Ciri-Ciri Toxic People yang Harus Kamu Hindari Biar Hidup Makin Damai

toxic people

Apakah kamu pernah bertemu atau dekat dengan toxic people? Hati-hati! kamu harus waspada dengan mereka, karena mereka akan menusuk kamu dengan racunnya. Untuk mengantisipasinya, kenali ciri-ciri toxic people berikut biar hidup makin damai.

Ciri-Ciri Toxic People yang Harus Kamu Hindari

Untuk menghadapi toxic people memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Kamu harus mengenal ciri-ciri “orang beracun” terlebih dahulu agar kamu bisa menghadapi mereka dengan mudah.

Apa itu Toxic People?

Toxic people adalah perilaku seseorang yang sangat tidak baik, bukan hanya berdampak pada diri mereka tapi juga bisa mempengaruhi orang di sekelilingnya. Kebanyakan dari mereka memiliki kehidupan yang susah bahagia. Bahkan seringkali toxic people ini melemparkan kesalahan yang mereka perbuat ke orang lain. Kita bisa menjumpai orang yang berkriteria seperti ini di media sosial dan juga di kehidupan nyata.

Nah, untuk menghindarinya kamu harus mengenali ciri-ciri toxic people sebagai berikut

Ciri-ciri Toxic People yang Harus Kamu Hindari

Di sini kami akan berbagi 7 ciri-ciri toxic people, jika kamu mendapati orang yang berkriteria seperti berikut, hadapi mereka dengan bijaksana.

1. Super Narsis

Jika kamu mendapati seseorang yang selalu ingin menjadi pusat perhatian, mungkin mereka tergolong ciri-ciri toxic people. Mereka selalu ingin tampil sebagai orang yang paling pantas dalam segala hal. Sikap yang super narsis bisa membuat orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman.

2. Hobi Mengkritik

Mendapat kritikan memang bukanlah hal yang salah, dengan kritikan kita bisa berbenah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi bagaimana ketika ada orang yang hobinya mengkritik orang lain? Padahal dirinya sendiri saja banyak kekurangan. Bahkan dia cenderung tidak suka dikritik tapi suka mengkritik. Hati-hati dengannya, karena mungkin saja termasuk salah satu toxic people.

3. Memiliki Sifat Ghosting

Bukannya mau mengumpat, tapi istilah ghosting adalah sikap seseorang yang tiba-tiba memutuskan hubungan dengan menghentikan komunikasi kepada teman, mitra, pasangan tanpa ada alasan yang jelas.

Kalau ada orang yang mencari atau berusaha berkomunikasi dengannya, maka dia pun segera menghilang. Misalnya kamu sudah janjian dengan dia untuk bertemu di suatu tempat, tapi dia tidak datang dan tidak bisa dihubungi. Hal itu jelas membuat orang menjadi jengkel dan dirugikan.

4. Penghasut

Penghasut adalah orang yang berusaha membangkitkan emosi orang lain. Dia yang selaku pengadu domba, menceritakan keburukan orang ke orang lain agar terjadi pertengkaran. Lebih buruknya lagi, dia merasa sangat senang apabila usahanya tersebut berhasil membuat orang menjadi bertengkar. Ini adalah ciri-ciri toxic people yang paling harus kamu hindari agar tidak terlibat dalam perpecahan dan permusuhan.

5. Sindrom Thanos

Jenis sindrom ini adalah keadaan dimana orang tersebut tidak pernah merasa bersalah dan merasa dialah yang paling hebat di antara orang lain. Dia merasa sudah melakukan hal yang terbaik dan merasa apabila dirinya tidak ada maka semua akan menjadi berantakan dan tidak berjalan mulus. Orang yang berkriteria toxic people ini sering merasa bahwa dirinya sangat dibutuhkan.

6. Tidak Memiliki Rasa Empati

Ciri-ciri toxic people ini lah yang paling sering ditemukan. Orang dengan kriteria seperti inilah yang tidak baik untuk diajak bergaul, karena dia tidak pernah merasakan tidak enak hati dengan orang lain. Dia merupakan orang yang cukup berbahaya karena dia sulit untuk mengerti kesulitan orang lain. Jangankan membantu, menghibur saja terasa sulit.

Dia adalah orang mati hati yang tidak pantas untuk kamu kasih hati. Namanya saja makhluk sosial yang hidup saling bergantung satu sama lain, jadi sudah semestinya untuk membantu orang yang sedang kesusahan. Tapi kamu tidak usah mengharapkan hal itu pada orang yang berkarakter toxic people ini.

7. Gangguan Mental Histronik

Orang dengan gangguan kesehatan mental ini tidak bisa memahami citra dirinya sendiri. Mereka kesulitan memahami atau menilai diri sendiri. Mereka membutuhkan pendapat dari orang lain dan menjadikannya sebagai tolak ukur tentang dirinya. Orang dengan karakter seperti ini selalu berusaha mencuri perhatian orang lain dan senang menjadi pusat perhatian. Bahkan sifat buruknya yaitu dia selalu ingin diperhatikan ketika berbicara bahkan terbiasa menyela saat orang lain berbicara.

Jika kamu mendapati orang dengan ciri-ciri toxic people seperti di atas, jangan jauhi. Cukup dengan membatasi diri dan mengarahkannnya untuk mengintropeksi diri sendiri.

0 Shares:
4 comments
  1. Toxic people memang berbahaya, tapi bisa jadi mereka seperti itu karena lingkungannya. Kalau kita tidak kuat berada di dekat mereka, jangan sampai berada di lingkaran mereka, yang ada malah membuat diri kita makin kesusahan menjalani hidup. Lebih baik mencari orang-orang dengan aura positif

  2. saya punya pengalaman buruk sama toxic people, manusia jenis ini cenderung cari selamat buat diri sendiri. akhirnya saya lebih hati-hati memilih teman dalam pergaulan, namun bukan berarti sombong lho

  3. bekerjasama dengan orang seperti ini sama halnya kita bekerja sendiri karena bagi mereka asal kerjaannya beres udah selesai tanpa memperdulikan rekannya.Yang paling menjengkelkan disaat pekerjaannya dia banyak seakan mengatakan pada semua orang klo dia kualahan . Dan terlebih lagi yang perlu dihindari mereka memiliki prinsip bagaimana caranya agar mereka tidak salah dan menjadikan orang lain sebagai sasarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.