihan bagi kamu yang ingin kenyamanan dalam menjalani proses untuk membuat senyum lebih memukau dengan gigi yang rapi.

Apa Itu Aligner Gigi?

Aligner adalah perata gigi yang bening terbuat dari plastik. Bentuknya menyerupai pelindung gigi dan pemakaiannya cukup direkatkan pada gigi dan melupakannya. Kamu bahkan bisa tidak menyadari sedang memakai aligner untuk gigi karena tidak memiliki warna dan bisa terselubung dengan aman pada gigi.

Anda bisa memakai Aligner gigi dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter gigi. Ada berbagai alasan mengapa seseorang perlu merapikan giginya dan tidak semua bisa diatasi dengan memakai aligner gigi. Oleh karena itu, tanyakan pada dokter kondisi gigi kamu dan apakah memakai aligner bisa jadi jalan keluarnya,

Kelebihan Memakai Aligner Gigi Untuk Merawat Gigi

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kamu mungkin tidak mengetahui banyak mengenai aligner, tapi sebenarnya ada banyak kelebihan memakai alat untuk merapikan gigi ini yang bisa membuat proses perapian jadi lebih nyaman.

Berikut adalah beberapa kelebihan memakai aligner gigi yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan cara perawatan yang ingin dilakukan.

1. Aligner tidak terlihat dan mengubah penampilan

Pemakaian aligner tidak mengubah drastis penampilan, dan bahkan kalau orang tidak terlalu memperhatikannya, gigi terlihat biasa saja.

Kadang orang enggan merapikan giginya karena dengan kawat gigi model apapun akan tetap terlihat khususnya bagian mulut yang terganjal dengan kawat gigi yang tebal. Aligner hanyalah 0,9 milimeter, jadi hampir tidak terlihat dan merubah wajahmu.

2. Perawatan aligner mudah

Kelebihan lain dari memakai aligner gigi adalah cara perawatannya yang sederhana dan tidak merepotkan. Alatnya bisa dipasang dan juga dilepas, jadi aktivitas seperti makan dan minum dapat lebih nyaman karena meminimalisir kemungkinan makanan melekat pada aligner.

Bagaimana memastikan aligner kamu bersih? Tidak perlu datang ke dokter gigi untuk membersihkannya secara khusus. Kamu bisa memakai sikat gigi layaknya kamu menyikat gigi sendiri.

Lepas dahulu aligner untuk bisa memastikan semua bagiannya terlepas dari noda atau kotoran.

3. Biayanya relatif lebih terjangkau

Harga aligner relatif terjangkau khususnya bila kamu jeli mencari harga promo untuk tanggal-tanggal tertentu. Secara umum, membeli aligner dan biaya pasang aligner lebih terjangkau, dibandingkan pilihan merapikan gigi lainnya.

Khususnya karena biaya perawatan yang lebih minim karena tidak perlu sering ke dokter atau menggantinya.

4. Meratakan gigi lebih cepat

Waktu untuk meratakan gigi dengan aligner terbilang relatif cepat. Tergantung dengan kondisi gigimu. Tapi pada umumnya pemakaian aligner hanya memakan waktu kurang lebih enam sampai tujuh bulan saja. Tentu dengan pemakaian yang rutin dan kamu tidak sering-sering melepasnya.

Struktur aligner gigi akan merapikan gigi dengan cepat karena posisinya yang ketat pada gigi dan tidak mudah bergeser atau longgar. Jadi, kamu tidak perlu datang ke dokter untuk sering-sering menyesuaikannya.

Bentuk aligner sudah dibuat sedemikian rupa sehingga proses perapian jadi lebih cepat dan tahan lama.

5. Tak perlu sering ke klinik untuk kontrol

kelebihan yang sangat melegakan pada pengguna aligner adalah mereka tidak perlu sering datang ke klinik atau dokter gigi saat memakai aligner dan dalam proses merapikan gigi.

Karena jangka waktu pemakaian yang sudah pendek, kunjungan ke klinik atau dokter hanya memerlukan beberapa kali pertemuan saja. Jadi, aktivitas sehari-hari kamu tidak banyak terganggu.

Itulah beberapa keunggulan dari pemakaian aligner untuk mendapatkan gigi rapi yang membuat kamu percaya diri untuk senyum lebar.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Atau ingin melihat opsi lain sebelum benar-benar menentukan pilihan?  Yuk, kita coba bandingkan aligner dengan kawat gigi.

Perbedaan Antara Aligner Gigi Kawat Gigi

Harga Pasang Aligner Gigi

Meskipun Aliger maupun kawat gigi berfungsi untuk membuat gigi lebih rapi, keduanya memiliki perbedaan. Kalau setelah konsultasi dengan dokter gigi dan ternyata kamu bisa mempertimbangkan keduanya, ketahui perbedaan antara kedua pilihan tersebut sebelum memasangnya.

