6 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga

Es kelapa muda (

Bulan Ramadhan telah tiba. Tentunya tak lengkap jika kamu melewatkan berbagai hal penting yang menjadi tradisi dibulan puasa ini seperti menikmati menu buka puasa bersama keluarga.

Misalnya saja tradisi kuliner yang hampir selalu ada disetiap menu berbuka puasa. Sebagai negara dengan banyak kuliner khas, kamu dapat menikmati menu makanan maupun minuman dalam berbagai cita rasa.

Beragam pilihan dapat dijadikan menu buka puasa khas Ramadhan. Tapi akan lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Karena selain nikmat, makanan atau minuman rumahan juga lebih sehat loh.

Kamu tak perlu khawatir jika menggunakan pemanis buatan ataupun gula berlebih. Nah, sebagai inspirasi, berikut rekomendasi menu buka puasa yang biasa menjadi tradisi bersama keluarga.

Menikmati santapan buka puasa di bulan ramadhan, kurang pas tanpa sajian khas berikut ini.

1. Kolak

menu buka puasa bareng keluarga - kolak
https://merahputih.com/

Dessert manis yang satu ini memang sangat identik dengan menu buka puasa sederhana dan praktis. Rasanya yang manis, sesuai banget dengan kata-kata berbukalah dengan yang manis.

Dibuat dari kuah santan dengan tambahan pisang dan ubi jalar, kolak menjadi sajian berbuka yang pas banget deh. Namun kini, olahan kolak tak melulu menggunakan tambahan pisang dan singkong. Biar lebih bervariasi, kamu bisa nih menambahkan bahan lain seperti nangka dan tape.

2. Es buah

menu buka puasa bareng keluarga - es-buah
http://pn-baturaja.go.id/

 

Siapa sih nggak kenal sama menu minuman buka puasa yang satu ini? Bisa dengan mudah dijumpai diberbagai tempat, mulai dari penjual es buah pinggir jalan, warung, hingga rumah makan besar.

Bahkan pada saat berbuka puasa, tak jarang menu ini jadi kuliner favorit keluarga. Sesuai namanya, es buah dibuah dibuat dari berbagai macam buah untuk menambah kesegarannya.

Pilihlah buah-buahan dengan perpaduan rasa manis, asam, dan segar. Misalnya saja buah mangga, semangka, nangka, alpukat, nanas, blewah, dan sebagainya.

Nah, biar makin lezat, kamu juga bisa nih menambahkan sirup atau susu kental manis di atasnya. Selain enak, menu khas Ramadhan ini juga sangat menyehatkan loh.

3. Kurma

menu buka puasa bareng keluarga - kurma (1)
https://www.klikdokter.com/

 

Kurma adalah menu takjil buka puasa favorit keluarga dengan rasa buah manis, yang berasal dari Timur Tengah. Namun seiring kepopuleran buah kurma, banyak negara negara lain juga mulai mengonsumsinya termasuk Indonesia. Rasanya yang manis, bisa memulihkan energi dan semangat setelah seharian berpuasa.

Kamu dapat menyantapnya secara langsung maupun menjadikan minuman. Misalnya saja menjadikannya jus kurma, kolak dengan ekstra kurma, campuran es buah, dan sebagainya.

Namun selain menjadi pelengkap menu buka puasa, kurma juga punya manfaat penting loh buat tubuh. Manfaatnya dapat menjaga kesehatan gigi, tulang, jantung, mata, serta kandungan seratnya mampu memperlancarkan BAB.

4. Kolak biji salak

menu buka puasa bareng keluarga - biji-salak

Kolak biji salak seringkali dijadikan sajian untuk buka puasa ataupun menu takjil. Meski namanya adalah biji salak, tapi bahan yang digunakan bukanlah biji salak sungguhan.

Melainkan ubi yang sudah dibentuk bulat menyerupai biji salak. kamu dapat memadukannya bersama kuah santan manis, sehingga menimbulkan sensasi gurih. Kandungan karbohidrat di dalamnya, akan membuat tenaga kamu kembali pulih setelah lancar berpuasa seharian.

5. Bangka kopyor

menu buka puasa bareng keluarga - resep_bongko kopyor
http://resepkuliner-id.blogspot.com/

 

Kuliner bubur nangka dan kelapa kopyor alias bangkal kopyor ini berasal dari Gresik, Jawa Timur. Namun kuliner ini tak hanya terkenal bagi warga Gresik tapi juga di kota lain loh.

Pembuatannya pun cukup mudah, hanya memerlukan bahan baku kelapa muda, santan, roti tawar, serta buah nangka dan pisang. Namun sekarang, kuliner ini cukup jarang dijumpai di pasaran. Karena biasanya hanya ditemukan ketika acara acara tertentu dan ketika bulan Ramadhan tiba.

6. Es kelapa muda

menu buka puasa bareng keluarga - Es kelapa muda

Es kelapa muda atau es degan dapat dijumpai kapanpun, termasuk saat bulan Ramadhan. Sebagai kuliner pembuka, es air kelapa akan memberikan kesegaran dan menghilangkan dahaga di tenggorokan.

Supaya nggak bosan, es air kelapa ini bisa dibuat dalam variasi rasa loh. Misalnya es degan dengan jeruk nipis dan biji kemangi, es kopyor, ataupun es degan gula merah.

Nah, tertarik untuk mencoba nikmatnya menu buka puasa khas Ramadhan di atas? Selain nikmat, pilihan menu tersebut juga menyehatkan loh buat tubuh. Namun kamu harus ingat supaya jangan berlebihan dalam menambahkan gula. Karena terlalu manis juga tak baik buat kesehatan tubuh kamu. Maka dari itu, buatlah sajian dengan manis yang pas buat buka puasa kamu!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.