Perhatikan Tips Aman Belanja Online Berikut Biar Nggak Jadi Korban Seller Tipu-Tipu

online shopping
Tips Aman Belanja Online – Siapa yang akrab banget sama istilah belanja online?
Yang jawab “aku, aku, akuuuu” jangan-jangan kamu yang seorang online shopper banget yaa? Hal itu memang tidak ada salahnya, karena di era “Milenial” seperti sekarang ini, hal yang instan memang sangat diminati dan justru bisa membuat orang ketagihan.
Ketagihan??? Ya, ketagihan, karena hanya di dalam genggaman semua bisa teratasi dan di lakukan. Belanja di Online Shop memang sangat digemari, bukan hanya wanita, sekarang pria pun juga menyukai belanja secara online.
Dengan kemudahan dan keragaman yang di tawarkan seller (Penjual Online Shop) terkadang membuat kita terhanyut untuk terus berbelanja sampai kadang berujung ke pengalaman yang cukup mengecewakan. Yaap, karena satu dan lain hal seperti tidak sedikit orang-orang memiliki niat jahat untuk melakukan penipuan dalam kedok “Online Shop”. Seperti contohnya memasang semua foto dan bukan foto real, lalu saat barang di pesan tetapi barang tidak kunjung datang atau malah barang yang di kirim tidak sesuai dengan yang di pesan.
tips aman belanja online - shopping
Mudah memilih, mudah juga membayar. Sekarang, selain bisa melakukan pembayaran dengan debet, kredit dan beragam pembayaran lainnya, makin leluasa lagi berbelanja dengan adanya “Pay Later”,
Nah, agar semakin dimudahkannya cara berbelanja online, maka kita pun makin harus berhati-hati terhindar dari sellerseller nakal dan belanja online tetap aman, berikut akan aku informasikan ciri-ciri seller nakal dan tips aman saat belanja online.

Ciri-Ciri Seller yang Tidak Recomanded

  1. Jumlah posting di akun Instagram sedikit, tetapi pengikut (followers) nya banyak
  2. Foto yang diletakkan di Instagram bukan foto asli (foto asli = pengambilan foto secara pribadi, bukan mengambil dari google atau akun yang lainnya)
  3. Di semua foto yang di posting  tidak ada yang komentar
Itu sebagian kecil dari ciri-ciri Seller nakal, jadi jika ada hal diatas maka harus waspada ya.
Jika sudah mengetahui seller nakal itu seperti apa, sekarang yang akan kita bahas adalah tips aman belanja online.

Tips Aman Belanja Online

  1. Lebih baik belanja di platform marketplace terpercaya seperti shopee, tokopedia, bukalapak, elevenia, Lazada, dll. Kenapa belanja di marketplace lebih aman? Karena marketplace menggunakan Rekber (Rekening Bersama), jadi peluang di tipu oleh seller kecil.
  2. Cek foto yang di tampilkan di galeri seller harus  lebih detail, bukan 1 foto saja tetapi dari semua angel / segala titik sudut pengambilan gambar.
  3. Deskripsi barang sangat detail, bukan hanya nama barang dan harga, tetapi ukuran barang, warna, dll.
  4. Jika belanja di marketplace, silakan membaca review dari pelanggan toko tersebut yang sudah pernah belanja di toko itu. Jika review pelanggan baik, maka bisa di katakan toko tersebut recommended.
  5. Jika tetap belanja online di social media, maka yang perlu di perhatian, beri pertanyaan-pertanyaan mengenai deskripsi barang dan minta real pict (foto asli) nya.
  6. Dan saat belanja online di social media WAJIB minta bukti resi pengiriman dari ekspedisi, agar kita bisa tracking untuk posisi barang ada dimana.
  7. Pembayaran, jika di marketplace, maka akan aman karena menggunakan RekBer atau Rekening Bersama. Dan jika belanja di social media, maka  yang harus diwaspadai untuk transfer, sebelum transfer minta foto real nya untuk meyakinkan bahwa produk yang dipilih ada di offline seller tersebut.
Sedikit cerita nih kemarin aku barusan cari souvenir buat hadiah temen yang ulang tahun, kebetulan 2 orang ulang tahun di bulan yang sama. yaudah, karena nggak bakal sempet belanja offline dan ribet juga nyari-nyarinya kan. Akhirnya langsung deh aku buka hape dan belanaja online deh. Nah buat kamu yang mau belanja souvenir dan cari Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id aja!
Nah jika sudah mengerti ciri-ciri seller nakal dan tips aman belanja online, maka tidak perlu takut lagi mdeh buat belanja online iya kan..