1. Bentuk dan Warna

Salah alasan terbesar seseorang tertarik dengan aligner gigi adalah warnanya yang bening dan transparan. Bandingkan dengan pemakaian behel atau kawat gigi yang bisa terlihat dari adanya struktur berbentuk kawat atau sekrup perekat yang menempel pada gigi. Ketika kamu berbicara, makan atau tersenyum, kawat gigi lebih ketara dibandingkan aligner.

2. Cara memasang

Kedua alat yang akan merapikan gigi ini sama-sama memerlukan pengukuran dari gigimu. Keduanya juga memerlukan tenaga ahli untuk bisa membuatkan kawat gigi atau aligner yang bisa menyelesaikan masalah gigi kamu yang tidak rapi dan membuatnya jadi lebih baik.

Perbedaannya terletak pada cara pemasangan. Kawat gigi memakai bracket dari logam yang akan direkatkan langsung pada gigi, lalu dikencangkan dengan kawat dan jadi tidak mudah copot. Biasanya beberapa hari setelah dipasang, dokter akan menyarankan untuk tidak melepasnya dan pasien akan merasa tidak nyaman dan kadang mengalami sakit atau nyeri.

Pada alat aligner gigi cara pasangnya lebih cepat, mudah dan tidak terlalu memberikan rasa sakit yang berlebihan. Dokter membuatkan tray menyerupai gigimu.

Alat tersebut tidak direkatkan dengan kawat atau dibuat sangat ketat menempel dengan gigi, tapi memiliki daya rekat yang cukup kuat untuk merubah posisi gigi dan bisa dilepas dan pasang dengan mudah.

3. Cara Membersihkan

Secara umum, kawat gigi lebih sulit dibersihkan karena bentuknya yang bisa membuat sisa makanan menempel pada kawat gigi. Hal ini tentu memerlukan perhatian khusus karena kalau sisa makanan dibiarkan terlalu lama melekat pada gigi bisa menyebabkan masalah gigi lainnya seperti timbulnya plak, karang gigi atau bau mulut.

Kalau kamu memakai aligner gigi, ketika akan makan, alatnya bisa dilepas jadi kamu bisa makan dengan bebas dan tidak khawatir ada sisa makanan yang tersisa. Apalagi kalau membiasakan menyikat gigi dengan bersih sebelum memakai alat tersebut kembali.

4. Lama Perawatan

Durasi pemakaian baik kawat gigi maupun aligner berbeda untuk tiap pasien sesuai dengan kondisi gigi. Tapi secara keseluruhan, pemakaian aligner lebih singkat dibandingkan kawat gigi. Kalau kondisi gigi kamu bisa diperbaiki dengan kawat gigi maupun aligner, penggunaannya akan lebih cepat memakai aligner.

Hal ini dipengaruhi dengan penggantian tray aligner yang lebih cepat dan memberikan hasil yang lebih cepat pula. Khususnya bila pemakaian telaten dan tidak sering melepasnya.

Harga Pasang Aligner Gigi

Perbedaan Antara Aligner Gigi Kawat Gigi

Harga aligner berada dalam kisaran 5 sampai 8 jutaan. Yang kerap orang tidak pertimbangkan saat melakukan perawatan gigi untuk merapikannya adalah biaya konsultasi dokter, pembersihan, perawatan belum lagi ketika perawatan akan disudahi.

Menggunakan aligner banyak memangkas biaya-biaya yang berkaitan dengan perawatan dan konsultasi dokter. Hal ini dikarenakan karena perawatan bisa dilakukan sendiri dan tidak memerlukan bantuan dokter.

Itulah berbagai alasan untuk memakai aligner gigi untuk membuat gigi rapi dan rata. Ini adalah pilihan lebih baik dari kawat gigi kalau memperhatikan kondisi gigi yang memungkinkan.

Pilihan perawatan yang untuk bisa memperoleh senyum indah dengan deretan gigi rapi, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Ketahui dengan tepat kondisi gigi mu dengan berkonsultasi dengan dokter gigi secara langsung.

Kalau kamu bisa memasang aligner gigi hanya pasang di klarsmile. Kunjungi situs resminya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Beri perhatian pada gigi mu sekarang juga dan jangan ditunda-tunda. Semakin cepat ditangani maka akan semakin cepat gigi mu menjadi rapi dan cantik.

Sumber

https://www.idntimes.com/health/fitness/izza-namira-1/kelebihan-aligner-untuk-meratakan-gigi-lebih-baik-daripada-behel/5

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/lebih-baik-aligner-atau-kawat-gigi

https://www.klarsmile.com/id

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.