 

Belanja Online Aman, hatipun tenang.. happy shopping semuaaaaaa ladies and gentlement…

 

Artikel Terkait:  Tips dan Cara Mudah Membayar Pajak Via ATM (Tanpa Membawa Kode Billing)

Terima kasih

RINI NOVITA SARI

rinienoe46@gmail.com
IG: @rinienoe46
3 Shares:
22 comments
  1. Sip mbak tipsnya. Saya pun kewalahan melihat seller yang nakal. Marketplace salah satu platform belanja aman.

  2. Saya nih suka belanja online juga. Tapi kalau pas harbolnas gitu justru gak pernah tertarik untuk beli. Saya beli justru pas hati biasa saja dan kalau memang ada yang dibutuhkan.

    Setuju, mending beli di e-commerce saja supaya resiko penipuan minim.

  3. Aku masih bingung ikut harbolnas . Kurang telaten. Tapi ikut yg kemarin tu meski nggak untung banyak kayak teman2 tapi lumayanlah dapat diskon2 dikit. Thanks tipsnya. Ntar dicoba lagi.

  4. Belanja online memang enggak gampang ya, karena kita nggak tahu pasti.
    Memang aman kaau beli di e commerce, karena ada jaminan.

  5. Bener banget itu tipsnya, aku aja pekerja online yang mengelola web jualan suka ga percaya kalo belanja via onlen hahahhaaaa…

  6. Saya masih suka deg-degan kalau belanja di seller yang hanya punya akun IG. Kecuali kalau memang sudah benar-benar langganan. Makanya kalau tertarik sama salah satu produk di IG, saya cek dulu punya web store atau toko online di e-commerce.

  7. Udah paling bener belanja di marketplace aja deh, walo tetep harus jeli baca testimoni.
    Tapi kalo ada apa2 duit masih aman dan bisa balik lagi hehe

  8. Nah belakangan aku agak khilaf nih mba belanja online. Jadi pengingat banget nih mba buat aku

  9. Saya kalau beli online supaya aman lbh sering lewat pihak ketiga seperti marketplace. Jarang yang langsung beli di web atau medsos OS langsung kecuali kalau direkomendasikan oleh orf yang terpercaya

    1. Selain di online marketplace biasanya beli onlen di teman yang OS aja kan lbh bisa dipercaya sekalian bantuin nglarisin dagangan temen 😀

  10. Ternyata banyaknya komentar di tiap postingan bisa menunjukkan OS ini bener atay gak ya. aku kalau beli di OS gitu biasanya yang sudah direkomendasi temen selebihnya di market place aja supaya lebih aman. Makasih infonya

  11. Belanja online kini sudah menjadi gaya hidup ya mbak, jangan sampai terlena bahkan jadi korban penipuan dalam belanja online.. penting banget memperhatikan keamaannya.. semoga info ini banyak yang baca ya mbak, agar tidak menjadi korban dari oknum yang tidak bertanggungjawab

  12. wah aku setuju banget mbak sama tips belanja online ini. Semoga pembeli makin bijak dan sadar akan hal ini mbak.

  13. Aku setuju mbak. Paling aman ya lihat testi ya.. plus belanja di econmerce dan marketplace relatif lebih save.

  14. Aku selama ini beruntung ketemu pemilik online shop yang bisa dipercaya. Tapi bener deh, mending beli di online shop terpercaya macam Blibli, Lazada, dibanding yg cuma pamer jualan di IG

  15. Sejauh ini alhamdulillah masih aman2 aj mb pas belanja online dan enggak pengin juga ketipu hikss
    Emang benar harus hati2
    Kalau saya lebih memilih belanja online yg penjualny udah saya kenal
    Mesti ati2 sih y soalny kalau masalah uang hiks

  16. kalau belanja online paling penting bangeeet untuk mengecek kredibilitas penjualnya ya. Review pembeli akan sangat membantu

  17. Wah..terima kasih utk tips2nya mba.. Meski jarang belanja online tp mgkn suatu saat berguna ketika ku harus blnja online..

  18. Sebagai admin dan pendiri follow loop Instagram Indonesia Saling Follow saya mewajibkan peserta yang online shop harus yang bebas dari unsur penipuan, karena sadar Instagram pun rentan. Cuma tidak mudah mengawasi juga.
    Tips di atas sangat membantu.

  19. betulll mbak
    pertanyaan ttg dskripsi barang penting banget
    biasa gambar dicomot dari brand butik laintrus dia ngejual versi jahitan sendirinya
    barang tiba eh gak sama .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.